Courser in English | GUIDANCE AND COUNSELING OF CHILDREN WITH THE SPECIAL NEEDS |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
BK ABK merupakan mata kuliah yang memiliki bobot 2 SKS dengan pembahasan mengenai konsep dasar anak berbakat dan berkebutuhan khusus, peranan guru BK dalam menangani dan mendampingi peserta didik berkebutuhan khusus, mengenai anak berkbutuhan khusus tuna netra, tuna rungu, tuna daksa dan cerebral palsy, tuna grahita, autisme, ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), mengenai ACBI (anak cerdas berbakat istimewa) beserta segala karakteristik dan implikasi dalam dunia pendidikan dan mengenai sekolah dan pendidikan inklusi.
Learning Outcomes-
References- Sutjihati Somantri. 2007. psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Refika Aditama.
- Gary A. Davis. 2012. Anak Berbakat dan Pendidikan Keberbakatan. PT Indeks : Jakarta.
- E. Kosasih. 2012. cara Bijak memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : Yrama Widya.
- Ferdinand Zaviera. 2012. Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif. Yogyakarta : Penerbit KATA HATI.
- Baihaqi & Sugiarmin. 2008. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung : Refika Aditama
- Hargio Santoso. 2012. Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Gosyen Publishing.
- Bandi Delphie. 2009. Pendidikan Anak Autistik. Sleman : PT. Intan Sejati Klaten.
- Christhoper Sunu. 2012. Unlocking Autism. Yogyakarta : Lintangterbit.
Details ...
BK ABK merupakan mata kuliah yang memiliki bobot 2 SKS dengan pembahasan mengenai konsep dasar anak berbakat dan berkebutuhan khusus, peranan guru BK dalam menangani dan mendampingi peserta didik berkebutuhan khusus, mengenai anak berkbutuhan khusus tuna netra, tuna rungu, tuna daksa dan cerebral palsy, tuna grahita, autisme, ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), mengenai ACBI (anak cerdas berbakat istimewa) beserta segala karakteristik dan implikasi dalam dunia pendidikan dan mengenai sekolah dan pendidikan inklusi.
Learning Outcomes-
References- Sutjihati Somantri. 2007. psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Refika Aditama.
- Gary A. Davis. 2012. Anak Berbakat dan Pendidikan Keberbakatan. PT Indeks : Jakarta.
- E. Kosasih. 2012. cara Bijak memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : Yrama Widya.
- Ferdinand Zaviera. 2012. Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif. Yogyakarta : Penerbit KATA HATI.
- Baihaqi & Sugiarmin. 2008. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung : Refika Aditama
- Hargio Santoso. 2012. Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Gosyen Publishing.
- Bandi Delphie. 2009. Pendidikan Anak Autistik. Sleman : PT. Intan Sejati Klaten.
- Christhoper Sunu. 2012. Unlocking Autism. Yogyakarta : Lintangterbit.
Details ...
BK ABK merupakan mata kuliah yang memiliki bobot 2 SKS dengan pembahasan mengenai konsep dasar anak berbakat dan berkebutuhan khusus, peranan guru BK dalam menangani dan mendampingi peserta didik berkebutuhan khusus, mengenai anak berkbutuhan khusus tuna netra, tuna rungu, tuna daksa dan cerebral palsy, tuna grahita, autisme, ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), mengenai ACBI (anak cerdas berbakat istimewa) beserta segala karakteristik dan implikasi dalam dunia pendidikan dan mengenai sekolah dan pendidikan inklusi.
Learning Outcomes-
References- Sutjihati Somantri. 2007. psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Refika Aditama.
- Gary A. Davis. 2012. Anak Berbakat dan Pendidikan Keberbakatan. PT Indeks : Jakarta.
- E. Kosasih. 2012. cara Bijak memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : Yrama Widya.
- Ferdinand Zaviera. 2012. Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif. Yogyakarta : Penerbit KATA HATI.
- Baihaqi & Sugiarmin. 2008. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung : Refika Aditama
- Hargio Santoso. 2012. Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Gosyen Publishing.
