Analisis dan Strategi Pemasaran, Curriculum : 2015


Courser in EnglishMARKETING ANALYSIS AND STRATEGY
ProgramPendidikan Biologi
SKS2 SKS
RPS12 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Analisis dan Strategi Pemasaran menyajikan materi dasar kewirausahaan meliputi : dasar kewirausahaan, faktor -faktor yang mempengaruhi perancangan produk dan permasalahannya, ruang lingkup pengelolaan produk, konsep pasar di bidang pendidikan biologi dan biologi terapan, strategi merencanakan dan menciptakan produk, analisis kebutuhan pasar, model dan metode perancangan produk, serta strategi pengembangan produk.

 

 

Learning Outcomes

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab dan mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Menguasai prinsip-prinsip TIK  dalam analisis pasar dan strategi pemasaran yang mendukung proses inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi dan biologi terapan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan konsumen (user) dan kondisi pasar secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam merancang produk yang akan dibuat dan dikembangkan dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi .
  4. Mampu mendokumentasikan hasil analisis pasar beserta rancangan produk pembelajaran biologi dan biologi terapan yang akan dikembangkan.

References

Kottler And Keller. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Erlangga

Mursid, M. 2003. Manajemen Pemasaran.Bumi Aksara: Jakarta

Suryana, Dr. M.Si. 2006. Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat: Jakarta.

Saroni, Mohamad. 2012. Mendidik & Melatih Entrepreneur Muda. Ar-Ruzz Media: Jogjakarta


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab dan mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Menguasai prinsip-prinsip TIK  dalam analisis pasar dan strategi pemasaran yang mendukung proses inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi dan biologi terapan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan konsumen (user) dan kondisi pasar secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam merancang produk yang akan dibuat dan dikembangkan dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi .
  4. Mampu mendokumentasikan hasil analisis pasar beserta rancangan produk pembelajaran biologi dan biologi terapan yang akan dikembangkan.

 

References

  1. Buku utama

Suryana, Dr. M.Si. 2006. Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat. Jakarta.

  1. Buku penunjang
  1. Crawford, C.M.1987. New Product Management; Irwin, Illionis.
  2. Cross, Nigel. 1994. Engineering Design Methods : Strategies for Product Design; John Willey & Sons, New York.
  3. Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston.
  4. Kao, JJ. 1991. The entrepreneurial Organization. Prentice-hall international, Inc. New Jersey.
  5. Lambing peggy, charles L. Kuehl. 2000. Entrepreneurship. Prentice-Hall International, Inc. New Jersey.
  6. Ulrich, K.T. & Eppinger S.D. 1993. Product Design and Development; New York, Mc.Graw-Hill.
  7. Urban, G.L. & Hauser, J.H. 1993. Design and Marketing of New Product; Prentice-Hall, New Jersey.
  8. Zimmerer W. Thomas, Norman M. Scarborough. 1996. Entrepreneurship and New Venture Formation.  Prentice-Hall international, Inc. New Jersey.

 

 


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab dan mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Menguasai prinsip-prinsip TIK  dalam analisis pasar dan strategi pemasaran yang mendukung proses inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi dan biologi terapan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan konsumen (user) dan kondisi pasar secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam merancang produk yang akan dibuat dan dikembangkan dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi .
  4. Mampu mendokumentasikan hasil analisis pasar beserta rancangan produk pembelajaran biologi dan biologi terapan yang akan dikembangkan.

 

References

  1. Buku utama

Suryana, Dr. M.Si. 2006. Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat. Jakarta.

  1. Buku penunjang
  1. Crawford, C.M.1987. New Product Management; Irwin, Illionis.
  2. Cross, Nigel. 1994. Engineering Design Methods : Strategies for Product Design; John Willey & Sons, New York.
  3. Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston.
  4. Kao, JJ. 1991. The entrepreneurial Organization. Prentice-hall international, Inc. New Jersey.
  5. Lambing peggy, charles L. Kuehl. 2000. Entrepreneurship. Prentice-Hall International, Inc. New Jersey.
  6. Ulrich, K.T. & Eppinger S.D. 1993. Product Design and Development; New York, Mc.Graw-Hill.
  7. Urban, G.L. & Hauser, J.H. 1993. Design and Marketing of New Product; Prentice-Hall, New Jersey.
  8. Zimmerer W. Thomas, Norman M. Scarborough. 1996. Entrepreneurship and New Venture Formation.  Prentice-Hall international, Inc. New Jersey.

