Teori-teori Belajar, Curriculum : 2014


Courser in EnglishLEARNING THEORIES
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS10 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan

Learning Outcomes

Keterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,

Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar, 

Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.

References

1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta

2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta

2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.

3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta

4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta

5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan

Learning Outcomes

Keterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,

Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar, 

Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.

References

1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta

2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta

2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.

3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta

4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta

5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan

Learning Outcomes

Keterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,

Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar, 

Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.

References

1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta

2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta

2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.

3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta

4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta

5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan

Learning Outcomes

Keterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,

Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar, 

Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.

References

1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta

2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta

2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.

3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta

4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta

5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan

Learning Outcomes

Keterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,

Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar, 

Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.

References

1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta

2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta

2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.

3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta

4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta

5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan

Learning Outcomes

Keterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,

Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar, 

Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.

References

1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta

2. Herman Hudoyo..1990.Strateg Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta

3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta

4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta

5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta

6. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan

Learning Outcomes

Keterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,

Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar, 

Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.

References

1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta

2. Herman Hudoyo..1990.Strateg Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta

3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta

4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta

5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta

6. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan

Learning Outcomes

Keterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,

Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar, 

Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.

References

1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta

2. Herman Hudoyo..1990.Strateg Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta

3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta

4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta

5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta

6. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan

Learning Outcomes

Keterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,

Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar, 

Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.

References

1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta

2. Herman Hudoyo..1990.Strateg Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta

3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta

4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta

5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta

6. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan

Learning Outcomes

Keterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,

Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar, 

Capaian Mata Kuliah: Memilih, mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran.

References

1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta

2. Herman Hudoyo..1990.Strateg Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta

3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta

4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta

5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta

6. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.


Details ...