Keterampilan Berbahasa 1, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
SKS2 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Ketrampilan Berbahasa merupakan perpaduan bahasa Reseptif  yaitu kemampuan  menyimak dan membaca untuk memahami bahasa lisan yang didengar atau dibaca sebagai komponen dasar keterampilan berbahasa dan wajib diikuti mahasiswa semester 1 program studi PBSD dengan bobot 2 sks. Pembelajaran Blended Learning   menyimak  dan membaca terdiri dari  ekstensif dan intensif. Menyimak diawali dengan diskripsi dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan menyimak, ciri-ciri menyimak ideal. Topik bahasan selanjutnya adalah teknik menyimak efektif, teknik peningkatan daya simak dengan menggunakan teknik dictogloss. Selanjutnya mahasiswa  kegiatan praktik menyimak melalui radio, kaset audio, laboratorium bahasa, video baik pembelajaran bahasa maupun sastra Jawa. Bahasan selanjutnya adalah ketrampilan berbahasa Membaca diawali dengan menentukan ragam dan tipe-tipe pembaca hingga cara menumbuhkembangkan minat baca. Selanjutnya mahasiswa menerapkan kecepatan membaca karya ilmiah dan sastra  Jawa, membaca literal,  membaca kritis, menjelaskan dan menerapkan bacaan sastra Jawa, strategi dan dan praktik membuat pembelajaran membaca di sekolah dengan menggunakan fasilitas internet.

Learning Outcomes

1. Menginterpretasikan Menyimak dan Membaca  secara ekstensif dan intensif sesuai konsep teoritis, unsur, faktor yang mempengaruhi keberhasilan menyimak dan membaca secara logis. (P1, KK2, KU2, S2)

2. Menganalisis  ciri-ciri,  pola strategi peningkatan kemampuan,  penumbuhan minat menyimak dan  membaca  . (P1, KK2, KU1, S2)

3. Mendemonstrasikan teknik Menyimak  dan Membaca secara  ideal. Menyimak dengan teknik Dictogloss, Membaca dengan teknik Kecepatan Efektif Membaca (KEM), ragam tingkat keterbacaan  wacana dan formula keterbacaan.  (P1, KK1, KU3, S9, S2)

4. Mengevaluasi proses Menyimak dan Membaca. (S5, KU3, KU8, KK2, P1)

5. Mempraktikan Menyimak dan Membaca dengan memanfaatkan IPTEKS (P1, KU3, KK1, KU3,  S2, S8, S9, S1)

6. Memngimplementasikan pembelajaran Menyimak dan Membaca (P1, P3.P4,  KK1, KU3, S9, S2).

References

  1. Danandjaja, James. 2002. Foklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
  2. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Keterampilan Menyimak. Jakarta: Depdiknas.
  3. Duiqchoey. 2009. Keterampilan Menyimak. http://duiqchoey.blogspot.com.
  4. Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
  5. Purwadi dan Swandono. 2000. BPK Menyimak Bahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  6. Subyantoro dan Bambang Hartono. 2003. Pengembangan Kemampuan Berbahasa
  7. Harjasujana, A.S. dkk. (1988). Materi Pokok Membaca. Jakarta : UT Karunika.
  8. Harjasujana, A.S. dan Yeti Mulyati (1997). Membaca 2.Jakarta : Proyek Pengadaan Buku PGSM Dikti.
  9. Nuttal, C. (1989). Teaching Reading Skills in a Foreign Language. London:Cambridge University.
  10. Harjasujana, A.S. dan Vismaia S.D. (2002). Membaca dalam Teori dan Praktik.
  11. Bandung: Mutiara.
  12. Kamil, M.L. et all. (Ed). (2000). Handbook of Reading Research Vol. III. (A dan B). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.
  13. Nurhadi. (1987). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru
  14. Nurgiyantoro, Burhan. (1987). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta. BPFE.
  15. Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
  16. Smith, C.B. (et.all). (1989). Teaching Reading in Secondary School Content Subject :
  17. H.G.Tarigan.1983.Membaca Ekspresif.Angkasa:Bandung
  18. Soedarso.1988. Sistem Membaca,  Cepat dan Aktif.Gramedia:Jakarta.                                             


Details ...