- Bandi Delphie. 2009. Pendidikan Anak Autistik. Sleman : PT. Intan Sejati Klaten.
- Christhoper Sunu. 2012. Unlocking Autism. Yogyakarta : Lintangterbit.
Details ...
BK ABK merupakan mata kuliah yang memiliki bobot 2 SKS dengan pembahasan mengenai konsep dasar anak berbakat dan berkebutuhan khusus, peranan guru BK dalam menangani dan mendampingi peserta didik berkebutuhan khusus, mengenai anak berkbutuhan khusus tuna netra, tuna rungu, tuna daksa dan cerebral palsy, tuna grahita, autisme, ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), mengenai ACBI (anak cerdas berbakat istimewa) beserta segala karakteristik dan implikasi dalam dunia pendidikan dan mengenai sekolah dan pendidikan inklusi.
Learning Outcomes-
References- Sutjihati Somantri. 2007. psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Refika Aditama.
- Gary A. Davis. 2012. Anak Berbakat dan Pendidikan Keberbakatan. PT Indeks : Jakarta.
- E. Kosasih. 2012. cara Bijak memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : Yrama Widya.
- Ferdinand Zaviera. 2012. Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif. Yogyakarta : Penerbit KATA HATI.
- Baihaqi & Sugiarmin. 2008. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung : Refika Aditama
- Hargio Santoso. 2012. Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Gosyen Publishing.
- Bandi Delphie. 2009. Pendidikan Anak Autistik. Sleman : PT. Intan Sejati Klaten.
- Christhoper Sunu. 2012. Unlocking Autism. Yogyakarta : Lintangterbit.
Details ...
BK ABK merupakan mata kuliah yang memiliki bobot 2 SKS dengan pembahasan mengenai konsep dasar anak berbakat dan berkebutuhan khusus, peranan guru BK dalam menangani dan mendampingi peserta didik berkebutuhan khusus, mengenai anak berkbutuhan khusus tuna netra, tuna rungu, tuna daksa dan cerebral palsy, tuna grahita, autisme, ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), mengenai ACBI (anak cerdas berbakat istimewa) beserta segala karakteristik dan implikasi dalam dunia pendidikan dan mengenai sekolah dan pendidikan inklusi.
Learning Outcomes-
References- Sutjihati Somantri. 2007. psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Refika Aditama.
- Gary A. Davis. 2012. Anak Berbakat dan Pendidikan Keberbakatan. PT Indeks : Jakarta.
- E. Kosasih. 2012. cara Bijak memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : Yrama Widya.
- Ferdinand Zaviera. 2012. Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif. Yogyakarta : Penerbit KATA HATI.
- Baihaqi & Sugiarmin. 2008. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung : Refika Aditama
- Hargio Santoso. 2012. Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Gosyen Publishing.
- Bandi Delphie. 2009. Pendidikan Anak Autistik. Sleman : PT. Intan Sejati Klaten.
- Christhoper Sunu. 2012. Unlocking Autism. Yogyakarta : Lintangterbit.
Details ...
Mata kuliah ini membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus,dengan pokok bahasan; konsep dasar Anak Berkebutuhan khusus, pendidikan inklusi, perkembangan pendidikan anak berkebutuhan khusus di Indonesia, model dan metode pembelajaran ABK, serta karakteristik dan pendampingan dalam penyelenggaraan pendidikan bagi ABK dengan karakteristik anak cerdas dan berbakat istimewa (ACBI/ gifted and talented), gangguan pengelihatan (tuna netra), gangguan pendengaran (tuna rungu), gangguan berbicara (tuna wicara), gangguan fungsi tubuh/ kecacatan (tuna daksa), retardasi mental (tuna grahita), Cerebral Palsy, gangguan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder - ADD), gangguan belajar dan gangguan spektrum autisma (ASD).
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai, konsep pendidikan Anak Berbakat dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), serta dapat mengimplementasikan layanan pendidikan yang dapat diberikannya sebagai guru pembimbing/ guru BK.
ReferencesHallahan & Kauffman. (1988). Exceptional Children. New Jersey: Prantice Hall.
