Metodologi Penelitian Pendidikan , Curriculum : 2019


Courser in EnglishEDUCATIONAL RESEARCH METHODOLOGY
ProgramPendidikan Dasar
SKS3 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan adalah matakuliah wajib dengan bobot 3 sks dengan pembagian 2 sks teori dan 1 sks praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian pendidikan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menelaah: Konsep dasar penelitian pendidikan, Jenis dan desain penelitian pendidikan, Prosedur penelitian kualitatif, Prosedur penelitian kuantitatif, Prosedur penelitian mix-metode; mampu mengevaluasi masalah dan menentukan topik penelitian; mampu menyusun kajian teori dan empiris; mampu rancangan dan prosedur pengumpulan data; mampu mengevaluasi keabsahan temuan; mampu menganalisis data dan penarikan kesimpulan; Proposal Penelitian. Metode perkuliahan yang digunakan selain diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan lebih banyak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerjasama dengan teman sekelas untuk mengkonstruksi pengetahuan secara berkelompok kooperatif maupun berbasis projek, melakukan observasi terkait kasus-kasus di lapangan melalui analisis jurnal, presentasi kelompok, studi literatur secara mandiri baik dari jurnal nasional maupun internasional, dan menganalisis secara kritis (berpikir kritis) terhadap fakta-fakta permasalahan pendidikan untuk menentukan topik penelitian. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas, dan non-tes (observasi) terhadap aspek sikap dan keterampilan selama proses pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa proposal penelitian pendidikan.

Learning Outcomes

Sikap (S)

S7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Pengetahuan (P)

P3.  Mampu mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Ketrampilan Umum (KU)

KU.4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin

KU.8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Ketrampilan Khusus (KK)

KK.3. Mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi nasional atau internasional

References

  1. Ary, D. A., Jacob, L. C., Razavieh, A. (1985). Introduction to researh in education (third edition). New York: Holt, Rinehart and Winston.
  2. Creswell, J.W. 2003. Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches. London: Sage Publication.
  3. Branen, J. (1999). Memadu metode penelitian kualtatif & kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
  4. Miles, M. B. and Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif (Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi dan Mulyarto). Jakarta: Penerbit UI.
  5. Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan adalah matakuliah wajib dengan bobot 3 sks dengan pembagian 2 sks teori dan 1 sks praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian pendidikan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menelaah: Konsep dasar penelitian pendidikan, Jenis dan desain penelitian pendidikan, Prosedur penelitian kualitatif, Prosedur penelitian kuantitatif, Prosedur penelitian mix-metode; mampu mengevaluasi masalah dan menentukan topik penelitian; mampu menyusun kajian teori dan empiris; mampu rancangan dan prosedur pengumpulan data; mampu mengevaluasi keabsahan temuan; mampu menganalisis data dan penarikan kesimpulan; Proposal Penelitian. Metode perkuliahan yang digunakan selain diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan lebih banyak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerjasama dengan teman sekelas untuk mengkonstruksi pengetahuan secara berkelompok kooperatif maupun berbasis projek, melakukan observasi terkait kasus-kasus di lapangan melalui analisis jurnal, presentasi kelompok, studi literatur secara mandiri baik dari jurnal nasional maupun internasional, dan menganalisis secara kritis (berpikir kritis) terhadap fakta-fakta permasalahan pendidikan untuk menentukan topik penelitian. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas, dan non-tes (observasi) terhadap aspek sikap dan keterampilan selama proses pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa proposal penelitian pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Menelaah berbagai konsep terkait metode penelitian yang digunakan dalam pengelolaan riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar sebagai pertimbangan indentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian serta memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin secara disiplin dan taat hukum [P3, KU4, S7]

CPMK 2

Membuat proposal penelitian sebagai upaya mengelolaan riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang terjamin kesahihan dan terbebas dari plagiasi serta mengkomunikasikan melalui publikasi nasional dengan sikap kemandirian dan penuh tanggungjawab [P3, KU8, KK3, S9]

References

  1. Ary, D. A., Jacob, L. C., Razavieh, A. (1985). Introduction to researh in education (third edition). New York: Holt, Rinehart and Winston.
  2. Creswell, J.W. 2003. Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches. London: Sage Publication.
  3. Branen, J. (1999). Memadu metode penelitian kualtatif & kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
  4. Miles, M. B. and Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif (Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi dan Mulyarto). Jakarta: Penerbit UI.
  5. Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan adalah matakuliah wajib dengan bobot 3 sks dengan pembagian 2 sks teori dan 1 sks praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian pendidikan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menelaah: Konsep dasar penelitian pendidikan, Jenis dan desain penelitian pendidikan, Prosedur penelitian kualitatif, Prosedur penelitian kuantitatif, Prosedur penelitian mix-metode; mampu mengevaluasi masalah dan menentukan topik penelitian; mampu menyusun kajian teori dan empiris; mampu rancangan dan prosedur pengumpulan data; mampu mengevaluasi keabsahan temuan; mampu menganalisis data dan penarikan kesimpulan; Proposal Penelitian. Metode perkuliahan yang digunakan selain diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan lebih banyak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerjasama dengan teman sekelas untuk mengkonstruksi pengetahuan secara berkelompok kooperatif maupun berbasis projek, melakukan observasi terkait kasus-kasus di lapangan melalui analisis jurnal, presentasi kelompok, studi literatur secara mandiri baik dari jurnal nasional maupun internasional, dan menganalisis secara kritis (berpikir kritis) terhadap fakta-fakta permasalahan pendidikan untuk menentukan topik penelitian. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas, dan non-tes (observasi) terhadap aspek sikap dan keterampilan selama proses pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa proposal penelitian pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Menelaah berbagai konsep terkait metode penelitian yang digunakan dalam pengelolaan riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar sebagai pertimbangan indentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian serta memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin secara disiplin dan taat hukum [P3, KU4, S7]

