Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
- Mata kuliah Perkembangan Prenatal merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Prenatal Development (Perkembangan Prenatal); (b) Prenatal Growth (Pertumbuhan Prenatal); (c). Prenatal Diagnostic Test (Tes Diagnostik Prenatal); (d). Teratology and Hazards to Prenatal (Teratologi dan Bahaya pada Perkembangan Prenatal); (e). Infertility and Reproductive Technology; (Adoption (Adopsi); The Course of Prenatal Development (Pelatihan mengenai Perkembanga Prenatal); Development (Pengembangan pada Perkembangan Prenatal); Prenatal Care (Perawatan Kehamilan); Normal Prenatal Development (Perkembangan Prenatal secara Normal); Birth (Kelahiran); Low Birth Weight and Preterm Infants - Bonding – The Postpartum Period; Early Adulthood.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Perkembangan Prenatal.
Sikap (S) |
|
Pengetahuan (P) |
|
Keterampilan Umum (KU) |
|
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Perkembangan Prenatal, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Prenatal Development (Perkembangan Prenatal); Prenatal Growth (Pertumbuhan Prenatal), serta menjelaskan dua materi tersebut secara jelas (S-2, S-5, S-6; P-6, P-7, P-9; KU-5, KU-8, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
CPMK-2 |
Mengemukakan Prenatal Diagnostic Test (Tes Diagnostik Prenatal), serta membedakan Teratology and Hazards to Prenatal (Teratologi dan Bahaya pada Perkembangan Prenatal) secara tepat (S-2, S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, K-3, K-8, KU-9; KK-1, KK-5, KK-8, KK-5, KK-6). |
CPMK-3 |
Menganalisis Infertility and Reproductive Technology, serta menemukan contoh Adoption (Adopsi) secara tepat (S-2, S-5; S-6; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KK-1, KK-19). |
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan The Course of Prenatal Development (Pelatihan mengenai Perkembanga Prenatal), serta menemukan contoh Development secara tepat (S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-9; KK-2, KK-14, KK-19). |
CPMK-5 |
Membedakan Prenatal Care (Perawatan Kehamilan), serta memberikan contoh Normal Prenatal Development (Perkembangan Prenatal secara Normal) secara benar (S-5; S-8; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KU-8, KU-9; KK-8, KK-14, KK-19).
|
CPMK-6 |
Menguraikan Birth (Kelahiran); Low Birth Weight and Preterm Infants - Bonding – The Postpartum Period, serta memberikan contoh Early Adulthood dengan penuh tanggung jawab (S-8, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-8; KU-9; KK-1, KK-2, KK-5, KK-14, KK-19). |
Utama |
Santrock, J. W. (2010). Child Development: Thirteenth Edition. New York: McGraw-Hill. |
Pendukung |
|
Details ...
- Mata kuliah Perkembangan Prenatal merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Prenatal Development (Perkembangan Prenatal); (b) Prenatal Growth (Pertumbuhan Prenatal); (c). Prenatal Diagnostic Test (Tes Diagnostik Prenatal); (d). Teratology and Hazards to Prenatal (Teratologi dan Bahaya pada Perkembangan Prenatal); (e). Infertility and Reproductive Technology; (Adoption (Adopsi); The Course of Prenatal Development (Pelatihan mengenai Perkembanga Prenatal); Development (Pengembangan pada Perkembangan Prenatal); Prenatal Care (Perawatan Kehamilan); Normal Prenatal Development (Perkembangan Prenatal secara Normal); Birth (Kelahiran); Low Birth Weight and Preterm Infants - Bonding – The Postpartum Period; Early Adulthood.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Perkembangan Prenatal.
Sikap (S) |
|
Pengetahuan (P) |
|
Keterampilan Umum (KU) |
|
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Perkembangan Prenatal, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Prenatal Development (Perkembangan Prenatal); Prenatal Growth (Pertumbuhan Prenatal), serta menjelaskan dua materi tersebut secara jelas (S-2, S-5, S-6; P-6, P-7, P-9; KU-5, KU-8, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
CPMK-2 |
Mengemukakan Prenatal Diagnostic Test (Tes Diagnostik Prenatal), serta membedakan Teratology and Hazards to Prenatal (Teratologi dan Bahaya pada Perkembangan Prenatal) secara tepat (S-2, S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, K-3, K-8, KU-9; KK-1, KK-5, KK-8, KK-5, KK-6). |
CPMK-3 |
Menganalisis Infertility and Reproductive Technology, serta menemukan contoh Adoption (Adopsi) secara tepat (S-2, S-5; S-6; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KK-1, KK-19). |
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan The Course of Prenatal Development (Pelatihan mengenai Perkembanga Prenatal), serta menemukan contoh Development secara tepat (S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-9; KK-2, KK-14, KK-19). |
CPMK-5 |
Membedakan Prenatal Care (Perawatan Kehamilan), serta memberikan contoh Normal Prenatal Development (Perkembangan Prenatal secara Normal) secara benar (S-5; S-8; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KU-8, KU-9; KK-8, KK-14, KK-19).
|
CPMK-6 |
Menguraikan Birth (Kelahiran); Low Birth Weight and Preterm Infants - Bonding – The Postpartum Period, serta memberikan contoh Early Adulthood dengan penuh tanggung jawab (S-8, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-8; KU-9; KK-1, KK-2, KK-5, KK-14, KK-19). |
Utama |
Santrock, J. W. (2010). Child Development: Thirteenth Edition. New York: McGraw-Hill. |
Pendukung |
|
Details ...