Handojo, Y. (2003). Autisme: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi untuk Mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain. Jakarta: P.T. Bhuana Ilmu Populer.
Harwell, J. (2000). Learning Disabilities Handbook. -- : Jossey – Bass.
Hutt, M. L., & Gibby, R.G. (1976). The Mentally Retarded Child : Development, Education and Treatment. Boston : Allyn and Bacon.
Mangunsong, F. (2014). Psikologi Pendidikan dan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: LPSP3UI.
Somantri, S.T. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung; Refika Aditama.
Smith, J.D. (2015). Sekolah untuk Semua: Teori dan Implementasi Inklusi. Bandung: Nuansa Cendekia.
Voltz, D.L., Brazil, N., Ford, A. (2001). What matters most in inclusive education: A practical guide for moving forward. Intervention in School and Clinic. Vol. 37 (1), 23-30.
____ (2006). Pengadaan dan pembinaan tenaga kependidikan dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Identifikasi anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Mengenal pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Manajemen sekolah dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pemberdayaan masyarakat dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pengembangan kurikulum dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
Details ...
Mata kuliah ini membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus,dengan pokok bahasan; konsep dasar Anak Berkebutuhan khusus, pendidikan inklusi, perkembangan pendidikan anak berkebutuhan khusus di Indonesia, model dan metode pembelajaran ABK, serta karakteristik dan pendampingan dalam penyelenggaraan pendidikan bagi ABK dengan karakteristik anak cerdas dan berbakat istimewa (ACBI/ gifted and talented), gangguan pengelihatan (tuna netra), gangguan pendengaran (tuna rungu), gangguan berbicara (tuna wicara), gangguan fungsi tubuh/ kecacatan (tuna daksa), retardasi mental (tuna grahita), Cerebral Palsy, gangguan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder - ADD), gangguan belajar dan gangguan spektrum autisma (ASD).
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai, konsep pendidikan Anak Berbakat dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), serta dapat mengimplementasikan layanan pendidikan yang dapat diberikannya sebagai guru pembimbing/ guru BK.
ReferencesHallahan & Kauffman. (1988). Exceptional Children. New Jersey: Prantice Hall.
Handojo, Y. (2003). Autisme: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi untuk Mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain. Jakarta: P.T. Bhuana Ilmu Populer.
Harwell, J. (2000). Learning Disabilities Handbook. -- : Jossey – Bass.
Hutt, M. L., & Gibby, R.G. (1976). The Mentally Retarded Child : Development, Education and Treatment. Boston : Allyn and Bacon.
Mangunsong, F. (2014). Psikologi Pendidikan dan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: LPSP3UI.
Somantri, S.T. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung; Refika Aditama.
Smith, J.D. (2015). Sekolah untuk Semua: Teori dan Implementasi Inklusi. Bandung: Nuansa Cendekia.
Voltz, D.L., Brazil, N., Ford, A. (2001). What matters most in inclusive education: A practical guide for moving forward. Intervention in School and Clinic. Vol. 37 (1), 23-30.
____ (2006). Pengadaan dan pembinaan tenaga kependidikan dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Identifikasi anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Mengenal pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Manajemen sekolah dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pemberdayaan masyarakat dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pengembangan kurikulum dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
Details ...
Mata kuliah ini membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus,dengan pokok bahasan; konsep dasar Anak Berkebutuhan khusus, pendidikan inklusi, perkembangan pendidikan anak berkebutuhan khusus di Indonesia, model dan metode pembelajaran ABK, serta karakteristik dan pendampingan dalam penyelenggaraan pendidikan bagi ABK dengan karakteristik anak cerdas dan berbakat istimewa (ACBI/ gifted and talented), gangguan pengelihatan (tuna netra), gangguan pendengaran (tuna rungu), gangguan berbicara (tuna wicara), gangguan fungsi tubuh/ kecacatan (tuna daksa), retardasi mental (tuna grahita), Cerebral Palsy, gangguan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder - ADD), gangguan belajar dan gangguan spektrum autisma (ASD).
