Courser in English | LEARNING THEORIES |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.
References
1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta 2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta 2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung. 3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta 4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta 5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta |
|
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.
References
1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta 2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta 2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung. 3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta 4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta 5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta |
|
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.
References
1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta 2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta 2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung. 3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta 4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta 5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta |
|
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.
References
1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta 2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta 2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung. 3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta 4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta 5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta |
|
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.
References
1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta 2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta 2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung. 3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta 4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta 5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta |
|
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.
References1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strateg Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
6. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.
References1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strateg Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
6. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.
References1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strateg Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
6. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.
References1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strateg Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
6. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.
References1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strateg Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
6. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
Details ...