Psikologi Kewirausahaan, Curriculum : 2014


Courser in EnglishEntrepreneurial Psychology
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah psikologi kewirausahaan membahas tentang konsepsi pentingnya memiliki semangat kewirausahaan dan membekali mahasiswa dengan keterampilan tepat guna dalam merancang produk yang memberikan pemecahan atas permasalahan sosial kemasyarakatan.  

Learning Outcomes

Hasil yang akan dicapai oleh mahasiswa dalam mata kuliah ini, yaitu: 

  1. Mahasiswa memiliki pemahaman pentingnya menerapkan semangat kewirausahaan dalam kehidupan.
  2. Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif.
  3. Mahasiswa memiliki keterampilan dalam membuat karya / produk yang bernilai guna bagi masyarakat.  

References

Referensi:

  1. Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Afabeta.
  2. Djatmiko, Muhammad Budi. 2011. Entrepreneurship Go International-Cara Mudah dan Benar Menjadi Pengusaha. Bandung: STEMBI-Bandung Business School.
  3. Wiyani, Novan Ardy. 2012. Teacherpreneurship-gagasan & upaya menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah psikologi kewirausahaan membahas tentang konsepsi pentingnya memiliki semangat kewirausahaan dan membekali mahasiswa dengan keterampilan tepat guna dalam merancang produk yang memberikan pemecahan atas permasalahan sosial kemasyarakatan.  

Learning Outcomes

Hasil yang akan dicapai oleh mahasiswa dalam mata kuliah ini, yaitu: 

  1. Mahasiswa memiliki pemahaman pentingnya menerapkan semangat kewirausahaan dalam kehidupan.
  2. Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif.
  3. Mahasiswa memiliki keterampilan dalam membuat karya / produk yang bernilai guna bagi masyarakat.  

References

Referensi:

  1. Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Afabeta.
  2. Djatmiko, Muhammad Budi. 2011. Entrepreneurship Go International-Cara Mudah dan Benar Menjadi Pengusaha. Bandung: STEMBI-Bandung Business School.
  3. Wiyani, Novan Ardy. 2012. Teacherpreneurship-gagasan & upaya menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah psikologi kewirausahaan membahas tentang konsepsi pentingnya memiliki semangat kewirausahaan dan membekali mahasiswa dengan keterampilan tepat guna dalam merancang produk yang memberikan pemecahan atas permasalahan sosial kemasyarakatan.  

