Landasan Kependidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEducational Foundation
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS9 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Landasan Kependidikan adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks teori ini secara umum bertujuan membekali mahasiswa dengan konsep dasar pedagogi dan pengetahuan serta permasalahan pendidikan. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep: hakikat pendidikan, landasan pendidikan, sistem pendidikan, standar dan mutu pendidikan dan memahami permasalahan pendidikan serta memberikan solusi terhadap permasalahan pendidikan di kelas, nasional maupun internasional. Luaran mata kuliah paper permasalahan pendidikan di kelas, pendidikan nasional dan pendidikan di luar negeri beserta solusinya. 

 

 

 

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu: 

CPMK1 

Memproyeksikan kebutuhan peserta didik melalui kegiatan analisis landasan penyelenggaraan pendidikan untuk memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya [S1, S2, P1, KU1] 

CPMK2 

Mengabstraksi konsep Pedagogi dalam penyelenggaraan pendidikan menengah melalui pemahaman sistem pendidikan dan mutu pendidikan yang menjamin 

CPMK3 

Menyiapkan solusi atas permasalahan pendidikan berdasarkan pada analisis informasi dan data terkait mutu, relevansi serta akses dalam penyelenggaraan pendidikan di kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan etika [S2, P1, KU2, KK7] 

 

References

Utama 

 

1. Tim Landasan Kependidikan Universitas PGRI Semarang. 2017. Landasan Kependidikan. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang. 

2. Soegeng Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. 

 

Pendukung 

Ahmadi, A. 1987. Pendidikan dari Masa ke Masa. Bandung: CV Arico. Halaman 31-32 

… 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 

Ahmadi, H. Abu & Nur Uhbiayti. 2002. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 

Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara 

Hassan, Fuad. 2004. “Pendidikan adalah Pembudayaan”. Dalam Tonny D. Widiastono. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. Halaman 53-56. Tilaar, H.A.R. 1992. Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Halaman 177-197. 

Tirtarahardja, Umar & S.L. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas – Rineka Cipta. 

Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 

Digital 

 

1. Sumber jurnal nasional: http://scimagojr.com 

2. Sumber jurnal internasional: http://scopus.com 

3. Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya.
 

Learning Outcomes

a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran disekolah

b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan
 

References

Adiartanto, Ag. Prih & J. Sumardianta. “Bersama Menatah Kebajikan Khas Siswa”. Dalam Basis No. 07-08 Tahun ke-55,
Juli-Agustus 2006. Halaman 48-54Adlan, Muhammad. 2003. “Menggagas Pendidikan Agama yang Demokratis”. Kompas. Rabu, 30
April 2003, h. 5, kolom 1-4.
            Ahmadi, A. 1987. Pendidikan dari Masa ke Masa. Bandung: CV Arico. Halaman 31-32
            _______________.. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
            Ahmadi, H. Abu & Nur Uhbiayti. 2002. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
            Akbar, H. Ali. 1986. Seksualita Ditinjau Dari Hukum Islam. Jakarta: Ghalia Indonesia.
            Ali, Yunasril. 2012. Sufisme dan Pluralaisme: Memahami Hakikat Agama dan Relasi Agama-Agama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas
Gramedia.
            Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan. 1979. Pendidikan di Indonesia dari Jaman ke Jaman. Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 25-246.
            Bakker S.J., J. M. W. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya.
 

