Courser in English | STATISTICS |
Program | Teknologi Pangan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji materi statistika, baik statistika deskriptif maupun statistika inferensial khususnya statistika parametris yang meliputi: Pengertian Dasar dalam Statistika dan Pengenalan SPSS, Statistika Deskriptif, Hipotesis dan Tingkat Signifikansi Uji, Uji Hipotesis Mengenai Rerata, Uji Hipotesis Mengenai Variansi, Uji Normalitas Populasi, Uji Homogenitas Variansi Populasi, Analisis Variansi Satu Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, Analisis Variansi Dua Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, Regresi dan Korelasi Linier Sederhana, serta Regresi dan Korelasi Linier Ganda.
Learning Outcomes- Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan teknologi informasi.
- Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
-
Learning Outcomes1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
3. Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pengembangan teknologi pangan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang teknologi pangan.
4. Mampu menguasai konsep statistika serta mampumenguasaikonsepteoritistentangpengolahan data.
References[1]Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2]Sudjana. 2005. MetodaStatistika. Bandung: Tarsito.
[3]Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. IlmuPeluangdanStatistikauntukInsinyurdanIlmuwan. Terjemahan R. K.Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...