Courser in English | - |
Program | Informatika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas mengenai konsep-konsep fundamental citra dua dimensi dan manfaatnya, bagaimana melakukan perbaikan citra digital, serta menghubungkan teori dan hasil pemrosesan citra digital.
Learning Outcomes1. SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. Tambahan sikap yang harus dimiliki setiap lulusan sebagai Penciri PT :
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
2. KETRAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya,
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
3. KETRAMPILAN KHUSUS
- PROFIL PROGRAMMER
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Mampu mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware) dalam organisasi.
- Mampu mendesain, merancang maupun menganalisis bidang otomasi baik skala kecil maupun kontrol sistem dan perawatan serta pengembangannya, keamanan jaringan komputer, Embedded Systems, Digital SignalProcessing, Computer Systems Engineering,dan lain-lainnya.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
- Mampu menulis kode/syntax program yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep –konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak , serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan computer untuk memecahkan masalah tertentu.
- Mampu merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
- Mampu membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, kecerdasan buatan dan bahasa natural.
- Mampu menganalisa, merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
- PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna / customer.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Memiliki kemampuan untuk mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware).
- Mampu merancang dan mengaplikasikan business plan di bidang IT serta melakukan inovasi yang kreatif dalam mengembangkan metode bisnis berbasis IT antara lain dengan E-Commerce dan E-Business.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu computer .
- Mampu menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data .
- Mampu menganalisa , merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan system computer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan system computer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
4. PENGUASAAN PENGETAHUAN
-
- PROFIL PROGRAMMER
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi computer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi computer.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
-
- PROFIL PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentifikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Menguasai pengetahuan membuat bisnis plan dibidang IT.
- Menguasai metode e-commerce maupun e-business dan aplikasi ketrampilan membuat platform bisnis berbasis internet
1. Aniati murni Arymurthy & Suryana Setiawan, Pengantar Pengolahan Citra, Elex Media Komputindo, 1992
2. Gonzales, Rafael C., Digital Image Processing, Second Edition, Addison-wesley publishing, 1992
3. Jain, Anil K., Fundamentals of Digital Image Processing, Prentice Hall international, 1989
4. Rinaldi Munir, Pengolahan Citra digital dengan Pendekatan Algoritmik, Penerbit Informatika Bandung, 2004
5. Willey, Digital Image Processing, 3rd edition, 2001
Details ...
Mata kuliah ini membahas mengenai konsep-konsep fundamental citra dua dimensi dan manfaatnya, bagaimana melakukan perbaikan citra digital, serta menghubungkan teori dan hasil pemrosesan citra digital.
Learning Outcomes1. SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. Tambahan sikap yang harus dimiliki setiap lulusan sebagai Penciri PT :
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
2. KETRAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya,
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
3. KETRAMPILAN KHUSUS
- PROFIL PROGRAMMER
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Mampu mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware) dalam organisasi.
- Mampu mendesain, merancang maupun menganalisis bidang otomasi baik skala kecil maupun kontrol sistem dan perawatan serta pengembangannya, keamanan jaringan komputer, Embedded Systems, Digital SignalProcessing, Computer Systems Engineering,dan lain-lainnya.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
- Mampu menulis kode/syntax program yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep –konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak , serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan computer untuk memecahkan masalah tertentu.
- Mampu merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
- Mampu membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, kecerdasan buatan dan bahasa natural.
- Mampu menganalisa, merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
- PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna / customer.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Memiliki kemampuan untuk mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware).
- Mampu merancang dan mengaplikasikan business plan di bidang IT serta melakukan inovasi yang kreatif dalam mengembangkan metode bisnis berbasis IT antara lain dengan E-Commerce dan E-Business.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu computer .
- Mampu menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data .
- Mampu menganalisa , merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan system computer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan system computer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
4. PENGUASAAN PENGETAHUAN
-
- PROFIL PROGRAMMER
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi computer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi computer.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
-
- PROFIL PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentifikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Menguasai pengetahuan membuat bisnis plan dibidang IT.
