Courser in English | TEST AND MEASUREMENT OF PHYSICAL EDUCATION |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Selesai mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dan terampil melaksankan tes dan pengukuran dalam bidang olahraga. Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar tes dan pengukuran, prinsip-prinsip tes dan pengkuran dalam pelatihan, kriteria memilih tes yang baik, jenis-jenis tes keolahragaan, pengukuran kondisi fisik, tes keterampilan cabang-cabang olahraga, tes pengetahuan dan analisis butir tesnya serta penyusunan tes keterampilan dan analisis reliabilitas dan validitasnya.
Learning OutcomesSetelah selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:
a. Memahami dan mengerti tentang konsep dasar tes, pengukuran dan evaluasi
b. Memahami dan mengerti tentang prinsip-prinsip pengukuran dan memiliki kemampuan memilih tes yang baik
c. Memiliki keterampilan mengukur berbagai jenis tes kemampuan gerak dasar, unsur-unsur kondisi fisik, tes keterampilan cabang - cabang olahraga, menyusun tes pengetahuan dan analisis butir- butir tesnya.
ReferencesDaftar buku
Buku utama: Marv
Kerkendal, D.,Joseph, J.Johnson, Robert E., (1967) Measurement and Evaluasion for Physical Educator, Champaign Illinois.
Nurhasan (2000), Tes dan Pengukuran Olahraga, FPOK-UPI
Baumgartner,Ted A., and Jackson,Andrew S., (1995) Measurement and Evaluation in Physical Education and Exercise Science, fifth edition, WBC, Brown &Benchmark
Referensi
Suharsimi, Arikunto (1995), Dasar-dasar Enaluasi Pendidikan Bumi Aksara, Jakarta
Mayers,Carlton, R (1974), Measurement in Physical Education The Ronald Press Company, New York
Ahman, J.,Stanley and Glock.
in D., (1975), Evaluating Student Progress Principles of Tests and Measurements,Allyn and Bacon, Inc, Boston
Details ...
Selesai mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dan terampil melaksankan tes dan pengukuran dalam bidang olahraga. Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar tes dan pengukuran, prinsip-prinsip tes dan pengkuran dalam pelatihan, kriteria memilih tes yang baik, jenis-jenis tes keolahragaan, pengukuran kondisi fisik, tes keterampilan cabang-cabang olahraga, tes pengetahuan dan analisis butir tesnya serta penyusunan tes keterampilan dan analisis reliabilitas dan validitasnya.
Learning OutcomesSetelah selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:
a. Memahami dan mengerti tentang konsep dasar tes, pengukuran dan evaluasi
b. Memahami dan mengerti tentang prinsip-prinsip pengukuran dan memiliki kemampuan memilih tes yang baik
c. Memiliki keterampilan mengukur berbagai jenis tes kemampuan gerak dasar, unsur-unsur kondisi fisik, tes keterampilan cabang - cabang olahraga, menyusun tes pengetahuan dan analisis butir- butir tesnya.
ReferencesDaftar buku
Buku utama: Marv
Kerkendal, D.,Joseph, J.Johnson, Robert E., (1967) Measurement and Evaluasion for Physical Educator, Champaign Illinois.
Nurhasan (2000), Tes dan Pengukuran Olahraga, FPOK-UPI
Baumgartner,Ted A., and Jackson,Andrew S., (1995) Measurement and Evaluation in Physical Education and Exercise Science, fifth edition, WBC, Brown &Benchmark
Referensi
Suharsimi, Arikunto (1995), Dasar-dasar Enaluasi Pendidikan Bumi Aksara, Jakarta
Mayers,Carlton, R (1974), Measurement in Physical Education The Ronald Press Company, New York
Ahman, J.,Stanley and Glock.
in D., (1975), Evaluating Student Progress Principles of Tests and Measurements,Allyn and Bacon, Inc, Boston
Details ...
