Courser in English | Educational Foundation |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK/konselor/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK/konselor/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru BK/konselor/pendidik tentang: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah-permasalahan Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.
Learning Outcomes
Mampu menjelaskan secara logis, sistematis, kritis, kreatif, dan inovatif tentang konsep dasar pendidikan untuk membangun nilai kemanusiaan serta menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur ( C1, A4, P4) (S2, S8, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK1). |
Mampu menjelaskan secara logis, sistematis, kritis, kreatif, dan inovatif tentang pendekatan pendidikan untuk membangun nilai kemanusiaan serta menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur ( C1, A4, P4) (S2, S8, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK1). |
Mampu menguraikan landasan filsafat pendidikan sesuai kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, dan antropologi dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menata nilai humaniora berdasarkan agama, moral dan etika dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C2, A5, P2) (S2, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK2). |
Mampu menguraikan landasan yuridis dan historis pendidikan sesuai kaidah-kaidah pendidikan, sosial budaya dan antropologi dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menata nilai humaniora berdasarkan agama, moral dan etika dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C2, A5, P2) (S2, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK2). |
Mampu menguraikan landasan moral dan religious pendidikan sesuai kaidah-kaidah sosial budaya dan antropologi dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menata nilai humaniora berdasarkan agama, moral dan etika dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C2, A5, P2) (S2, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK2). |
Mampu menyusun secara logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif landasan psikologis pendidikan berdasarkan kaidah-kaidah pendidikan, psikologi, dan antropologi dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C6, A5, P5) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK3). |
Mampu menyusun secara logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif landasan sosial dan budaya pendidikan berdasarkan kaidah-kaidah pendidikan, sosial budaya dan antropologi dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, sosiologi, sosial budaya dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C6, A5, P5) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK3). |
Mampu merangkum pendidikan sebagai sistem dengan menggunakan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C5, A5, P4) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK4). |
Mampu merangkum standar dan. mutu pendidikan dengan menggunakan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C5, A5, P4) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK4). |
Mampu merangkum organisasi sekolah dengan menggunakan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C5, A5, P4) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK4). |
Mampu menganalisis permasalahan pendidikan tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten dan sekolah serta menentukan solusinya dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C4, A5, P5) (P20, KU1, KU2, KK1, KK2) (CPMK5). |
Mampu menganalisis permasalahan pendidikan tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten dan sekolah serta menentukan solusinya dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (P20, KU1, KU2, KK1, KK2) (CPMK5). |
Mampu menganalisis permasalahan pendidikan tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten dan sekolah serta menentukan solusinya dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C4, A5, P5) (P20, KU1, KU2, KK1, KK2) (CPMK5). |
Mampu menganalisis permasalahan pendidikan tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten dan sekolah serta menentukan solusinya dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C4, A5, P5) (P20, KU1, KU2, KK1, KK2) (CPMK5). |
Wajib
Aziz, Abd. 2018. Landasan Pendidikan. Jakarta: Haja Mandiri.
Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: LPPI.
Hiryanto. 2017. Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi serta Implikasinya dalam Pemberdayaan Mas yarakat. https://journal.uny.ac.id
Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Mustadi, Ali dkk. 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Soegeng, Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Suratno, Tatang. 2010. Memaknai Etnopedagogi sebagai Landasan Pendidikan Guru di Universitas Pendidikan Indonesia. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010. 515- 530.
Suriansyah, Ahmad. 2011. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.
Uno, Hamzah dan Lamatenggo, Nina. 2016. Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Anjuran
Budiningsih, Asri.C. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2003. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Danim, Sudarwan. 2010. Inovasi Pendidikan. dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Dariyo, Agoes. 2013, Dasar-dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT Indeks.
Dirman dan Juarsih, Cicih. 2014. Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Drost, SJ. J. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hendarman. 2015. Revolusi Mental. Pengawas Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ihsan, Fuad. 2001. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kartadinata, Sunaryo. 2010. Isu-isu Pendidikan: antara Harapan dan Kenyataan, Bandung; UPI Press.
Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prayitno. 2009. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Purwanto, MP, M. Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan: Teeoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rosyada, Dede. 2007. Paradigma Pendidikan Demokratis. Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Salam, Burhanuddin. 1997. Pengantar Pedagogik (Dasar-dasar Ilmu Mendidik). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sa’ud, Udin Syaefudin. 2012, Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Soegeng Ysh., A.Y. dan Abdullah, Ghufron. 2016. Landasan Kependidikan Jilid 1. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.
………………………………………………... 2016. Landasan Kependidikan Jilid 2. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.
Suparno, Paul. dkk. 2006. Reformasi Pendidikan. Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Kanisius.
Supriyadi, Dedi. 2004. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryadi, Ace. 2014 Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Outlook: Permasalahan, Tantangan dan Alternatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Sutirna dan Samsuddin, Asep. 2015. Landasan Kependidikan. Teori dan Praktek. Bandung: PT Refika Aditama.
Tilaar, H.A.R. 2002. Perubahan Sosial dan Pendidikan. Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.
__________. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Rineka Cipta.
__________. 2006. Standarisasi Pendidikan Nasional. Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
__________. 2015. Pedagogik Teoretis untuk Indonesia. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Tim PGRI. 2014. Pendidikan untuk Transformasi Bangsa. Arah Baru Pendidikan untuk Perubahan Mental Bangsa. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Universitas Pendidikan Indonesia. 2010. Re-Desain Pendidikan Profesional Guru. Bandung: UPI Press.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK/konselor/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK/konselor/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru BK/konselor/pendidik tentang: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah-permasalahan Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.
Learning Outcomes
Mampu menjelaskan secara logis, sistematis, kritis, kreatif, dan inovatif tentang konsep dasar pendidikan untuk membangun nilai kemanusiaan serta menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur ( C1, A4, P4) (S2, S8, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK1). |
Mampu menjelaskan secara logis, sistematis, kritis, kreatif, dan inovatif tentang pendekatan pendidikan untuk membangun nilai kemanusiaan serta menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur ( C1, A4, P4) (S2, S8, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK1). |
Mampu menguraikan landasan filsafat pendidikan sesuai kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, dan antropologi dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menata nilai humaniora berdasarkan agama, moral dan etika dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C2, A5, P2) (S2, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK2). |
Mampu menguraikan landasan yuridis dan historis pendidikan sesuai kaidah-kaidah pendidikan, sosial budaya dan antropologi dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menata nilai humaniora berdasarkan agama, moral dan etika dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C2, A5, P2) (S2, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK2). |
Mampu menguraikan landasan moral dan religious pendidikan sesuai kaidah-kaidah sosial budaya dan antropologi dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menata nilai humaniora berdasarkan agama, moral dan etika dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C2, A5, P2) (S2, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK2). |
Mampu menyusun secara logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif landasan psikologis pendidikan berdasarkan kaidah-kaidah pendidikan, psikologi, dan antropologi dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C6, A5, P5) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK3). |
Mampu menyusun secara logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif landasan sosial dan budaya pendidikan berdasarkan kaidah-kaidah pendidikan, sosial budaya dan antropologi dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, sosiologi, sosial budaya dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C6, A5, P5) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK3). |
Mampu merangkum pendidikan sebagai sistem dengan menggunakan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C5, A5, P4) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK4). |
Mampu merangkum standar dan. mutu pendidikan dengan menggunakan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C5, A5, P4) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK4). |
Mampu merangkum organisasi sekolah dengan menggunakan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C5, A5, P4) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK4). |
Mampu menganalisis permasalahan pendidikan tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten dan sekolah serta menentukan solusinya dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C4, A5, P5) (P20, KU1, KU2, KK1, KK2) (CPMK5). |
Mampu menganalisis permasalahan pendidikan tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten dan sekolah serta menentukan solusinya dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (P20, KU1, KU2, KK1, KK2) (CPMK5). |
Mampu menganalisis permasalahan pendidikan tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten dan sekolah serta menentukan solusinya dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C4, A5, P5) (P20, KU1, KU2, KK1, KK2) (CPMK5). |
Mampu menganalisis permasalahan pendidikan tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten dan sekolah serta menentukan solusinya dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C4, A5, P5) (P20, KU1, KU2, KK1, KK2) (CPMK5). |
Wajib
Aziz, Abd. 2018. Landasan Pendidikan. Jakarta: Haja Mandiri.
Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: LPPI.
Hiryanto. 2017. Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi serta Implikasinya dalam Pemberdayaan Mas yarakat. https://journal.uny.ac.id
Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Mustadi, Ali dkk. 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Soegeng, Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Suratno, Tatang. 2010. Memaknai Etnopedagogi sebagai Landasan Pendidikan Guru di Universitas Pendidikan Indonesia. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010. 515- 530.
Suriansyah, Ahmad. 2011. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.
Uno, Hamzah dan Lamatenggo, Nina. 2016. Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Anjuran
Budiningsih, Asri.C. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2003. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Danim, Sudarwan. 2010. Inovasi Pendidikan. dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Dariyo, Agoes. 2013, Dasar-dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT Indeks.
Dirman dan Juarsih, Cicih. 2014. Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Drost, SJ. J. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hendarman. 2015. Revolusi Mental. Pengawas Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ihsan, Fuad. 2001. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kartadinata, Sunaryo. 2010. Isu-isu Pendidikan: antara Harapan dan Kenyataan, Bandung; UPI Press.
Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prayitno. 2009. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Purwanto, MP, M. Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan: Teeoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rosyada, Dede. 2007. Paradigma Pendidikan Demokratis. Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Salam, Burhanuddin. 1997. Pengantar Pedagogik (Dasar-dasar Ilmu Mendidik). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sa’ud, Udin Syaefudin. 2012, Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Soegeng Ysh., A.Y. dan Abdullah, Ghufron. 2016. Landasan Kependidikan Jilid 1. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.
………………………………………………... 2016. Landasan Kependidikan Jilid 2. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.
Suparno, Paul. dkk. 2006. Reformasi Pendidikan. Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Kanisius.
Supriyadi, Dedi. 2004. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryadi, Ace. 2014 Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Outlook: Permasalahan, Tantangan dan Alternatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Sutirna dan Samsuddin, Asep. 2015. Landasan Kependidikan. Teori dan Praktek. Bandung: PT Refika Aditama.
Tilaar, H.A.R. 2002. Perubahan Sosial dan Pendidikan. Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.
__________. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Rineka Cipta.
__________. 2006. Standarisasi Pendidikan Nasional. Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
__________. 2015. Pedagogik Teoretis untuk Indonesia. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Tim PGRI. 2014. Pendidikan untuk Transformasi Bangsa. Arah Baru Pendidikan untuk Perubahan Mental Bangsa. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Universitas Pendidikan Indonesia. 2010. Re-Desain Pendidikan Profesional Guru. Bandung: UPI Press.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK/konselor/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK/konselor/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru BK/konselor/pendidik tentang: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah-permasalahan Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.
Learning Outcomes
Mampu menjelaskan secara logis, sistematis, kritis, kreatif, dan inovatif tentang konsep dasar pendidikan untuk membangun nilai kemanusiaan serta menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur ( C1, A4, P4) (S2, S8, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK1). |
Mampu menjelaskan secara logis, sistematis, kritis, kreatif, dan inovatif tentang pendekatan pendidikan untuk membangun nilai kemanusiaan serta menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur ( C1, A4, P4) (S2, S8, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK1). |
Mampu menguraikan landasan filsafat pendidikan sesuai kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, dan antropologi dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menata nilai humaniora berdasarkan agama, moral dan etika dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C2, A5, P2) (S2, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK2). |
Mampu menguraikan landasan yuridis dan historis pendidikan sesuai kaidah-kaidah pendidikan, sosial budaya dan antropologi dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menata nilai humaniora berdasarkan agama, moral dan etika dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C2, A5, P2) (S2, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK2). |
Mampu menguraikan landasan moral dan religious pendidikan sesuai kaidah-kaidah sosial budaya dan antropologi dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menata nilai humaniora berdasarkan agama, moral dan etika dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C2, A5, P2) (S2, P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK2). |
Mampu menyusun secara logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif landasan psikologis pendidikan berdasarkan kaidah-kaidah pendidikan, psikologi, dan antropologi dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C6, A5, P5) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK3). |
