Pengembangan Kurikulum PAUD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION CURRICULUM
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS9 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

mahasiswa mampu menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD sesuai panduan KTSP Kemdikbud 2018.

Learning Outcomes

mahasiswa menyusun KTSP PAUD (1 lembaga)

References

Pedoman KTSP PAUD - Kemdikbud 2018.


Details ...
Course Descriptions

mahasiswa mampu menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD sesuai panduan KTSP Kemdikbud 2018.

Learning Outcomes

mahasiswa menyusun KTSP PAUD (1 lembaga)

References

Pedoman KTSP PAUD - Kemdikbud 2018.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah inovasi PAUD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 PGPAUD  dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji dasar kurikulum 2013 PAUD, posisi kurikulum PAUD dalam rangka pendidikan nasional, karakteristik kurikulum PAUD Indonesia, syarat dalam menerapkan kurikulum PAUD Indonesia, apa, mengapa dan bagaimana menyusun KTSP PAUD, pengesahan, pemberlakuan dan peninjauan ulang KTSP PAUD.

Learning Outcomes

Sikap (S): 

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5)

Pengetahuan (P):

Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan anak usia dini (P4)

Memahami kajian  bidang Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, Filsafat Pendidikan, Pendidikan Khusus, Kurikulum, Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Neurosains dan Neurolinguistik (P8).

Memahami kajian landasan keilmuan PAUD, kurikulum, perkembangan anak, kajian konten pembelajaran, beragam model pembelajaran anak usia dini dan asesmen (P9).

Ketrampilan Umum (KU):

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni (KU3)

Ketrampilan Khusus (KK):

Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui kegiatan bermain (KK3)

Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAUD (KK5). 

Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman (KK8).

Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas (KK9)

Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan (KK10)

References

1. Dir. Pembinaan PAUD. 2018. Kurikulum PAUD (apa, mengapa dan bagaimana). Kemdikbud.

2. Dir.PAUD. 2018. Pedoman Penyusunan KTSP PAUD. Kemdikbud


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang telaah kurikulum pendidikan anak usia dini di Indonesia, pendekatan konsentris dalam pengembangan kurikulum, Karakteristik kurikulum PAUD dan syarat penerapannya, Prinisp dan Prosedur penyusunan KTSP PAUD, Penyusunan KTSP PAUD, merekontruksi masyarakat dan kebudayaan melalui pengubahan sistem pendidikan di persekolahan, peran kurikulum dalam kegiatan belajar dan pembelajaran, prinsip penerapan kurikulum dalam pembelajaran, komponen tujuan dalam kurikulum pendidikan, mengembangkan desain dalam pembelajaran, merancang strategi pembeajaran sebagai implementasi kurikulum, pembelajaran yang dapat membangkitkan inovasi belajar siswa, penerapan kurikulum pada model pembelajaran kontekstual.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan Mahasiswa mampu  :
1. Menelaah kurikulum pendidikan anak usia dini di Indonesia,

2. Memahami pendekatan konsentris dalam pengembangan kurikulum,

3. Identifikasi Karakteristik kurikulum PAUD dan syarat penerapannya,

4. Memahami Prinisp dan Prosedur penyusunan KTSP PAUD,

5. Menyusun KTSP PAUD,

6. Merekontruksi masyarakat dan kebudayaan melalui pengubahan sistem pendidikan di persekolahan,

7. Memahami peran kurikulum dalam kegiatan belajar dan pembelajaran,

8. Memahami prinsip penerapan kurikulum dalam pembelajaran,

9. Menganalisis komponen tujuan dalam kurikulum pendidikan,

10. Mengembangkan desain dalam pembelajaran,

11. Merancang strategi pembeajaran sebagai implementasi kurikulum,

12. Menganalisis pembelajaran yang dapat membangkitkan inovasi belajar siswa,

13. Memahami penerapan kurikulum pada model pembelajaran kontekstual.

References

Kemdikbud. 2015. Pedoman Penyusunan KTSP PAUD. Jakarta: Dirjen PAUD Dikmas.

Kemdikbud. 2015. Pengenalan Kurikulum PAUD. Jakarta: Dirjen PAUD Dikmas. 

