Courser in English | FUNDAMENTALS OF CIVCS EDUCATION |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 3 SKS |
RPS | 9 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini berisi tentang sejarah singkat perkembangan Civics dan Pendidikan Kewarganegaraan, civics dan pemerintahan, perbedaan civics, civic education dan citizenship education, pendidikan kewarganegaraan sebagai isu dunia, PKN sebagai pendidikan disiplin ilmu, teori kewarganegaraan, konsep warga negara, warga negara Indonesia, warga global, landasan PKn di Indonesia, karakteristik PKn di Indonesia, tujuan dan materi pendidikan kewarganegaraan, pendekatan, metode dan penilaian pendidikan kewarganegaraan di Indonesia.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui konsep dan teori landasan pendidikan kewarganegaraan.
ReferencesAnheier, H.K. International Encyclopedia of Civil Society. USA: Springer.
David L. G, dkk. 2008. Citizenship Curriculum in Asia and the Pacific. Hongkong: Comparative Education Research Centre.
Peterson, Andrew. 2011. Civic Republicanism and Civic Education. United Kingdom: Palgrave Macmillan.
Peterson, Andrew. 2016. Handbook of Education for Citizenship and Social Justice. United Kingdom: Palgrave Macmillan.
Schulz, Wolfram. 2009. ICCS 2009 International Report: Civic Knowledge, Attitude, and Engagement Among Lower-Secondary School Student in 38 Countries. New Zaeland: ACER.
Somantri, Nu’man. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PPS-FPIPS UPI & PT Remadja Rosda Karya.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, Ditjen Dikdasmen.
Wahab, Abdul Aziz., Sapriya. 2011. Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Winataputra, Udin S., Dasim Budimansyah. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran).
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang sejarah singkat perkembangan Civics dan Pendidikan Kewarganegaraan, civics dan pemerintahan, perbedaan civics, civic education dan citizenship education, pendidikan kewarganegaraan sebagai isu dunia, PKN sebagai pendidikan disiplin ilmu, teori kewarganegaraan, konsep warga negara, warga negara Indonesia, warga global, landasan PKn di Indonesia, karakteristik PKn di Indonesia, tujuan dan materi pendidikan kewarganegaraan, pendekatan, metode dan penilaian pendidikan kewarganegaraan di Indonesia.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui konsep dan teori landasan pendidikan kewarganegaraan.
ReferencesAnheier, H.K. International Encyclopedia of Civil Society. USA: Springer.
David L. G, dkk. 2008. Citizenship Curriculum in Asia and the Pacific. Hongkong: Comparative Education Research Centre.
Peterson, Andrew. 2011. Civic Republicanism and Civic Education. United Kingdom: Palgrave Macmillan.
Peterson, Andrew. 2016. Handbook of Education for Citizenship and Social Justice. United Kingdom: Palgrave Macmillan.
Schulz, Wolfram. 2009. ICCS 2009 International Report: Civic Knowledge, Attitude, and Engagement Among Lower-Secondary School Student in 38 Countries. New Zaeland: ACER.
Somantri, Nu’man. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PPS-FPIPS UPI & PT Remadja Rosda Karya.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, Ditjen Dikdasmen.
Wahab, Abdul Aziz., Sapriya. 2011. Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Winataputra, Udin S., Dasim Budimansyah. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran).
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang sejarah singkat perkembangan Civics dan Pendidikan Kewarganegaraan, civics dan pemerintahan, perbedaan civics, civic education dan citizenship education, pendidikan kewarganegaraan sebagai isu dunia, PKN sebagai pendidikan disiplin ilmu, teori kewarganegaraan, konsep warga negara, warga negara Indonesia, warga global, landasan PKn di Indonesia, karakteristik PKn di Indonesia, tujuan dan materi pendidikan kewarganegaraan, pendekatan, metode dan penilaian pendidikan kewarganegaraan di Indonesia.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui konsep dan teori landasan pendidikan kewarganegaraan.
ReferencesAnheier, H.K. International Encyclopedia of Civil Society. USA: Springer.
David L. G, dkk. 2008. Citizenship Curriculum in Asia and the Pacific. Hongkong: Comparative Education Research Centre.
Peterson, Andrew. 2011. Civic Republicanism and Civic Education. United Kingdom: Palgrave Macmillan.
