Teknik Penulisan dan Seminar Proposal Skripsi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishWriting Technique and Final Paper Seminar Proposal
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS3 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
    masyarakat dan lingkungan.

Keterampilan umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling

  1. Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
  2. Mampu menampilkan kemahiran  berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;

       2. Menguasai pengetahuan program bimbingan konseling;

References

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.

Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
    masyarakat dan lingkungan.

Keterampilan umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling

  1. Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
  2. Mampu menampilkan kemahiran  berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;

       2. Menguasai pengetahuan program bimbingan konseling;

References

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.

Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
    masyarakat dan lingkungan.

Keterampilan umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling

  1. Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
  2. Mampu menampilkan kemahiran  berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;

       2. Menguasai pengetahuan program bimbingan konseling;

References

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.

Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
    masyarakat dan lingkungan.

Keterampilan umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling

  1. Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
  2. Mampu menampilkan kemahiran  berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;

       2. Menguasai pengetahuan program bimbingan konseling;

References

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.

Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.

Learning Outcomes

Sikap
  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
    masyarakat dan lingkungan.

Keterampilan umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling

  1. Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
  2. Mampu menampilkan kemahiran  berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;
       2. Menguasai pengetahuan program bimbingan konseling;
 

References

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.

Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.

Learning Outcomes

Sikap
  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
    masyarakat dan lingkungan.

Keterampilan umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling

  1. Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
  2. Mampu menampilkan kemahiran  berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;
       2. Menguasai pengetahuan program bimbingan konseling;
 

References

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.

Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teknik penulisan skripsi mulai dari penulisan Bab I sampai dengan Bab V, menyusun proposal skripsi, dan melaksanakan seminar proposal skripsi di kelas.

Learning Outcomes

Sikap
  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
    masyarakat dan lingkungan.

Keterampilan umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

Keterampilan Khusus
Profil Guru Bimbingan Konseling

  1. Mampu melakukan need assesment untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa;
  2. Mampu menampilkan kemahiran  berkomunikasi dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis;

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik bimbingan konseling;
       2. Menguasai pengetahuan program bimbingan konseling;
 

References

Winkel. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan & Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.
Jakarta: Depdiknas.

Syamsu Yusuf. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Risqi Press. Bandung.

Pedoman Bimbingan Penulisan & Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah – Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2015. Semarang: FIP UPGRIS.


Details ...