 

 


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab dan mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Menguasai prinsip-prinsip TIK  dalam analisis pasar dan strategi pemasaran yang mendukung proses inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi dan biologi terapan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan konsumen (user) dan kondisi pasar secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam merancang produk yang akan dibuat dan dikembangkan dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi .
  4. Mampu mendokumentasikan hasil analisis pasar beserta rancangan produk pembelajaran biologi dan biologi terapan yang akan dikembangkan.

 

References

  1. Buku utama

Suryana, Dr. M.Si. 2006. Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat. Jakarta.

  1. Buku penunjang
  1. Crawford, C.M.1987. New Product Management; Irwin, Illionis.
  2. Cross, Nigel. 1994. Engineering Design Methods : Strategies for Product Design; John Willey & Sons, New York.
  3. Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston.
  4. Kao, JJ. 1991. The entrepreneurial Organization. Prentice-hall international, Inc. New Jersey.
  5. Lambing peggy, charles L. Kuehl. 2000. Entrepreneurship. Prentice-Hall International, Inc. New Jersey.
  6. Ulrich, K.T. & Eppinger S.D. 1993. Product Design and Development; New York, Mc.Graw-Hill.
  7. Urban, G.L. & Hauser, J.H. 1993. Design and Marketing of New Product; Prentice-Hall, New Jersey.
  8. Zimmerer W. Thomas, Norman M. Scarborough. 1996. Entrepreneurship and New Venture Formation.  Prentice-Hall international, Inc. New Jersey.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Analisis dan Strategi Pemasaran adalah mata kuliah yang mempelajari tentang analisis pasar serta strategi dalam memasarkan produk kewirausahaan. Sehingga melalui mata kuliah ini mahasiswa dibekali pengetahuan dan kemampuan untuk menganalisa selera pasar terhadap suatu produk kewirausahaan di bidang pendidikan biologi dan biologi terapan, serta mendapatkan pengetahuan tentang strategi-strategi dalam memasarkan produk kewirausahaan.

Learning Outcomes

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab dan mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Menguasai prinsip-prinsip TIK  dalam analisis pasar dan strategi pemasaran yang mendukung proses inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi dan biologi terapan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan konsumen (user) dan kondisi pasar secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam merancang produk yang akan dibuat dan dikembangkan dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi .
  4. Mampu mendokumentasikan hasil analisis pasar beserta rancangan produk pembelajaran biologi dan biologi terapan yang akan dikembangkan.

References

  1. Buku utama

Suryana, Dr. M.Si. 2006. Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat. Jakarta.

  1. Buku penunjang
  1. Crawford, C.M.1987. New Product Management; Irwin, Illionis.
  2. Cross, Nigel. 1994. Engineering Design Methods : Strategies for Product Design; John Willey & Sons, New York.
  3. Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston.
  4. Kao, JJ. 1991. The entrepreneurial Organization. Prentice-hall international, Inc. New Jersey.
  5. Lambing peggy, charles L. Kuehl. 2000. Entrepreneurship. Prentice-Hall International, Inc. New Jersey.
  6. Ulrich, K.T. & Eppinger S.D. 1993. Product Design and Development; New York, Mc.Graw-Hill.
  7. Urban, G.L. & Hauser, J.H. 1993. Design and Marketing of New Product; Prentice-Hall, New Jersey.
  8. Zimmerer W. Thomas, Norman M. Scarborough. 1996. Entrepreneurship and New Venture Formation.  Prentice-Hall international, Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Analisis dan Strategi Pemasaran adalah mata kuliah yang mempelajari tentang analisis pasar serta strategi dalam memasarkan produk kewirausahaan. Sehingga melalui mata kuliah ini mahasiswa dibekali pengetahuan dan kemampuan untuk menganalisa selera pasar terhadap suatu produk kewirausahaan di bidang pendidikan biologi dan biologi terapan, serta mendapatkan pengetahuan tentang strategi-strategi dalam memasarkan produk kewirausahaan.

Learning Outcomes

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab dan mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Menguasai prinsip-prinsip TIK  dalam analisis pasar dan strategi pemasaran yang mendukung proses inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi dan biologi terapan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan konsumen (user) dan kondisi pasar secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam merancang produk yang akan dibuat dan dikembangkan dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi .
  4. Mampu mendokumentasikan hasil analisis pasar beserta rancangan produk pembelajaran biologi dan biologi terapan yang akan dikembangkan.

