Ilmu Kewarganegaraan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCivics
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS3 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah  Ilmu Kewarganegaraan  ( IKn )  disajikan kepada mahasiswa  program studi PPKn - FPIPSKR Universitas PGRI Semarang dengan maksud mengantarkan, memperluas dan mempertajam pemahaman  para mahasiswa agar memiliki seperangkat pengetahuan dan  sikap ilmiah yang bertanggung jawab dalam konteks Ilmu Kewarganegaraan yang di dalamnya memuat materi dasar : konsep dasar Ikn, sejarah perkembangan pengajaran civics, konsep-konsep pokok tentang warga negara, orang asing, penduduk, rakyat dan bangsa, persyaratan serta tata cara perolehan dan kehilangan kewarganegaaan RI, hak dan kewajban warga negara, perkembangan peraturan perundangan tentang kewarganegaraan di Indonesia, peranan warga negara dalam kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat.Mata kuliah  Ilmu Kewarganegaraan  ( IKn )  disajikan kepada mahasiswa  program studi PPKn - FPIPSKR Universitas PGRI Semarang dengan maksud mengantarkan, memperluas dan mempertajam pemahaman  para mahasiswa agar memiliki seperangkat pengetahuan dan  sikap ilmiah yang bertanggung jawab dalam konteks Ilmu Kewarganegaraan yang di dalamnya memuat materi dasar : konsep dasar Ikn, sejarah perkembangan pengajaran civics, konsep-konsep pokok tentang warga negara, orang asing, penduduk, rakyat dan bangsa, persyaratan serta tata cara perolehan dan kehilangan kewarganegaaan RI, hak dan kewajban warga negara, perkembangan peraturan perundangan tentang kewarganegaraan di Indonesia, peranan warga negara dalam kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat.

Lulusan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Strata Sarjana wajib:

menguasai pengetahuan tentang ilmu kewarganegaraan, politik, hukum, kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa serta nilai, moral, dan budaya Pancasila; menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu pendidikan dan keguruan / pedagogik yang meliputi teori dasar pendidikan, kebijakan pendidikan, kurikulum, metodologi, dan penilaian;  serta  menguasai aplikasi software, teknologi pembelajaran, agar dapat berperan sebagai akademisi dan profesional dalam memecahkan masalah pendidikan kewarganegaraan melalui pendekatan interdisipliner dan prosedural atau sebagai pendidik di bidang  pendidikan kewarganegaraan.

Learning Outcomes

Lulusan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Strata Sarjana wajib:

menguasai pengetahuan tentang ilmu kewarganegaraan, metode mengajar civics, politik, hukum, kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa serta nilai, moral, dan budaya Pancasila; menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu pendidikan dan keguruan / pedagogik yang meliputi teori dasar pendidikan, kebijakan pendidikan, kurikulum, metodologi, dan penilaian;  serta  menguasai aplikasi software, teknologi pembelajaran, agar dapat berperan sebagai akademisi dan profesional dalam memecahkan masalah pendidikan kewarganegaraan melalui pendekatan interdisipliner dan prosedural atau sebagai pendidik di bidang  pendidikan kewarganegaraan.

References

UUD 1945 (Hasil Amandemen I sampai IV)

UU No.12  Tahun  2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia

PP No.2 Tahun  2007 tentang Tatacara Memperoleh, Kehilangan, Pembatalan dan Memperoleh Kembali Kewarganegaraan RI

Budimansyah, D,2010 Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa, Bandung: Widya Aksara Prees

Daroesoe, Bambang,1986, Dasar dan Konsep PMP, Semarang, Aneka Ilmu

Kansil, C.S.T.,1992, Hukum Kewarganegaaan R I, Jakarta, Sinar Grafika

Kymlicka,Will,2003, Kewargaan Multikultural, Jakarta, LP3ES

Lexi Lonto,Apeles dan Theodorus Pangalila,2013, Etika Kewarganegaraan,Yogyakarta, Ombak

Panjaitan, Merphin,2011, Logika Demokrasi, Jakarta, Permata Aksara

Paulus, B.P.,1983, Kewarganegaraan RI Ditinjau dari UUD 1945, Jakarta,Pradnya Paramita

Sofia Annisa, Ayya, 2014, Warga Negara dan Penjara, Yogyakarta, PolGov

Somantri, Nu’man,1969, Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah, Bandung: Badan Penerbit IKIP Bandung.

_______________ (1976), Metode Mengajar Civics, Bandung

Suriakusumah, dkk (1985), Kewargaan Negara, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Universitas Terbuka

Wahab, A.A dan Sapriya (2011), Teori dan landasan Pendidikan Kewarganegaraan, Bandung: Alfabeta

Winataputra, U.S dan Budimansyah, D (2007) Civic Education Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas, Bandung: Program Studi PKn UPI


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  Ilmu Kewarganegaraan  ( IKn )  disajikan kepada mahasiswa  program studi PPKn - FPIPSKR Universitas PGRI Semarang dengan maksud mengantarkan, memperluas dan mempertajam pemahaman  para mahasiswa agar memiliki seperangkat pengetahuan dan  sikap ilmiah yang bertanggung jawab dalam konteks Ilmu Kewarganegaraan yang di dalamnya memuat materi dasar : konsep dasar Ikn, sejarah perkembangan pengajaran civics, konsep-konsep pokok tentang warga negara, orang asing, penduduk, rakyat dan bangsa, persyaratan serta tata cara perolehan dan kehilangan kewarganegaaan RI, hak dan kewajban warga negara, perkembangan peraturan perundangan tentang kewarganegaraan di Indonesia, peranan warga negara dalam kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat.Mata kuliah  Ilmu Kewarganegaraan  ( IKn )  disajikan kepada mahasiswa  program studi PPKn - FPIPSKR Universitas PGRI Semarang dengan maksud mengantarkan, memperluas dan mempertajam pemahaman  para mahasiswa agar memiliki seperangkat pengetahuan dan  sikap ilmiah yang bertanggung jawab dalam konteks Ilmu Kewarganegaraan yang di dalamnya memuat materi dasar : konsep dasar Ikn, sejarah perkembangan pengajaran civics, konsep-konsep pokok tentang warga negara, orang asing, penduduk, rakyat dan bangsa, persyaratan serta tata cara perolehan dan kehilangan kewarganegaaan RI, hak dan kewajban warga negara, perkembangan peraturan perundangan tentang kewarganegaraan di Indonesia, peranan warga negara dalam kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat.