Uno, B. Hamzah, et.all. 2017. Pengembangan Kurikulum (Rekayasa Pedagogik dalam Pembelajaran). Depok : PT Raja Grafindo Persada.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang telaah kurikulum pendidikan anak usia dini di Indonesia, pendekatan konsentris dalam pengembangan kurikulum, Karakteristik kurikulum PAUD dan syarat penerapannya, Prinisp dan Prosedur penyusunan KTSP PAUD, Penyusunan KTSP PAUD, merekontruksi masyarakat dan kebudayaan melalui pengubahan sistem pendidikan di persekolahan, peran kurikulum dalam kegiatan belajar dan pembelajaran, prinsip penerapan kurikulum dalam pembelajaran, komponen tujuan dalam kurikulum pendidikan, mengembangkan desain dalam pembelajaran, merancang strategi pembeajaran sebagai implementasi kurikulum, pembelajaran yang dapat membangkitkan inovasi belajar siswa, penerapan kurikulum pada model pembelajaran kontekstual.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan Mahasiswa mampu  :
1. Menelaah kurikulum pendidikan anak usia dini di Indonesia,

2. Memahami pendekatan konsentris dalam pengembangan kurikulum,

3. Identifikasi Karakteristik kurikulum PAUD dan syarat penerapannya,

4. Memahami Prinisp dan Prosedur penyusunan KTSP PAUD,

5. Menyusun KTSP PAUD,

6. Merekontruksi masyarakat dan kebudayaan melalui pengubahan sistem pendidikan di persekolahan,

7. Memahami peran kurikulum dalam kegiatan belajar dan pembelajaran,

8. Memahami prinsip penerapan kurikulum dalam pembelajaran,

9. Menganalisis komponen tujuan dalam kurikulum pendidikan,

10. Mengembangkan desain dalam pembelajaran,

11. Merancang strategi pembeajaran sebagai implementasi kurikulum,

12. Menganalisis pembelajaran yang dapat membangkitkan inovasi belajar siswa,

13. Memahami penerapan kurikulum pada model pembelajaran kontekstual.

References

Kemdikbud. 2015. Pedoman Penyusunan KTSP PAUD. Jakarta: Dirjen PAUD Dikmas.

Kemdikbud. 2015. Pengenalan Kurikulum PAUD. Jakarta: Dirjen PAUD Dikmas. 

Uno, B. Hamzah, et.all. 2017. Pengembangan Kurikulum (Rekayasa Pedagogik dalam Pembelajaran). Depok : PT Raja Grafindo Persada.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji pelbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran. Mata kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa calon guru sekolah dasar dengan pemahaman dan wawasan yang komprehensif tentang konsepkonsep secara teoretik dan hal yang bersifat praktis yang berhubungan dengan konsep dan dimensi, hakikat,  komponen, landasan dan prinsip, proses, model, evaluasi dan inovasi kurikulum dan pembelajaran

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan kurikulum dan pembelajaran,  mahasiswa  diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif  baik secara teoretis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran. Berkenaan dengan konsep kurikulum, meliputi: pengertian kurikulum; dimensi kurikulum; komponen-komponen kurikulum; landasan dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; pendekatan dan model pengembangan kurikulum; dan evaluasi kurikulum. Khususnya tentang pembelajaran, meliputi : hakikat

References

Ansyar & Nurtain     (1993)    Pengembangan dan    Inovasi Kurikulum. Depdiknas. Ansyar, Moh. (1989)   Dasar-dasar   Pengembangan   Kurikulum. Depdiknas. Hasan, S. Hamid. (1988). Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Depdikbud, Dikti, Proyek  Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga  kependidikan. Ibrahim dan Karyadi, Beny. (1990). Materi Pokok: Pengembangan Inovasi dan Kurikulum.   Jakarta: Depdikbud. Ibrahim dan Syaodih, Nana S. (1993) Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud, Dikti,    Proyek Pembinaan Tenaga  Kependidikan. McNeil, Jhon D. (1990). Curriculum: Comprehensive Instroduction. London.  Miller, John P & Seller, Wayne. (1985). Curriculum Perspectives and Practice.  London:  Longman. Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan  Implementasi. Bandung: Remaja  Rosdakarya. 
CM.PRD-01-03 
Nasution. (1991). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti. Nasution. (1995). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara. Oliva, Peter F. (1992). Developing the Curriculum. United States of America:  HarperCollinsPublishers.  Sumantri, Mulyani. (1988). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud, Dikti, PPLPTK. Yulaelawati, Ella. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka. Zais. R.S (1976). Curriculum Principles and Foundation. New York: Harper & Raw  Publisher.   
            Bandung,  Februari 2012 Ketua Prodi PGSD         Dosen,   
      Drs. H.  Dede Margo Irianto, M.Pd.       Dra. Hj. Rd. Deti Rostika, M. Pd        NIP.196201061986031004        NIP. 196104171986032001  


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji pelbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran. Mata kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa calon guru sekolah dasar dengan pemahaman dan wawasan yang komprehensif tentang konsepkonsep secara teoretik dan hal yang bersifat praktis yang berhubungan dengan konsep dan dimensi, hakikat,  komponen, landasan dan prinsip, proses, model, evaluasi dan inovasi kurikulum dan pembelajaran

