Courser in English | SCHOOL INTERNSHIP II |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi
Learning OutcomesMenguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
Mampu mengelola kurikulum
Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri
- Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
- Mampu mengelola kurikulum
- Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
- Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
- Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri
Details ...
Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi
Learning OutcomesMenguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
Mampu mengelola kurikulum
Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri
- Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
- Mampu mengelola kurikulum
- Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
- Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
- Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri
Details ...
Program Magang II bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran ssebagai persiapan pembelajaran, selama pembelajaran dan setelah pembelajaran berlangsung.
Learning OutcomesSikap:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
Pengetahuan:
menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan penilaian pembelajaran
Keterampilan khusus:
Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji
Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
References- Permendiknas no. 69 dan 70 tahun 2013
- Buku magang Universitas PGRI Semarang
Details ...
Program Magang II bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran ssebagai persiapan pembelajaran, selama pembelajaran dan setelah pembelajaran berlangsung.
Learning OutcomesSikap:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
Pengetahuan:
menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan penilaian pembelajaran
Keterampilan khusus:
Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji
Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
References- Permendiknas no. 69 dan 70 tahun 2013
- Buku magang Universitas PGRI Semarang
Details ...
Program Magang II bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran ssebagai persiapan pembelajaran, selama pembelajaran dan setelah pembelajaran berlangsung.
Learning OutcomesSikap:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
Pengetahuan:
menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan penilaian pembelajaran
Keterampilan khusus:
Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji
Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
References- Permendiknas no. 69 dan 70 tahun 2013
- Buku magang Universitas PGRI Semarang
Details ...
Program Magang II bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran ssebagai persiapan pembelajaran, selama pembelajaran dan setelah pembelajaran berlangsung.
Learning OutcomesSikap:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
Pengetahuan:
menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan penilaian pembelajaran
Keterampilan khusus:
Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji
Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
References- Permendiknas no. 69 dan 70 tahun 2013
- Buku magang Universitas PGRI Semarang
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References
Buku Panduan Magang 2 LPP Universitas PGRI Semarang
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References
Buku pedoman magang 2
Perangkat pembelajaran
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran secara langsung di sekolah untuk membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian, dan sosial. Pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas dan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran. Perkuliahan magang II dilakukan melalui kegiatan menganalisis perangkat pembelajaran dan melakukan peerteaching.
Learning OutcomesSikap:
1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
Pengetahuan:
1. Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
2. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)
Keterampilan khusus:
1. Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
2. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran.
3. Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi dan metode penilaian serta mengevaluasi dan memanfaatkan hasilnya untuk memperbaiki pembelajaran (reflective teacher)
4. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
5. Mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji
Keterampilan Umum:
Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.
1. Fauzi, Anis. (2013). Pembelajaran Mikro. Jakarta: Diadit Media
2. Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
5. Pedoman Pengembangan Kurikulum LPTK Tahun 2012
Details ...
mata kuliah magang II merupakan kegiatan yang melibatkan sekolah dan mahasiswa untuk mendalami tentang perangkat pembelajaran seperti silabus, rpp, media, bahan ajar dan instrumen penilaian
Learning Outcomesmahasiswa dapat
Referencespermen
Details ...