Peterson, Andrew. 2016. Handbook of Education for Citizenship and Social Justice. United Kingdom: Palgrave Macmillan.
Schulz, Wolfram. 2009. ICCS 2009 International Report: Civic Knowledge, Attitude, and Engagement Among Lower-Secondary School Student in 38 Countries. New Zaeland: ACER.
Somantri, Nu’man. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PPS-FPIPS UPI & PT Remadja Rosda Karya.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, Ditjen Dikdasmen.
Wahab, Abdul Aziz., Sapriya. 2011. Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Winataputra, Udin S., Dasim Budimansyah. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran).
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Tujuan, Persyaratan, dan Bentuk Kegiatan Mata Kuliah Teori dan Landasan PKn; Gagasan Kewarganegaraan; Hakekat, Masalah, dan Studi tentang Teori dan Landasan PKn; Civics, Civics Education dan Citizenship Education; Kedudukan PKn sebagai Disiplin Ilmu; Prinsip-prinsip dan Praktek Pendidikan untuk Warganegara yang Demokratis; Problema Teoretik Kewarganegaraan abad ke-21; Landasan dan rasional PKn di Indonesia Pancasila dan UUD 1945 (Perubahan ke empat, MPR RI), UU Republik Indonesia tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU Republik Indonesia No. 20 tahun 1946 Tentang Kewarganegaraan dan Penduduk Negara, TAP MPRS II/1962, TAP Nomor II/MPR/1978, ttg P4 (Ekaprasetia Pancakarsa); Teori-teori Kewarganegaraan; Kewarganegaraan sebagai Sebuah Tinjauan Historis; Perspektif Ilmu-ilmu Sosial terhadap Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship Education); Konsep Kewarganegaraan sebagai Konsep Politik Barat; Kedudukan / Peran Warganegara dalam Masyarakat Pluralistik; Pelaksanaan PKn Kewarganegaraan di berbagai Negara dan Indonesia.
Learning Outcomesmahasisiwa mampu menjelaskan materi yang telah diberikan di setiap pertemuan
References-
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Tujuan, Persyaratan, dan Bentuk Kegiatan Mata Kuliah Teori dan Landasan PKn; Gagasan Kewarganegaraan; Hakekat, Masalah, dan Studi tentang Teori dan Landasan PKn; Civics, Civics Education dan Citizenship Education; Kedudukan PKn sebagai Disiplin Ilmu; Prinsip-prinsip dan Praktek Pendidikan untuk Warganegara yang Demokratis; Problema Teoretik Kewarganegaraan abad ke-21; Landasan dan rasional PKn di Indonesia Pancasila dan UUD 1945 (Perubahan ke empat, MPR RI), UU Republik Indonesia tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU Republik Indonesia No. 20 tahun 1946 Tentang Kewarganegaraan dan Penduduk Negara, TAP MPRS II/1962, TAP Nomor II/MPR/1978, ttg P4 (Ekaprasetia Pancakarsa); Teori-teori Kewarganegaraan; Kewarganegaraan sebagai Sebuah Tinjauan Historis; Perspektif Ilmu-ilmu Sosial terhadap Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship Education); Konsep Kewarganegaraan sebagai Konsep Politik Barat; Kedudukan / Peran Warganegara dalam Masyarakat Pluralistik; Pelaksanaan PKn Kewarganegaraan di berbagai Negara dan Indonesia.
Learning OutcomesMata kuliah ini secara konstruktif memberikan pengalaman belajar, mengkondisikan untuk melakukan pengkajian dan tindakan terbimbing dalam upaya pemilikan wawasan dasar kependidikan yang dapat dijadikan titik pijak dalam melaksanakan aktifitas pendidikan. Ruang lingkup matakuliah ini meliputi: konsep pendidikan, konsep ilmu pendidikan, keterkaitan manusia dengan pendidikan, landasan, azas dan prinsip-prinsip pendidikan, perjalanan sejarah pendidikan di indonesia, serta permasalahan pendidikan dalam praktek pendidikan.
References
- B. Suryosubroto. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
- Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan, Pustaka Setia, Bandung, 2011
- Husnan Bey Fananie. Pedoman Pendidikan Modern, Tinta Medina, 2011
- M. Fuad Ihsan. Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, 2011
- M. Suardi,Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi, PT Indeks, Jakarta, 2012
- M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, 2007
- Redja Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan. Sebuah Studi awal tentang dasar-dasar pendidikan. Grafindo, Jakarta, 2014.