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan kurikulum dan pembelajaran,  mahasiswa  diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif  baik secara teoretis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran. Berkenaan dengan konsep kurikulum, meliputi: pengertian kurikulum; dimensi kurikulum; komponen-komponen kurikulum; landasan dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; pendekatan dan model pengembangan kurikulum; dan evaluasi kurikulum. Khususnya tentang pembelajaran, meliputi : hakikat

References

Ansyar & Nurtain     (1993)    Pengembangan dan    Inovasi Kurikulum. Depdiknas. Ansyar, Moh. (1989)   Dasar-dasar   Pengembangan   Kurikulum. Depdiknas. Hasan, S. Hamid. (1988). Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Depdikbud, Dikti, Proyek  Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga  kependidikan. Ibrahim dan Karyadi, Beny. (1990). Materi Pokok: Pengembangan Inovasi dan Kurikulum.   Jakarta: Depdikbud. Ibrahim dan Syaodih, Nana S. (1993) Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud, Dikti,    Proyek Pembinaan Tenaga  Kependidikan. McNeil, Jhon D. (1990). Curriculum: Comprehensive Instroduction. London.  Miller, John P & Seller, Wayne. (1985). Curriculum Perspectives and Practice.  London:  Longman. Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan  Implementasi. Bandung: Remaja  Rosdakarya. 
CM.PRD-01-03 
Nasution. (1991). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti. Nasution. (1995). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara. Oliva, Peter F. (1992). Developing the Curriculum. United States of America:  HarperCollinsPublishers.  Sumantri, Mulyani. (1988). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud, Dikti, PPLPTK. Yulaelawati, Ella. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka. Zais. R.S (1976). Curriculum Principles and Foundation. New York: Harper & Raw  Publisher.   
            Bandung,  Februari 2012 Ketua Prodi PGSD         Dosen,   
      Drs. H.  Dede Margo Irianto, M.Pd.       Dra. Hj. Rd. Deti Rostika, M. Pd        NIP.196201061986031004        NIP. 196104171986032001  


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep pentingnya kurikulum PAUD; landasan pengembangan kurikulum, karakteristik kurikulum PAUD; prinsip dan prosedur penyusunan KTSP PAUD; penyusunan KTSP: penyusunan Profil lembaga, penyusunan dokumen I (visi, misi dan karakteristik kurikulum, kalender pendidikan dan SOP); Analisis standar PAUD dan kurikulum PAUD, dan Analisis berbagai pendekatan dalam Kurikulum PAUD (Montessori, Regio Emilia, High Scope, dan Bank Street).

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa mampu:

1. Memahami Kurikulum Nasional PAUD

2. Menyusun KTSP PAUD

3. Memahami berbagai pendekatan dalam Kurikulum PAUD

4. Menganalisa implementasi kurikulum PAUD di lapangan

References

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, sebagai pengganti Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini;

2.  Permendikbud Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum tahun 2006 dan Kurikulum 2013 pasal 7

4. Elizabeth G. Hainstock, Teaching Montessori In The Home The School Years,        Delapratasa Publishing, Jakarta, 2002

5. Kemdikbud. Pedoman Penyusunan KTSP PAUD. Jakarta: 2015

6. Kemdikbu. Pengenalan Kurikulum Anak Usia DIni. Jakarta; 2015

7. Getswicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice. Curriculum and Development in Early Childhood Education.Canada: Thomson Delmar Learning.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep pentingnya kurikulum PAUD; landasan pengembangan kurikulum, karakteristik kurikulum PAUD; prinsip dan prosedur penyusunan KTSP PAUD; penyusunan KTSP: penyusunan Profil lembaga, penyusunan dokumen I (visi, misi dan karakteristik kurikulum, kalender pendidikan dan SOP); Analisis standar PAUD dan kurikulum PAUD, dan Analisis berbagai pendekatan dalam Kurikulum PAUD (Montessori, Regio Emilia, High Scope, dan Bank Street).

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa mampu:

1. Memahami Kurikulum Nasional PAUD

2. Menyusun KTSP PAUD

3. Memahami berbagai pendekatan dalam Kurikulum PAUD

4. Menganalisa implementasi kurikulum PAUD di lapangan

References

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, sebagai pengganti Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini;

2.  Permendikbud Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum tahun 2006 dan Kurikulum 2013 pasal 7

4. Elizabeth G. Hainstock, Teaching Montessori In The Home The School Years,        Delapratasa Publishing, Jakarta, 2002

5. Kemdikbud. Pedoman Penyusunan KTSP PAUD. Jakarta: 2015

6. Kemdikbu. Pengenalan Kurikulum Anak Usia DIni. Jakarta; 2015

7. Getswicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice. Curriculum and Development in Early Childhood Education.Canada: Thomson Delmar Learning.

 


Details ...