Tes dan Pengukuran Penjas, Curriculum : 2015


Courser in EnglishTEST AND MEASUREMENT OF PHYSICAL EDUCATION
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS21 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Selesai mengikuti mata kuliah ini  diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dan terampil melaksankan tes dan pengukuran dalam bidang olahraga.  Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar tes dan pengukuran, prinsip-prinsip tes dan pengkuran dalam pelatihan, kriteria memilih tes yang baik, jenis-jenis tes keolahragaan, pengukuran kondisi fisik, tes keterampilan cabang-cabang olahraga, tes pengetahuan dan analisis butir tesnya serta penyusunan tes keterampilan dan analisis reliabilitas dan validitasnya. 

Learning Outcomes

Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:

a. Memahami dan mengerti tentang konsep dasar tes, pengukuran dan evaluasi

b. Memahami dan mengerti tentang prinsip-prinsip pengukuran dan memiliki kemampuan memilih tes yang baik

c. Memiliki keterampilan mengukur berbagai jenis tes kemampuan  gerak dasar, unsur-unsur kondisi fisik, tes keterampilan cabang - cabang olahraga, menyusun tes pengetahuan dan analisis butir- butir tesnya.

References

Daftar buku

Buku utama: Marv

Kerkendal, D.,Joseph, J.Johnson, Robert E., (1967) Measurement and Evaluasion for Physical Educator, Champaign Illinois.

Nurhasan (2000), Tes dan Pengukuran Olahraga, FPOK-UPI

Baumgartner,Ted A., and Jackson,Andrew S., (1995) Measurement and Evaluation in Physical Education and Exercise Science, fifth edition, WBC, Brown &Benchmark

 

Referensi

Suharsimi, Arikunto (1995), Dasar-dasar Enaluasi Pendidikan  Bumi Aksara, Jakarta

Mayers,Carlton, R (1974), Measurement in Physical Education The Ronald Press Company, New York

Ahman, J.,Stanley and Glock.

in D., (1975), Evaluating Student Progress Principles of Tests and Measurements,Allyn and Bacon, Inc, Boston


Details ...
Course Descriptions

Selesai mengikuti mata kuliah ini  diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dan terampil melaksankan tes dan pengukuran dalam bidang olahraga.  Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar tes dan pengukuran, prinsip-prinsip tes dan pengkuran dalam pelatihan, kriteria memilih tes yang baik, jenis-jenis tes keolahragaan, pengukuran kondisi fisik, tes keterampilan cabang-cabang olahraga, tes pengetahuan dan analisis butir tesnya serta penyusunan tes keterampilan dan analisis reliabilitas dan validitasnya. 

Learning Outcomes

Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:

a. Memahami dan mengerti tentang konsep dasar tes, pengukuran dan evaluasi

b. Memahami dan mengerti tentang prinsip-prinsip pengukuran dan memiliki kemampuan memilih tes yang baik

c. Memiliki keterampilan mengukur berbagai jenis tes kemampuan  gerak dasar, unsur-unsur kondisi fisik, tes keterampilan cabang - cabang olahraga, menyusun tes pengetahuan dan analisis butir- butir tesnya.

References

Daftar buku

Buku utama: Marv

Kerkendal, D.,Joseph, J.Johnson, Robert E., (1967) Measurement and Evaluasion for Physical Educator, Champaign Illinois.

Nurhasan (2000), Tes dan Pengukuran Olahraga, FPOK-UPI

Baumgartner,Ted A., and Jackson,Andrew S., (1995) Measurement and Evaluation in Physical Education and Exercise Science, fifth edition, WBC, Brown &Benchmark

 

Referensi

Suharsimi, Arikunto (1995), Dasar-dasar Enaluasi Pendidikan  Bumi Aksara, Jakarta

Mayers,Carlton, R (1974), Measurement in Physical Education The Ronald Press Company, New York

Ahman, J.,Stanley and Glock.

in D., (1975), Evaluating Student Progress Principles of Tests and Measurements,Allyn and Bacon, Inc, Boston


Details ...
Course Descriptions

Selesai mengikuti mata kuliah ini  diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dan terampil melaksankan tes dan pengukuran dalam bidang olahraga.  Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar tes dan pengukuran, prinsip-prinsip tes dan pengkuran dalam pelatihan, kriteria memilih tes yang baik, jenis-jenis tes keolahragaan, pengukuran kondisi fisik, tes keterampilan cabang-cabang olahraga, tes pengetahuan dan analisis butir tesnya serta penyusunan tes keterampilan dan analisis reliabilitas dan validitasnya. 