CPMK 2

Membuat proposal penelitian sebagai upaya mengelolaan riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang terjamin kesahihan dan terbebas dari plagiasi serta mengkomunikasikan melalui publikasi nasional dengan sikap kemandirian dan penuh tanggungjawab [P3, KU8, KK3, S9]

References

  1. Ary, D. A., Jacob, L. C., Razavieh, A. (1985). Introduction to researh in education (third edition). New York: Holt, Rinehart and Winston.
  2. Creswell, J.W. 2003. Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches. London: Sage Publication.
  3. Branen, J. (1999). Memadu metode penelitian kualtatif & kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
  4. Miles, M. B. and Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif (Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi dan Mulyarto). Jakarta: Penerbit UI.
  5. Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan adalah matakuliah wajib dengan bobot 3 sks dengan pembagian 2 sks teori dan 1 sks praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian pendidikan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menelaah: Konsep dasar penelitian pendidikan, Jenis dan desain penelitian pendidikan, Prosedur penelitian kualitatif, Prosedur penelitian kuantitatif, Prosedur penelitian mix-metode; mampu mengevaluasi masalah dan menentukan topik penelitian; mampu menyusun kajian teori dan empiris; mampu rancangan dan prosedur pengumpulan data; mampu mengevaluasi keabsahan temuan; mampu menganalisis data dan penarikan kesimpulan; Proposal Penelitian. Metode perkuliahan yang digunakan selain diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan lebih banyak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerjasama dengan teman sekelas untuk mengkonstruksi pengetahuan secara berkelompok kooperatif maupun berbasis projek, melakukan observasi terkait kasus-kasus di lapangan melalui analisis jurnal, presentasi kelompok, studi literatur secara mandiri baik dari jurnal nasional maupun internasional, dan menganalisis secara kritis (berpikir kritis) terhadap fakta-fakta permasalahan pendidikan untuk menentukan topik penelitian. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas, dan non-tes (observasi) terhadap aspek sikap dan keterampilan selama proses pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa proposal penelitian pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Menelaah berbagai konsep terkait metode penelitian yang digunakan dalam pengelolaan riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar sebagai pertimbangan indentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian serta memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin secara disiplin dan taat hukum [P3, KU4, S7]

CPMK 2

Membuat proposal penelitian sebagai upaya mengelolaan riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang terjamin kesahihan dan terbebas dari plagiasi serta mengkomunikasikan melalui publikasi nasional dengan sikap kemandirian dan penuh tanggungjawab [P3, KU8, KK3, S9]

References

  1. Ary, D. A., Jacob, L. C., Razavieh, A. (1985). Introduction to researh in education (third edition). New York: Holt, Rinehart and Winston.
  2. Creswell, J.W. 2003. Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches. London: Sage Publication.
  3. Branen, J. (1999). Memadu metode penelitian kualtatif & kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
  4. Miles, M. B. and Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif (Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi dan Mulyarto). Jakarta: Penerbit UI.
  5. Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan adalah matakuliah wajib dengan bobot 3 sks dengan pembagian 2 sks teori dan 1 sks praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian pendidikan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menelaah: Konsep dasar penelitian pendidikan, Jenis dan desain penelitian pendidikan, Prosedur penelitian kualitatif, Prosedur penelitian kuantitatif, Prosedur penelitian mix-metode; mampu mengevaluasi masalah dan menentukan topik penelitian; mampu menyusun kajian teori dan empiris; mampu rancangan dan prosedur pengumpulan data; mampu mengevaluasi keabsahan temuan; mampu menganalisis data dan penarikan kesimpulan; Proposal Penelitian. Metode perkuliahan yang digunakan selain diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan lebih banyak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerjasama dengan teman sekelas untuk mengkonstruksi pengetahuan secara berkelompok kooperatif maupun berbasis projek, melakukan observasi terkait kasus-kasus di lapangan melalui analisis jurnal, presentasi kelompok, studi literatur secara mandiri baik dari jurnal nasional maupun internasional, dan menganalisis secara kritis (berpikir kritis) terhadap fakta-fakta permasalahan pendidikan untuk menentukan topik penelitian. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas, dan non-tes (observasi) terhadap aspek sikap dan keterampilan selama proses pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa proposal penelitian pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Menelaah berbagai konsep terkait metode penelitian yang digunakan dalam pengelolaan riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar sebagai pertimbangan indentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian serta memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin secara disiplin dan taat hukum [P3, KU4, S7]

CPMK 2

Membuat proposal penelitian sebagai upaya mengelolaan riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang terjamin kesahihan dan terbebas dari plagiasi serta mengkomunikasikan melalui publikasi nasional dengan sikap kemandirian dan penuh tanggungjawab [P3, KU8, KK3, S9]

References

  1. Ary, D. A., Jacob, L. C., Razavieh, A. (1985). Introduction to researh in education (third edition). New York: Holt, Rinehart and Winston.
  2. Creswell, J.W. 2003. Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches. London: Sage Publication.
  3. Branen, J. (1999). Memadu metode penelitian kualtatif & kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
  4. Miles, M. B. and Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif (Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi dan Mulyarto). Jakarta: Penerbit UI.
  5. Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Details ...