References

  1. Buku utama

Suryana, Dr. M.Si. 2006. Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat. Jakarta.

  1. Buku penunjang
  1. Crawford, C.M.1987. New Product Management; Irwin, Illionis.
  2. Cross, Nigel. 1994. Engineering Design Methods : Strategies for Product Design; John Willey & Sons, New York.
  3. Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston.
  4. Kao, JJ. 1991. The entrepreneurial Organization. Prentice-hall international, Inc. New Jersey.
  5. Lambing peggy, charles L. Kuehl. 2000. Entrepreneurship. Prentice-Hall International, Inc. New Jersey.
  6. Ulrich, K.T. & Eppinger S.D. 1993. Product Design and Development; New York, Mc.Graw-Hill.
  7. Urban, G.L. & Hauser, J.H. 1993. Design and Marketing of New Product; Prentice-Hall, New Jersey.
  8. Zimmerer W. Thomas, Norman M. Scarborough. 1996. Entrepreneurship and New Venture Formation.  Prentice-Hall international, Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Analisis dan Strategi Pemasaran adalah mata kuliah yang mempelajari tentang analisis pasar serta strategi dalam memasarkan produk kewirausahaan. Sehingga melalui mata kuliah ini mahasiswa dibekali pengetahuan dan kemampuan untuk menganalisa selera pasar terhadap suatu produk kewirausahaan di bidang pendidikan biologi dan biologi terapan, serta mendapatkan pengetahuan tentang strategi-strategi dalam memasarkan produk kewirausahaan.

Learning Outcomes

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab dan mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Menguasai prinsip-prinsip TIK  dalam analisis pasar dan strategi pemasaran yang mendukung proses inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi dan biologi terapan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan konsumen (user) dan kondisi pasar secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam merancang produk yang akan dibuat dan dikembangkan dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi .
  4. Mampu mendokumentasikan hasil analisis pasar beserta rancangan produk pembelajaran biologi dan biologi terapan yang akan dikembangkan.

References

  1. Buku utama

Suryana, Dr. M.Si. 2006. Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat. Jakarta.

  1. Buku penunjang
  1. Crawford, C.M.1987. New Product Management; Irwin, Illionis.
  2. Cross, Nigel. 1994. Engineering Design Methods : Strategies for Product Design; John Willey & Sons, New York.
  3. Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston.
  4. Kao, JJ. 1991. The entrepreneurial Organization. Prentice-hall international, Inc. New Jersey.
  5. Lambing peggy, charles L. Kuehl. 2000. Entrepreneurship. Prentice-Hall International, Inc. New Jersey.
  6. Ulrich, K.T. & Eppinger S.D. 1993. Product Design and Development; New York, Mc.Graw-Hill.
  7. Urban, G.L. & Hauser, J.H. 1993. Design and Marketing of New Product; Prentice-Hall, New Jersey.
  8. Zimmerer W. Thomas, Norman M. Scarborough. 1996. Entrepreneurship and New Venture Formation.  Prentice-Hall international, Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Analisis dan Strategi Pemasaran adalah mata kuliah yang mempelajari tentang analisis pasar serta strategi dalam memasarkan produk kewirausahaan. Sehingga melalui mata kuliah ini mahasiswa dibekali pengetahuan dan kemampuan untuk menganalisa selera pasar terhadap suatu produk kewirausahaan di bidang pendidikan biologi dan biologi terapan, serta mendapatkan pengetahuan tentang strategi-strategi dalam memasarkan produk kewirausahaan.

Learning Outcomes

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab dan mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Menguasai prinsip-prinsip TIK  dalam analisis pasar dan strategi pemasaran yang mendukung proses inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi dan biologi terapan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan konsumen (user) dan kondisi pasar secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam merancang produk yang akan dibuat dan dikembangkan dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi .
  4. Mampu mendokumentasikan hasil analisis pasar beserta rancangan produk pembelajaran biologi dan biologi terapan yang akan dikembangkan.

References

  1. Buku utama

Suryana, Dr. M.Si. 2006. Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat. Jakarta.

