Courser in English | - |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah belajar dan pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah wajib di program studi Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah. Mata kuliah ini memberikan kerangka pemahaman dasar bagi mahasiswa tentang hakikat belajar dan pembelajaran dengan berbagai unsur dinamis dan pendekatannya serta implikasinya di dalam kegiatan belajar dan pembelajaran. Sebagai outcome diberikannya mata kuliah ini diharapkan akan terbentuk seorang calon guru Bahasa Jawa yang profesional dan unggul dengan mengacu pada kompetensi guru dan paham terhadap hakikat belajar dan pembelajaran di dalam proses belajar mengajar
Learning OutcomesSetelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Etika Profesi Kependidikan ,mahasiswamampu: CPMK1 Menelaah hakikat belajar, prinsip-prinsip dan faktor yang mempengaruhi belajar secara mandiri dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK2, S9) CPMK2 Menguraikan konsep tentang motivasi belajar berdasarkan konsep teoretis sesuai nilai, norma, dan etika akademik (P1, KU1, KK2, S8) CPMK3 Menyimpulkan berbagai teori belajar dengan penuh tanggung jawab (P1, KK1, S9) CPMK4 Menafsirkan hakikat daan komponen-komponen pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur. (P2, KU1, KK2, S8) CPMK5 Menganalisis E-Learning dan kurikulumdengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P1, KU2, S8) CPMK6 Mengorganisasikan pemahaman tentang model dan evaluasi pembelajaransecara mandiri dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK3, S9)
References1. Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta. 2. Hergenhahn,Matthew H. Olson. 2008. Theories of Learning. Hamilne University. 3. Karwono, Heni Mularsih. 2013. Belajar dan Pembelajaran serta PemanfaatanSumber Belajar. Jakarta: CV. Rajagrafindo. 4. Majid, Abdul. 2014. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya 5. Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta 6. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group 7. Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya 8. Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif:Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya 9. UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 10. UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Details ...