Courser in English | - |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Ketrampilan Berbahasa merupakan perpaduan bahasa Reseptif yaitu kemampuan menyimak dan membaca untuk memahami bahasa lisan yang didengar atau dibaca sebagai komponen dasar keterampilan berbahasa dan wajib diikuti mahasiswa semester 1 program studi PBSD dengan bobot 2 sks. Pembelajaran Blended Learning menyimak dan membaca terdiri dari ekstensif dan intensif. Menyimak diawali dengan diskripsi dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan menyimak, ciri-ciri menyimak ideal. Topik bahasan selanjutnya adalah teknik menyimak efektif, teknik peningkatan daya simak dengan menggunakan teknik dictogloss. Selanjutnya mahasiswa kegiatan praktik menyimak melalui radio, kaset audio, laboratorium bahasa, video baik pembelajaran bahasa maupun sastra Jawa. Bahasan selanjutnya adalah ketrampilan berbahasa Membaca diawali dengan menentukan ragam dan tipe-tipe pembaca hingga cara menumbuhkembangkan minat baca. Selanjutnya mahasiswa menerapkan kecepatan membaca karya ilmiah dan sastra Jawa, membaca literal, membaca kritis, menjelaskan dan menerapkan bacaan sastra Jawa, strategi dan dan praktik membuat pembelajaran membaca di sekolah dengan menggunakan fasilitas internet.
Learning Outcomes1. Menginterpretasikan Menyimak dan Membaca secara ekstensif dan intensif sesuai konsep teoritis, unsur, faktor yang mempengaruhi keberhasilan menyimak dan membaca secara logis. (P1, KK2, KU2, S2)
2. Menganalisis ciri-ciri, pola strategi peningkatan kemampuan, penumbuhan minat menyimak dan membaca . (P1, KK2, KU1, S2)
3. Mendemonstrasikan teknik Menyimak dan Membaca secara ideal. Menyimak dengan teknik Dictogloss, Membaca dengan teknik Kecepatan Efektif Membaca (KEM), ragam tingkat keterbacaan wacana dan formula keterbacaan. (P1, KK1, KU3, S9, S2)
4. Mengevaluasi proses Menyimak dan Membaca. (S5, KU3, KU8, KK2, P1)
5. Mempraktikan Menyimak dan Membaca dengan memanfaatkan IPTEKS (P1, KU3, KK1, KU3, S2, S8, S9, S1)
6. Memngimplementasikan pembelajaran Menyimak dan Membaca (P1, P3.P4, KK1, KU3, S9, S2).
References- Danandjaja, James. 2002. Foklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
- Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Keterampilan Menyimak. Jakarta: Depdiknas.
- Duiqchoey. 2009. Keterampilan Menyimak. http://duiqchoey.blogspot.com.
- Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
- Purwadi dan Swandono. 2000. BPK Menyimak Bahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
- Subyantoro dan Bambang Hartono. 2003. Pengembangan Kemampuan Berbahasa
- Harjasujana, A.S. dkk. (1988). Materi Pokok Membaca. Jakarta : UT Karunika.
- Harjasujana, A.S. dan Yeti Mulyati (1997). Membaca 2.Jakarta : Proyek Pengadaan Buku PGSM Dikti.
- Nuttal, C. (1989). Teaching Reading Skills in a Foreign Language. London:Cambridge University.
- Harjasujana, A.S. dan Vismaia S.D. (2002). Membaca dalam Teori dan Praktik.
- Bandung: Mutiara.
- Kamil, M.L. et all. (Ed). (2000). Handbook of Reading Research Vol. III. (A dan B). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.
- Nurhadi. (1987). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru
- Nurgiyantoro, Burhan. (1987). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta. BPFE.
- Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Smith, C.B. (et.all). (1989). Teaching Reading in Secondary School Content Subject :
- H.G.Tarigan.1983.Membaca Ekspresif.Angkasa:Bandung
- Soedarso.1988. Sistem Membaca, Cepat dan Aktif.Gramedia:Jakarta.
Details ...