Courser in English | Entrepreneurial Psychology |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah psikologi kewirausahaan membahas tentang konsepsi pentingnya memiliki semangat kewirausahaan dan membekali mahasiswa dengan keterampilan tepat guna dalam merancang produk yang memberikan pemecahan atas permasalahan sosial kemasyarakatan.
Learning OutcomesHasil yang akan dicapai oleh mahasiswa dalam mata kuliah ini, yaitu:
- Mahasiswa memiliki pemahaman pentingnya menerapkan semangat kewirausahaan dalam kehidupan.
- Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif.
- Mahasiswa memiliki keterampilan dalam membuat karya / produk yang bernilai guna bagi masyarakat.
Referensi:
- Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Afabeta.
- Djatmiko, Muhammad Budi. 2011. Entrepreneurship Go International-Cara Mudah dan Benar Menjadi Pengusaha. Bandung: STEMBI-Bandung Business School.
- Wiyani, Novan Ardy. 2012. Teacherpreneurship-gagasan & upaya menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Details ...
Mata kuliah psikologi kewirausahaan membahas tentang konsepsi pentingnya memiliki semangat kewirausahaan dan membekali mahasiswa dengan keterampilan tepat guna dalam merancang produk yang memberikan pemecahan atas permasalahan sosial kemasyarakatan.
Learning OutcomesHasil yang akan dicapai oleh mahasiswa dalam mata kuliah ini, yaitu:
- Mahasiswa memiliki pemahaman pentingnya menerapkan semangat kewirausahaan dalam kehidupan.
- Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif.
- Mahasiswa memiliki keterampilan dalam membuat karya / produk yang bernilai guna bagi masyarakat.
Referensi:
- Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Afabeta.
- Djatmiko, Muhammad Budi. 2011. Entrepreneurship Go International-Cara Mudah dan Benar Menjadi Pengusaha. Bandung: STEMBI-Bandung Business School.
- Wiyani, Novan Ardy. 2012. Teacherpreneurship-gagasan & upaya menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Details ...
Mata kuliah psikologi kewirausahaan membahas tentang konsepsi pentingnya memiliki semangat kewirausahaan dan membekali mahasiswa dengan keterampilan tepat guna dalam merancang produk yang memberikan pemecahan atas permasalahan sosial kemasyarakatan.
Learning OutcomesMinggu | Kemampuan Akhir yang Diharapkan | Bahan Kajian (Materi Ajar) | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Kriteria Penilaian | Bobot nilai |
1 | Pemahaman tentang kontrak perkuliahan, konsep pokok psikologi sosial | Berkas kontrak perkuliahan, psikologi sosial | Ceramah, Tanyajawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentan kontrak perkuliahan yang telah disepakati, Mahasiswa memiliki pemahaman terkait pengantar umum psikologi sosial | -- | -- |
2 | Pemahaman dan dapat menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. | (1) Pengetahuan dan Mindset wirausaha, (2) Pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini. | Simulasi, diskusi, dan Tanya jawab | Mahasiswa mendapatkan pemahaman dan dapat menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. | Partisipasi di dalam kelas | 60% |
3 | Pemahaman dan dapat menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. | (1) Pengetahuan dan Mindset wirausaha, (2) Pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini. | Simulasi, diskusi, dan Tanya jawab | Mahasiswa mendapatkan pemahaman dan dapat menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. | Partisipasi di dalam kelas | 60% |
4 | Pemahaman pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini. | Karakter wirausaha. | Simulasi, Diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini. | Partisipasi di dalam kelas | 60% |
5 | Pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. | (1) Model proses berkembangnya wirausaha, ciri proses pertumbuhan kewirausahaan, (2) Langkah menuju keberhasilan berwirausaha, faktor pendorong dan penghambat kewirausahaan | Presentasi, Diskusi dan Tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
