Courser in English | ENVIRONMENTAL PHYSICS |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Fisika lingkungan merupakan mata kuliah terapan yang mempelajari fisika pada lingkungan air, lingkungan tanah, lingkungan udara, dan energi terbarukan dengan mengkaji etnoteknologi dalam kehidupan sehari-hari. Setelah mengikuti perkuliahan, diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan serta mengkaitkan fisika dengan permasalahan lingkungan melalui kegiatan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan rasa cinta tanah air. Perkuliahan ini didukung dengan kegiatan observasi, studi literatur, studi kasus dan diskusi.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menerapkan kompetensi ruang lingkup fisika berhubungan dengan lingkungan. Mahasiswa mampu menganalisis lingkungan tanah, air dan udara yang berhubungan dengan sudut pandang fisika serta kajian etnoteknologi dalam kehidupan sehari-hari.
1. Sikap dan Tata Nilai
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air yang ditunjukkan melalui sikap objektif dan peduli lingkungan, serta memiliki rasa nasionalisme.
2. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep teoritis, berpikir kritis, pemecahan masalah dan prinsip-prinsip pokok fisika terapan khususnya penerapan konsep fisika pada lingkungan tanah, air dan udara dengan mengamati etnoteknologi pada masyarakat sekitar.
3. Keterampilan Umum
Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, fasilitas laboratorium, atau lingkungan sekitar untuk belajar fisika
4. Keterampilan Khusus
Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains melalui kegiatan dengan bekerja secara tim serta meng-komunikasikan hasil analisis etnoteknologi.
References- Giancoli, D. 2001. Fisika. Jakarta: Erlangga
- Egbert Boeker & Rienk Van Grondelle. 2011. Environmental Physics: Sustainable Energy and Climate Change, Third Edition. VU University Amsterdam: John Wiley & Sons, Ltd. Publication.
- M. Dzelalija. 2004. Environmental Physics. University of Molise, University of Split, Valahia University of Targoviste.
- J.F. Gabriel. 1996. Fisika Kedokteran. Jakarta: EGC.
Details ...
Fisika lingkungan merupakan mata kuliah terapan yang mempelajari fisika pada lingkungan air, lingkungan tanah, lingkungan udara, dan energi terbarukan dengan mengkaji etnoteknologi dalam kehidupan sehari-hari. Setelah mengikuti perkuliahan, diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan serta mengkaitkan fisika dengan permasalahan lingkungan melalui kegiatan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan rasa cinta tanah air. Perkuliahan ini didukung dengan kegiatan observasi, studi literatur, studi kasus dan diskusi.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menerapkan kompetensi ruang lingkup fisika berhubungan dengan lingkungan. Mahasiswa mampu menganalisis lingkungan tanah, air dan udara yang berhubungan dengan sudut pandang fisika serta kajian etnoteknologi dalam kehidupan sehari-hari.
1. Sikap dan Tata Nilai
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air yang ditunjukkan melalui sikap objektif dan peduli lingkungan, serta memiliki rasa nasionalisme.
2. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep teoritis, berpikir kritis, pemecahan masalah dan prinsip-prinsip pokok fisika terapan khususnya penerapan konsep fisika pada lingkungan tanah, air dan udara dengan mengamati etnoteknologi pada masyarakat sekitar.
3. Keterampilan Umum
Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, fasilitas laboratorium, atau lingkungan sekitar untuk belajar fisika
4. Keterampilan Khusus
Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains melalui kegiatan dengan bekerja secara tim serta meng-komunikasikan hasil analisis etnoteknologi.
References- Giancoli, D. 2001. Fisika. Jakarta: Erlangga
- Egbert Boeker & Rienk Van Grondelle. 2011. Environmental Physics: Sustainable Energy and Climate Change, Third Edition. VU University Amsterdam: John Wiley & Sons, Ltd. Publication.
- M. Dzelalija. 2004. Environmental Physics. University of Molise, University of Split, Valahia University of Targoviste.
- J.F. Gabriel. 1996. Fisika Kedokteran. Jakarta: EGC.
