Pemrograman Berorientasi Object, Curriculum : 2015


Courser in EnglishOBJECT-ORIENTED PROGRAMMING
ProgramInformatika
SKS3 SKS
RPS22 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang teknik pemrograman berbasis objek. Pembahasan diawali dengan pemahaman konsep pemrograman berbasis objek, meliputi class, object, interface, package, inheritance, polymorphism, overriding, overloading, dan hak akses. Mata kuliah ini juga membahas tentang Analisis dan Desain Berbasis Objek. Pada mata kuliah ini mahasiswa mempraktekkan

Learning Outcomes

CPL

1. Kemampuan merancang algoritma yang efisien dan efektif serta mengimplementasikannya dengan bahasa pemrograman dan teknologi Informatika dalam membangun sistem komputasi berbasis desktop, web dan mobile

2. Kemampuan membangun perencanaan, perancangan, penerapan, pengujian dan pemeliharaan sistem perangkat lunak yang berorientasi pada pemrosesan data besar.

3. Kemampuan membuat pemodelan data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data termasuk produk multimedia berbasis

CPMK

1. Kemampuan mengimplementasikan algoritma dengan bahasa pemrograman dan teknologi Informatika

2. Kemampuan membangun perencanaan dan perancangan sistem perangkat lunak yang berorientasi pada pemrosesan data besar

3. Kemampuan membuat pemodelan data

References

1. Carol Britton and Jill Doake, A Student Guide to Object-Oriented Development, Elsevier, 2004

2. K. Barclay, J. Savage, Object-Oriented Design with UML and Java, Elsevier, 2004
3. G. Booch dkk, Object Oriented Analysis & Design With Applications Third Edition, Addison-Wesley, 2007
4. Address Book Example, http://www.cs.gordon.edu/courses/cs211/AddressBookExample/index.html
5. ATM Simulation, http://www.cs.gordon.edu/courses/cs211/ATMExample/index.html
6. Ariesto Hadi Sutopo, Fajar Masya, Penyelesaian Masalah Berbasis Objek dengan Java, Graha Ilmu, 2005


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang teknik pemrograman berbasis objek. Pembahasan diawali dengan pemahaman konsep pemrograman berbasis objek, meliputi class, object, interface, package, inheritance, polymorphism, overriding, overloading, dan hak akses. Mata kuliah ini juga membahas tentang Analisis dan Desain Berbasis Objek. Pada mata kuliah ini mahasiswa mempraktekkan

Learning Outcomes

CPL

1. Kemampuan merancang algoritma yang efisien dan efektif serta mengimplementasikannya dengan bahasa pemrograman dan teknologi Informatika dalam membangun sistem komputasi berbasis desktop, web dan mobile

2. Kemampuan membangun perencanaan, perancangan, penerapan, pengujian dan pemeliharaan sistem perangkat lunak yang berorientasi pada pemrosesan data besar.

3. Kemampuan membuat pemodelan data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data termasuk produk multimedia berbasis

CPMK

1. Kemampuan mengimplementasikan algoritma dengan bahasa pemrograman dan teknologi Informatika

2. Kemampuan membangun perencanaan dan perancangan sistem perangkat lunak yang berorientasi pada pemrosesan data besar

3. Kemampuan membuat pemodelan data

References

1. Carol Britton and Jill Doake, A Student Guide to Object-Oriented Development, Elsevier, 2004

2. K. Barclay, J. Savage, Object-Oriented Design with UML and Java, Elsevier, 2004
3. G. Booch dkk, Object Oriented Analysis & Design With Applications Third Edition, Addison-Wesley, 2007
4. Address Book Example, http://www.cs.gordon.edu/courses/cs211/AddressBookExample/index.html
5. ATM Simulation, http://www.cs.gordon.edu/courses/cs211/ATMExample/index.html
6. Ariesto Hadi Sutopo, Fajar Masya, Penyelesaian Masalah Berbasis Objek dengan Java, Graha Ilmu, 2005


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang teknik pemrograman berbasis objek. Pembahasan diawali dengan pemahaman konsep pemrograman berbasis objek, meliputi class, object, interface, package, inheritance, polymorphism, overriding, overloading, dan hak akses. Mata kuliah ini juga membahas tentang Analisis dan Desain Berbasis Objek. Pada mata kuliah ini mahasiswa mempraktekkan

Learning Outcomes

CPL

1. Kemampuan merancang algoritma yang efisien dan efektif serta mengimplementasikannya dengan bahasa pemrograman dan teknologi Informatika dalam membangun sistem komputasi berbasis desktop, web dan mobile

2. Kemampuan membangun perencanaan, perancangan, penerapan, pengujian dan pemeliharaan sistem perangkat lunak yang berorientasi pada pemrosesan data besar.

3. Kemampuan membuat pemodelan data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data termasuk produk multimedia berbasis

CPMK

1. Kemampuan mengimplementasikan algoritma dengan bahasa pemrograman dan teknologi Informatika

2. Kemampuan membangun perencanaan dan perancangan sistem perangkat lunak yang berorientasi pada pemrosesan data besar

3. Kemampuan membuat pemodelan data

References

1. Carol Britton and Jill Doake, A Student Guide to Object-Oriented Development, Elsevier, 2004

2. K. Barclay, J. Savage, Object-Oriented Design with UML and Java, Elsevier, 2004
3. G. Booch dkk, Object Oriented Analysis & Design With Applications Third Edition, Addison-Wesley, 2007
4. Address Book Example, http://www.cs.gordon.edu/courses/cs211/AddressBookExample/index.html
5. ATM Simulation, http://www.cs.gordon.edu/courses/cs211/ATMExample/index.html
6. Ariesto Hadi Sutopo, Fajar Masya, Penyelesaian Masalah Berbasis Objek dengan Java, Graha Ilmu, 2005


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang teknik pemrograman berbasis objek. Pembahasan diawali dengan pemahaman konsep pemrograman berbasis objek, meliputi class, object, interface, package, inheritance, polymorphism, overriding, overloading, dan hak akses. Mata kuliah ini juga membahas tentang Analisis dan Desain Berbasis Objek. Pada mata kuliah ini mahasiswa mempraktekkan

Learning Outcomes

CPL

1. Kemampuan merancang algoritma yang efisien dan efektif serta mengimplementasikannya dengan bahasa pemrograman dan teknologi Informatika dalam membangun sistem komputasi berbasis desktop, web dan mobile

2. Kemampuan membangun perencanaan, perancangan, penerapan, pengujian dan pemeliharaan sistem perangkat lunak yang berorientasi pada pemrosesan data besar.

3. Kemampuan membuat pemodelan data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data termasuk produk multimedia berbasis

CPMK

1. Kemampuan mengimplementasikan algoritma dengan bahasa pemrograman dan teknologi Informatika

2. Kemampuan membangun perencanaan dan perancangan sistem perangkat lunak yang berorientasi pada pemrosesan data besar

3. Kemampuan membuat pemodelan data

References

1. Carol Britton and Jill Doake, A Student Guide to Object-Oriented Development, Elsevier, 2004

2. K. Barclay, J. Savage, Object-Oriented Design with UML and Java, Elsevier, 2004
3. G. Booch dkk, Object Oriented Analysis & Design With Applications Third Edition, Addison-Wesley, 2007
4. Address Book Example, http://www.cs.gordon.edu/courses/cs211/AddressBookExample/index.html
5. ATM Simulation, http://www.cs.gordon.edu/courses/cs211/ATMExample/index.html
6. Ariesto Hadi Sutopo, Fajar Masya, Penyelesaian Masalah Berbasis Objek dengan Java, Graha Ilmu, 2005


Details ...