Magang I, Curriculum : 2017


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP I
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS6 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Magang 1 merupakan mata kuliah berjenjang yang harus diambil oleh mahasiswa. Magang 1  merupakan tahapan awal dari proses pemeblajaran magang yang berisi kegiatan observasi ke sekolah praktikan. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa peserta mata kuliah Magang 1 setelah melakukan observasi adalah memaparkan hasil observasinya di sekolah dalam bentuk presentasi di kelas bersama rekan satu tim.

Learning Outcomes

Secara umum, mahasiswa diharapkan mampu memahami kondisi riil di sekolah praktikan, memahami sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah dalam rangka mendukung KBM, dan informasi umum mengait informasi sekolah.

Secara khusus, mahasiswa dituntut untuk memahami dan meresapi proses menjadi calon pendidik yang profesional nantinya dengan memahami kondisi sekolah praktikan Magang 1.

References

Tim. 2018. Buku Panduan Magang 1 dan Magang 2. Semarang: UPGRIS Press


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Magang 1 merupakan mata kuliah berjenjang yang harus diambil oleh mahasiswa. Magang 1  merupakan tahapan awal dari proses pemeblajaran magang yang berisi kegiatan observasi ke sekolah praktikan. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa peserta mata kuliah Magang 1 setelah melakukan observasi adalah memaparkan hasil observasinya di sekolah dalam bentuk presentasi di kelas bersama rekan satu tim.

Learning Outcomes

Secara umum, mahasiswa diharapkan mampu memahami kondisi riil di sekolah praktikan, memahami sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah dalam rangka mendukung KBM, dan informasi umum mengait informasi sekolah.

Secara khusus, mahasiswa dituntut untuk memahami dan meresapi proses menjadi calon pendidik yang profesional nantinya dengan memahami kondisi sekolah praktikan Magang 1.

References

Tim. 2018. Buku Panduan Magang 1 dan Magang 2. Semarang: UPGRIS Press


Details ...