Courser in English | Review of Biology Curriculum I |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Course Descriptions
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji konsep kurikulum IPA pada Sekolah Menengah melalui pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), perbandingan kurikulum IPA pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum IPA. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi serta miskonsepsi melalui pendekatan peta konsep, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk menelaah rancangan model pembelajaran IPA melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal pembelajaran dan rancangan penilaian autentik
Learning Outcomes- Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang pendidikan biologi dan biologi serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan yang mendalam di pendidikan biologi dan biologi, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
- Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang pendidikan biologi dan biologi
- Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi profesi
- Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
- Depdiknas. 2007.Standar Isi.BSNP Depdiknas
- Depdiknas. 2007. KTSP. BSNP Depdiknas
- Hamalik, Umar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Nasution, S. 2003. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
- Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Details ...