Learning Outcomes

a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran disekolah

b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan
 

References

Adiartanto, Ag. Prih & J. Sumardianta. “Bersama Menatah Kebajikan Khas Siswa”. Dalam Basis No. 07-08 Tahun ke-55,
Juli-Agustus 2006. Halaman 48-54Adlan, Muhammad. 2003. “Menggagas Pendidikan Agama yang Demokratis”. Kompas. Rabu, 30
April 2003, h. 5, kolom 1-4.
            Ahmadi, A. 1987. Pendidikan dari Masa ke Masa. Bandung: CV Arico. Halaman 31-32
            _______________.. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
            Ahmadi, H. Abu & Nur Uhbiayti. 2002. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
            Akbar, H. Ali. 1986. Seksualita Ditinjau Dari Hukum Islam. Jakarta: Ghalia Indonesia.
            Ali, Yunasril. 2012. Sufisme dan Pluralaisme: Memahami Hakikat Agama dan Relasi Agama-Agama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas
Gramedia.
            Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan. 1979. Pendidikan di Indonesia dari Jaman ke Jaman. Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 25-246.
            Bakker S.J., J. M. W. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup mendidik dan ilmu pendidikan,  landasan dan ilmu bantu pendidikan, tujuan pendidikan,  subyek dan obyek pendidikan, lingkungan dan lembaga pendidikan,  alat pendidikan, isi dan metode pendidikan, masalah-masalah pendidikan,  nilai sebagai isi pendidikan karakter, agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter, etika sebagai landasan pendidikan karakter,  Pansasila sebagai landasan pendidikan karakter, kepribadian dan budi pekerti, nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. prinsip dan kekuatan moral, moral seksual, perkawinan, dan hidup.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu

  1. menjelasskan mendidik dan ilmu pendidikan, landasan dan ilmu bantu pendidikan, serta tujuan pendidikan.
  2. Menyebutkan dan menjelaskan siapa subyek dan obyek pendidikan.
  3. Menjelaskan lingkungan dan lembaga pendidikan, alat pendidikan,  isi dan metode pendidikan,
  4. Mengidentifikasikan masalah-masalah pendidikan
  5. Menjelaskan nilai sebagai isi pendidikan karakter, agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter,  etika sebagai landasan pendidikan karakter, Pansasila sebagai landasan pendidikan karakter.
  6. Menjelaskan  kepribadian dan budi pekerti, nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban, dan prinsip dan kekuatan moral, dan moral seksual, perkawinan, dan hidup.

References

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu PendidikanJakarta:  Rineka Cipta. Halam 1-97.

Drijarkara.  1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.

Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.

Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.  

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia. Halam 23-56.

Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.

Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup mendidik dan ilmu pendidikan,  landasan dan ilmu bantu pendidikan, tujuan pendidikan,  subyek dan obyek pendidikan, lingkungan dan lembaga pendidikan,  alat pendidikan, isi dan metode pendidikan, masalah-masalah pendidikan,  nilai sebagai isi pendidikan karakter, agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter, etika sebagai landasan pendidikan karakter,  Pansasila sebagai landasan pendidikan karakter, kepribadian dan budi pekerti, nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. prinsip dan kekuatan moral, moral seksual, perkawinan, dan hidup.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu

  1. menjelasskan mendidik dan ilmu pendidikan, landasan dan ilmu bantu pendidikan, serta tujuan pendidikan.
  2. Menyebutkan dan menjelaskan siapa subyek dan obyek pendidikan.
  3. Menjelaskan lingkungan dan lembaga pendidikan, alat pendidikan,  isi dan metode pendidikan,
  4. Mengidentifikasikan masalah-masalah pendidikan
  5. Menjelaskan nilai sebagai isi pendidikan karakter, agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter,  etika sebagai landasan pendidikan karakter, Pansasila sebagai landasan pendidikan karakter.
  6. Menjelaskan  kepribadian dan budi pekerti, nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban, dan prinsip dan kekuatan moral, dan moral seksual, perkawinan, dan hidup.

References

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu PendidikanJakarta:  Rineka Cipta. Halam 1-97.

Drijarkara.  1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.

Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.

Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.  

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia. Halam 23-56.

Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.

Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan tentang konsep-konsep dasar pendidikan mencakup antara lain: pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu, tujuan pendidikan, subjek dan objek pendidikan, lingkungan dan lembaga pendidikan, alat, isi, dan metode pendidikan, masalah-masalah pendidikan, nilai, etika, Pancasila sebagai landasan pendidikan karakter, dan sebagainya.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami dan mampu mengaplikasikan di dunia pendidikan tentang konsep-konsep dasar pendidikan mencakup antara lain: pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu, tujuan pendidikan, subjek dan objek pendidikan, lingkungan dan lembaga pendidikan, alat, isi, dan metode pendidikan, masalah-masalah pendidikan, nilai, etika, Pancasila sebagai landasan pendidikan karakter, dan sebagainya.

References

Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press. Halaman 1-24.

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta. Halam 1-97.

Drijarkara.  1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.

Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.

Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.  

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia. Halam 23-56.

Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.

Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.

Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.

Sadulloh, Uyoh.  2006.  Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:  Penerbit Alfabeta. Hal-15.

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Halaman 1-15.

Tanlain, Wens dkk.  1989.  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:  APTIK – Penerbit PT Gramedia. Halaman 3-11.

 Tirtarahardja, Umar & SL. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas-Rineka Cipta. Halaman 32-80.

 Rujukan Penunjang Lain:

Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.

Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ballantine, Jeanne H.  N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.

Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: penerbit Buku Kompas.


Details ...
Course Descriptions

Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; leingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan; pendidikan karakter.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan 

References

Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press. Halaman 1-24.

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.2001.Ilmu Pendidikan.  Jakarta:Rineka Cipta. Halam 1-97.

  1. 1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.

Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.

Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.

  • Halam 23-56.

Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.

Mudyahardjo, Redja.2002.Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.

Muhadjir, H. Noeng.2003.Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.

Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.

Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.

Purwanto, M. Ngalim.2004.Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.

Sadulloh, Uyoh.2006.Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:Penerbit Alfabeta. Halamn 1-15.

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Halaman 1-15.

Tanlain, Wens dkk.1989.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:APTIK – Penerbit PT Gramedia. Halaman 3-11.

 

Tirtarahardja, Umar & SL. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas-Rineka Cipta. Halaman 32-80.

 

Rujukan Penujang Lain:

Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.

Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ballantine, Jeanne H.N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.

Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: penerbit Buku Kompas.

 


Details ...
Course Descriptions

Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; leingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan; pendidikan karakter.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan 

References

Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press. Halaman 1-24.

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.2001.Ilmu Pendidikan.  Jakarta:Rineka Cipta. Halam 1-97.

  1. 1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.

Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.

Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.

  • Halam 23-56.

Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.

Mudyahardjo, Redja.2002.Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.

Muhadjir, H. Noeng.2003.Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.

Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.

Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.

Purwanto, M. Ngalim.2004.Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.

Sadulloh, Uyoh.2006.Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:Penerbit Alfabeta. Halamn 1-15.

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Halaman 1-15.

Tanlain, Wens dkk.1989.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:APTIK – Penerbit PT Gramedia. Halaman 3-11.

 

Tirtarahardja, Umar & SL. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas-Rineka Cipta. Halaman 32-80.

 

Rujukan Penujang Lain:

Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.

Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ballantine, Jeanne H.N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.

Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: penerbit Buku Kompas.

 


Details ...
Course Descriptions

Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; leingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan; pendidikan karakter.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan 

References

Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press. Halaman 1-24.

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.2001.Ilmu Pendidikan.  Jakarta:Rineka Cipta. Halam 1-97.

  1. 1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.

Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.

Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.

  • Halam 23-56.

Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.

Mudyahardjo, Redja.2002.Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.

Muhadjir, H. Noeng.2003.Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.

Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.

Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.

Purwanto, M. Ngalim.2004.Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.

Sadulloh, Uyoh.2006.Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:Penerbit Alfabeta. Halamn 1-15.

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Halaman 1-15.

Tanlain, Wens dkk.1989.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:APTIK – Penerbit PT Gramedia. Halaman 3-11.

 

Tirtarahardja, Umar & SL. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas-Rineka Cipta. Halaman 32-80.

 

Rujukan Penujang Lain:

Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.

Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ballantine, Jeanne H.N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.

Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: penerbit Buku Kompas.

 


Details ...