Lulusan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Strata Sarjana wajib:

menguasai pengetahuan tentang ilmu kewarganegaraan, politik, hukum, kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa serta nilai, moral, dan budaya Pancasila; menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu pendidikan dan keguruan / pedagogik yang meliputi teori dasar pendidikan, kebijakan pendidikan, kurikulum, metodologi, dan penilaian;  serta  menguasai aplikasi software, teknologi pembelajaran, agar dapat berperan sebagai akademisi dan profesional dalam memecahkan masalah pendidikan kewarganegaraan melalui pendekatan interdisipliner dan prosedural atau sebagai pendidik di bidang  pendidikan kewarganegaraan.

Learning Outcomes

Lulusan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Strata Sarjana wajib:

menguasai pengetahuan tentang ilmu kewarganegaraan, metode mengajar civics, politik, hukum, kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa serta nilai, moral, dan budaya Pancasila; menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu pendidikan dan keguruan / pedagogik yang meliputi teori dasar pendidikan, kebijakan pendidikan, kurikulum, metodologi, dan penilaian;  serta  menguasai aplikasi software, teknologi pembelajaran, agar dapat berperan sebagai akademisi dan profesional dalam memecahkan masalah pendidikan kewarganegaraan melalui pendekatan interdisipliner dan prosedural atau sebagai pendidik di bidang  pendidikan kewarganegaraan.

References

UUD 1945 (Hasil Amandemen I sampai IV)

UU No.12  Tahun  2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia

PP No.2 Tahun  2007 tentang Tatacara Memperoleh, Kehilangan, Pembatalan dan Memperoleh Kembali Kewarganegaraan RI

Budimansyah, D,2010 Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa, Bandung: Widya Aksara Prees

Daroesoe, Bambang,1986, Dasar dan Konsep PMP, Semarang, Aneka Ilmu

Kansil, C.S.T.,1992, Hukum Kewarganegaaan R I, Jakarta, Sinar Grafika

Kymlicka,Will,2003, Kewargaan Multikultural, Jakarta, LP3ES

Lexi Lonto,Apeles dan Theodorus Pangalila,2013, Etika Kewarganegaraan,Yogyakarta, Ombak

Panjaitan, Merphin,2011, Logika Demokrasi, Jakarta, Permata Aksara

Paulus, B.P.,1983, Kewarganegaraan RI Ditinjau dari UUD 1945, Jakarta,Pradnya Paramita

Sofia Annisa, Ayya, 2014, Warga Negara dan Penjara, Yogyakarta, PolGov

Somantri, Nu’man,1969, Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah, Bandung: Badan Penerbit IKIP Bandung.

_______________ (1976), Metode Mengajar Civics, Bandung

Suriakusumah, dkk (1985), Kewargaan Negara, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Universitas Terbuka

Wahab, A.A dan Sapriya (2011), Teori dan landasan Pendidikan Kewarganegaraan, Bandung: Alfabeta

Winataputra, U.S dan Budimansyah, D (2007) Civic Education Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas, Bandung: Program Studi PKn UPI


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep-konsep, teori, serta kualifikasi warganegara, memahami sejarah perkembangan pengajaran civics, memahami aspek-aspek dalam demokrasi politik, serta memahami isu-isu kewarganegaraan kontemporer, sehingga dapat mengembangkan dirinya sebagai warga negara yang cerdas, demokratis, bertanggungjawab, serta partisipatif dalam kehidupan social

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan: Konsep Dasar Warga Negara (kualifikasi individu sebagai warga negara), pengertian dan sejarah perkembangan pengajaran Civics, aspek-aspek dalam Demokrasi Politik, Metode Mengajar Civics, Sikap Guru PKn, dan Kasus-kasus kontemporer kewarganegaraan
 

References

Budimansyah, D (2010) Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa, Bandung: Widya Aksara Prees

_______________(2012) Perancangan Pembelajaran berbasis Karakter, Bandung: Widya Aksara Prees

Somantri, Nu’man (1969), Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah, Bandung: Badan Penerbit IKIP Bandung.

_______________ (1976), Metode Mengajar Civics, Bandung

_______________ (1971), Tantangan dalam Pengajaran Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, Bandung: Badan Penerbit IKIP Bandung.

Suriakusumah, dkk (1985), Kewargaan Negara, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Universitas Terbuka

Wahab, A.A dan Sapriya (2011), Teori dan landasan Pendidikan Kewarganegaraan, Bandung: Alfabeta

Winataputra, U.S dan Budimansyah, D (2007) Civic Education Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas, Bandung: Program Studi PKn UPI

Winataputra, U.S dan Budimansyah, D (2012) Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Internasional, Bandung: Widya Aksara Prees

Wuryan, Sri dan Saifuloh, (2006) Ilmu Kewarganegaraan (civics) Bandung: Lab Pendidikan Kewarganegaraan FIPIS Universitas Pendidikan Indonesia.


Details ...