Courser in English | ELEMENTARY SCHOOL ARITHMETICS |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Aritmatika SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang sejarah bilangan, bilangan, lambang bilangan, himpunan bilangan, bilangan cacah, bilangan bulat, rasio, proporsi, perbandingan, faktor persekutuan terbesar, kelipatan persekutuan terkecil, bilangan rasional, bilangan irasional, dan aritmetika sosial.
Learning Outcomes
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika, dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-6 dan CPL-7).
|
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-2, CPL-4, CPL-5, CPL-6 dan CPL-7).
|
Marini, Arita dan Agung, Iskandar. 2011. Artitmatika untuk PGSD. Jakarta: Penerbit Bestari.
- Wahyuningtyas, Diah Tri. 2016. Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika.
Details ...
Mata kuliah Aritmatika SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang sejarah bilangan, bilangan, lambang bilangan, himpunan bilangan, bilangan cacah, bilangan bulat, rasio, proporsi, perbandingan, faktor persekutuan terbesar, kelipatan persekutuan terkecil, bilangan rasional, bilangan irasional, dan aritmetika sosial.
Learning Outcomes
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika, dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-6 dan CPL-7).
|
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-2, CPL-4, CPL-5, CPL-6 dan CPL-7).
|
Marini, Arita dan Agung, Iskandar. 2011. Artitmatika untuk PGSD. Jakarta: Penerbit Bestari.
- Wahyuningtyas, Diah Tri. 2016. Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika.
Details ...
Mata kuliah Aritmatika SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang sejarah bilangan, bilangan, lambang bilangan, himpunan bilangan, bilangan cacah, bilangan bulat, rasio, proporsi, perbandingan, faktor persekutuan terbesar, kelipatan persekutuan terkecil, bilangan rasional, bilangan irasional, dan aritmetika sosial.
Learning Outcomes
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika, dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-6 dan CPL-7).
|
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-2, CPL-4, CPL-5, CPL-6 dan CPL-7).
|
Marini, Arita dan Agung, Iskandar. 2011. Artitmatika untuk PGSD. Jakarta: Penerbit Bestari.
- Wahyuningtyas, Diah Tri. 2016. Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika.
Details ...
Mata kuliah Aritmatika SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang sejarah bilangan, bilangan, lambang bilangan, himpunan bilangan, bilangan cacah, bilangan bulat, rasio, proporsi, perbandingan, faktor persekutuan terbesar, kelipatan persekutuan terkecil, bilangan rasional, bilangan irasional, dan aritmetika sosial.
Learning Outcomes
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika, dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-6 dan CPL-7).
|
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-2, CPL-4, CPL-5, CPL-6 dan CPL-7).
|
Marini, Arita dan Agung, Iskandar. 2011. Artitmatika untuk PGSD. Jakarta: Penerbit Bestari.
- Wahyuningtyas, Diah Tri. 2016. Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika.
Details ...
Mata kuliah Aritmatika SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang sejarah bilangan, bilangan, lambang bilangan, himpunan bilangan, bilangan cacah, bilangan bulat, rasio, proporsi, perbandingan, faktor persekutuan terbesar, kelipatan persekutuan terkecil, bilangan rasional, bilangan irasional, dan aritmetika sosial.
Learning Outcomes
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika, dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-6 dan CPL-7).
|
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-2, CPL-4, CPL-5, CPL-6 dan CPL-7).
|
Marini, Arita dan Agung, Iskandar. 2011. Artitmatika untuk PGSD. Jakarta: Penerbit Bestari.
- Wahyuningtyas, Diah Tri. 2016. Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika.
Details ...
Mata kuliah Aritmatika SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang sejarah bilangan, bilangan, lambang bilangan, himpunan bilangan, bilangan cacah, bilangan bulat, rasio, proporsi, perbandingan, faktor persekutuan terbesar, kelipatan persekutuan terkecil, bilangan rasional, bilangan irasional, dan aritmetika sosial.
Learning Outcomes
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika, dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-6 dan CPL-7).
|
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-2, CPL-4, CPL-5, CPL-6 dan CPL-7).
|
Marini, Arita dan Agung, Iskandar. 2011. Artitmatika untuk PGSD. Jakarta: Penerbit Bestari.
- Wahyuningtyas, Diah Tri. 2016. Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika.
Details ...
Mata kuliah Aritmatika SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang sejarah bilangan, bilangan, lambang bilangan, himpunan bilangan, bilangan cacah, bilangan bulat, rasio, proporsi, perbandingan, faktor persekutuan terbesar, kelipatan persekutuan terkecil, bilangan rasional, bilangan irasional, dan aritmetika sosial.
Learning Outcomes
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika, dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-6 dan CPL-7).
|
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-2, CPL-4, CPL-5, CPL-6 dan CPL-7).
|
Marini, Arita dan Agung, Iskandar. 2011. Artitmatika untuk PGSD. Jakarta: Penerbit Bestari.
- Wahyuningtyas, Diah Tri. 2016. Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika.
Details ...
Mata kuliah Aritmatika SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang sejarah bilangan, bilangan, lambang bilangan, himpunan bilangan, bilangan cacah, bilangan bulat, rasio, proporsi, perbandingan, faktor persekutuan terbesar, kelipatan persekutuan terkecil, bilangan rasional, bilangan irasional, dan aritmetika sosial.
Learning Outcomes
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika, dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-6 dan CPL-7).
|
Menguasai dan mengonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran matematika melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-2, CPL-4, CPL-5, CPL-6 dan CPL-7).
|
Marini, Arita dan Agung, Iskandar. 2011. Artitmatika untuk PGSD. Jakarta: Penerbit Bestari.
- Wahyuningtyas, Diah Tri. 2016. Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika.
Details ...