Courser in English | Learning Evaluation of Early Childhood Education |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Evaluasi Pembelajaran ini membahas tentang 1) Hakikat Evaluasi dan Asesmen; 2) Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran pada Anak Usia Dini; 3) Merancang Evaluasi; 4) Asesmen Otentik; 5) Penyusunan Asesmen Otentik; 6) Teknik Observasi; 7) Portofolio: Proses dan Produk; 8) Asesmen Kelas di TK; 9) Pelaporan Asesmen di TK
Learning OutcomesMelalui mata kuliah Evaluasi Pembelajaran di PAUD ini diharapkan mahasiswa mampu menyusun alat penilaian proses dan hasil belajar untuk anak PAUD, mengolah dan melaporkan hasil penilaian serta menggunakan hasil penilaian untuk kepentingan pengajaran khususnya di PAUD
References_____, (2004). Sistem Penilaian Kelas (Classroom Assessment). Jakarta: Depdiknas. Arikunto, S. (1999). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Belen, S. (2003). Portofolio dan Penilaian dalam Pelaksanaan KBK. Jakarta: PUSKUR BPP DEPDIK. Brown, Fredrick G. (1981). Measuring Classroom Achievement. Lowa: Holt Rineart and Winston. Djaali, H., Muljono, P., dan Ramly. (2000). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pasca Sarjana. Mehrens, William A., and Irvan J, Lehmann. (1991). Measurement and Evaluation and Education and Psychology. NY USA: Holt Rinehart and Winston Inc. Purwanto, M, Ngalim. (1984). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: CV. Remaja Karya. Silveruius, Suke. (1991). Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: PT. Grasindo. Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Surapratana, S., dan Hatta, M. (2004). Penilaian Portofolio implemensi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Details ...
Mata kuliah Evaluasi Pembelajaran ini membahas tentang 1) Hakikat Evaluasi dan Asesmen; 2) Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran pada Anak Usia Dini; 3) Merancang Evaluasi; 4) Asesmen Otentik; 5) Penyusunan Asesmen Otentik; 6) Teknik Observasi; 7) Portofolio: Proses dan Produk; 8) Asesmen Kelas di TK; 9) Pelaporan Asesmen di TK
Learning OutcomesMelalui mata kuliah Evaluasi Pembelajaran di PAUD ini diharapkan mahasiswa mampu menyusun alat penilaian proses dan hasil belajar untuk anak PAUD, mengolah dan melaporkan hasil penilaian serta menggunakan hasil penilaian untuk kepentingan pengajaran khususnya di PAUD
References_____, (2004). Sistem Penilaian Kelas (Classroom Assessment). Jakarta: Depdiknas. Arikunto, S. (1999). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Belen, S. (2003). Portofolio dan Penilaian dalam Pelaksanaan KBK. Jakarta: PUSKUR BPP DEPDIK. Brown, Fredrick G. (1981). Measuring Classroom Achievement. Lowa: Holt Rineart and Winston. Djaali, H., Muljono, P., dan Ramly. (2000). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pasca Sarjana. Mehrens, William A., and Irvan J, Lehmann. (1991). Measurement and Evaluation and Education and Psychology. NY USA: Holt Rinehart and Winston Inc. Purwanto, M, Ngalim. (1984). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: CV. Remaja Karya. Silveruius, Suke. (1991). Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: PT. Grasindo. Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Surapratana, S., dan Hatta, M. (2004). Penilaian Portofolio implemensi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangam anak usia dini yang mencakup: 1) Menentukan Objek asesmen fisik-motorik AUD; 2) Menentukan objek asesmen kognitif, bahasa: level fungsi kognitiv secara umum; menentukan fungsi-fungsi intelektual; melindungi kemungkinan dari kekacauan bahasa; kemampuan untuk mendengar kata-kata; mengukur berbagai komponen variasi konsep warna dan realitas; ketrampilan berbahasa secara tepat; mengidentifikasi posisi suara dalam kata; potensi bahasa pada anak; 3) Menentukan Objek asesmen Sosial-Emosional-Moral: modalities input-output, focus and differentiation, interfrences, coping mechanisms, and content; 4) Pendekatan asesmen portofolio, autentik, performance, recods keeping; 5) Teknik asessmen: observasi (informal noticing, participant jottings, focused observation, work samples, time samples, event samples, chek list, rating scale, coded observations, informal observation); investigation,interview, indepth neurological and neuromuscular evaluation, case history; 6) Pengembangan instrumen asesmen; 7) Prosedur pelaksanaan asesmen;8) Menafsirkan, melaporkan, dan tindak lanjut hasil asesmen perkembangan anak usia dini
Learning Outcomes1. mahasiswa dapat memilih dan menggunakan teknik evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan anak
2. mahasiswa terampil dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran anak usia dini
3. mahasiswa mengetahui ragam alat evaluasi yang dapat digunakan untuk mengukur pembelajaran AUD
4. mahasiswa dapat membuat alat evaluasi sesuai kebutuhan anak
ReferencesBeaty, Janice J, (2010). Observing Development of the Young Child 7th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Harun Rasyid, dkk (2009). Asesmen perkembangan anak usia dini. Yogyakarta, Multi Presindo.
Getstwicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice. Curriculum
and Development In Early Education. Canada : Thomson Delmar Learning
Hergenhanhn dan Matthew H. Olson. 2008. Theories Of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup Yogyakarta: Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
Martini Jamaris. 2010. Orientasi dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta:Yayasan Penamas Murni
Martini Jamaris. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia
Taman Kanak-kanak. Jakarta:Grasindo
Papalia, Diane E, Etc. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan, terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangam anak usia dini yang mencakup: 1) Menentukan Objek asesmen fisik-motorik AUD; 2) Menentukan objek asesmen kognitif, bahasa: level fungsi kognitiv secara umum; menentukan fungsi-fungsi intelektual; melindungi kemungkinan dari kekacauan bahasa; kemampuan untuk mendengar kata-kata; mengukur berbagai komponen variasi konsep warna dan realitas; ketrampilan berbahasa secara tepat; mengidentifikasi posisi suara dalam kata; potensi bahasa pada anak; 3) Menentukan Objek asesmen Sosial-Emosional-Moral: modalities input-output, focus and differentiation, interfrences, coping mechanisms, and content; 4) Pendekatan asesmen portofolio, autentik, performance, recods keeping; 5) Teknik asessmen: observasi (informal noticing, participant jottings, focused observation, work samples, time samples, event samples, chek list, rating scale, coded observations, informal observation); investigation,interview, indepth neurological and neuromuscular evaluation, case history; 6) Pengembangan instrumen asesmen; 7) Prosedur pelaksanaan asesmen;8) Menafsirkan, melaporkan, dan tindak lanjut hasil asesmen perkembangan anak usia dini
Learning Outcomes
1. mahasiswa dapat memilih dan menggunakan teknik evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan anak
2. mahasiswa terampil dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran anak usia dini
3. mahasiswa mengetahui ragam alat evaluasi yang dapat digunakan untuk mengukur pembelajaran AUD
4. mahasiswa dapat membuat alat evaluasi sesuai kebutuhan anak
ReferencesBeaty, Janice J, (2010). Observing Development of the Young Child 7th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Harun Rasyid, dkk (2009). Asesmen perkembangan anak usia dini. Yogyakarta, Multi Presindo.
Getstwicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice. Curriculum
and Development In Early Education. Canada : Thomson Delmar Learning
Hergenhanhn dan Matthew H. Olson. 2008. Theories Of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup Yogyakarta: Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
Martini Jamaris. 2010. Orientasi dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta:Yayasan Penamas Murni
Martini Jamaris. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia
Taman Kanak-kanak. Jakarta:Grasindo
Papalia, Diane E, Etc. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan, terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangam anak usia dini yang mencakup: 1) Menentukan Objek asesmen fisik-motorik AUD; 2) Menentukan objek asesmen kognitif, bahasa: level fungsi kognitiv secara umum; menentukan fungsi-fungsi intelektual; melindungi kemungkinan dari kekacauan bahasa; kemampuan untuk mendengar kata-kata; mengukur berbagai komponen variasi konsep warna dan realitas; ketrampilan berbahasa secara tepat; mengidentifikasi posisi suara dalam kata; potensi bahasa pada anak; 3) Menentukan Objek asesmen Sosial-Emosional-Moral: modalities input-output, focus and differentiation, interfrences, coping mechanisms, and content; 4) Pendekatan asesmen portofolio, autentik, performance, recods keeping; 5) Teknik asessmen: observasi (informal noticing, participant jottings, focused observation, work samples, time samples, event samples, chek list, rating scale, coded observations, informal observation); investigation,interview, indepth neurological and neuromuscular evaluation, case history; 6) Pengembangan instrumen asesmen; 7) Prosedur pelaksanaan asesmen;8) Menafsirkan, melaporkan, dan tindak lanjut hasil asesmen perkembangan anak usia dini
Learning Outcomes
1. mahasiswa dapat memilih dan menggunakan teknik evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan anak
2. mahasiswa terampil dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran anak usia dini
3. mahasiswa mengetahui ragam alat evaluasi yang dapat digunakan untuk mengukur pembelajaran AUD
4. mahasiswa dapat membuat alat evaluasi sesuai kebutuhan anak
ReferencesBeaty, Janice J, (2010). Observing Development of the Young Child 7th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Harun Rasyid, dkk (2009). Asesmen perkembangan anak usia dini. Yogyakarta, Multi Presindo.
Getstwicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice. Curriculum
and Development In Early Education. Canada : Thomson Delmar Learning
Hergenhanhn dan Matthew H. Olson. 2008. Theories Of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup Yogyakarta: Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
Martini Jamaris. 2010. Orientasi dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta:Yayasan Penamas Murni
Martini Jamaris. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia
Taman Kanak-kanak. Jakarta:Grasindo
Papalia, Diane E, Etc. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan, terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Details ...