Pendidikan Agama Islam , Curriculum : 2018


Courser in EnglishReligion Studies
ProgramManajemen
SKS2 SKS
RPS28 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

1.   Bertaqwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  dan  mampu  menunjukkan  sikap religius (S1)
2.   Menjunjung  tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas  berdasarkan agama, moral dan etika (S2)
3.   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)
4.   Menunjukkan   sikap   peneladanan   melalui   karakter   Unggul,   Peduli,   Gigih, Reeligius,  ber-Integritas,  dan  sinergis  (UPGRIS)  yang  kuat  dalam  mengikuti perkembangan IPTEKS.(S11)
5.   Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis     bagian     khusus     dalam     bidang     pengetahuan     tersebut     secara mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan  pemikiran  logis,  kritis,  sistematis,  dan  inovatif  dalam  konteks pengembangan   atau   implementasi   ilmu   pengetahuan   dan   teknologi   yang memperhatikan  dan  menerapkan  nilai  humaniora  yang  sesuai  dengan  bidang keahliannya (KU1)
6.   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya  berdasarkan  kaidah,  tata  cara  dan  etika  ilmiah  dalam  rangka menghasilkan  solusi,  gagasan,  desain,  atau  kritik  seni,  menuyusun  deskripsi saintifik  hasil  kajiannya  dalam  bentuk  skripsi  atau  laopran  tugas  akhir,  dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)
7.   Mampu  mengkonstruksi  materi,  struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  keilmuan tentang agama (P1)
8.   Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari- hari (P2)
9.   Mampu   mengidentifikasi   dan   memberikan   solusi   terhadap   permasalahan- permasalahan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari (P3)

References

1.    Direktorat  Pembelajaran,  Direktorat  Jendral  Pembelajaran  dan  Kemahaiswaan, Kementerian  Riset,  Teknologi,  dan  Pendidikan  Tinggi  RI,  2016,  Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
2.    Rahmat   Rais,   Drs.   H.   M.Ag,   dan   M.   Durri   An   Na’im,   Drs.   H.   M.Pd.I, Pengembangan   Kepribadian   Dalam   Pendidikan   Islam,   CV.   Ghyyas   Putra, Semarang, 2012.
3.    Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
4.    Al Qur’an dan Terjemahannya.
5.    Anshari,  Endang  Saifudin,  1984,  Ilmu,  Filsafat,  dan  Agama.  Jakarta  :Bulan Bintang.
6.    Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
7.    Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
8.    Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

1.   Bertaqwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  dan  mampu  menunjukkan  sikap religius (S1)
2.   Menjunjung  tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas  berdasarkan agama, moral dan etika (S2)
3.   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)
4.   Menunjukkan   sikap   peneladanan   melalui   karakter   Unggul,   Peduli,   Gigih, Reeligius,  ber-Integritas,  dan  sinergis  (UPGRIS)  yang  kuat  dalam  mengikuti perkembangan IPTEKS.(S11)
5.   Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis     bagian     khusus     dalam     bidang     pengetahuan     tersebut     secara mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan  pemikiran  logis,  kritis,  sistematis,  dan  inovatif  dalam  konteks pengembangan   atau   implementasi   ilmu   pengetahuan   dan   teknologi   yang memperhatikan  dan  menerapkan  nilai  humaniora  yang  sesuai  dengan  bidang keahliannya (KU1)
6.   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya  berdasarkan  kaidah,  tata  cara  dan  etika  ilmiah  dalam  rangka menghasilkan  solusi,  gagasan,  desain,  atau  kritik  seni,  menuyusun  deskripsi saintifik  hasil  kajiannya  dalam  bentuk  skripsi  atau  laopran  tugas  akhir,  dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)
7.   Mampu  mengkonstruksi  materi,  struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  keilmuan tentang agama (P1)
8.   Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari- hari (P2)
9.   Mampu   mengidentifikasi   dan   memberikan   solusi   terhadap   permasalahan- permasalahan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari (P3)