Mampu menyusun secara logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif landasan sosial dan budaya pendidikan berdasarkan kaidah-kaidah pendidikan, sosial budaya dan antropologi dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, sosiologi, sosial budaya dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C6, A5, P5) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK3). |
Mampu merangkum pendidikan sebagai sistem dengan menggunakan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C5, A5, P4) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK4). |
Mampu merangkum standar dan. mutu pendidikan dengan menggunakan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C5, A5, P4) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK4). |
Mampu merangkum organisasi sekolah dengan menggunakan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling dengan memadukan berbagai sumber belajar dan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C5, A5, P4) (P1, KU2, KK1, KK2) (CPMK4). |
Mampu menganalisis permasalahan pendidikan tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten dan sekolah serta menentukan solusinya dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C4, A5, P5) (P20, KU1, KU2, KK1, KK2) (CPMK5). |
Mampu menganalisis permasalahan pendidikan tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten dan sekolah serta menentukan solusinya dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (P20, KU1, KU2, KK1, KK2) (CPMK5). |
Mampu menganalisis permasalahan pendidikan tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten dan sekolah serta menentukan solusinya dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C4, A5, P5) (P20, KU1, KU2, KK1, KK2) (CPMK5). |
Mampu menganalisis permasalahan pendidikan tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten dan sekolah serta menentukan solusinya dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya untuk membuktikan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (C4, A5, P5) (P20, KU1, KU2, KK1, KK2) (CPMK5). |
Wajib
Aziz, Abd. 2018. Landasan Pendidikan. Jakarta: Haja Mandiri.
Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: LPPI.
Hiryanto. 2017. Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi serta Implikasinya dalam Pemberdayaan Mas yarakat. https://journal.uny.ac.id
Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Mustadi, Ali dkk. 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Soegeng, Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Suratno, Tatang. 2010. Memaknai Etnopedagogi sebagai Landasan Pendidikan Guru di Universitas Pendidikan Indonesia. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010. 515- 530.
Suriansyah, Ahmad. 2011. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.
Uno, Hamzah dan Lamatenggo, Nina. 2016. Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Anjuran
Budiningsih, Asri.C. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2003. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Danim, Sudarwan. 2010. Inovasi Pendidikan. dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Dariyo, Agoes. 2013, Dasar-dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT Indeks.
Dirman dan Juarsih, Cicih. 2014. Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Drost, SJ. J. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hendarman. 2015. Revolusi Mental. Pengawas Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ihsan, Fuad. 2001. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kartadinata, Sunaryo. 2010. Isu-isu Pendidikan: antara Harapan dan Kenyataan, Bandung; UPI Press.
Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prayitno. 2009. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Purwanto, MP, M. Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan: Teeoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rosyada, Dede. 2007. Paradigma Pendidikan Demokratis. Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Salam, Burhanuddin. 1997. Pengantar Pedagogik (Dasar-dasar Ilmu Mendidik). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sa’ud, Udin Syaefudin. 2012, Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Soegeng Ysh., A.Y. dan Abdullah, Ghufron. 2016. Landasan Kependidikan Jilid 1. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.
………………………………………………... 2016. Landasan Kependidikan Jilid 2. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.
Suparno, Paul. dkk. 2006. Reformasi Pendidikan. Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Kanisius.
Supriyadi, Dedi. 2004. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryadi, Ace. 2014 Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Outlook: Permasalahan, Tantangan dan Alternatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Sutirna dan Samsuddin, Asep. 2015. Landasan Kependidikan. Teori dan Praktek. Bandung: PT Refika Aditama.
Tilaar, H.A.R. 2002. Perubahan Sosial dan Pendidikan. Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.
__________. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Rineka Cipta.
__________. 2006. Standarisasi Pendidikan Nasional. Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
__________. 2015. Pedagogik Teoretis untuk Indonesia. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Tim PGRI. 2014. Pendidikan untuk Transformasi Bangsa. Arah Baru Pendidikan untuk Perubahan Mental Bangsa. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Universitas Pendidikan Indonesia. 2010. Re-Desain Pendidikan Profesional Guru. Bandung: UPI Press.
Details ...