Learning Outcomes

Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:

a. Memahami dan mengerti tentang konsep dasar tes, pengukuran dan evaluasi

b. Memahami dan mengerti tentang prinsip-prinsip pengukuran dan memiliki kemampuan memilih tes yang baik

c. Memiliki keterampilan mengukur berbagai jenis tes kemampuan  gerak dasar, unsur-unsur kondisi fisik, tes keterampilan cabang - cabang olahraga, menyusun tes pengetahuan dan analisis butir- butir tesnya.

References

Daftar buku

Buku utama: Marv

Kerkendal, D.,Joseph, J.Johnson, Robert E., (1967) Measurement and Evaluasion for Physical Educator, Champaign Illinois.

Nurhasan (2000), Tes dan Pengukuran Olahraga, FPOK-UPI

Baumgartner,Ted A., and Jackson,Andrew S., (1995) Measurement and Evaluation in Physical Education and Exercise Science, fifth edition, WBC, Brown &Benchmark

 

Referensi

Suharsimi, Arikunto (1995), Dasar-dasar Enaluasi Pendidikan  Bumi Aksara, Jakarta

Mayers,Carlton, R (1974), Measurement in Physical Education The Ronald Press Company, New York

Ahman, J.,Stanley and Glock.

in D., (1975), Evaluating Student Progress Principles of Tests and Measurements,Allyn and Bacon, Inc, Boston


Details ...
Course Descriptions

Selesai mengikuti mata kuliah ini  diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dan terampil melaksankan tes dan pengukuran dalam bidang olahraga.  Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar tes dan pengukuran, prinsip-prinsip tes dan pengkuran dalam pelatihan, kriteria memilih tes yang baik, jenis-jenis tes keolahragaan, pengukuran kondisi fisik, tes keterampilan cabang-cabang olahraga, tes pengetahuan dan analisis butir tesnya serta penyusunan tes keterampilan dan analisis reliabilitas dan validitasnya. 

Learning Outcomes

Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:

a. Memahami dan mengerti tentang konsep dasar tes, pengukuran dan evaluasi

b. Memahami dan mengerti tentang prinsip-prinsip pengukuran dan memiliki kemampuan memilih tes yang baik

c. Memiliki keterampilan mengukur berbagai jenis tes kemampuan  gerak dasar, unsur-unsur kondisi fisik, tes keterampilan cabang - cabang olahraga, menyusun tes pengetahuan dan analisis butir- butir tesnya.

References

Daftar buku

Buku utama: Marv

Kerkendal, D.,Joseph, J.Johnson, Robert E., (1967) Measurement and Evaluasion for Physical Educator, Champaign Illinois.

Nurhasan (2000), Tes dan Pengukuran Olahraga, FPOK-UPI

Baumgartner,Ted A., and Jackson,Andrew S., (1995) Measurement and Evaluation in Physical Education and Exercise Science, fifth edition, WBC, Brown &Benchmark

 

Referensi

Suharsimi, Arikunto (1995), Dasar-dasar Enaluasi Pendidikan  Bumi Aksara, Jakarta

Mayers,Carlton, R (1974), Measurement in Physical Education The Ronald Press Company, New York

Ahman, J.,Stanley and Glock.

in D., (1975), Evaluating Student Progress Principles of Tests and Measurements,Allyn and Bacon, Inc, Boston


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.

References

Brian Mckenzie


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.

References

Brian Mckenzie


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.

References

Brian Mckenzie


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.

References

Brian Mckenzie


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.

References

Brian Mckenzie


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.

References

Brian Mckenzie


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.

References

Brian Mckenzie


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah tes pengukuran olahraga mahasiswa mengetahui tentang prinsip, tujuan dan domain dari kegiatan tes dan pengukuran dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga, serta mampu memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga.

References

Brian Mckenzie


Details ...