6 | Pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. | (1) Model proses berkembangnya wirausaha, ciri proses pertumbuhan kewirausahaan, (2) Langkah menuju keberhasilan berwirausaha, faktor pendorong dan penghambat kewirausahaan | Presesntasi, Diskusi dan Tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
7 | Pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan pelaku usaha | (1) Gambaran langkah-langkah memasuki dunia usaha, (2) mengenal cara merintis usaha baru dan mengembangkan | Presentasi, Diskusi dan Tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan pelaku usaha | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
8 | Pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan pelaku usaha | Pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan pelaku usaha | Presentasi, Diskusi dan Tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan pelaku usaha | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
9 | Mampu memberikan g tepat terkait persoalan yang diberikanpenjelasan yan | UTS | Menjawab soal uraian | Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan jawaban dengan jelas dan tepat | Ketepatan jawaban | 20% |
10 | Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif | (1) Peluang usaha, (2) Kreatif dan Inovatif dan penerapannya dalam setting pendidikan |
Simulasi, Diskusi, dan Tanyajawab | Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
11 | Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif | (1) Peluang usaha, (2) Kreatif dan Inovatif dan penerapannya dalam setting pendidikan |
Simulasi, Diskusi, dan Tanyajawab | Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
12 | Mampu membuat studi kelayakan usaha | (1) Sasaran kualitas manajemen operasional, (2) Kekuatan kompetitif melalui peningkatan produktivitas |
Presentasi, diskusi, dan Tanyajawab | Mahasiswa mampu membuat studi kelayakan usaha | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
13 | Mampu membuat studi kelayakan usaha | (1) Sasaran kualitas manajemen operasional, (2) Kekuatan kompetitif melalui peningkatan produktivitas |
Presentasi, Diskusi, dan Tanyajawab | Mahasiswa mampu membuat studi kelayakan usaha | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
14 | Kemampuan menerapkan etika wirausaha dalam dalam merintis usaha baru | (1) Pengertian etika, etika dalam wirausaha dan faktor pengaruhnya, (2) keuntungan menjaga etika |
Bermain peran, Diskusi, dan Tanyajawab | Mahasiswa memiliki kemampuan menerapkan etika wirausaha dalam dalam merintis usaha baru | Partisipasi dalam kelas | 60% |
15 | Mahasiswa dapat menciptakan/ membuat produk yang kreatif dan inovatif serta memiliki manfaat bagi kehidupan manusia | Memulai usaha, dengan menciptakan produk yang kreatif dan inovatif dan mutiara kegiatan wirausaha dalam Islam. | Presentasi dan Ekspo/ pameran | Mahasiswa memiliki kemampuan Menciptakan/ membuat produk yang kreatif dan inovatif serta memiliki manfaat bagi kehidupan manusia | Partisipasi dalam kegiatan dan penampilan produk, stan, serta tim. | 60% |
16 | Mampu memberikan g tepat terkait persoalan yang diberikanpenjelasan yan | UAS | Menjawab soal uraian | Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan jawaban dengan jelas dan tepat | Ketepatan jawaban | 20% |
- Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Afabeta.
- Djatmiko, Muhammad Budi. 2011. Entrepreneurship Go International-Cara Mudah dan Benar Menjadi Pengusaha. Bandung: STEMBI-Bandung Business School.
- Wiyani, Novan Ardy. 2012. Teacherpreneurship-gagasan & upaya menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Details ...
Mata kuliah psikologi kewirausahaan membahas tentang konsepsi pentingnya memiliki semangat kewirausahaan dan membekali mahasiswa dengan keterampilan tepat guna dalam merancang produk yang memberikan pemecahan atas permasalahan sosial kemasyarakatan.