  1. Buku penunjang
  1. Crawford, C.M.1987. New Product Management; Irwin, Illionis.
  2. Cross, Nigel. 1994. Engineering Design Methods : Strategies for Product Design; John Willey & Sons, New York.
  3. Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston.
  4. Kao, JJ. 1991. The entrepreneurial Organization. Prentice-hall international, Inc. New Jersey.
  5. Lambing peggy, charles L. Kuehl. 2000. Entrepreneurship. Prentice-Hall International, Inc. New Jersey.
  6. Ulrich, K.T. & Eppinger S.D. 1993. Product Design and Development; New York, Mc.Graw-Hill.
  7. Urban, G.L. & Hauser, J.H. 1993. Design and Marketing of New Product; Prentice-Hall, New Jersey.
  8. Zimmerer W. Thomas, Norman M. Scarborough. 1996. Entrepreneurship and New Venture Formation.  Prentice-Hall international, Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Analisis dan Strategi Pemasaran adalah mata kuliah yang mempelajari tentang analisis pasar serta strategi dalam memasarkan produk kewirausahaan. Sehingga melalui mata kuliah ini mahasiswa dibekali pengetahuan dan kemampuan untuk menganalisa selera pasar terhadap suatu produk kewirausahaan di bidang pendidikan biologi dan biologi terapan, serta mendapatkan pengetahuan tentang strategi-strategi dalam memasarkan produk kewirausahaan.

Learning Outcomes

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab dan mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Menguasai prinsip-prinsip TIK  dalam analisis pasar dan strategi pemasaran yang mendukung proses inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi dan biologi terapan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan konsumen (user) dan kondisi pasar secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam merancang produk yang akan dibuat dan dikembangkan dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi .
  4. Mampu mendokumentasikan hasil analisis pasar beserta rancangan produk pembelajaran biologi dan biologi terapan yang akan dikembangkan.

References

  1. Buku utama

Suryana, Dr. M.Si. 2006. Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat. Jakarta.

  1. Buku penunjang
  1. Crawford, C.M.1987. New Product Management; Irwin, Illionis.
  2. Cross, Nigel. 1994. Engineering Design Methods : Strategies for Product Design; John Willey & Sons, New York.
  3. Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston.
  4. Kao, JJ. 1991. The entrepreneurial Organization. Prentice-hall international, Inc. New Jersey.
  5. Lambing peggy, charles L. Kuehl. 2000. Entrepreneurship. Prentice-Hall International, Inc. New Jersey.
  6. Ulrich, K.T. & Eppinger S.D. 1993. Product Design and Development; New York, Mc.Graw-Hill.
  7. Urban, G.L. & Hauser, J.H. 1993. Design and Marketing of New Product; Prentice-Hall, New Jersey.
  8. Zimmerer W. Thomas, Norman M. Scarborough. 1996. Entrepreneurship and New Venture Formation.  Prentice-Hall international, Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Analisis dan Strategi Pemasaran adalah mata kuliah yang mempelajari tentang analisis pasar serta strategi dalam memasarkan produk kewirausahaan. Sehingga melalui mata kuliah ini mahasiswa dibekali pengetahuan dan kemampuan untuk menganalisa selera pasar terhadap suatu produk kewirausahaan di bidang pendidikan biologi dan biologi terapan, serta mendapatkan pengetahuan tentang strategi-strategi dalam memasarkan produk kewirausahaan.

Learning Outcomes

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab dan mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Menguasai prinsip-prinsip TIK  dalam analisis pasar dan strategi pemasaran yang mendukung proses inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi dan biologi terapan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan konsumen (user) dan kondisi pasar secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam merancang produk yang akan dibuat dan dikembangkan dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi .
  4. Mampu mendokumentasikan hasil analisis pasar beserta rancangan produk pembelajaran biologi dan biologi terapan yang akan dikembangkan.

References

  1. Buku utama

Suryana, Dr. M.Si. 2006. Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat. Jakarta.