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai, konsep pendidikan Anak Berbakat dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), serta dapat mengimplementasikan layanan pendidikan yang dapat diberikannya sebagai guru pembimbing/ guru BK.
ReferencesHallahan & Kauffman. (1988). Exceptional Children. New Jersey: Prantice Hall.
Handojo, Y. (2003). Autisme: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi untuk Mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain. Jakarta: P.T. Bhuana Ilmu Populer.
Harwell, J. (2000). Learning Disabilities Handbook. -- : Jossey – Bass.
Hutt, M. L., & Gibby, R.G. (1976). The Mentally Retarded Child : Development, Education and Treatment. Boston : Allyn and Bacon.
Mangunsong, F. (2014). Psikologi Pendidikan dan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: LPSP3UI.
Somantri, S.T. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung; Refika Aditama.
Smith, J.D. (2015). Sekolah untuk Semua: Teori dan Implementasi Inklusi. Bandung: Nuansa Cendekia.
Voltz, D.L., Brazil, N., Ford, A. (2001). What matters most in inclusive education: A practical guide for moving forward. Intervention in School and Clinic. Vol. 37 (1), 23-30.
____ (2006). Pengadaan dan pembinaan tenaga kependidikan dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Identifikasi anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Mengenal pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Manajemen sekolah dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pemberdayaan masyarakat dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pengembangan kurikulum dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
Details ...
Mata kuliah ini membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus,dengan pokok bahasan; konsep dasar Anak Berkebutuhan khusus, pendidikan inklusi, perkembangan pendidikan anak berkebutuhan khusus di Indonesia, model dan metode pembelajaran ABK, serta karakteristik dan pendampingan dalam penyelenggaraan pendidikan bagi ABK dengan karakteristik anak cerdas dan berbakat istimewa (ACBI/ gifted and talented), gangguan pengelihatan (tuna netra), gangguan pendengaran (tuna rungu), gangguan berbicara (tuna wicara), gangguan fungsi tubuh/ kecacatan (tuna daksa), retardasi mental (tuna grahita), Cerebral Palsy, gangguan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder - ADD), gangguan belajar dan gangguan spektrum autisma (ASD).
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai, konsep pendidikan Anak Berbakat dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), serta dapat mengimplementasikan layanan pendidikan yang dapat diberikannya sebagai guru pembimbing/ guru BK.
ReferencesHallahan & Kauffman. (1988). Exceptional Children. New Jersey: Prantice Hall.
Handojo, Y. (2003). Autisme: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi untuk Mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain. Jakarta: P.T. Bhuana Ilmu Populer.
Harwell, J. (2000). Learning Disabilities Handbook. -- : Jossey – Bass.
Hutt, M. L., & Gibby, R.G. (1976). The Mentally Retarded Child : Development, Education and Treatment. Boston : Allyn and Bacon.
Mangunsong, F. (2014). Psikologi Pendidikan dan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: LPSP3UI.
Somantri, S.T. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung; Refika Aditama.
Smith, J.D. (2015). Sekolah untuk Semua: Teori dan Implementasi Inklusi. Bandung: Nuansa Cendekia.
Voltz, D.L., Brazil, N., Ford, A. (2001). What matters most in inclusive education: A practical guide for moving forward. Intervention in School and Clinic. Vol. 37 (1), 23-30.
____ (2006). Pengadaan dan pembinaan tenaga kependidikan dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Identifikasi anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Mengenal pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Manajemen sekolah dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pemberdayaan masyarakat dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pengembangan kurikulum dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
Details ...
Mata KUliah BK ABK merupakan mata kuliah yang berisi tentang konsep dasar anak berkebutuhan khusus, yang didalamnya meliputi anak berbakat, anak yang mengalami gangguan kognitif, gangguan perilaku, ganguan emosional dan gangguan sosial.
Learning Outcomes-
ReferencesHallahan & Kauffman. (1988). Exceptional Children. New Jersey: Prantice Hall.
Handojo, Y. (2003). Autisme: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi untuk Mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain. Jakarta: P.T. Bhuana Ilmu Populer.
