Sumber Belajar dan Multimedia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSumber Belajar dan Multimedia
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS9 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami ruang lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi yang meliputi pengenalan bahasa pemrograman
Visual Basic Application pada microsoft power point, wondershare quiz creator serta alice world 3D.

Learning Outcomes

Dalam Mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu membuat media pembelajaran melalui praktikum pada ruang lingkup Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang meliputi pembuatan slide microsoft power point dengan bantuan bahasa pemrograman Visual Basic Application, pembuatan quiz
online maupun offline dengan wondershare quiz creator serta pembuatan storyboard dengan alice world 3D.

References

1. Modul Teknologi Informasi dan Komunikasi.

2. https://docs.microsoft.com/en-us/office/vba/api/overview/powerpoint

3. http://www.alice.org/resources/alice-2-how-tos/


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami ruang lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi yang meliputi pengenalan bahasa pemrograman
Visual Basic Application pada microsoft power point, wondershare quiz creator serta alice world 3D.

Learning Outcomes

Dalam Mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu membuat media pembelajaran melalui praktikum pada ruang lingkup Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang meliputi pembuatan slide microsoft power point dengan bantuan bahasa pemrograman Visual Basic Application, pembuatan quiz
online maupun offline dengan wondershare quiz creator serta pembuatan storyboard dengan alice world 3D.

References

1. Modul Teknologi Informasi dan Komunikasi.

2. https://docs.microsoft.com/en-us/office/vba/api/overview/powerpoint

3. http://www.alice.org/resources/alice-2-how-tos/


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami ruang lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi yang meliputi pengenalan bahasa pemrograman
Visual Basic Application pada microsoft power point, wondershare quiz creator serta alice world 3D.

Learning Outcomes

Dalam Mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu membuat media pembelajaran melalui praktikum pada ruang lingkup Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang meliputi pembuatan slide microsoft power point dengan bantuan bahasa pemrograman Visual Basic Application, pembuatan quiz
online maupun offline dengan wondershare quiz creator serta pembuatan storyboard dengan alice world 3D.

References

1. Modul Teknologi Informasi dan Komunikasi.

2. https://docs.microsoft.com/en-us/office/vba/api/overview/powerpoint

3. http://www.alice.org/resources/alice-2-how-tos/


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami ruang lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi yang meliputi pengenalan bahasa pemrograman
Visual Basic Application pada microsoft power point, wondershare quiz creator serta alice world 3D.

Learning Outcomes

Dalam Mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu membuat media pembelajaran melalui praktikum pada ruang lingkup Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang meliputi pembuatan slide microsoft power point dengan bantuan bahasa pemrograman Visual Basic Application, pembuatan quiz
online maupun offline dengan wondershare quiz creator serta pembuatan storyboard dengan alice world 3D.

References

1. Modul Teknologi Informasi dan Komunikasi.

2. https://docs.microsoft.com/en-us/office/vba/api/overview/powerpoint

3. http://www.alice.org/resources/alice-2-how-tos/


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami ruang lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi yang meliputi pengenalan spreadsheet pada microsoft excel, pengenalan bahasa pemrograman Visual Basic Application pada microsoft power point, serta pengenalan quiz online maupun offline pada wondershare quiz creator.

 

Learning Outcomes

Dalam Mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu membuat media pembelajaran melalui praktikum pada ruang lingkup Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang meliputi pembuatan dan perhitungan spreadsheet pada microsoft excel, pembuatan slide microsoft power point dengan bantuan bahasa pemrograman Visual Basic Application, serta pembuatan quiz online maupun offline dengan wondershare quiz creator.

References

1. Modul Teknologi Informasi dan Komunikasi


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami ruang lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi yang meliputi pengenalan spreadsheet pada microsoft excel, pengenalan bahasa pemrograman Visual Basic Application pada microsoft power point, serta pengenalan quiz online maupun offline pada wondershare quiz creator.

Learning Outcomes

Dalam Mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu membuat media pembelajaran melalui praktikum pada ruang lingkup Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang meliputi pembuatan dan perhitungan spreadsheet pada microsoft excel, pembuatan slide microsoft power point dengan bantuan bahasa pemrograman Visual Basic Application, serta pembuatan quiz online maupun offline dengan wondershare quiz creator.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami ruang lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi yang meliputi pengenalan spreadsheet pada microsoft excel, pengenalan bahasa pemrograman Visual Basic Application pada microsoft power point, serta pengenalan quiz online maupun offline pada wondershare quiz creator.

Learning Outcomes

Dalam Mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu membuat media pembelajaran melalui praktikum pada ruang lingkup Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang meliputi pembuatan dan perhitungan spreadsheet pada microsoft excel, pembuatan slide microsoft power point dengan bantuan bahasa pemrograman Visual Basic Application, serta pembuatan quiz online maupun offline dengan wondershare quiz creator.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami ruang lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi yang meliputi pengenalan spreadsheet pada microsoft excel, pengenalan bahasa pemrograman Visual Basic Application pada microsoft power point, serta pengenalan quiz online maupun offline pada wondershare quiz creator.