References

1.    Direktorat  Pembelajaran,  Direktorat  Jendral  Pembelajaran  dan  Kemahaiswaan, Kementerian  Riset,  Teknologi,  dan  Pendidikan  Tinggi  RI,  2016,  Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
2.    Rahmat   Rais,   Drs.   H.   M.Ag,   dan   M.   Durri   An   Na’im,   Drs.   H.   M.Pd.I, Pengembangan   Kepribadian   Dalam   Pendidikan   Islam,   CV.   Ghyyas   Putra, Semarang, 2012.
3.    Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
4.    Al Qur’an dan Terjemahannya.
5.    Anshari,  Endang  Saifudin,  1984,  Ilmu,  Filsafat,  dan  Agama.  Jakarta  :Bulan Bintang.
6.    Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
7.    Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
8.    Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

1.   Bertaqwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  dan  mampu  menunjukkan  sikap religius (S1)
2.   Menjunjung  tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas  berdasarkan agama, moral dan etika (S2)
3.   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)
4.   Menunjukkan   sikap   peneladanan   melalui   karakter   Unggul,   Peduli,   Gigih, Reeligius,  ber-Integritas,  dan  sinergis  (UPGRIS)  yang  kuat  dalam  mengikuti perkembangan IPTEKS.(S11)
5.   Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis     bagian     khusus     dalam     bidang     pengetahuan     tersebut     secara mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan  pemikiran  logis,  kritis,  sistematis,  dan  inovatif  dalam  konteks pengembangan   atau   implementasi   ilmu   pengetahuan   dan   teknologi   yang memperhatikan  dan  menerapkan  nilai  humaniora  yang  sesuai  dengan  bidang keahliannya (KU1)
6.   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya  berdasarkan  kaidah,  tata  cara  dan  etika  ilmiah  dalam  rangka menghasilkan  solusi,  gagasan,  desain,  atau  kritik  seni,  menuyusun  deskripsi saintifik  hasil  kajiannya  dalam  bentuk  skripsi  atau  laopran  tugas  akhir,  dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)
7.   Mampu  mengkonstruksi  materi,  struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  keilmuan tentang agama (P1)
8.   Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari- hari (P2)
9.   Mampu   mengidentifikasi   dan   memberikan   solusi   terhadap   permasalahan- permasalahan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari (P3)

References

1.    Direktorat  Pembelajaran,  Direktorat  Jendral  Pembelajaran  dan  Kemahaiswaan, Kementerian  Riset,  Teknologi,  dan  Pendidikan  Tinggi  RI,  2016,  Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
2.    Rahmat   Rais,   Drs.   H.   M.Ag,   dan   M.   Durri   An   Na’im,   Drs.   H.   M.Pd.I, Pengembangan   Kepribadian   Dalam   Pendidikan   Islam,   CV.   Ghyyas   Putra, Semarang, 2012.
3.    Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
4.    Al Qur’an dan Terjemahannya.
5.    Anshari,  Endang  Saifudin,  1984,  Ilmu,  Filsafat,  dan  Agama.  Jakarta  :Bulan Bintang.
6.    Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
7.    Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
8.    Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

1.   Bertaqwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  dan  mampu  menunjukkan  sikap religius (S1)
2.   Menjunjung  tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas  berdasarkan agama, moral dan etika (S2)
3.   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)
4.   Menunjukkan   sikap   peneladanan   melalui   karakter   Unggul,   Peduli,   Gigih, Reeligius,  ber-Integritas,  dan  sinergis  (UPGRIS)  yang  kuat  dalam  mengikuti perkembangan IPTEKS.(S11)
5.   Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis     bagian     khusus     dalam     bidang     pengetahuan     tersebut     secara mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan  pemikiran  logis,  kritis,  sistematis,  dan  inovatif  dalam  konteks pengembangan   atau   implementasi   ilmu   pengetahuan   dan   teknologi   yang memperhatikan  dan  menerapkan  nilai  humaniora  yang  sesuai  dengan  bidang keahliannya (KU1)
6.   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya  berdasarkan  kaidah,  tata  cara  dan  etika  ilmiah  dalam  rangka menghasilkan  solusi,  gagasan,  desain,  atau  kritik  seni,  menuyusun  deskripsi saintifik  hasil  kajiannya  dalam  bentuk  skripsi  atau  laopran  tugas  akhir,  dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)
7.   Mampu  mengkonstruksi  materi,  struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  keilmuan tentang agama (P1)
8.   Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari- hari (P2)
9.   Mampu   mengidentifikasi   dan   memberikan   solusi   terhadap   permasalahan- permasalahan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari (P3)