- Menguasai metode e-commerce maupun e-business dan aplikasi ketrampilan membuat platform bisnis berbasis internet
1. Aniati murni Arymurthy & Suryana Setiawan, Pengantar Pengolahan Citra, Elex Media Komputindo, 1992
2. Gonzales, Rafael C., Digital Image Processing, Second Edition, Addison-wesley publishing, 1992
3. Jain, Anil K., Fundamentals of Digital Image Processing, Prentice Hall international, 1989
4. Rinaldi Munir, Pengolahan Citra digital dengan Pendekatan Algoritmik, Penerbit Informatika Bandung, 2004
5. Willey, Digital Image Processing, 3rd edition, 2001
Details ...
Mata kuliah ini membahas mengenai konsep-konsep fundamental citra dua dimensi dan manfaatnya, bagaimana melakukan perbaikan citra digital, serta menghubungkan teori dan hasil pemrosesan citra digital.
Learning Outcomes1. SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. Tambahan sikap yang harus dimiliki setiap lulusan sebagai Penciri PT :
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
2. KETRAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya,
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
3. KETRAMPILAN KHUSUS
- PROFIL PROGRAMMER
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Mampu mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware) dalam organisasi.
- Mampu mendesain, merancang maupun menganalisis bidang otomasi baik skala kecil maupun kontrol sistem dan perawatan serta pengembangannya, keamanan jaringan komputer, Embedded Systems, Digital SignalProcessing, Computer Systems Engineering,dan lain-lainnya.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
- Mampu menulis kode/syntax program yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep –konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak , serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan computer untuk memecahkan masalah tertentu.
- Mampu merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
- Mampu membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, kecerdasan buatan dan bahasa natural.
- Mampu menganalisa, merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
- PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna / customer.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Memiliki kemampuan untuk mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware).
- Mampu merancang dan mengaplikasikan business plan di bidang IT serta melakukan inovasi yang kreatif dalam mengembangkan metode bisnis berbasis IT antara lain dengan E-Commerce dan E-Business.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu computer .
- Mampu menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data .
- Mampu menganalisa , merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan system computer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan system computer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
4. PENGUASAAN PENGETAHUAN
-
- PROFIL PROGRAMMER
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi computer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi computer.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
-
- PROFIL PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentifikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Menguasai pengetahuan membuat bisnis plan dibidang IT.
- Menguasai metode e-commerce maupun e-business dan aplikasi ketrampilan membuat platform bisnis berbasis internet
1. Aniati murni Arymurthy & Suryana Setiawan, Pengantar Pengolahan Citra, Elex Media Komputindo, 1992
2. Gonzales, Rafael C., Digital Image Processing, Second Edition, Addison-wesley publishing, 1992
3. Jain, Anil K., Fundamentals of Digital Image Processing, Prentice Hall international, 1989
4. Rinaldi Munir, Pengolahan Citra digital dengan Pendekatan Algoritmik, Penerbit Informatika Bandung, 2004
5. Willey, Digital Image Processing, 3rd edition, 2001
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar mahasiswa tentang teori-teori Computer Vision yang terkait dengan keilmuan didunia teknologi informasi serta memberikan ketrampilan mengembangkan konsep human preception. Pembelajaran dimulai dari konsep human preseption, konsep dasar pembentukan gambar (image akuisisi), transformasi dan model warna, image restorasi, image segmentasi, image retrievel, teknik motion dan matching
1. SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. Tambahan sikap yang harus dimiliki setiap lulusan sebagai Penciri PT :
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
2. KETRAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya,
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
3. KETRAMPILAN KHUSUS
- PROFIL PROGRAMMER
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Mampu mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware) dalam organisasi.
