Courser in English | SCIENTIFIC WRITING |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi teori dan praktek penulisan karya ilmiah yang dimulai dari hakekat dan konsep karya ilmiah, jenis dan ciri karya ilmiah, anatomi atau bagian-bagian karya tulis ilmiah, kaidah dan etika dalam penulisan karya ilmiah, penggunaan bahasa dalam karya tulis ilmiah, teknik penulisan atau tata tulis karya ilmiah, langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah, pola-pola wacana penyajian tulisan ilmiah, teknik mempresentasikan karya tulis ilmiah, aneka kesalahan dalam penulisan karya tulis ilmiah, dan sumber-sumber penulisan karya ilmiah. Proses pembelajaran berlangsung melalui pendekatan explorasi, elaborasi, dan konfirmasi; yang diimplementasikan melalui metode inquiry, diskusi, praktek kerja mandiri dan kelompok, dan reportasi. Evaluasi dilakukan melalui penilaian proses (partisipasi dan keaktifan mahasiwa dalam kelas), portofolio mandiri dan kelompok, presentasi, hasil ujian tengah dan akhir semester dan kehadiran.Mata kuliah ini berisi teori dan praktek penulisan karya ilmiah yang dimulai dari hakekat dan konsep karya ilmiah, jenis dan ciri karya ilmiah, anatomi atau bagian-bagian karya tulis ilmiah, kaidah dan etika dalam penulisan karya ilmiah, penggunaan bahasa dalam karya tulis ilmiah, teknik penulisan atau tata tulis karya ilmiah, langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah, pola-pola wacana penyajian tulisan ilmiah, teknik mempresentasikan karya tulis ilmiah, aneka kesalahan dalam penulisan karya tulis ilmiah, dan sumber-sumber penulisan karya ilmiah. Proses pembelajaran berlangsung melalui pendekatan explorasi, elaborasi, dan konfirmasi; yang diimplementasikan melalui metode inquiry, diskusi, praktek kerja mandiri dan kelompok, dan reportasi. Evaluasi dilakukan melalui penilaian proses (partisipasi dan keaktifan mahasiwa dalam kelas), portofolio mandiri dan kelompok, presentasi, hasil ujian tengah dan akhir semester dan kehadiran.
Learning Outcomes- Sikap
- Mahasiswa secara antusias mengikuti perkuliahan.
- Mahasiswa secara mandiri menyelesaikan tugas.
- Pengetahuan
- Mahasiswa dapat menyebutkan konsep, jenis, ciri, dan bagian karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat menyebutkan kaidah dan etika dalam menyusun karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi langkahlangkah dalam menyusun karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat menganalisis polapola wacana penyajian karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi berbagai kesalahan dalam penyusunan karya ilmiah.
- Keterampilan
- Mahasiswa dapat menguasai berbagai teknik menyusun karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat menguasai teknik mempresentasikan karya tulis ilmiah
Anwar Hasnun. 2004. Pedoman dan Petunjuk Praktis Karya Tulis. Yogyakarta: Absolut
Etty Indriati. 2005. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Gunawan Wiradi. 2002. Etika Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Akatiga
----------------------. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori dan praktek penulisan karya ilmiah yang dimulai dari hakekat dan konsep karya ilmiah, jenis dan ciri karya ilmiah, anatomi atau bagian-bagian karya tulis ilmiah, kaidah dan etika dalam penulisan karya ilmiah, penggunaan bahasa dalam karya tulis ilmiah, teknik penulisan atau tata tulis karya ilmiah, langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah, pola-pola wacana penyajian tulisan ilmiah, teknik mempresentasikan karya tulis ilmiah, aneka kesalahan dalam penulisan karya tulis ilmiah, dan sumber-sumber penulisan karya ilmiah. Proses pembelajaran berlangsung melalui pendekatan explorasi, elaborasi, dan konfirmasi; yang diimplementasikan melalui metode inquiry, diskusi, praktek kerja mandiri dan kelompok, dan reportasi. Evaluasi dilakukan melalui penilaian proses (partisipasi dan keaktifan mahasiwa dalam kelas), portofolio mandiri dan kelompok, presentasi, hasil ujian tengah dan akhir semester dan kehadiran.Mata kuliah ini berisi teori dan praktek penulisan karya ilmiah yang dimulai dari hakekat dan konsep karya ilmiah, jenis dan ciri karya ilmiah, anatomi atau bagian-bagian karya tulis ilmiah, kaidah dan etika dalam penulisan karya ilmiah, penggunaan bahasa dalam karya tulis ilmiah, teknik penulisan atau tata tulis karya ilmiah, langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah, pola-pola wacana penyajian tulisan ilmiah, teknik mempresentasikan karya tulis ilmiah, aneka kesalahan dalam penulisan karya tulis ilmiah, dan sumber-sumber penulisan karya ilmiah. Proses pembelajaran berlangsung melalui pendekatan explorasi, elaborasi, dan konfirmasi; yang diimplementasikan melalui metode inquiry, diskusi, praktek kerja mandiri dan kelompok, dan reportasi. Evaluasi dilakukan melalui penilaian proses (partisipasi dan keaktifan mahasiwa dalam kelas), portofolio mandiri dan kelompok, presentasi, hasil ujian tengah dan akhir semester dan kehadiran.