Learning Outcomes

Minggu Kemampuan Akhir yang Diharapkan Bahan Kajian (Materi Ajar) Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Mahasiswa Kriteria Penilaian Bobot nilai
1 Pemahaman tentang kontrak perkuliahan, konsep pokok psikologi sosial Berkas kontrak perkuliahan, psikologi sosial Ceramah, Tanyajawab Mahasiswa memiliki pemahaman tentan kontrak perkuliahan yang telah disepakati, Mahasiswa memiliki pemahaman terkait pengantar umum  psikologi sosial -- --
2 Pemahaman dan dapat  menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. (1) Pengetahuan dan Mindset wirausaha, (2) Pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini.  Simulasi, diskusi, dan Tanya jawab Mahasiswa mendapatkan pemahaman dan dapat  menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. Partisipasi di dalam kelas 60%
3 Pemahaman dan dapat  menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. (1) Pengetahuan dan Mindset wirausaha, (2) Pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini.  Simulasi, diskusi, dan Tanya jawab Mahasiswa mendapatkan pemahaman dan dapat  menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. Partisipasi di dalam kelas 60%
4 Pemahaman pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini.  Karakter  wirausaha. Simulasi, Diskusi dan tanya jawab Mahasiswa memiliki pemahaman pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini.  Partisipasi di dalam kelas 60%
5 Pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. (1) Model proses berkembangnya wirausaha, ciri proses pertumbuhan kewirausahaan, (2) Langkah menuju keberhasilan berwirausaha, faktor pendorong dan penghambat kewirausahaan Presentasi, Diskusi dan Tanya jawab Mahasiswa memiliki pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
6 Pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. (1) Model proses berkembangnya wirausaha, ciri proses pertumbuhan kewirausahaan, (2) Langkah menuju keberhasilan berwirausaha, faktor pendorong dan penghambat kewirausahaan Presesntasi, Diskusi dan Tanya jawab Mahasiswa memiliki pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
7 Pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan  pelaku usaha (1) Gambaran langkah-langkah memasuki dunia usaha, (2) mengenal cara merintis usaha baru dan mengembangkan Presentasi, Diskusi dan  Tanya jawab  Mahasiswa memiliki pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan  pelaku usaha (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
8 Pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan  pelaku usaha Pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan  pelaku usaha Presentasi, Diskusi dan  Tanya jawab  Mahasiswa memiliki pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan  pelaku usaha (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
9 Mampu memberikan g tepat terkait persoalan yang diberikanpenjelasan yan  UTS Menjawab soal uraian  Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan jawaban dengan jelas dan tepat  Ketepatan jawaban  20%
10 Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif (1) Peluang usaha,
(2) Kreatif dan Inovatif dan penerapannya dalam setting pendidikan
Simulasi, Diskusi, dan Tanyajawab Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
11 Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif (1) Peluang usaha,
(2) Kreatif dan Inovatif dan penerapannya dalam setting pendidikan
Simulasi, Diskusi, dan Tanyajawab  Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
12 Mampu membuat studi kelayakan usaha (1) Sasaran kualitas manajemen operasional,
(2) Kekuatan kompetitif melalui peningkatan produktivitas
Presentasi, diskusi, dan Tanyajawab Mahasiswa mampu membuat studi kelayakan usaha (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
13 Mampu membuat studi kelayakan usaha (1) Sasaran kualitas manajemen operasional,
(2) Kekuatan kompetitif melalui peningkatan produktivitas
Presentasi, Diskusi, dan Tanyajawab  Mahasiswa mampu membuat studi kelayakan usaha (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
14 Kemampuan menerapkan etika wirausaha dalam dalam merintis usaha baru (1) Pengertian etika, etika dalam wirausaha dan faktor pengaruhnya,
(2) keuntungan menjaga etika
Bermain peran, Diskusi, dan Tanyajawab  Mahasiswa memiliki kemampuan menerapkan etika wirausaha dalam dalam merintis usaha baru Partisipasi dalam kelas 60%
15 Mahasiswa dapat menciptakan/ membuat produk yang kreatif dan inovatif serta memiliki manfaat bagi kehidupan manusia  Memulai usaha, dengan menciptakan produk yang kreatif dan inovatif dan mutiara kegiatan wirausaha dalam Islam.  Presentasi dan Ekspo/ pameran   Mahasiswa memiliki kemampuan Menciptakan/ membuat produk yang kreatif dan inovatif serta memiliki manfaat bagi kehidupan manusia  Partisipasi dalam kegiatan dan penampilan produk, stan, serta tim.  60%
16 Mampu memberikan g tepat terkait persoalan yang diberikanpenjelasan yan  UAS Menjawab soal uraian  Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan jawaban dengan jelas dan tepat  Ketepatan jawaban  20%

References

  1. Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Afabeta.
  2. Djatmiko, Muhammad Budi. 2011. Entrepreneurship Go International-Cara Mudah dan Benar Menjadi Pengusaha. Bandung: STEMBI-Bandung Business School.
  3. Wiyani, Novan Ardy. 2012. Teacherpreneurship-gagasan & upaya menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah psikologi kewirausahaan membahas tentang konsepsi pentingnya memiliki semangat kewirausahaan dan membekali mahasiswa dengan keterampilan tepat guna dalam merancang produk yang memberikan pemecahan atas permasalahan sosial kemasyarakatan.  