Details ...
Fisika lingkungan merupakan mata kuliah terapan yang mempelajari fisika pada lingkungan air, lingkungan tanah, linkungan udara, dan energi terbarukan. Setelah mengikuti perkuliahan, diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan serta mengkaitkan fisika dengan permasalahan lingkungan. Perkuliahan ini didukung dengan kegiatan observasi, studi literatur, stusi kasus dan diskusi.
Learning Outcomes
Sikap |
: |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
Pengetahuan |
: |
Menguasai konsep teoritis dan prinsip-prinsip pokok: fisika terapan |
Keterampilan Khusus |
: |
Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam belajar fisika |
Keterampilan Umum |
: |
Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, fasilitas laboratorium, bengkel, atau lingkungan untuk: belajar fisika |
Giancoli, D. 2001. Fisika. Jakarta: Erlangga.
Egbert Boeker & Rient van Grondelle. 2011. Environmental Physics: Sustainable Energy &Climate Change 3rd edition. VU University Amsterdam. A john Wiley & Sons, Ltd. Publication.
Dzelalija, M. 2004. Environmental Physics. University of Molise, University of Split, Valahia, University of Targoviste.
JF. Gabriel. 2009. Fisika Lingkungan. Jakarta: Alfabeta
Details ...
Fisika lingkungan merupakan mata kuliah terapan program studi pendidikan fisika. Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan serta mengkaitkan konsep fisika dengan permasalahan lingkungan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menerapkan kompetensi ruang lingkup fisika berhubungan dengan lingkungan. Mahasiswa mampu menganalisis lingkungan air, lingkungan tanah dan lingkungan udara berhubungan dengan sudut pandang fisika serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
References1. Giancoli, D. 2001. Fisika. Jakarta: Erlangga.
2. Egbert Boeker & Rient van Grondelle. 2011. Environmental Physics: Sustainable Energy & Climate Change 3rd edition. VU University Amsterdam. A john Wiley & Sons, Ltd. Publication.
3. Dzelalija, M. 2004. Environmental Physics. University of Molise, University of Split, Valahia, University of Targoviste.
4. JF. Gabriel. 2009. Fisika Lingkungan. Jakarta
Details ...
Fisika lingkungan merupakan mata kuliah terapan progdi pendidikan fisika. Setelah mengikuti perkuliahan, diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan serta mengkaitkan fisika dengan permasalahan lingkungan.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
a. Mahasiswa mampu menerapkan karakter UPGRIS (unggul, peduli, gigih, religious, integritas, dan sinergis)
b. Mahasiswa mampu menerapkan kompetensi ruang lingkup fisika lingkungan
2. KeterampilanUmum
a. Mahasiswa terampil dalam mengatasi permasalahan lingkungan yang terkait dengan fisika
3. Penguasaan Pengetahuan
a. Mahasiswa memahami serta menguasai lingkungan air dari sudut pandang fisika
b. Mahasiswa memahami serta menguasai lingkungan tanah dari sudut pandang fisika
c. Mahasiswa memahami serta menguasai lingkungan udara dari sudut pandang fisika
4. Keterampilan Khusus
a. Mahasiswa dapat mengaplikasikan pemahaman tentang lingkungan air dalam kehidupan sehari-hari
b. Mahasiswa dapat mengaplikasikan pemahaman tentang lingkungan tanah dalam kehidupan sehari-hari
c. Mahasiswa dapat mengaplikasikan pemahaman tentang lingkungan udara dalam kehidupan sehari-hari
References1. Giancoli, D. 2001. Fisika. Jakarta: Erlangga.
2. Egbert Boeker & Rient van Grondelle. 2011. Environmental Physics: Sustainable Energy & Climate Change 3rd edition. VU University Amsterdam. A john Wiley & Sons, Ltd. Publication.
3. Dzelalija, M. 2004. Environmental Physics. University of Molise, University of Split, Valahia, University of Targoviste.
4. JF. Gabriel. 2009. Fisika Lingkungan. Jakarta
Details ...