Selesai mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dan terampil melaksankan tes dan pengukuran dalam bidang olahraga. Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar tes dan pengukuran, prinsip-prinsip tes dan pengkuran dalam pelatihan, kriteria memilih tes yang baik, jenis-jenis tes keolahragaan, pengukuran kondisi fisik, tes keterampilan cabang-cabang olahraga, tes pengetahuan dan analisis butir tesnya serta penyusunan tes keterampilan dan analisis reliabilitas dan validitasnya.
Learning OutcomesSetelah selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:
a. Memahami dan mengerti tentang konsep dasar tes, pengukuran dan evaluasi
b. Memahami dan mengerti tentang prinsip-prinsip pengukuran dan memiliki kemampuan memilih tes yang baik
c. Memiliki keterampilan mengukur berbagai jenis tes kemampuan gerak dasar, unsur-unsur kondisi fisik, tes keterampilan cabang - cabang olahraga, menyusun tes pengetahuan dan analisis butir- butir tesnya.
ReferencesDaftar buku
Buku utama: Marv
Kerkendal, D.,Joseph, J.Johnson, Robert E., (1967) Measurement and Evaluasion for Physical Educator, Champaign Illinois.
Nurhasan (2000), Tes dan Pengukuran Olahraga, FPOK-UPI
Baumgartner,Ted A., and Jackson,Andrew S., (1995) Measurement and Evaluation in Physical Education and Exercise Science, fifth edition, WBC, Brown &Benchmark
Referensi
Suharsimi, Arikunto (1995), Dasar-dasar Enaluasi Pendidikan Bumi Aksara, Jakarta
Mayers,Carlton, R (1974), Measurement in Physical Education The Ronald Press Company, New York
Ahman, J.,Stanley and Glock.
in D., (1975), Evaluating Student Progress Principles of Tests and Measurements,Allyn and Bacon, Inc, Boston
Details ...
Selesai mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dan terampil melaksankan tes dan pengukuran dalam bidang olahraga. Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar tes dan pengukuran, prinsip-prinsip tes dan pengkuran dalam pelatihan, kriteria memilih tes yang baik, jenis-jenis tes keolahragaan, pengukuran kondisi fisik, tes keterampilan cabang-cabang olahraga, tes pengetahuan dan analisis butir tesnya serta penyusunan tes keterampilan dan analisis reliabilitas dan validitasnya.
Learning OutcomesSetelah selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:
a. Memahami dan mengerti tentang konsep dasar tes, pengukuran dan evaluasi
b. Memahami dan mengerti tentang prinsip-prinsip pengukuran dan memiliki kemampuan memilih tes yang baik
c. Memiliki keterampilan mengukur berbagai jenis tes kemampuan gerak dasar, unsur-unsur kondisi fisik, tes keterampilan cabang - cabang olahraga, menyusun tes pengetahuan dan analisis butir- butir tesnya.
ReferencesDaftar buku
Buku utama: Marv
Kerkendal, D.,Joseph, J.Johnson, Robert E., (1967) Measurement and Evaluasion for Physical Educator, Champaign Illinois.
Nurhasan (2000), Tes dan Pengukuran Olahraga, FPOK-UPI
Baumgartner,Ted A., and Jackson,Andrew S., (1995) Measurement and Evaluation in Physical Education and Exercise Science, fifth edition, WBC, Brown &Benchmark
Referensi
Suharsimi, Arikunto (1995), Dasar-dasar Enaluasi Pendidikan Bumi Aksara, Jakarta
Mayers,Carlton, R (1974), Measurement in Physical Education The Ronald Press Company, New York
Ahman, J.,Stanley and Glock.
in D., (1975), Evaluating Student Progress Principles of Tests and Measurements,Allyn and Bacon, Inc, Boston
Details ...
Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.
ReferencesBrian Mckenzie
Details ...
Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.
ReferencesBrian Mckenzie
Details ...
Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.
ReferencesBrian Mckenzie
Details ...
Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.
ReferencesBrian Mckenzie
Details ...
Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.
ReferencesBrian Mckenzie
Details ...
Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.
ReferencesBrian Mckenzie
Details ...
Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.
ReferencesBrian Mckenzie
Details ...
Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.
ReferencesBrian Mckenzie
Details ...