Learning OutcomesMinggu | Kemampuan Akhir yang Diharapkan | Bahan Kajian (Materi Ajar) | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Kriteria Penilaian | Bobot nilai |
1 | Pemahaman tentang kontrak perkuliahan, konsep pokok psikologi sosial | Berkas kontrak perkuliahan, psikologi sosial | Ceramah, Tanyajawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentan kontrak perkuliahan yang telah disepakati, Mahasiswa memiliki pemahaman terkait pengantar umum psikologi sosial | -- | -- |
2 | Pemahaman dan dapat menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. | (1) Pengetahuan dan Mindset wirausaha, (2) Pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini. | Simulasi, diskusi, dan Tanya jawab | Mahasiswa mendapatkan pemahaman dan dapat menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. | Partisipasi di dalam kelas | 60% |
3 | Pemahaman dan dapat menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. | (1) Pengetahuan dan Mindset wirausaha, (2) Pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini. | Simulasi, diskusi, dan Tanya jawab | Mahasiswa mendapatkan pemahaman dan dapat menjelaskan konsep dasar kewirausahaan. | Partisipasi di dalam kelas | 60% |
4 | Pemahaman pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini. | Karakter wirausaha. | Simulasi, Diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan sejak dini. | Partisipasi di dalam kelas | 60% |
5 | Pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. | (1) Model proses berkembangnya wirausaha, ciri proses pertumbuhan kewirausahaan, (2) Langkah menuju keberhasilan berwirausaha, faktor pendorong dan penghambat kewirausahaan | Presentasi, Diskusi dan Tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
6 | Pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. | (1) Model proses berkembangnya wirausaha, ciri proses pertumbuhan kewirausahaan, (2) Langkah menuju keberhasilan berwirausaha, faktor pendorong dan penghambat kewirausahaan | Presesntasi, Diskusi dan Tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentang proses, ciri-ciri pertumbuhan kewirausahaan. | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
7 | Pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan pelaku usaha | (1) Gambaran langkah-langkah memasuki dunia usaha, (2) mengenal cara merintis usaha baru dan mengembangkan | Presentasi, Diskusi dan Tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan pelaku usaha | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
8 | Pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan pelaku usaha | Pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan pelaku usaha | Presentasi, Diskusi dan Tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentang hasil pengalaman usaha perintisan pelaku usaha | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
9 | Mampu memberikan g tepat terkait persoalan yang diberikanpenjelasan yan | UTS | Menjawab soal uraian | Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan jawaban dengan jelas dan tepat | Ketepatan jawaban | 20% |
10 | Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif | (1) Peluang usaha, (2) Kreatif dan Inovatif dan penerapannya dalam setting pendidikan |
Simulasi, Diskusi, dan Tanyajawab | Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
11 | Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif | (1) Peluang usaha, (2) Kreatif dan Inovatif dan penerapannya dalam setting pendidikan |
Simulasi, Diskusi, dan Tanyajawab | Pemahaman tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
12 | Mampu membuat studi kelayakan usaha | (1) Sasaran kualitas manajemen operasional, (2) Kekuatan kompetitif melalui peningkatan produktivitas |
Presentasi, diskusi, dan Tanyajawab | Mahasiswa mampu membuat studi kelayakan usaha | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
13 | Mampu membuat studi kelayakan usaha | (1) Sasaran kualitas manajemen operasional, (2) Kekuatan kompetitif melalui peningkatan produktivitas |
Presentasi, Diskusi, dan Tanyajawab | Mahasiswa mampu membuat studi kelayakan usaha | (Penugasan wawancara dengan pelaku usaha terkait topik) Partisipasi di dalam kelas | 60% |
14 | Kemampuan menerapkan etika wirausaha dalam dalam merintis usaha baru | (1) Pengertian etika, etika dalam wirausaha dan faktor pengaruhnya, (2) keuntungan menjaga etika |
Bermain peran, Diskusi, dan Tanyajawab | Mahasiswa memiliki kemampuan menerapkan etika wirausaha dalam dalam merintis usaha baru | Partisipasi dalam kelas | 60% |
15 | Mahasiswa dapat menciptakan/ membuat produk yang kreatif dan inovatif serta memiliki manfaat bagi kehidupan manusia | Memulai usaha, dengan menciptakan produk yang kreatif dan inovatif dan mutiara kegiatan wirausaha dalam Islam. | Presentasi dan Ekspo/ pameran | Mahasiswa memiliki kemampuan Menciptakan/ membuat produk yang kreatif dan inovatif serta memiliki manfaat bagi kehidupan manusia | Partisipasi dalam kegiatan dan penampilan produk, stan, serta tim. | 60% |
16 | Mampu memberikan g tepat terkait persoalan yang diberikanpenjelasan yan | UAS | Menjawab soal uraian | Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan jawaban dengan jelas dan tepat | Ketepatan jawaban | 20% |
- Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Afabeta.
- Djatmiko, Muhammad Budi. 2011. Entrepreneurship Go International-Cara Mudah dan Benar Menjadi Pengusaha. Bandung: STEMBI-Bandung Business School.
- Wiyani, Novan Ardy. 2012. Teacherpreneurship-gagasan & upaya menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Details ...