Courser in English | ASSESSMENT OF BIOLOGY LEARNING |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah assessmen pembelajaran Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya.
Learning Outcomes- Menganalisis hakikat, prinsip, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S10, P4, KK1, KK4).
- Menganalisis masalah terkait implikasi implementasi assessmen dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik penilaian berbasis kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S11, P6, KU3, KK5).
- Menganalisis jenis assessemen yang tepat sesuai dengan karakteristik peserta didik sebagai sarana pengembangan potensi (P7, KK6, KK7, KK10).
- Mengevaluasi pencapaian hasil belajar sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).
- Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada assessmen pembelajaran dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis (P2, KU1, KK2, KK11).
- Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo
Details ...
Mata kuliah assessmen pembelajaran Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya.
Learning Outcomes- Menganalisis hakikat, prinsip, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S10, P4, KK1, KK4).
- Menganalisis masalah terkait implikasi implementasi assessmen dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik penilaian berbasis kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S11, P6, KU3, KK5).
- Menganalisis jenis assessemen yang tepat sesuai dengan karakteristik peserta didik sebagai sarana pengembangan potensi (P7, KK6, KK7, KK10).
- Mengevaluasi pencapaian hasil belajar sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).
- Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada assessmen pembelajaran dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis (P2, KU1, KK2, KK11).
- Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo
Details ...
Mata kuliah assessmen pembelajaran Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya.
Learning Outcomes- Menganalisis hakikat, prinsip, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S10, P4, KK1, KK4).
- Menganalisis masalah terkait implikasi implementasi assessmen dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik penilaian berbasis kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S11, P6, KU3, KK5).
- Menganalisis jenis assessemen yang tepat sesuai dengan karakteristik peserta didik sebagai sarana pengembangan potensi (P7, KK6, KK7, KK10).
- Mengevaluasi pencapaian hasil belajar sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).
- Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada assessmen pembelajaran dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis (P2, KU1, KK2, KK11).
- Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya.
Learning Outcomes1.10. Menunjukkan sikap mandiri dan bertanggungjawab dalam assessment pembelajaran.
2.1. Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi assessment dalam pembelajaran biologi.
3.9. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
3.10.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
4.4 Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya.
References-
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya.
Learning Outcomes1.10. Menunjukkan sikap mandiri dan bertanggungjawab dalam assessment pembelajaran.
2.1. Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi assessment dalam pembelajaran biologi.
3.9. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
3.10.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
4.4 Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya.
References-
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya.
Learning Outcomes1.10. Menunjukkan sikap mandiri dan bertanggungjawab dalam assessment pembelajaran.
2.1. Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi assessment dalam pembelajaran biologi.
3.9. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
3.10.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
4.4 Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya.
References-
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya.
Learning Outcomes1.10. Menunjukkan sikap mandiri dan bertanggungjawab dalam assessment pembelajaran.
2.1. Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi assessment dalam pembelajaran biologi.
3.9. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
3.10.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
4.4 Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya.
References- Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo;
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya.
Learning Outcomes1.10. Menunjukkan sikap mandiri dan bertanggungjawab dalam assessment pembelajaran.
2.1. Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi assessment dalam pembelajaran biologi.
3.9. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
3.10.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
4.4 Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya.
References- Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo;
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya.
Learning Outcomes1.10. Menunjukkan sikap mandiri dan bertanggungjawab dalam assessment pembelajaran.
2.1. Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi assessment dalam pembelajaran biologi.
3.9. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
3.10.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
4.4 Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya.
References- Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo;
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya.
Learning Outcomes1.10. Menunjukkan sikap mandiri dan bertanggungjawab dalam assessment pembelajaran.
2.1. Menguasai filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi assessment dalam pembelajaran biologi.
3.9. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
3.10.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
4.4 Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya.
References- Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo;
Details ...
Assemen Pembelajaran Biologi merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa calon guru sains/biologi agar memiliki kemampuan pedagogik dalam hal pemahaman prinsip-prisnip assesmen dan penilaian berbasis kelas, prosedur mengkontruksi instrumen penilaian serta prinsip-prinsip analisis dan pengolahan hasil penilaian dan tindak lanjut sehingga mampu menyelenggarakan asesmen serta evaluasi proses dan hasil belajar; memanfaatkan hasil asesmen dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; dan melakukan tindakan reflektif berdasarkan hasil asesmen dan evaluasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Matakuliah ini diberikan pada semester 6 (Genap) dan bersifat wajib bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (S1). Mata kuliah ini mensyaratkan kompetensi prasyarat mendesain sistem pembelajaran, menganalisis kompetensi dasar dan merumuskan indikator yang ditempuh pada matakuliah Dasar Pembelajaran Biologi, Pengembangan Kurikulum IPA dan Pengembangan Kurikulum Biologi.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang assessment pembelajaran biologi yang didasari semangat kemandirian.
- Mahasiswa mampu menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip dan prosedur dalam assessmen dan evaluasi proses serta hasil belajar biologi.
- Merencanakan, mengkontruksi, mengelola dan menindaklanjuti assesmen pembelajaran biologi sesuai dengan prinsip-prinsip dan prosedur asesmen dan evaluasi proses serta hasil belajar biologi.
- Menguasai prinsip-prinsip dan prosedur dalam asesmen serta evaluasi proses dan hasil belajar biologi.
- Dokumen Kurikulum Pendidikan Guru Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang.
- Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
- Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo
Details ...
Assemen Pembelajaran Biologi merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa calon guru sains/biologi agar memiliki kemampuan pedagogik dalam hal pemahaman prinsip-prisnip assesmen dan penilaian berbasis kelas, prosedur mengkontruksi instrumen penilaian serta prinsip-prinsip analisis dan pengolahan hasil penilaian dan tindak lanjut sehingga mampu menyelenggarakan asesmen serta evaluasi proses dan hasil belajar; memanfaatkan hasil asesmen dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; dan melakukan tindakan reflektif berdasarkan hasil asesmen dan evaluasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Matakuliah ini diberikan pada semester 6 (Genap) dan bersifat wajib bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (S1). Mata kuliah ini mensyaratkan kompetensi prasyarat mendesain sistem pembelajaran, menganalisis kompetensi dasar dan merumuskan indikator yang ditempuh pada matakuliah Dasar Pembelajaran Biologi, Pengembangan Kurikulum IPA dan Pengembangan Kurikulum Biologi.
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
Keterampilan Umum
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang bidang keahlianya.
Keterampilan Khusus
- Menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah dan masyarakat.
- Merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah san lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawab dan mengevaluasi secara komprehensif.
- Pengetahuan
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata kuliah :
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang assessment pembelajaran biologi yang didasari semangat kemandirian.
- Mahasiswa mampu menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip dan prosedur dalam assessmen dan evaluasi proses serta hasil belajar biologi.
- Merencanakan, mengkontruksi, mengelola dan menindaklanjuti assesmen pembelajaran biologi sesuai dengan prinsip-prinsip dan prosedur asesmen dan evaluasi proses serta hasil belajar biologi.
- Menguasai prinsip-prinsip dan prosedur dalam asesmen serta evaluasi proses dan hasil belajar biologi.
Referensi :
- Dokumen Kurikulum Pendidikan Guru Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang.
- Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
- Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo
Details ...