Learning Outcomes

Dalam Mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu membuat media pembelajaran melalui praktikum pada ruang lingkup Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang meliputi pembuatan dan perhitungan spreadsheet pada microsoft excel, pembuatan slide microsoft power point dengan bantuan bahasa pemrograman Visual Basic Application, serta pembuatan quiz online maupun offline dengan wondershare quiz creator.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa Fakultas Bahasa dan Pendidikan,Universitas PGRI Semarang.Mata kuliah ini akan membuat mahasiswa mampu merancang bahan perkuliahan dan evaluasi pengajaran Bahasa dengan menggunakan lebih dari 8 jenis software pembelajaran.Mahasiswa akan diajarkan bagaimana cara memadukan suara,text,gambar,video,dan web site untuk tujuan pembelajaran Bahasa Inggris,Bahasa Indonesia,dan Bahasa Jawa.Hasil pekerjaaan Mahasiswa dapat di unduk menjadi on-line learning atau disimpan dalam CD atau di unduh pada telepon genggam yang berbasis Android.

Learning Outcomes

1.Knowledge and Understanding

a. understand the history of  Learning and Teaching Media in the Language Teaching

b. comprehend basic concept of Media application in Language Teaching

c. distinguish the techniques and procedures of computer and non-computer based media by using particular authoring program and software.

d. identify related media  for  particular school/students’ needs

 

2.Skill and Ability

a. conduct Media need analysis of the school/students

b. design Non-computer-Based Media based on STORY BOARD

b. integrate the design with the school/students’ needs

c. implement or apply or practice the design into the classroom

d. evaluate  and revise the design for  the improvement of the application

 

3.Intellectual behavior and Scientific Ethics

  1. work cooperatively in a small group environment
  2. behave properly in the classroom
  3. responsible for the content and the  product of the media designed

References

Referensi

Chatfield. (2010). Microsoft  Project 2010 Step by Step. Microsoft Press

Ellis,R.(2005).Planning and Task Performance in second Language.John Benjamins Publishing Company,Amsterdam

Elizabeth. C. (2003). HTML for the World Wide Web with XHTML and CSS: Visual QuickStart Guide, 5th Ed. Peachpit Press.New York

Davies, G., Hewer, S., Rendall, H., & Walker, R. (2004). ICT4LT Module 1.4: Introduction to computer assisted language learning (CALL). http://www.ict4lt.org/en/en_mod1-4.htm

Robin Williams and John Tollett (2000). The Non-Designer's Web Book,2nd Ed. Peachpit Press

Warschauer, M., & Meskill, C. (2000). Technology and second language learning. In J. Rosenthal (Ed.), Handbook of undergraduate second language education (pp. 303-318). Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa Fakultas Bahasa dan Pendidikan,Universitas PGRI Semarang.Mata kuliah ini akan membuat mahasiswa mampu merancang bahan perkuliahan dan evaluasi pengajaran Bahasa dengan menggunakan lebih dari 8 jenis software pembelajaran.Mahasiswa akan diajarkan bagaimana cara memadukan suara,text,gambar,video,dan web site untuk tujuan pembelajaran Bahasa Inggris,Bahasa Indonesia,dan Bahasa Jawa.Hasil pekerjaaan Mahasiswa dapat di unduk menjadi on-line learning atau disimpan dalam CD atau di unduh pada telepon genggam yang berbasis Android.

Learning Outcomes

1.Knowledge and Understanding

a. understand the history of  Learning and Teaching Media in the Language Teaching

b. comprehend basic concept of Media application in Language Teaching

c. distinguish the techniques and procedures of computer and non-computer based media by using particular authoring program and software.

d. identify related media  for  particular school/students’ needs

 

2.Skill and Ability

a. conduct Media need analysis of the school/students

b. design Non-computer-Based Media based on STORY BOARD

b. integrate the design with the school/students’ needs

c. implement or apply or practice the design into the classroom

d. evaluate  and revise the design for  the improvement of the application

 

3.Intellectual behavior and Scientific Ethics

  1. work cooperatively in a small group environment
  2. behave properly in the classroom
  3. responsible for the content and the  product of the media designed

References

Referensi

Chatfield. (2010). Microsoft  Project 2010 Step by Step. Microsoft Press

Ellis,R.(2005).Planning and Task Performance in second Language.John Benjamins Publishing Company,Amsterdam

Elizabeth. C. (2003). HTML for the World Wide Web with XHTML and CSS: Visual QuickStart Guide, 5th Ed. Peachpit Press.New York

Davies, G., Hewer, S., Rendall, H., & Walker, R. (2004). ICT4LT Module 1.4: Introduction to computer assisted language learning (CALL). http://www.ict4lt.org/en/en_mod1-4.htm

Robin Williams and John Tollett (2000). The Non-Designer's Web Book,2nd Ed. Peachpit Press

Warschauer, M., & Meskill, C. (2000). Technology and second language learning. In J. Rosenthal (Ed.), Handbook of undergraduate second language education (pp. 303-318). Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum.


Details ...