References

1.    Direktorat  Pembelajaran,  Direktorat  Jendral  Pembelajaran  dan  Kemahaiswaan, Kementerian  Riset,  Teknologi,  dan  Pendidikan  Tinggi  RI,  2016,  Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
2.    Rahmat   Rais,   Drs.   H.   M.Ag,   dan   M.   Durri   An   Na’im,   Drs.   H.   M.Pd.I, Pengembangan   Kepribadian   Dalam   Pendidikan   Islam,   CV.   Ghyyas   Putra, Semarang, 2012.
3.    Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
4.    Al Qur’an dan Terjemahannya.
5.    Anshari,  Endang  Saifudin,  1984,  Ilmu,  Filsafat,  dan  Agama.  Jakarta  :Bulan Bintang.
6.    Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
7.    Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
8.    Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

1.   Bertaqwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  dan  mampu  menunjukkan  sikap religius (S1)
2.   Menjunjung  tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas  berdasarkan agama, moral dan etika (S2)
3.   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)
4.   Menunjukkan   sikap   peneladanan   melalui   karakter   Unggul,   Peduli,   Gigih, Reeligius,  ber-Integritas,  dan  sinergis  (UPGRIS)  yang  kuat  dalam  mengikuti perkembangan IPTEKS.(S11)
5.   Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis     bagian     khusus     dalam     bidang     pengetahuan     tersebut     secara mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan  pemikiran  logis,  kritis,  sistematis,  dan  inovatif  dalam  konteks pengembangan   atau   implementasi   ilmu   pengetahuan   dan   teknologi   yang memperhatikan  dan  menerapkan  nilai  humaniora  yang  sesuai  dengan  bidang keahliannya (KU1)
6.   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya  berdasarkan  kaidah,  tata  cara  dan  etika  ilmiah  dalam  rangka menghasilkan  solusi,  gagasan,  desain,  atau  kritik  seni,  menuyusun  deskripsi saintifik  hasil  kajiannya  dalam  bentuk  skripsi  atau  laopran  tugas  akhir,  dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)
7.   Mampu  mengkonstruksi  materi,  struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  keilmuan tentang agama (P1)
8.   Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari- hari (P2)
9.   Mampu   mengidentifikasi   dan   memberikan   solusi   terhadap   permasalahan- permasalahan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari (P3)

References

1.    Direktorat  Pembelajaran,  Direktorat  Jendral  Pembelajaran  dan  Kemahaiswaan, Kementerian  Riset,  Teknologi,  dan  Pendidikan  Tinggi  RI,  2016,  Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
2.    Rahmat   Rais,   Drs.   H.   M.Ag,   dan   M.   Durri   An   Na’im,   Drs.   H.   M.Pd.I, Pengembangan   Kepribadian   Dalam   Pendidikan   Islam,   CV.   Ghyyas   Putra, Semarang, 2012.
3.    Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
4.    Al Qur’an dan Terjemahannya.
5.    Anshari,  Endang  Saifudin,  1984,  Ilmu,  Filsafat,  dan  Agama.  Jakarta  :Bulan Bintang.
6.    Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
7.    Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
8.    Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

1.   Bertaqwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  dan  mampu  menunjukkan  sikap religius (S1)
2.   Menjunjung  tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas  berdasarkan agama, moral dan etika (S2)
3.   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)
4.   Menunjukkan   sikap   peneladanan   melalui   karakter   Unggul,   Peduli,   Gigih, Reeligius,  ber-Integritas,  dan  sinergis  (UPGRIS)  yang  kuat  dalam  mengikuti perkembangan IPTEKS.(S11)
5.   Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis     bagian     khusus     dalam     bidang     pengetahuan     tersebut     secara mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan  pemikiran  logis,  kritis,  sistematis,  dan  inovatif  dalam  konteks pengembangan   atau   implementasi   ilmu   pengetahuan   dan   teknologi   yang memperhatikan  dan  menerapkan  nilai  humaniora  yang  sesuai  dengan  bidang keahliannya (KU1)
6.   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya  berdasarkan  kaidah,  tata  cara  dan  etika  ilmiah  dalam  rangka menghasilkan  solusi,  gagasan,  desain,  atau  kritik  seni,  menuyusun  deskripsi saintifik  hasil  kajiannya  dalam  bentuk  skripsi  atau  laopran  tugas  akhir,  dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)
7.   Mampu  mengkonstruksi  materi,  struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  keilmuan tentang agama (P1)
8.   Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari- hari (P2)
9.   Mampu   mengidentifikasi   dan   memberikan   solusi   terhadap   permasalahan- permasalahan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari (P3)

