Courser in English | METHODOLOGY OF EDUCATIONAL RESEARCH |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 11 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah Metodologi Penelitian meliputi kajian: Pendekatan ilmiah; Masalah penelitian; Kajian teori dan pengajuan hipotesis; Variabel, populasi, sampel dan sampling; Instrumen penelitian; Validitas dan reliabilitas data; Metode penelitian; Rancangan penelitian; Analisis data; Proposal penelitian; laporan hasil penelitian.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep penelitian dan melaksanakan penelitian dalam bentuk laporan skripsi dan membuat karya ilmiah sesuai panduan pada jurnal yang dituju.
References1. Setiyosari, M.Ed., Prof. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
2. Sugiyono, Prof. Metode Penelitian Qualitative, Quantitative, dan Pengembangan. Bandung: Tarsito
Details ...
Mata Kuliah Metodologi Penelitian meliputi kajian: Pendekatan ilmiah; Masalah penelitian; Kajian teori dan pengajuan hipotesis; Variabel, populasi, sampel dan sampling; Instrumen penelitian; Validitas dan reliabilitas data; Metode penelitian; Rancangan penelitian; Analisis data; Proposal penelitian; laporan hasil penelitian.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep penelitian dan melaksanakan penelitian dalam bentuk laporan skripsi dan membuat karya ilmiah sesuai panduan pada jurnal yang dituju.
References1. Setiyosari, M.Ed., Prof. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
2. Sugiyono, Prof. Metode Penelitian Qualitative, Quantitative, dan Pengembangan. Bandung: Tarsito
Details ...
Mata Kuliah Metodologi Penelitian meliputi kajian: Pendekatan ilmiah; Masalah penelitian; Kajian teori dan pengajuan hipotesis; Variabel, populasi, sampel dan sampling; Instrumen penelitian; Validitas dan reliabilitas data; Metode penelitian; Rancangan penelitian; Analisis data; Proposal penelitian; laporan hasil penelitian.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep penelitian dan melaksanakan penelitian dalam bentuk laporan skripsi dan membuat karya ilmiah sesuai panduan pada jurnal yang dituju.
References1. Setiyosari, M.Ed., Prof. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
2. Sugiyono, Prof. Metode Penelitian Qualitative, Quantitative, dan Pengembangan. Bandung: Tarsito
Details ...
mata kuliah metode penelitian
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami masing-masing karakter model metode peneltian baik,kualitatif, kuatitatif maupun r&d
mahasisa dapat membuat proposal peneltia dan laporan penelitan dengan sistematika yang bener
Referencesbuku metode penelitian Sugiyono
analisis data kualitatif (Mathe B Miles, A.ichael Huberman) diterjemahkan oleh Tjejep Rohendi Rohidi
Details ...
mata kuliah metode penelitian
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami masing-masing karakter model metode peneltian baik,kualitatif, kuatitatif maupun r&d
mahasisa dapat membuat proposal peneltia dan laporan penelitan dengan sistematika yang bener
Referencesbuku metode penelitian Sugiyono
analisis data kualitatif (Mathe B Miles, A.ichael Huberman) diterjemahkan oleh Tjejep Rohendi Rohidi
Details ...
mata kuliah metode penelitian
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami masing-masing karakter model metode peneltian baik,kualitatif, kuatitatif maupun r&d
mahasisa dapat membuat proposal peneltia dan laporan penelitan dengan sistematika yang bener
Referencesbuku metode penelitian Sugiyono
analisis data kualitatif (Mathe B Miles, A.ichael Huberman) diterjemahkan oleh Tjejep Rohendi Rohidi
Details ...
mata kuliah metode penelitian
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami masing-masing karakter model metode peneltian baik,kualitatif, kuatitatif maupun r&d
mahasisa dapat membuat proposal peneltia dan laporan penelitan dengan sistematika yang bener
Referencesbuku metode penelitian Sugiyono
analisis data kualitatif (Mathe B Miles, A.ichael Huberman) diterjemahkan oleh Tjejep Rohendi Rohidi
Details ...
Pendekatan ilmiah; Masalah penelitian; Kajian teori dan pengajuan hipotesis; Variabel, populasi, sampel dan sampling; Instrumen penelitian; Validitas dan reliabilitas data; Metode penelitian; Rancangan penelitian; Analisis data; Proposal penelitian; laporan hasil penelitian.
Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, PTK, desiminasi hasil penelitian
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai serta menyusun proposal penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional
References- Ary, Donald – Jacobs, Lucy Cheser – Razavieh, Asghar. 1972. Introduction to Research in Education. New York: Holt. Reinehart and Winston, Inc.
- Azwar, Saifuddin. 1988. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Liberty.
- Bodan Roebrt C – Biklen, Sari Knopp. 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
- Borg, Walter R. 1963. Eductional Research. New York: David McKay Company.
- Kerlinger, Fred N. 1973. Foundation of Behavioral Research. Second Edtion. New York: Holt. Rinehart and Winston, Inc.
Tuckman, Bruce W. 1978. Conduction Educational Research. Second Edition. New York: Harbourt Brace Jovanovich, Inc.
Details ...
Pendekatan ilmiah; Masalah penelitian; Kajian teori dan pengajuan hipotesis; Variabel, populasi, sampel dan sampling; Instrumen penelitian; Validitas dan reliabilitas data; Metode penelitian; Rancangan penelitian; Analisis data; Proposal penelitian; laporan hasil penelitian.
Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, PTK, desiminasi hasil penelitian
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai serta menyusun proposal penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional
References- Ary, Donald – Jacobs, Lucy Cheser – Razavieh, Asghar. 1972. Introduction to Research in Education. New York: Holt. Reinehart and Winston, Inc.
- Azwar, Saifuddin. 1988. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Liberty.
- Bodan Roebrt C – Biklen, Sari Knopp. 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
- Borg, Walter R. 1963. Eductional Research. New York: David McKay Company.
- Kerlinger, Fred N. 1973. Foundation of Behavioral Research. Second Edtion. New York: Holt. Rinehart and Winston, Inc.
Tuckman, Bruce W. 1978. Conduction Educational Research. Second Edition. New York: Harbourt Brace Jovanovich, Inc.
Details ...
Pendekatan ilmiah; Masalah penelitian; Kajian teori dan pengajuan hipotesis; Variabel, populasi, sampel dan sampling; Instrumen penelitian; Validitas dan reliabilitas data; Metode penelitian; Rancangan penelitian; Analisis data; Proposal penelitian; laporan hasil penelitian.
Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, PTK, desiminasi hasil penelitian
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai serta menyusun proposal penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional
References- Ary, Donald – Jacobs, Lucy Cheser – Razavieh, Asghar. 1972. Introduction to Research in Education. New York: Holt. Reinehart and Winston, Inc.
- Azwar, Saifuddin. 1988. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Liberty.
- Bodan Roebrt C – Biklen, Sari Knopp. 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
- Borg, Walter R. 1963. Eductional Research. New York: David McKay Company.
- Kerlinger, Fred N. 1973. Foundation of Behavioral Research. Second Edtion. New York: Holt. Rinehart and Winston, Inc.
Tuckman, Bruce W. 1978. Conduction Educational Research. Second Edition. New York: Harbourt Brace Jovanovich, Inc.
Details ...
Pendekatan ilmiah; Masalah penelitian; Kajian teori dan pengajuan hipotesis; Variabel, populasi, sampel dan sampling; Instrumen penelitian; Validitas dan reliabilitas data; Metode penelitian; Rancangan penelitian; Analisis data; Proposal penelitian; laporan hasil penelitian.
Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, PTK, desiminasi hasil penelitian
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai serta menyusun proposal penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional
References- Ary, Donald – Jacobs, Lucy Cheser – Razavieh, Asghar. 1972. Introduction to Research in Education. New York: Holt. Reinehart and Winston, Inc.
- Azwar, Saifuddin. 1988. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Liberty.
- Bodan Roebrt C – Biklen, Sari Knopp. 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
- Borg, Walter R. 1963. Eductional Research. New York: David McKay Company.
- Kerlinger, Fred N. 1973. Foundation of Behavioral Research. Second Edtion. New York: Holt. Rinehart and Winston, Inc.
Tuckman, Bruce W. 1978. Conduction Educational Research. Second Edition. New York: Harbourt Brace Jovanovich, Inc.
Details ...