Harwell, J. (2000). Learning Disabilities Handbook. -- : Jossey – Bass.
Hutt, M. L., & Gibby, R.G. (1976). The Mentally Retarded Child : Development, Education and Treatment. Boston : Allyn and Bacon.
Mangunsong, F. (2014). Psikologi Pendidikan dan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: LPSP3UI.
Somantri, S.T. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung; Refika Aditama.
Smith, J.D. (2015). Sekolah untuk Semua: Teori dan Implementasi Inklusi. Bandung: Nuansa Cendekia.
Voltz, D.L., Brazil, N., Ford, A. (2001). What matters most in inclusive education: A practical guide for moving forward. Intervention in School and Clinic. Vol. 37 (1), 23-30.
____ (2006). Pengadaan dan pembinaan tenaga kependidikan dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Identifikasi anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Mengenal pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Manajemen sekolah dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pemberdayaan masyarakat dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pengembangan kurikulum dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
Details ...
Mata KUliah BK ABK merupakan mata kuliah yang berisi tentang konsep dasar anak berkebutuhan khusus, yang didalamnya meliputi anak berbakat, anak yang mengalami gangguan kognitif, gangguan perilaku, ganguan emosional dan gangguan sosial.
Learning Outcomes-
ReferencesHallahan & Kauffman. (1988). Exceptional Children. New Jersey: Prantice Hall.
Handojo, Y. (2003). Autisme: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi untuk Mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain. Jakarta: P.T. Bhuana Ilmu Populer.
Harwell, J. (2000). Learning Disabilities Handbook. -- : Jossey – Bass.
Hutt, M. L., & Gibby, R.G. (1976). The Mentally Retarded Child : Development, Education and Treatment. Boston : Allyn and Bacon.
Mangunsong, F. (2014). Psikologi Pendidikan dan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: LPSP3UI.
Somantri, S.T. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung; Refika Aditama.
Smith, J.D. (2015). Sekolah untuk Semua: Teori dan Implementasi Inklusi. Bandung: Nuansa Cendekia.
Voltz, D.L., Brazil, N., Ford, A. (2001). What matters most in inclusive education: A practical guide for moving forward. Intervention in School and Clinic. Vol. 37 (1), 23-30.
____ (2006). Pengadaan dan pembinaan tenaga kependidikan dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Identifikasi anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Mengenal pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Manajemen sekolah dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pemberdayaan masyarakat dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pengembangan kurikulum dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
Details ...
Mata KUliah BK ABK merupakan mata kuliah yang berisi tentang konsep dasar anak berkebutuhan khusus, yang didalamnya meliputi anak berbakat, anak yang mengalami gangguan kognitif, gangguan perilaku, ganguan emosional dan gangguan sosial.
Learning Outcomes-
ReferencesHallahan & Kauffman. (1988). Exceptional Children. New Jersey: Prantice Hall.
Handojo, Y. (2003). Autisme: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi untuk Mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain. Jakarta: P.T. Bhuana Ilmu Populer.
Harwell, J. (2000). Learning Disabilities Handbook. -- : Jossey – Bass.
Hutt, M. L., & Gibby, R.G. (1976). The Mentally Retarded Child : Development, Education and Treatment. Boston : Allyn and Bacon.
Mangunsong, F. (2014). Psikologi Pendidikan dan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: LPSP3UI.
Somantri, S.T. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung; Refika Aditama.
Smith, J.D. (2015). Sekolah untuk Semua: Teori dan Implementasi Inklusi. Bandung: Nuansa Cendekia.
Voltz, D.L., Brazil, N., Ford, A. (2001). What matters most in inclusive education: A practical guide for moving forward. Intervention in School and Clinic. Vol. 37 (1), 23-30.
____ (2006). Pengadaan dan pembinaan tenaga kependidikan dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Identifikasi anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Mengenal pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Manajemen sekolah dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pemberdayaan masyarakat dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
____ (2006). Pengembangan kurikulum dalam pendidikan inklusif. Didownload dari http://www.ditplb.or.id
Details ...