  1. Buku penunjang
  1. Crawford, C.M.1987. New Product Management; Irwin, Illionis.
  2. Cross, Nigel. 1994. Engineering Design Methods : Strategies for Product Design; John Willey & Sons, New York.
  3. Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston.
  4. Kao, JJ. 1991. The entrepreneurial Organization. Prentice-hall international, Inc. New Jersey.
  5. Lambing peggy, charles L. Kuehl. 2000. Entrepreneurship. Prentice-Hall International, Inc. New Jersey.
  6. Ulrich, K.T. & Eppinger S.D. 1993. Product Design and Development; New York, Mc.Graw-Hill.
  7. Urban, G.L. & Hauser, J.H. 1993. Design and Marketing of New Product; Prentice-Hall, New Jersey.
  8. Zimmerer W. Thomas, Norman M. Scarborough. 1996. Entrepreneurship and New Venture Formation.  Prentice-Hall international, Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Memperkenalkan konsep-konsep dasar yang relevan dengan proses perenacanaan, pengendalian
dan pengambilan keputusan dalam bidang pemasaran, baik strategik manajerial maupun
operasional, antara lain mencakup profil produk, profil konsumen, profil persaingan, segmentasi
pasar, sasaran pasar, baauran pasar, perencanaan, pengendalian serta pengukuran keefektifan pasar
dan sistem informasi pemasaran.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab dan mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Menguasai prinsip-prinsip TIK  dalam analisis pasar dan strategi pemasaran yang mendukung proses inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi dan biologi terapan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan konsumen (user) dan kondisi pasar secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam merancang produk yang akan dibuat dan dikembangkan dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi .
  4. Mampu mendokumentasikan hasil analisis pasar beserta rancangan produk pembelajaran biologi dan biologi terapan yang akan dikembangkan.

 

References

Daftar Buku

  1. Buku utama

Suryana, Dr. M.Si. 2006. Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat. Jakarta.

  1. Buku penunjang
  1. Crawford, C.M.1987. New Product Management; Irwin, Illionis.
  2. Cross, Nigel. 1994. Engineering Design Methods : Strategies for Product Design; John Willey & Sons, New York.
  3. Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston.
  4. Kao, JJ. 1991. The entrepreneurial Organization. Prentice-hall international, Inc. New Jersey.
  5. Lambing peggy, charles L. Kuehl. 2000. Entrepreneurship. Prentice-Hall International, Inc. New Jersey.
  6. Ulrich, K.T. & Eppinger S.D. 1993. Product Design and Development; New York, Mc.Graw-Hill.
  7. Urban, G.L. & Hauser, J.H. 1993. Design and Marketing of New Product; Prentice-Hall, New Jersey.
  8. Zimmerer W. Thomas, Norman M. Scarboroug 1996. Entrepreneurship and New Venture Formation.  Prentice-Hall international, Inc. New Jersey.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Memperkenalkan konsep-konsep dasar yang relevan dengan proses perenacanaan, pengendalian
dan pengambilan keputusan dalam bidang pemasaran, baik strategik manajerial maupun
operasional, antara lain mencakup profil produk, profil konsumen, profil persaingan, segmentasi
pasar, sasaran pasar, baauran pasar, perencanaan, pengendalian serta pengukuran keefektifan pasar
dan sistem informasi pemasaran.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab dan mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  2. Menguasai prinsip-prinsip TIK  dalam analisis pasar dan strategi pemasaran yang mendukung proses inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi dan biologi terapan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan konsumen (user) dan kondisi pasar secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam merancang produk yang akan dibuat dan dikembangkan dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi .
  4. Mampu mendokumentasikan hasil analisis pasar beserta rancangan produk pembelajaran biologi dan biologi terapan yang akan dikembangkan.

 

References

Daftar Buku

  1. Buku utama

Suryana, Dr. M.Si. 2006. Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Salemba empat. Jakarta.

  1. Buku penunjang
  1. Crawford, C.M.1987. New Product Management; Irwin, Illionis.
  2. Cross, Nigel. 1994. Engineering Design Methods : Strategies for Product Design; John Willey & Sons, New York.
  3. Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston.
  4. Kao, JJ. 1991. The entrepreneurial Organization. Prentice-hall international, Inc. New Jersey.
  5. Lambing peggy, charles L. Kuehl. 2000. Entrepreneurship. Prentice-Hall International, Inc. New Jersey.
  6. Ulrich, K.T. & Eppinger S.D. 1993. Product Design and Development; New York, Mc.Graw-Hill.
  7. Urban, G.L. & Hauser, J.H. 1993. Design and Marketing of New Product; Prentice-Hall, New Jersey.
  8. Zimmerer W. Thomas, Norman M. Scarboroug 1996. Entrepreneurship and New Venture Formation.  Prentice-Hall international, Inc. New Jersey.

 

 


Details ...