Courser in English | INCLUSIVE EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus
- Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
- Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif
- Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi
- Garnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung
- Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang
- Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
- Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus
- Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
- Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif
- Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi
- Garnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung
- Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang
- Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
- Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Details ...