- Mampu mendesain, merancang maupun menganalisis bidang otomasi baik skala kecil maupun kontrol sistem dan perawatan serta pengembangannya, keamanan jaringan komputer, Embedded Systems, Digital SignalProcessing, Computer Systems Engineering,dan lain-lainnya.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
- Mampu menulis kode/syntax program yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep –konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak , serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan computer untuk memecahkan masalah tertentu.
- Mampu merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
- Mampu membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, kecerdasan buatan dan bahasa natural.
- Mampu menganalisa, merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
- PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna / customer.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Memiliki kemampuan untuk mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware).
- Mampu merancang dan mengaplikasikan business plan di bidang IT serta melakukan inovasi yang kreatif dalam mengembangkan metode bisnis berbasis IT antara lain dengan E-Commerce dan E-Business.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu computer .
- Mampu menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data .
- Mampu menganalisa , merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan system computer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan system computer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
4. PENGUASAAN PENGETAHUAN
-
- PROFIL PROGRAMMER
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi computer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi computer.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
-
- PROFIL PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentifikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Menguasai pengetahuan membuat bisnis plan dibidang IT.
- Menguasai metode e-commerce maupun e-business dan aplikasi ketrampilan membuat platform bisnis berbasis internet
- Computer Vision: Algorithms and Applications, Richard Szeliski
- Computer Vision - A modern approach, D. Forsyth and J. Ponce, Prentice Hall
- Multiple View Geometry in Computer Vision, Hartley & Zisserman
- Learning OpenCV Computer Vision in C++ with the OpenCV Library, Adrian Kaehler, Gary Bradski , O’Reilly Media, 2013
- Beginning Kinect Programming with the Microsoft Kinect SDK, Jarrett Webb, James Ashley , 2012
- David A. Forsyth dan Jean Ponce, “ComputerVision : A Modern Approach,2nd Edition”, Prentice Hall, 2012.
- Christian Wöhler, “3D Computer Vision : Efficient Methods and Applications”, Springer-Verlag, Berlin Heidelberg, 2009.
- Francisco Escolano, Pablo Suau, Boyán Bonev, “Information Theoryin Computer Vision and Pattern Recognition”, Springer Verlag, London, 2009
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar mahasiswa tentang teori-teori Computer Vision yang terkait dengan keilmuan didunia teknologi informasi serta memberikan ketrampilan mengembangkan konsep human preception. Pembelajaran dimulai dari konsep human preseption, konsep dasar pembentukan gambar (image akuisisi), transformasi dan model warna, image restorasi, image segmentasi, image retrievel, teknik motion dan matching
1. SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. Tambahan sikap yang harus dimiliki setiap lulusan sebagai Penciri PT :
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
2. KETRAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya,
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
3. KETRAMPILAN KHUSUS
- PROFIL PROGRAMMER
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Mampu mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware) dalam organisasi.
- Mampu mendesain, merancang maupun menganalisis bidang otomasi baik skala kecil maupun kontrol sistem dan perawatan serta pengembangannya, keamanan jaringan komputer, Embedded Systems, Digital SignalProcessing, Computer Systems Engineering,dan lain-lainnya.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
- Mampu menulis kode/syntax program yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep –konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak , serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan computer untuk memecahkan masalah tertentu.
- Mampu merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
- Mampu membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, kecerdasan buatan dan bahasa natural.
- Mampu menganalisa, merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
- PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna / customer.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Memiliki kemampuan untuk mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware).
- Mampu merancang dan mengaplikasikan business plan di bidang IT serta melakukan inovasi yang kreatif dalam mengembangkan metode bisnis berbasis IT antara lain dengan E-Commerce dan E-Business.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu computer .
- Mampu menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data .
- Mampu menganalisa , merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan system computer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan system computer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
4. PENGUASAAN PENGETAHUAN
-
- PROFIL PROGRAMMER
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi computer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi computer.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
-
- PROFIL PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentifikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Menguasai pengetahuan membuat bisnis plan dibidang IT.