Learning Outcomes- Sikap
- Mahasiswa secara antusias mengikuti perkuliahan.
- Mahasiswa secara mandiri menyelesaikan tugas.
- Pengetahuan
- Mahasiswa dapat menyebutkan konsep, jenis, ciri, dan bagian karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat menyebutkan kaidah dan etika dalam menyusun karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi langkahlangkah dalam menyusun karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat menganalisis polapola wacana penyajian karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi berbagai kesalahan dalam penyusunan karya ilmiah.
- Keterampilan
- Mahasiswa dapat menguasai berbagai teknik menyusun karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat menguasai teknik mempresentasikan karya tulis ilmiah
Anwar Hasnun. 2004. Pedoman dan Petunjuk Praktis Karya Tulis. Yogyakarta: Absolut
Etty Indriati. 2005. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Gunawan Wiradi. 2002. Etika Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Akatiga
----------------------. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori dan praktek penulisan karya ilmiah yang dimulai dari hakekat dan konsep karya ilmiah, jenis dan ciri karya ilmiah, anatomi atau bagian-bagian karya tulis ilmiah, kaidah dan etika dalam penulisan karya ilmiah, penggunaan bahasa dalam karya tulis ilmiah, teknik penulisan atau tata tulis karya ilmiah, langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah, pola-pola wacana penyajian tulisan ilmiah, teknik mempresentasikan karya tulis ilmiah, aneka kesalahan dalam penulisan karya tulis ilmiah, dan sumber-sumber penulisan karya ilmiah. Proses pembelajaran berlangsung melalui pendekatan explorasi, elaborasi, dan konfirmasi; yang diimplementasikan melalui metode inquiry, diskusi, praktek kerja mandiri dan kelompok, dan reportasi. Evaluasi dilakukan melalui penilaian proses (partisipasi dan keaktifan mahasiwa dalam kelas), portofolio mandiri dan kelompok, presentasi, hasil ujian tengah dan akhir semester dan kehadiran.Mata kuliah ini berisi teori dan praktek penulisan karya ilmiah yang dimulai dari hakekat dan konsep karya ilmiah, jenis dan ciri karya ilmiah, anatomi atau bagian-bagian karya tulis ilmiah, kaidah dan etika dalam penulisan karya ilmiah, penggunaan bahasa dalam karya tulis ilmiah, teknik penulisan atau tata tulis karya ilmiah, langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah, pola-pola wacana penyajian tulisan ilmiah, teknik mempresentasikan karya tulis ilmiah, aneka kesalahan dalam penulisan karya tulis ilmiah, dan sumber-sumber penulisan karya ilmiah. Proses pembelajaran berlangsung melalui pendekatan explorasi, elaborasi, dan konfirmasi; yang diimplementasikan melalui metode inquiry, diskusi, praktek kerja mandiri dan kelompok, dan reportasi. Evaluasi dilakukan melalui penilaian proses (partisipasi dan keaktifan mahasiwa dalam kelas), portofolio mandiri dan kelompok, presentasi, hasil ujian tengah dan akhir semester dan kehadiran.
Learning Outcomes- Sikap
- Mahasiswa secara antusias mengikuti perkuliahan.
- Mahasiswa secara mandiri menyelesaikan tugas.
- Pengetahuan
- Mahasiswa dapat menyebutkan konsep, jenis, ciri, dan bagian karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat menyebutkan kaidah dan etika dalam menyusun karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi langkahlangkah dalam menyusun karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat menganalisis polapola wacana penyajian karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi berbagai kesalahan dalam penyusunan karya ilmiah.
- Keterampilan
- Mahasiswa dapat menguasai berbagai teknik menyusun karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa dapat menguasai teknik mempresentasikan karya tulis ilmiah
Anwar Hasnun. 2004. Pedoman dan Petunjuk Praktis Karya Tulis. Yogyakarta: Absolut
Etty Indriati. 2005. Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Gunawan Wiradi. 2002. Etika Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Akatiga
----------------------. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga
Details ...