References

1.    Direktorat  Pembelajaran,  Direktorat  Jendral  Pembelajaran  dan  Kemahaiswaan, Kementerian  Riset,  Teknologi,  dan  Pendidikan  Tinggi  RI,  2016,  Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
2.    Rahmat   Rais,   Drs.   H.   M.Ag,   dan   M.   Durri   An   Na’im,   Drs.   H.   M.Pd.I, Pengembangan   Kepribadian   Dalam   Pendidikan   Islam,   CV.   Ghyyas   Putra, Semarang, 2012.
3.    Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
4.    Al Qur’an dan Terjemahannya.
5.    Anshari,  Endang  Saifudin,  1984,  Ilmu,  Filsafat,  dan  Agama.  Jakarta  :Bulan Bintang.
6.    Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
7.    Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
8.    Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

1.   Bertaqwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  dan  mampu  menunjukkan  sikap religius (S1)
2.   Menjunjung  tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas  berdasarkan agama, moral dan etika (S2)
3.   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)
4.   Menunjukkan   sikap   peneladanan   melalui   karakter   Unggul,   Peduli,   Gigih, Reeligius,  ber-Integritas,  dan  sinergis  (UPGRIS)  yang  kuat  dalam  mengikuti perkembangan IPTEKS.(S11)
5.   Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis     bagian     khusus     dalam     bidang     pengetahuan     tersebut     secara mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan  pemikiran  logis,  kritis,  sistematis,  dan  inovatif  dalam  konteks pengembangan   atau   implementasi   ilmu   pengetahuan   dan   teknologi   yang memperhatikan  dan  menerapkan  nilai  humaniora  yang  sesuai  dengan  bidang keahliannya (KU1)
6.   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya  berdasarkan  kaidah,  tata  cara  dan  etika  ilmiah  dalam  rangka menghasilkan  solusi,  gagasan,  desain,  atau  kritik  seni,  menuyusun  deskripsi saintifik  hasil  kajiannya  dalam  bentuk  skripsi  atau  laopran  tugas  akhir,  dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)
7.   Mampu  mengkonstruksi  materi,  struktur,  konsep,  dan  pola  pikir  keilmuan tentang agama (P1)
8.   Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari- hari (P2)
9.   Mampu   mengidentifikasi   dan   memberikan   solusi   terhadap   permasalahan- permasalahan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari (P3)

References

1.    Direktorat  Pembelajaran,  Direktorat  Jendral  Pembelajaran  dan  Kemahaiswaan, Kementerian  Riset,  Teknologi,  dan  Pendidikan  Tinggi  RI,  2016,  Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
2.    Rahmat   Rais,   Drs.   H.   M.Ag,   dan   M.   Durri   An   Na’im,   Drs.   H.   M.Pd.I, Pengembangan   Kepribadian   Dalam   Pendidikan   Islam,   CV.   Ghyyas   Putra, Semarang, 2012.
3.    Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
4.    Al Qur’an dan Terjemahannya.
5.    Anshari,  Endang  Saifudin,  1984,  Ilmu,  Filsafat,  dan  Agama.  Jakarta  :Bulan Bintang.
6.    Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
7.    Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
8.    Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi : Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1)

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S2)

3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)

4. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Reeligius, ber-Integritas, dan sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.(S11)

5. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)

6. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menuyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laopran tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)

7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan tentang agama (P1)

8. Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan seharihari (P2)