- Sudarwan Danim. Pengantar Kependidikan, Alfabeta, Bandung, 2010
- Sutirta dan Samsudin Asep 2015. Landasan Kependidikan, Bandung: Refika Aditama
- Tatang S. Ilmu Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung 2012
- Thalib Kasan, Dasar-Dasar Pendidikan, Studia Pres, Jakarta, 2009
- Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
- Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan terkait lainnya.
- Waini Rasyidin, pedagogik teoritis dan praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
- Zahara Idris dan Lisma Jamal. Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia,
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Tujuan, Persyaratan, dan Bentuk Kegiatan Mata Kuliah Teori dan Landasan PKn; Gagasan Kewarganegaraan; Hakekat, Masalah, dan Studi tentang Teori dan Landasan PKn; Civics, Civics Education dan Citizenship Education; Kedudukan PKn sebagai Disiplin Ilmu; Prinsip-prinsip dan Praktek Pendidikan untuk Warganegara yang Demokratis; Problema Teoretik Kewarganegaraan abad ke-21; Landasan dan rasional PKn di Indonesia Pancasila dan UUD 1945 (Perubahan ke empat, MPR RI), UU Republik Indonesia tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU Republik Indonesia No. 20 tahun 1946 Tentang Kewarganegaraan dan Penduduk Negara, TAP MPRS II/1962, TAP Nomor II/MPR/1978, ttg P4 (Ekaprasetia Pancakarsa); Teori-teori Kewarganegaraan; Kewarganegaraan sebagai Sebuah Tinjauan Historis; Perspektif Ilmu-ilmu Sosial terhadap Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship Education); Konsep Kewarganegaraan sebagai Konsep Politik Barat; Kedudukan / Peran Warganegara dalam Masyarakat Pluralistik; Pelaksanaan PKn Kewarganegaraan di berbagai Negara dan Indonesia.
Learning OutcomesMata kuliah ini secara konstruktif memberikan pengalaman belajar, mengkondisikan untuk melakukan pengkajian dan tindakan terbimbing dalam upaya pemilikan wawasan dasar kependidikan yang dapat dijadikan titik pijak dalam melaksanakan aktifitas pendidikan. Ruang lingkup matakuliah ini meliputi: konsep pendidikan, konsep ilmu pendidikan, keterkaitan manusia dengan pendidikan, landasan, azas dan prinsip-prinsip pendidikan, perjalanan sejarah pendidikan di indonesia, serta permasalahan pendidikan dalam praktek pendidikan.
References
- B. Suryosubroto. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
- Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan, Pustaka Setia, Bandung, 2011
- Husnan Bey Fananie. Pedoman Pendidikan Modern, Tinta Medina, 2011
- M. Fuad Ihsan. Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, 2011
- M. Suardi,Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi, PT Indeks, Jakarta, 2012
- M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, 2007
- Redja Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan. Sebuah Studi awal tentang dasar-dasar pendidikan. Grafindo, Jakarta, 2014.
- Sudarwan Danim. Pengantar Kependidikan, Alfabeta, Bandung, 2010
- Sutirta dan Samsudin Asep 2015. Landasan Kependidikan, Bandung: Refika Aditama
- Tatang S. Ilmu Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung 2012
- Thalib Kasan, Dasar-Dasar Pendidikan, Studia Pres, Jakarta, 2009
- Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
- Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan terkait lainnya.
- Waini Rasyidin, pedagogik teoritis dan praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
- Zahara Idris dan Lisma Jamal. Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia,
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Tujuan, Persyaratan, dan Bentuk Kegiatan Mata Kuliah Teori dan Landasan PKn; Gagasan Kewarganegaraan; Hakekat, Masalah, dan Studi tentang Teori dan Landasan PKn; Civics, Civics Education dan Citizenship Education; Kedudukan PKn sebagai Disiplin Ilmu; Prinsip-prinsip dan Praktek Pendidikan untuk Warganegara yang Demokratis; Problema Teoretik Kewarganegaraan abad ke-21; Landasan dan rasional PKn di Indonesia Pancasila dan UUD 1945 (Perubahan ke empat, MPR RI), UU Republik Indonesia tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU Republik Indonesia No. 20 tahun 1946 Tentang Kewarganegaraan dan Penduduk Negara, TAP MPRS II/1962, TAP Nomor II/MPR/1978, ttg P4 (Ekaprasetia Pancakarsa); Teori-teori Kewarganegaraan; Kewarganegaraan sebagai Sebuah Tinjauan Historis; Perspektif Ilmu-ilmu Sosial terhadap Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship Education); Konsep Kewarganegaraan sebagai Konsep Politik Barat; Kedudukan / Peran Warganegara dalam Masyarakat Pluralistik; Pelaksanaan PKn Kewarganegaraan di berbagai Negara dan Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa akan dapat menjelaskan serta memahami landasan pendidikan kewarganegaraan, dan mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran PPKn yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku terkait mata kuliah landasan pendidikan kewarganegaraan.
