Azas-azas dan Paradigma Pendidikan Jasmani, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPRINCIPLES AND PARADIGM OF PHYSICAL EDUCATION
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS32 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang membekali mahasiswa PJKR dengan pemahaman tentang gerak, aktivitas fisik, permainan, dan olahraga sebagai alat dalam program pendidikan jasmani. Di samping itu MK ini berisi pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani dalam proses pendidikan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Di dalamnya dibahas juga tentang hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah. Perkuliahan juga mengkaji asas pengembangan dan penetapan program penjas, model orientasi kurikulum penjas, serta ruang lingkup program penjas.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu memahami konsep, kedudukan, dan esensi penjas serta menguasai hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah sehingga mereka merasa yakin terhadap peranan dan fungsi pendidikan jasmani sebagai bagian dari pendidikan umum.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang membekali mahasiswa PJKR dengan pemahaman tentang gerak, aktivitas fisik, permainan, dan olahraga sebagai alat dalam program pendidikan jasmani. Di samping itu MK ini berisi pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani dalam proses pendidikan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Di dalamnya dibahas juga tentang hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah. Perkuliahan juga mengkaji asas pengembangan dan penetapan program penjas, model orientasi kurikulum penjas, serta ruang lingkup program penjas.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu memahami konsep, kedudukan, dan esensi penjas serta menguasai hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah sehingga mereka merasa yakin terhadap peranan dan fungsi pendidikan jasmani sebagai bagian dari pendidikan umum.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang membekali mahasiswa PJKR dengan pemahaman tentang gerak, aktivitas fisik, permainan, dan olahraga sebagai alat dalam program pendidikan jasmani. Di samping itu MK ini berisi pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani dalam proses pendidikan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Di dalamnya dibahas juga tentang hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah. Perkuliahan juga mengkaji asas pengembangan dan penetapan program penjas, model orientasi kurikulum penjas, serta ruang lingkup program penjas.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu memahami konsep, kedudukan, dan esensi penjas serta menguasai hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah sehingga mereka merasa yakin terhadap peranan dan fungsi pendidikan jasmani sebagai bagian dari pendidikan umum.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang membekali mahasiswa PJKR dengan pemahaman tentang gerak, aktivitas fisik, permainan, dan olahraga sebagai alat dalam program pendidikan jasmani. Di samping itu MK ini berisi pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani dalam proses pendidikan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Di dalamnya dibahas juga tentang hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah. Perkuliahan juga mengkaji asas pengembangan dan penetapan program penjas, model orientasi kurikulum penjas, serta ruang lingkup program penjas.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu memahami konsep, kedudukan, dan esensi penjas serta menguasai hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah sehingga mereka merasa yakin terhadap peranan dan fungsi pendidikan jasmani sebagai bagian dari pendidikan umum.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang membekali mahasiswa PJKR dengan pemahaman tentang gerak, aktivitas fisik, permainan, dan olahraga sebagai alat dalam program pendidikan jasmani. Di samping itu MK ini berisi pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani dalam proses pendidikan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Di dalamnya dibahas juga tentang hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah. Perkuliahan juga mengkaji asas pengembangan dan penetapan program penjas, model orientasi kurikulum penjas, serta ruang lingkup program penjas

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu memahami konsep, kedudukan, dan esensi penjas serta menguasai hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah sehingga mereka merasa yakin terhadap peranan dan fungsi pendidikan jasmani sebagai bagian dari pendidikan umum.

References

Bucher, Charles A. (1979). Foundations of Physical Education, (8th Ed.), St. Louis, MI., Mosby Company.

Buscher, Craig A. (1994). Teaching Children Movement Concepts and Skills, Champaign, III. : Human Kinetics Publisher, Inc.,

Dauer, V., & Pangrazi, R. (1986). Dynamic Physical Education For Elementary School Children, (8th Ed.), New York: Macmillan

Freeman, William H. (2001). Physical Education and Sport in A Changing Society. (Sixth Ed.). Boston. Allyn and Bacon.
Gabbard, Carl., LeBlanc, Betty., and Lowy, Susan. (1994). Physical Education for Children: Building the Foundation, (2nd Ed.), New Jersey: Prentice Hall.

