Bahasa Indonesia, Curriculum : 2018


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS43 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.

Learning Outcomes

S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara

mandiri;

s10.

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

P1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.

Learning Outcomes

S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara

mandiri;

s10.

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

P1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.

Learning Outcomes

S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara

mandiri;

s10.

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

P1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan.
Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia;
Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung
dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta
menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia
keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak
efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK2

MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)

CPMK3

Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK4

Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan.
Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia;
Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung
dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta
menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia
keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak
efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK2

MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)

CPMK3

Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK4

Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan.
Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia;
Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung
dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta
menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia
keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak
efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK2

MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)

CPMK3

Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK4

Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan.
Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia;
Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung
dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta
menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia
keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak
efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK2

MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)

CPMK3

Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK4

Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan.
Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia;
Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung
dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta
menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia
keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak
efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK2

MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)

CPMK3

Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK4

Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan.
Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia;
Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung
dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta
menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia
keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak
efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK2

MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)

CPMK3

Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK4

Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan.
Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia;
Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung
dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta
menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia
keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak
efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK2

MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)

CPMK3

Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK4

Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan.
Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia;
Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung
dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta
menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia
keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak
efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK2

MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)

CPMK3

Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK4

Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

-

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

-

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

References

-

DAFTAR PUSTAKA:

Salam, Aprinus. 2008. Problematika Menulis di Indonesia.   dalam …. (lupa judul bukunya)

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press          


Details ...