References- Mujtahidin. 2017. Civic Education di Sekolah. Jakarta : Pustaka Radja.
- Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
- Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
- Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan. Bandung: Widya AKsara Press.
- Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Tujuan, Persyaratan, dan Bentuk Kegiatan Mata Kuliah Teori dan Landasan PKn; Gagasan Kewarganegaraan; Hakekat, Masalah, dan Studi tentang Teori dan Landasan PKn; Civics, Civics Education dan Citizenship Education; Kedudukan PKn sebagai Disiplin Ilmu; Prinsip-prinsip dan Praktek Pendidikan untuk Warganegara yang Demokratis; Problema Teoretik Kewarganegaraan abad ke-21; Landasan dan rasional PKn di Indonesia Pancasila dan UUD 1945 (Perubahan ke empat, MPR RI), UU Republik Indonesia tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU Republik Indonesia No. 20 tahun 1946 Tentang Kewarganegaraan dan Penduduk Negara, TAP MPRS II/1962, TAP Nomor II/MPR/1978, ttg P4 (Ekaprasetia Pancakarsa); Teori-teori Kewarganegaraan; Kewarganegaraan sebagai Sebuah Tinjauan Historis; Perspektif Ilmu-ilmu Sosial terhadap Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship Education); Konsep Kewarganegaraan sebagai Konsep Politik Barat; Kedudukan / Peran Warganegara dalam Masyarakat Pluralistik; Pelaksanaan PKn Kewarganegaraan di berbagai Negara dan Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa akan dapat menjelaskan serta memahami landasan pendidikan kewarganegaraan, dan mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran PPKn yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku terkait mata kuliah landasan pendidikan kewarganegaraan.
References- Mujtahidin. 2017. Civic Education di Sekolah. Jakarta : Pustaka Radja.
- Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
- Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
- Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan. Bandung: Widya AKsara Press.
- Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Tujuan, Persyaratan, dan Bentuk Kegiatan Mata Kuliah Teori dan Landasan PKn; Gagasan Kewarganegaraan; Hakekat, Masalah, dan Studi tentang Teori dan Landasan PKn; Civics, Civics Education dan Citizenship Education; Kedudukan PKn sebagai Disiplin Ilmu; Prinsip-prinsip dan Praktek Pendidikan untuk Warganegara yang Demokratis; Problema Teoretik Kewarganegaraan abad ke-21; Landasan dan rasional PKn di Indonesia Pancasila dan UUD 1945 (Perubahan ke empat, MPR RI), UU Republik Indonesia tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU Republik Indonesia No. 20 tahun 1946 Tentang Kewarganegaraan dan Penduduk Negara, TAP MPRS II/1962, TAP Nomor II/MPR/1978, ttg P4 (Ekaprasetia Pancakarsa); Teori-teori Kewarganegaraan; Kewarganegaraan sebagai Sebuah Tinjauan Historis; Perspektif Ilmu-ilmu Sosial terhadap Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship Education); Konsep Kewarganegaraan sebagai Konsep Politik Barat; Kedudukan / Peran Warganegara dalam Masyarakat Pluralistik; Pelaksanaan PKn Kewarganegaraan di berbagai Negara dan Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa akan dapat menjelaskan serta memahami landasan pendidikan kewarganegaraan, dan mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran PPKn yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku terkait mata kuliah landasan pendidikan kewarganegaraan.
References- Mujtahidin. 2017. Civic Education di Sekolah. Jakarta : Pustaka Radja.
- Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
- Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
- Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan. Bandung: Widya AKsara Press.
- Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Details ...