9. Mampu mengidentifikasi dan memberikan solusi terhad

References

1.    Direktorat  Pembelajaran,  Direktorat  Jendral  Pembelajaran  dan  Kemahaiswaan, Kementerian  Riset,  Teknologi,  dan  Pendidikan  Tinggi  RI,  2016,  Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
2.    Rahmat   Rais,   Drs.   H.   M.Ag,   dan   M.   Durri   An   Na’im,   Drs.   H.   M.Pd.I, Pengembangan   Kepribadian   Dalam   Pendidikan   Islam,   CV.   Ghyyas   Putra, Semarang, 2012.
3.    Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
4.    Al Qur’an dan Terjemahannya.
5.    Anshari,  Endang  Saifudin,  1984,  Ilmu,  Filsafat,  dan  Agama.  Jakarta  :Bulan Bintang.
6.    Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
7.    Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
8.    Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi : Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1)

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S2)

3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)

4. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Reeligius, ber-Integritas, dan sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.(S11)

5. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)

6. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menuyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laopran tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)

7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan tentang agama (P1)

8. Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan seharihari (P2)

9. Mampu mengidentifikasi dan memberikan solusi terhad

References

1.    Direktorat  Pembelajaran,  Direktorat  Jendral  Pembelajaran  dan  Kemahaiswaan, Kementerian  Riset,  Teknologi,  dan  Pendidikan  Tinggi  RI,  2016,  Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
2.    Rahmat   Rais,   Drs.   H.   M.Ag,   dan   M.   Durri   An   Na’im,   Drs.   H.   M.Pd.I, Pengembangan   Kepribadian   Dalam   Pendidikan   Islam,   CV.   Ghyyas   Putra, Semarang, 2012.
3.    Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
4.    Al Qur’an dan Terjemahannya.
5.    Anshari,  Endang  Saifudin,  1984,  Ilmu,  Filsafat,  dan  Agama.  Jakarta  :Bulan Bintang.
6.    Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
7.    Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
8.    Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi : Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1)

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S2)

3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)

4. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Reeligius, ber-Integritas, dan sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.(S11)

5. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)

6. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menuyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laopran tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)

7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan tentang agama (P1)

8. Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan seharihari (P2)

9. Mampu mengidentifikasi dan memberikan solusi terhad

References

1.    Direktorat  Pembelajaran,  Direktorat  Jendral  Pembelajaran  dan  Kemahaiswaan, Kementerian  Riset,  Teknologi,  dan  Pendidikan  Tinggi  RI,  2016,  Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
2.    Rahmat   Rais,   Drs.   H.   M.Ag,   dan   M.   Durri   An   Na’im,   Drs.   H.   M.Pd.I, Pengembangan   Kepribadian   Dalam   Pendidikan   Islam,   CV.   Ghyyas   Putra, Semarang, 2012.
3.    Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
4.    Al Qur’an dan Terjemahannya.
5.    Anshari,  Endang  Saifudin,  1984,  Ilmu,  Filsafat,  dan  Agama.  Jakarta  :Bulan Bintang.
6.    Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
7.    Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
8.    Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi : Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1)

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S2)

3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)

4. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Reeligius, ber-Integritas, dan sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.(S11)

5. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)

6. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menuyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laopran tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)

7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan tentang agama (P1)

8. Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan seharihari (P2)

9. Mampu mengidentifikasi dan memberikan solusi terhad

References

1.    Direktorat  Pembelajaran,  Direktorat  Jendral  Pembelajaran  dan  Kemahaiswaan, Kementerian  Riset,  Teknologi,  dan  Pendidikan  Tinggi  RI,  2016,  Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
2.    Rahmat   Rais,   Drs.   H.   M.Ag,   dan   M.   Durri   An   Na’im,   Drs.   H.   M.Pd.I, Pengembangan   Kepribadian   Dalam   Pendidikan   Islam,   CV.   Ghyyas   Putra, Semarang, 2012.
3.    Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
4.    Al Qur’an dan Terjemahannya.
5.    Anshari,  Endang  Saifudin,  1984,  Ilmu,  Filsafat,  dan  Agama.  Jakarta  :Bulan Bintang.
6.    Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
7.    Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
8.    Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :

Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1)
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S2)
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)
  4. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Reeligius, ber-Integritas, dan sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.(S11)
  5. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
  6. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menuyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laopran tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)
  7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan tentang agama (P1)
  8. Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari (P2)
  9. Mampu mengidentifikasi dan memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari (P3)

References

 

  1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
  2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  4. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
  8. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  9. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  10. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  11. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

 


Details ...