Courser in English | CROSS-CULTURAL UNDERSTANDING |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa |
Capaian Pembelajran |
CPL-Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL - 1 |
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religious (S1) |
|
CPL - 2 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5) |
|
CPL - 3 |
Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6) |
|
CPL - 4 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8) |
|
CPL -5 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9) |
|
CPL - 6 |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1) |
|
CPL - 7 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2) skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU4) |
|
CPL - 8 |
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk |
|
CPL - 9 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5) |
|
CPL - 10 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KU6) |
|
CPL -11 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8) |
|
CPL - 12 |
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1) |
|
CPL - 13 |
Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia (P2) |
|
CPL - 14 |
Menguasai konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khusus yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) (P4) |
|
CPL - 15 |
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis (KK1) |
|
CPL - 16 |
Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (KK3) |
|
CPL -17 |
Menguasai teori, konsep, pendekatan dalam bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia (KK5) |
|
CPL - 18 |
Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia (KK7) |
|
CPL- 19 |
Mampu menghimpun informasi sebagai bahan tulisan (KK14) |
|
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
CPMK1 |
Menelaah hakikat pengertian dan kedudukan Psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian Psikolinguistik dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, S1, S8) |
|
CPMK2 |
Menganalisis pemrosesan bahasa (Model Garman dan Chomsky), bahasa dan otak: struktur dan fungsi, perkembangan otak laki-laki dan perempuan, serta memori, pikiran, dan bahasa dengan penuh tanggung jawab (KU1, KU8, P1, S1, S5, S9) |
|
CPMK3 |
Menganalisis pemerolehan bahasa pertama dan membandingkan teori dengan situasi nyata serta perkembangannya pada bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis dan Pragmatik dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S6) |
|
CPMK4 |
Menelaah gangguan dan kesalahan berbahasa serta menganalisis kasus-kasus tersebut dalam kehidupan nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6) |
|
CPMK5 |
Menelaah teori pembelajaran bahasa dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menganalisis permasalahannya dalam pembelajaran bahasa sesuai situasi nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4 KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8) |
- Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
- Dardjowidjojo, Soenjono. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak. Edisi Pertama. Jakarta: Grasindo.
- Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
- Samsunuwiyati. 2009. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Jakarta: Rineka Cipta.
- Ahmadi, Anas dan Jauhar. 2015. Dasar-dasar Psikolinguistik. Jakarta: Prestasi Pustaka karya
- Indriati, Etty. 2011. Kesulitan Bicara Dan Berbahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group
- Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
- Tarigan, Henry Guntur. 1986. Psikolinguistik. Bandung:Angkasa.
- Santrock, Jhon W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
- Steinberg, Danny & Sciarini. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
- Gass, Susan & Selinker. 2008. Second Language Acquisition: an Introductory Course. New York: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
- Sedivy, Julie. 2020. Language in Mind. New York: Oxford University Press.
- Cowles, Wind. 2011. Psycholinguistics 101. New York: Springer.
- Traxler, Mattew & Gernsbacher (Ed). 2006. Handbook Of Psycholinguistics. London: Elsevier Inc.
Sumber lainnya.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa |
Capaian Pembelajran |
CPL-Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL - 1 |
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religious (S1) |
|
CPL - 2 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5) |
|
CPL - 3 |
Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6) |
|
CPL - 4 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8) |
|
CPL -5 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9) |
|
CPL - 6 |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1) |
|
CPL - 7 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2) skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU4) |
|
CPL - 8 |
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk |
|
CPL - 9 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5) |
|
CPL - 10 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KU6) |
|
CPL -11 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8) |
|
CPL - 12 |
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1) |
|
CPL - 13 |
Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia (P2) |
|
CPL - 14 |
Menguasai konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khusus yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) (P4) |
|
CPL - 15 |
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis (KK1) |
|
CPL - 16 |
Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (KK3) |
|
CPL -17 |
Menguasai teori, konsep, pendekatan dalam bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia (KK5) |
|
CPL - 18 |
Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia (KK7) |
|
CPL- 19 |
Mampu menghimpun informasi sebagai bahan tulisan (KK14) |
|
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
CPMK1 |
Menelaah hakikat pengertian dan kedudukan Psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian Psikolinguistik dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, S1, S8) |
|
CPMK2 |
Menganalisis pemrosesan bahasa (Model Garman dan Chomsky), bahasa dan otak: struktur dan fungsi, perkembangan otak laki-laki dan perempuan, serta memori, pikiran, dan bahasa dengan penuh tanggung jawab (KU1, KU8, P1, S1, S5, S9) |
|
CPMK3 |
Menganalisis pemerolehan bahasa pertama dan membandingkan teori dengan situasi nyata serta perkembangannya pada bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis dan Pragmatik dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S6) |
|
CPMK4 |
Menelaah gangguan dan kesalahan berbahasa serta menganalisis kasus-kasus tersebut dalam kehidupan nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6) |
|
CPMK5 |
Menelaah teori pembelajaran bahasa dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menganalisis permasalahannya dalam pembelajaran bahasa sesuai situasi nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4 KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8) |
- Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
- Dardjowidjojo, Soenjono. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak. Edisi Pertama. Jakarta: Grasindo.
- Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
- Samsunuwiyati. 2009. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Jakarta: Rineka Cipta.
- Ahmadi, Anas dan Jauhar. 2015. Dasar-dasar Psikolinguistik. Jakarta: Prestasi Pustaka karya
- Indriati, Etty. 2011. Kesulitan Bicara Dan Berbahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group
- Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
- Tarigan, Henry Guntur. 1986. Psikolinguistik. Bandung:Angkasa.
- Santrock, Jhon W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
- Steinberg, Danny & Sciarini. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
- Gass, Susan & Selinker. 2008. Second Language Acquisition: an Introductory Course. New York: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
- Sedivy, Julie. 2020. Language in Mind. New York: Oxford University Press.
- Cowles, Wind. 2011. Psycholinguistics 101. New York: Springer.
- Traxler, Mattew & Gernsbacher (Ed). 2006. Handbook Of Psycholinguistics. London: Elsevier Inc.
Sumber lainnya.
Details ...
Mata kuliah Pemahaman Lintas Budaya BIPA mempelajari berbagai hal tentang pemahaman lintas budaya yang meliputi pengertian, urgensi, fungsi, dan hubungannya dengan ke-BIPA-an, hubungan Bahasa dan Budaya, Komunikasi dan Variasi Komunikasi antar budaya (Tipologi Bahasa dan Budaya), Gegar Budaya dan tantangannya dalam pembelajaran BIPA, Bahasa dan Budaya di ASEAN (Studi kasus negara Thailand, Vietnam, Kamboja), Bahasa dan Budaya di ASEAN (Studi kasus negara Malaysia, Filipina, Timor Leste), Bahasa dan Budaya di Asia (Studi kasus negara Cina, Korea Selatan, dan Jepang), Bahasa dan Budaya di Asia (Studi kasus negara India, Uzbekistan, Arab), Bahasa dan Budaya di Oseania (Australia dan Papua Nugini), Bahasa dan Budaya di Amerika (Amerika, Kanada, dan Suriname), Bahasa dan Budaya di Afrika(Studi kasus negaraMesir, Tunisia, Afrika Selatan), Bahasa dan Budaya di Eropa (Studi kasus negara Inggris, Belanda, Jerman), Bahasa dan Budaya di Eropa (Studi kasus negara Perancis, Italia, Austria, Turki), dan Bahasa dan Budaya di Eropa (Studi kasus negara Rusia, Finlandia, Bulgaria).
Learning Outcomes
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK1 |
Menguasai teori dan konsep mengenai pengertian, urgensi, fungsi pemahaman lintas budaya dan hubungannya dengan ke-BIPA-an serta hubungan bahasa dan budaya dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, P2, KK5, S1, S8) |
CPMK2 |
Menguasai teori dan konsep mengenai Komunikasi dan Variasi Komunikasi antar budaya (Tipologi Bahasa dan Budaya) serta Gegar Budaya dan tantangannya dalam pembelajaran BIPA dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, P2, KK5, S1, S8) |
CPMK3 |
Menelaah dan menganalisis Bahasa dan budaya di Asia dengan kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6) |
CPMK4 |
Menelaah dan menganalisis Bahasa dan budaya di Oseania, Amerika, Afrika dengan kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6) |
CPMK5 |
Menelaah dan menganalisis Bahasa dan budaya di Eropa dengan kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6) |
- Suryandari, N. (1981). Buku Ajar Komunikasi Lintas Budaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
- Nayono, S. E., Teknik, F., & Yogyakarta, U. N. (2013). ( Introduction to Cross-Cultural Understanding ). November, 1–7.
- Maine, Fionna & Vikkri Maria (Ed). 2021. Dialogue for Intercultural Understanding. Cham: Springer.
- Kohls, R., Hofstede, G., Seelye, N., Barna, L., Paige, M., Pusch, M., Saphiere, D. H., Wederspahn, A., Goodman, N., Kreicker, N., Corbeil, P., Aronhime, R., Blohm, J., Bowman, B., Byrnes, J., Coyne, J., Gilzow, D., Hay, D., Havens, L., … Bennhold-Samaan, L. (2012). Culture Matters, The Peace Corps Cross-Cultural Workbook. In Peace Corps (Vol. 9328, Issue No T0087).
- Maine, F. (2021). Dialogue for Intercultural Understanding. In Dialogue for Intercultural Understanding. https://doi.org/10.1007/978-3-030-71778-0
- Patrick, A., & Taum, S. (2015). Pengalaman Geger Budaya Serta Dampaknya Terhadap Pengalaman Belajar Mahasiswa Luar Jawa Yang Studi Di Yogyakarta.
- Suyitno, I., & Pd, M. (2017). Budaya dan Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing ( Bipa ). March.
- Sugiarti, P. D. (2017). Lintas & Budaya Program Studi S1 Destinasi Pariwisata ( I ). I.
