Courser in English | Writing Technique and Final Paper Seminar Proposal |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 3 SKS |
RPS | 17 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.
Learning OutcomesSikap
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan.
Keterampilan umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling
- Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
- Mampu menampilkan kemahiran berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;
2. Menguasai pengetahuan program bimbingan konseling;
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.
Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.
Learning OutcomesSikap
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan.
Keterampilan umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling
- Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
- Mampu menampilkan kemahiran berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;
2. Menguasai pengetahuan program bimbingan konseling;
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.
Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.
Learning OutcomesSikap
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan.
Keterampilan umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling
- Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
- Mampu menampilkan kemahiran berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;
2. Menguasai pengetahuan program bimbingan konseling;
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.
Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.
Learning OutcomesSikap
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan.
Keterampilan umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling
- Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
- Mampu menampilkan kemahiran berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;
2. Menguasai pengetahuan program bimbingan konseling;
ReferencesWinkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.
Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.
Learning Outcomes- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan.
Keterampilan umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling
- Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
- Mampu menampilkan kemahiran berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;
Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.
Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.
Learning Outcomes- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan.
Keterampilan umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling
- Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
- Mampu menampilkan kemahiran berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;
Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.
Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.
Learning Outcomes- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan.
Keterampilan umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling
- Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
- Mampu menampilkan kemahiran berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;
Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.
Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.
Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.
Details ...