Graham, G. (1992). Teaching Children Physical Education, Becoming Master Teacher, Champaign, III. : Human Kinetics Publisher, Inc.,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang membekali mahasiswa PJKR dengan pemahaman tentang gerak, aktivitas fisik, permainan, dan olahraga sebagai alat dalam program pendidikan jasmani. Di samping itu MK ini berisi pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani dalam proses pendidikan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Di dalamnya dibahas juga tentang hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah. Perkuliahan juga mengkaji asas pengembangan dan penetapan program penjas, model orientasi kurikulum penjas, serta ruang lingkup program penjas

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu memahami konsep, kedudukan, dan esensi penjas serta menguasai hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah sehingga mereka merasa yakin terhadap peranan dan fungsi pendidikan jasmani sebagai bagian dari pendidikan umum.

References

Bucher, Charles A. (1979). Foundations of Physical Education, (8th Ed.), St. Louis, MI., Mosby Company.

Buscher, Craig A. (1994). Teaching Children Movement Concepts and Skills, Champaign, III. : Human Kinetics Publisher, Inc.,

Dauer, V., & Pangrazi, R. (1986). Dynamic Physical Education For Elementary School Children, (8th Ed.), New York: Macmillan

Freeman, William H. (2001). Physical Education and Sport in A Changing Society. (Sixth Ed.). Boston. Allyn and Bacon.
Gabbard, Carl., LeBlanc, Betty., and Lowy, Susan. (1994). Physical Education for Children: Building the Foundation, (2nd Ed.), New Jersey: Prentice Hall.

Graham, G. (1992). Teaching Children Physical Education, Becoming Master Teacher, Champaign, III. : Human Kinetics Publisher, Inc.,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang membekali mahasiswa PJKR dengan pemahaman tentang gerak, aktivitas fisik, permainan, dan olahraga sebagai alat dalam program pendidikan jasmani. Di samping itu MK ini berisi pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani dalam proses pendidikan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Di dalamnya dibahas juga tentang hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah. Perkuliahan juga mengkaji asas pengembangan dan penetapan program penjas, model orientasi kurikulum penjas, serta ruang lingkup program penjas

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu memahami konsep, kedudukan, dan esensi penjas serta menguasai hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah sehingga mereka merasa yakin terhadap peranan dan fungsi pendidikan jasmani sebagai bagian dari pendidikan umum.

References

Bucher, Charles A. (1979). Foundations of Physical Education, (8th Ed.), St. Louis, MI., Mosby Company.

Buscher, Craig A. (1994). Teaching Children Movement Concepts and Skills, Champaign, III. : Human Kinetics Publisher, Inc.,

Dauer, V., & Pangrazi, R. (1986). Dynamic Physical Education For Elementary School Children, (8th Ed.), New York: Macmillan

Freeman, William H. (2001). Physical Education and Sport in A Changing Society. (Sixth Ed.). Boston. Allyn and Bacon.
Gabbard, Carl., LeBlanc, Betty., and Lowy, Susan. (1994). Physical Education for Children: Building the Foundation, (2nd Ed.), New Jersey: Prentice Hall.

Graham, G. (1992). Teaching Children Physical Education, Becoming Master Teacher, Champaign, III. : Human Kinetics Publisher, Inc.,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang membekali mahasiswa PJKR dengan pemahaman tentang gerak, aktivitas fisik, permainan, dan olahraga sebagai alat dalam program pendidikan jasmani. Di samping itu MK ini berisi pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani dalam proses pendidikan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Di dalamnya dibahas juga tentang hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah. Perkuliahan juga mengkaji asas pengembangan dan penetapan program penjas, model orientasi kurikulum penjas, serta ruang lingkup program penjas

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu memahami konsep, kedudukan, dan esensi penjas serta menguasai hakikat, tujuan, dan pengertian pendidikan jasmani, perbedaan makna antara penjas dan pendidikan olahraga, dasar falsafah pendidikan jasmani, serta landasan ilmiah pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah sehingga mereka merasa yakin terhadap peranan dan fungsi pendidikan jasmani sebagai bagian dari pendidikan umum.

References

Bucher, Charles A. (1979). Foundations of Physical Education, (8th Ed.), St. Louis, MI., Mosby Company.

Buscher, Craig A. (1994). Teaching Children Movement Concepts and Skills, Champaign, III. : Human Kinetics Publisher, Inc.,

Dauer, V., & Pangrazi, R. (1986). Dynamic Physical Education For Elementary School Children, (8th Ed.), New York: Macmillan

Freeman, William H. (2001). Physical Education and Sport in A Changing Society. (Sixth Ed.). Boston. Allyn and Bacon.
Gabbard, Carl., LeBlanc, Betty., and Lowy, Susan. (1994). Physical Education for Children: Building the Foundation, (2nd Ed.), New Jersey: Prentice Hall.

Graham, G. (1992). Teaching Children Physical Education, Becoming Master Teacher, Champaign, III. : Human Kinetics Publisher, Inc.,


Details ...