- Zamzani. (2008). Peranan Pemahaman Lintas Budaya dalam Pencapaian Fungsi Integratif Bahasa Indonesia. Pidato Pengukuhan Guru Besar, 1(1), 1–21. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1278
- Samor, L.A., Porter, R.E. and McDaniel, E. R. 2009. Communication between Cultures, 7th edition. USA: Cengage Learning. (CW)
- Mulyana, D (2011). Komunikasi Lintas Budaya, Cetakan 2. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
- Asean-indonesia, D. M., Informasi, K., Asean, T., & Pemuda, K. (2019). Asean 10.
- Sumber lainnya.
Details ...
Mata kuliah Pemahaman Lintas Budaya BIPA mempelajari berbagai hal tentang pemahaman lintas budaya yang meliputi pengertian, urgensi, fungsi, dan hubungannya dengan ke-BIPA-an, hubungan Bahasa dan Budaya, Komunikasi dan Variasi Komunikasi antar budaya (Tipologi Bahasa dan Budaya), Gegar Budaya dan tantangannya dalam pembelajaran BIPA, Bahasa dan Budaya di ASEAN (Studi kasus negara Thailand, Vietnam, Kamboja), Bahasa dan Budaya di ASEAN (Studi kasus negara Malaysia, Filipina, Timor Leste), Bahasa dan Budaya di Asia (Studi kasus negara Cina, Korea Selatan, dan Jepang), Bahasa dan Budaya di Asia (Studi kasus negara India, Uzbekistan, Arab), Bahasa dan Budaya di Oseania (Australia dan Papua Nugini), Bahasa dan Budaya di Amerika (Amerika, Kanada, dan Suriname), Bahasa dan Budaya di Afrika(Studi kasus negaraMesir, Tunisia, Afrika Selatan), Bahasa dan Budaya di Eropa (Studi kasus negara Inggris, Belanda, Jerman), Bahasa dan Budaya di Eropa (Studi kasus negara Perancis, Italia, Austria, Turki), dan Bahasa dan Budaya di Eropa (Studi kasus negara Rusia, Finlandia, Bulgaria).
Learning Outcomes
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK1 |
Menguasai teori dan konsep mengenai pengertian, urgensi, fungsi pemahaman lintas budaya dan hubungannya dengan ke-BIPA-an serta hubungan bahasa dan budaya dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, P2, KK5, S1, S8) |
CPMK2 |
Menguasai teori dan konsep mengenai Komunikasi dan Variasi Komunikasi antar budaya (Tipologi Bahasa dan Budaya) serta Gegar Budaya dan tantangannya dalam pembelajaran BIPA dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, P2, KK5, S1, S8) |
CPMK3 |
Menelaah dan menganalisis Bahasa dan budaya di Asia dengan kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6) |
CPMK4 |
Menelaah dan menganalisis Bahasa dan budaya di Oseania, Amerika, Afrika dengan kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6) |
CPMK5 |
Menelaah dan menganalisis Bahasa dan budaya di Eropa dengan kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6) |
- Suryandari, N. (1981). Buku Ajar Komunikasi Lintas Budaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
- Nayono, S. E., Teknik, F., & Yogyakarta, U. N. (2013). ( Introduction to Cross-Cultural Understanding ). November, 1–7.
- Maine, Fionna & Vikkri Maria (Ed). 2021. Dialogue for Intercultural Understanding. Cham: Springer.
- Kohls, R., Hofstede, G., Seelye, N., Barna, L., Paige, M., Pusch, M., Saphiere, D. H., Wederspahn, A., Goodman, N., Kreicker, N., Corbeil, P., Aronhime, R., Blohm, J., Bowman, B., Byrnes, J., Coyne, J., Gilzow, D., Hay, D., Havens, L., … Bennhold-Samaan, L. (2012). Culture Matters, The Peace Corps Cross-Cultural Workbook. In Peace Corps (Vol. 9328, Issue No T0087).
- Maine, F. (2021). Dialogue for Intercultural Understanding. In Dialogue for Intercultural Understanding. https://doi.org/10.1007/978-3-030-71778-0
- Patrick, A., & Taum, S. (2015). Pengalaman Geger Budaya Serta Dampaknya Terhadap Pengalaman Belajar Mahasiswa Luar Jawa Yang Studi Di Yogyakarta.
- Suyitno, I., & Pd, M. (2017). Budaya dan Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing ( Bipa ). March.
- Sugiarti, P. D. (2017). Lintas & Budaya Program Studi S1 Destinasi Pariwisata ( I ). I.
- Zamzani. (2008). Peranan Pemahaman Lintas Budaya dalam Pencapaian Fungsi Integratif Bahasa Indonesia. Pidato Pengukuhan Guru Besar, 1(1), 1–21. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1278
- Samor, L.A., Porter, R.E. and McDaniel, E. R. 2009. Communication between Cultures, 7th edition. USA: Cengage Learning. (CW)
- Mulyana, D (2011). Komunikasi Lintas Budaya, Cetakan 2. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
- Asean-indonesia, D. M., Informasi, K., Asean, T., & Pemuda, K. (2019). Asean 10.
- Sumber lainnya.
Details ...