Courser in English | FUTSAL |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 13 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa program studi PJKR. Garis-garis besar matakuliah ini mencakup tentang sejarah perkembangan dan organisasi futsal, teknik, taktik dan strategi futsal, peraturan permainan dan pertandingan futsal, didaktik-metodik pembelajaran futsal, dan model-model pembelajaran futsal. Selesai mengukuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat memahami, menerapkan, dan mengapresiasi pembelajaran futsal, yang meliputi pembelajaran sejarah perkembangan dan organisasi, teknik, taktik dan strategi, peraturan permainan dan pertandingan, didaktik dan metodik pembelajaran, serta implementasi model-model pembelajaran permainan futsal. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan tatap muka teori dan praktik, responsi melalui daring, dan pemberian tugas, Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan taktis dalam bentuk ceramah, diskusi, berupa penyelesaian tugas, penyusunan dan penyajian makalah, reviu buku dan jurnal ilmiah, dan pendekatan praktik lapangan berupa pendekatan teknis, taktis, dan kompetitif. Pelaksanaan perkuliahan ini juga dilengkapi dengan penggunaan media pembelajaran seperti audio-visual.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Program Studi (CPPS)
Sikap
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S11 Bersikap dan berperilaku ilmiah, edukatif dan religius.
Pengetahuan
P1 Memahami konsep-konsep pedagogik untuk melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani.
P2 Memahami konsep-konsep teoritis pendidikan jasmani yang mendukung pembelajaran pendidikan jasmani
P7 Memahami konsep-konsep teoritis ilmu keolahragaan untuk melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani
P8 Memahami Konsep-konsep teknik kecabangan olahraga untuk melaksanakan pembelajaran Pendidikan jasmani
Keterampilan Umum
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Keterampilan Khusus
KK1 Memiliki keterampilan menerapkan konsep dan prinsip pedagogik dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani.
KK2 Memiliki keterampilan untuk menerapkan konsep-konsep teoritis pendidikan jasmani yang mendukung pembelajaran pendidikan jasmani.
KK7 Memiliki keterampilan untuk menerapkan konsep-konsep teoritis ilmu keolahragaan dalam pembelajaran pendidikan jasmani
KK8 Memiliki keterampilan untuk menerapkan konsep-konsep teknik kecabangan olahraga untuk melaksanakan pembelajaran Pendidikan jasmani
Capaian Pembelajaran Mata kuliah (CPM)
M1.Mahasiswa mampu memahami tentang konsep dasar, tujuan, dan fungsi PJOK sebagai dasar pengembangan tentang teori-teori dalam pembelajaran futsal
M2. Mahasiswa mampu merancang rencana pembelajaran berdasarkan setiap model pembelajaran yang akan digunakan
M3. Mahasiswa mampu melakukan berbagai aktivitas gerak dengan memanfaatkan permainan futsal berdasarkan prinsip dan teorinya.
M4. Mahasiswa mampu memahami peraturan pertandingan dan peraturan permainan futsal
References1. Bidzinski, Martin. (1996). TheSoccerCoaching. Hand Book. The Crowood Press Ltd. Brestal.
2. Sucipto, (2015).Pembelajaran Permainan Futsal (Implementasi Pendekatan Taktis), Bintang Warli Artika, Bandung.
3. Ford, Stephen. Woffinden, Collin. (1991). SkillfullSoccer. Guinness Publishing Ltd. London.
4. Glavin, Ronnie. (1988). HowToPlaySoccer. Guinness Superlatives Ltd. London.
5. Spindler, Trevor. Ward, Andrew. (1990). KnowAboutSoccer. A Publishing London.
6. Asriady, Mulyono, Muhammad., (2014), BukuPintarPanduan Futsal, LaskarAksara. Jakarta Timur.
7. Buschner, Craig A., (1994), Teaching Children Movement Concepts and Skill, Human Kinetics.
8. Gibbon,Allan. (1973). Teaching Soccer to Boys. G. Bell &Sond LTD, London, 121 hlm.
9. Grahamn G., Parker, M., dan Holt-Hale, S. (1995), Childern Moving, Mountain View, CA; Mayfield.
10. Griffin, L.L., Mitchell, S.A. &Oslin, J.L. (1997). Teaching Sport Concepts and Skills: A Tactical Games Approach. Champaign, Illinouis: Human Kinetics Publishers, Inc.
11. Metzler, Michael, (2000). Instuctional Models for Physical Education. A.Pearson Educational Company, United States of America.
12. Kacani, Ladislav. Horsky, Ladislav. (1986). Football Training. Eurha Sport Amsterdam. Amsterdam.
13. Nelson, (1983). Exploring Sports Series Soccer, IOWA, 82 hlm.
Details ...