Learning Outcomes

Minggu Kemampuan Akhir yang Diharapkan Bahan Kajian (Materi Ajar) Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Mahasiswa Kriteria Penilaian Bobot nilai
1 Pemahaman tentang kontrak perkuliahan, konsep pokok psikologi sosial Berkas kontrak perkuliahan, psikologi sosial Ceramah, Tanyajawab Mahasiswa memiliki pemahaman tentan kontrak perkuliahan yang telah disepakati, Mahasiswa memiliki pemahaman terkait pengantar umum  psikologi sosial -- --
2 Pemahaman dan dapat  menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. (1) Pengetahuan dan Mindset wirausaha, (2) Pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini.  Simulasi, diskusi, dan Tanya jawab Mahasiswa mendapatkan pemahaman dan dapat  menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. Partisipasi di dalam kelas 60%
3 Pemahaman dan dapat  menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. (1) Pengetahuan dan Mindset wirausaha, (2) Pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini.  Simulasi, diskusi, dan Tanya jawab Mahasiswa mendapatkan pemahaman dan dapat  menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. Partisipasi di dalam kelas 60%
4 Pemahaman pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini.  Karakter  wirausaha. Simulasi, Diskusi dan tanya jawab Mahasiswa memiliki pemahaman pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini.  Partisipasi di dalam kelas 60%
5 Pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. (1) Model proses berkembangnya wirausaha, ciri proses pertumbuhan kewirausahaan, (2) Langkah menuju keberhasilan berwirausaha, faktor pendorong dan penghambat kewirausahaan Presentasi, Diskusi dan Tanya jawab Mahasiswa memiliki pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
6 Pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. (1) Model proses berkembangnya wirausaha, ciri proses pertumbuhan kewirausahaan, (2) Langkah menuju keberhasilan berwirausaha, faktor pendorong dan penghambat kewirausahaan Presesntasi, Diskusi dan Tanya jawab Mahasiswa memiliki pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
7 Pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan  pelaku usaha (1) Gambaran langkah-langkah memasuki dunia usaha, (2) mengenal cara merintis usaha baru dan mengembangkan Presentasi, Diskusi dan  Tanya jawab  Mahasiswa memiliki pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan  pelaku usaha (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
8 Pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan  pelaku usaha Pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan  pelaku usaha Presentasi, Diskusi dan  Tanya jawab  Mahasiswa memiliki pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan  pelaku usaha (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
9 Mampu memberikan g tepat terkait persoalan yang diberikanpenjelasan yan  UTS Menjawab soal uraian  Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan jawaban dengan jelas dan tepat  Ketepatan jawaban  20%
10 Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif (1) Peluang usaha,
(2) Kreatif dan Inovatif dan penerapannya dalam setting pendidikan
Simulasi, Diskusi, dan Tanyajawab Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
11 Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif (1) Peluang usaha,
(2) Kreatif dan Inovatif dan penerapannya dalam setting pendidikan
Simulasi, Diskusi, dan Tanyajawab  Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
12 Mampu membuat studi kelayakan usaha (1) Sasaran kualitas manajemen operasional,
(2) Kekuatan kompetitif melalui peningkatan produktivitas
Presentasi, diskusi, dan Tanyajawab Mahasiswa mampu membuat studi kelayakan usaha (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
13 Mampu membuat studi kelayakan usaha (1) Sasaran kualitas manajemen operasional,
(2) Kekuatan kompetitif melalui peningkatan produktivitas
Presentasi, Diskusi, dan Tanyajawab  Mahasiswa mampu membuat studi kelayakan usaha (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas 60%
14 Kemampuan menerapkan etika wirausaha dalam dalam merintis usaha baru (1) Pengertian etika, etika dalam wirausaha dan faktor pengaruhnya,
(2) keuntungan menjaga etika
Bermain peran, Diskusi, dan Tanyajawab  Mahasiswa memiliki kemampuan menerapkan etika wirausaha dalam dalam merintis usaha baru Partisipasi dalam kelas 60%
15 Mahasiswa dapat menciptakan/ membuat produk yang kreatif dan inovatif serta memiliki manfaat bagi kehidupan manusia  Memulai usaha, dengan menciptakan produk yang kreatif dan inovatif dan mutiara kegiatan wirausaha dalam Islam.  Presentasi dan Ekspo/ pameran   Mahasiswa memiliki kemampuan Menciptakan/ membuat produk yang kreatif dan inovatif serta memiliki manfaat bagi kehidupan manusia  Partisipasi dalam kegiatan dan penampilan produk, stan, serta tim.  60%
16 Mampu memberikan g tepat terkait persoalan yang diberikanpenjelasan yan  UAS Menjawab soal uraian  Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan jawaban dengan jelas dan tepat  Ketepatan jawaban  20%

References

  1. Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Afabeta.
  2. Djatmiko, Muhammad Budi. 2011. Entrepreneurship Go International-Cara Mudah dan Benar Menjadi Pengusaha. Bandung: STEMBI-Bandung Business School.
  3. Wiyani, Novan Ardy. 2012. Teacherpreneurship-gagasan & upaya menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Details ...