- Menguasai metode e-commerce maupun e-business dan aplikasi ketrampilan membuat platform bisnis berbasis internet
- Computer Vision: Algorithms and Applications, Richard Szeliski
- Computer Vision - A modern approach, D. Forsyth and J. Ponce, Prentice Hall
- Multiple View Geometry in Computer Vision, Hartley & Zisserman
- Learning OpenCV Computer Vision in C++ with the OpenCV Library, Adrian Kaehler, Gary Bradski , O’Reilly Media, 2013
- Beginning Kinect Programming with the Microsoft Kinect SDK, Jarrett Webb, James Ashley , 2012
- David A. Forsyth dan Jean Ponce, “ComputerVision : A Modern Approach,2nd Edition”, Prentice Hall, 2012.
- Christian Wöhler, “3D Computer Vision : Efficient Methods and Applications”, Springer-Verlag, Berlin Heidelberg, 2009.
- Francisco Escolano, Pablo Suau, Boyán Bonev, “Information Theoryin Computer Vision and Pattern Recognition”, Springer Verlag, London, 2009
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar mahasiswa tentang teori-teori Computer Vision yang terkait dengan keilmuan didunia teknologi informasi serta memberikan ketrampilan mengembangkan konsep human preception. Pembelajaran dimulai dari konsep human preseption, konsep dasar pembentukan gambar (image akuisisi), transformasi dan model warna, image restorasi, image segmentasi, image retrievel, teknik motion dan matching
1. SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. Tambahan sikap yang harus dimiliki setiap lulusan sebagai Penciri PT :
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
2. KETRAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya,
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
3. KETRAMPILAN KHUSUS
- PROFIL PROGRAMMER
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Mampu mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware) dalam organisasi.
- Mampu mendesain, merancang maupun menganalisis bidang otomasi baik skala kecil maupun kontrol sistem dan perawatan serta pengembangannya, keamanan jaringan komputer, Embedded Systems, Digital SignalProcessing, Computer Systems Engineering,dan lain-lainnya.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
- Mampu menulis kode/syntax program yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep –konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak , serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan computer untuk memecahkan masalah tertentu.
- Mampu merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
- Mampu membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, kecerdasan buatan dan bahasa natural.
- Mampu menganalisa, merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
- PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna / customer.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Memiliki kemampuan untuk mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware).
- Mampu merancang dan mengaplikasikan business plan di bidang IT serta melakukan inovasi yang kreatif dalam mengembangkan metode bisnis berbasis IT antara lain dengan E-Commerce dan E-Business.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu computer .
- Mampu menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data .
- Mampu menganalisa , merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan system computer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan system computer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
4. PENGUASAAN PENGETAHUAN
-
- PROFIL PROGRAMMER
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi computer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi computer.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
-
- PROFIL PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentifikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Menguasai pengetahuan membuat bisnis plan dibidang IT.
- Menguasai metode e-commerce maupun e-business dan aplikasi ketrampilan membuat platform bisnis berbasis internet
- Computer Vision: Algorithms and Applications, Richard Szeliski
- Computer Vision - A modern approach, D. Forsyth and J. Ponce, Prentice Hall
- Multiple View Geometry in Computer Vision, Hartley & Zisserman
- Learning OpenCV Computer Vision in C++ with the OpenCV Library, Adrian Kaehler, Gary Bradski , O’Reilly Media, 2013
- Beginning Kinect Programming with the Microsoft Kinect SDK, Jarrett Webb, James Ashley , 2012
- David A. Forsyth dan Jean Ponce, “ComputerVision : A Modern Approach,2nd Edition”, Prentice Hall, 2012.
- Christian Wöhler, “3D Computer Vision : Efficient Methods and Applications”, Springer-Verlag, Berlin Heidelberg, 2009.
- Francisco Escolano, Pablo Suau, Boyán Bonev, “Information Theoryin Computer Vision and Pattern Recognition”, Springer Verlag, London, 2009
Details ...