Landasan Kependidikan, Curriculum : 2019


Courser in EnglishEducational Foundation
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

DESKRIPSI MATAKULIAH:

Materi kuliah  meliputi  konsep  landasan  pendidikan,  implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan sosiaologis dan antropologis pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidkan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

Setelah mengikuti perkuliahan secara tertib dan sungguh-sungguh, mahasiswa diharapkan memahami berbagai asumsi  pendidikan baik yang bersifat ilmiah, filosofis, maupun yuridis, memiliki sikap positif terhadap pendidikan, serta mampu  mengaplikasikannya dalam rangka praktek maupun studi pendidikan lebih lanjut.

References

  1. Dr. Durotul Yatimah, MPd. (2017). Landasan Pendidikan. CV. ALUMGADAN MANDIR Jakarta.
  2. Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
  3. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  4. Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
  5. Power,  J.  Edward,  (1982),  Philosofhy  of  Education,  studies  ini  philosophies,  Shcooling  and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

DESKRIPSI MATAKULIAH:

Materi kuliah  meliputi  konsep  landasan  pendidikan,  implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan sosiaologis dan antropologis pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidkan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

Setelah mengikuti perkuliahan secara tertib dan sungguh-sungguh, mahasiswa diharapkan memahami berbagai asumsi  pendidikan baik yang bersifat ilmiah, filosofis, maupun yuridis, memiliki sikap positif terhadap pendidikan, serta mampu  mengaplikasikannya dalam rangka praktek maupun studi pendidikan lebih lanjut.

References

  1. Dr. Durotul Yatimah, MPd. (2017). Landasan Pendidikan. CV. ALUMGADAN MANDIR Jakarta.
  2. Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
  3. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  4. Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
  5. Power,  J.  Edward,  (1982),  Philosofhy  of  Education,  studies  ini  philosophies,  Shcooling  and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

DESKRIPSI MATAKULIAH:

Materi kuliah  meliputi  konsep  landasan  pendidikan,  implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan sosiaologis dan antropologis pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidkan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

Setelah mengikuti perkuliahan secara tertib dan sungguh-sungguh, mahasiswa diharapkan memahami berbagai asumsi  pendidikan baik yang bersifat ilmiah, filosofis, maupun yuridis, memiliki sikap positif terhadap pendidikan, serta mampu  mengaplikasikannya dalam rangka praktek maupun studi pendidikan lebih lanjut.

References

  1. Dr. Durotul Yatimah, MPd. (2017). Landasan Pendidikan. CV. ALUMGADAN MANDIR Jakarta.
  2. Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
  3. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  4. Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
  5. Power,  J.  Edward,  (1982),  Philosofhy  of  Education,  studies  ini  philosophies,  Shcooling  and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

DESKRIPSI MATAKULIAH:

Materi kuliah  meliputi  konsep  landasan  pendidikan,  implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan sosiaologis dan antropologis pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidkan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

Setelah mengikuti perkuliahan secara tertib dan sungguh-sungguh, mahasiswa diharapkan memahami berbagai asumsi  pendidikan baik yang bersifat ilmiah, filosofis, maupun yuridis, memiliki sikap positif terhadap pendidikan, serta mampu  mengaplikasikannya dalam rangka praktek maupun studi pendidikan lebih lanjut.

References

  1. Dr. Durotul Yatimah, MPd. (2017). Landasan Pendidikan. CV. ALUMGADAN MANDIR Jakarta.
  2. Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
  3. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  4. Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
  5. Power,  J.  Edward,  (1982),  Philosofhy  of  Education,  studies  ini  philosophies,  Shcooling  and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

DESKRIPSI MATAKULIAH:

Materi kuliah  meliputi  konsep  landasan  pendidikan,  implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan sosiaologis dan antropologis pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidkan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

Setelah mengikuti perkuliahan secara tertib dan sungguh-sungguh, mahasiswa diharapkan memahami berbagai asumsi  pendidikan baik yang bersifat ilmiah, filosofis, maupun yuridis, memiliki sikap positif terhadap pendidikan, serta mampu  mengaplikasikannya dalam rangka praktek maupun studi pendidikan lebih lanjut.

References

  1. Dr. Durotul Yatimah, MPd. (2017). Landasan Pendidikan. CV. ALUMGADAN MANDIR Jakarta.
  2. Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
  3. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  4. Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
  5. Power,  J.  Edward,  (1982),  Philosofhy  of  Education,  studies  ini  philosophies,  Shcooling  and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

DESKRIPSI MATAKULIAH:

Materi kuliah  meliputi  konsep  landasan  pendidikan,  implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan sosiaologis dan antropologis pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidkan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

Setelah mengikuti perkuliahan secara tertib dan sungguh-sungguh, mahasiswa diharapkan memahami berbagai asumsi  pendidikan baik yang bersifat ilmiah, filosofis, maupun yuridis, memiliki sikap positif terhadap pendidikan, serta mampu  mengaplikasikannya dalam rangka praktek maupun studi pendidikan lebih lanjut.

References

  1. Dr. Durotul Yatimah, MPd. (2017). Landasan Pendidikan. CV. ALUMGADAN MANDIR Jakarta.
  2. Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
  3. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  4. Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
  5. Power,  J.  Edward,  (1982),  Philosofhy  of  Education,  studies  ini  philosophies,  Shcooling  and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

DESKRIPSI MATAKULIAH:

Materi kuliah  meliputi  konsep  landasan  pendidikan,  implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan sosiaologis dan antropologis pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidkan.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

Setelah mengikuti perkuliahan secara tertib dan sungguh-sungguh, mahasiswa diharapkan memahami berbagai asumsi  pendidikan baik yang bersifat ilmiah, filosofis, maupun yuridis, memiliki sikap positif terhadap pendidikan, serta mampu  mengaplikasikannya dalam rangka praktek maupun studi pendidikan lebih lanjut.

References

  1. Dr. Durotul Yatimah, MPd. (2017). Landasan Pendidikan. CV. ALUMGADAN MANDIR Jakarta.
  2. Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
  3. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  4. Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
  5. Power,  J.  Edward,  (1982),  Philosofhy  of  Education,  studies  ini  philosophies,  Shcooling  and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...