Courser in English | SCHOOL FIELD ORIENTATION I |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 1 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus
Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching
Buku pedoma magang
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus
Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching
Buku pedoma magang
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus
Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching
Buku pedoma magang
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus
Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching
Buku pedoma magang
Details ...
Prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam program PLP adalah
sebagai berikut.
1. Program PLP merupakan program yang wajib diikuti setiap mahasiswa program studi kependidikan di Universitas PGRI Semarang yang telah memenuhi persyaratan.
2. PLP adalah bagian penting yang tidak terpisahkan, dan merupakan prakondisi dari sistem penyiapan guru profesional.
3. PLP sebagai persiapan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG).
4. PLP dilaksanakan secara berjenjang untuk mengimplementasikan hasil belajar pada setiap semester.
5. PLP dibimbing oleh dosen pembimbing bersama guru pamong yang relevan dan memenuhi syarat.
6. PLP dilakukan di sekolah mitra yang memenuhi syarat.
7. PLP dilakukan secara sistematis dan terjadwal.
1. | Menyusun program aktivitas PLP I |
2. | Mempelajari Karakteristik Umum Peserta Didik |
3. | Mengobservasi dan mempelajari struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) sekolah |
4. | Mengobservasi dan mempelajari peraturan dan tata tertib sekolah |
5. | Mengobservasi dan mempelajari kegiatan-kegiatan kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler |
6. | Mengobservasi dan mempelajari praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif serta seremonial di sekolah |
7. | Menyusun laporan kelompok |
Apandi, I. 2015. Saya Guru Saya Bisa Menulis: Panduan Menulis Artikel Ilmiah Populer dan Artikel Jurnal Ilmiah bagi Guru (Edisi Revisi). Bandung: CV. SMILE’s Indonesia Institute.
Ariningsih, N. E., Sumarwati, & Saddhono. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas.
BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, vol 1 (1), 40-53.
Bahdin & Ardial. 2013. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit Kencana
Barnawati & Arifin, M. 2015. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakata: ARRUZZ MEDIA.
Basthomi, Y. 2015. Mentoring Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Ilmu Pendidikan, nomor 1, 115-125.
Cahyadi, Nurdin. 2019. Bagaimana Menulis Esai?
https://disdik.purwakartakab.go.id/berita/detail/bagaimana-menulis-esaiDosen Pendidikan 2. 2021. Pengertian Esai.
Gibbs, G. 1998. Learning by Doing: A Guide to Teaching and Learning Methods. Oxford Brooks University, Oxford.
Romli, Kang. 2020. Pengertian, Ciri dan Contoh Essay Reflektif. https://www.themuslimblogger.com/2020/08/pengertian-ciri-essayreflektif.html
Details ...
Prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam program PLP adalah
sebagai berikut.
1. Program PLP merupakan program yang wajib diikuti setiap mahasiswa program studi kependidikan di Universitas PGRI Semarang yang telah memenuhi persyaratan.
2. PLP adalah bagian penting yang tidak terpisahkan, dan merupakan prakondisi dari sistem penyiapan guru profesional.
3. PLP sebagai persiapan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG).
4. PLP dilaksanakan secara berjenjang untuk mengimplementasikan hasil belajar pada setiap semester.
5. PLP dibimbing oleh dosen pembimbing bersama guru pamong yang relevan dan memenuhi syarat.
6. PLP dilakukan di sekolah mitra yang memenuhi syarat.
7. PLP dilakukan secara sistematis dan terjadwal.
1. | Menyusun program aktivitas PLP I |
2. | Mempelajari Karakteristik Umum Peserta Didik |
3. | Mengobservasi dan mempelajari struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) sekolah |
4. | Mengobservasi dan mempelajari peraturan dan tata tertib sekolah |
5. | Mengobservasi dan mempelajari kegiatan-kegiatan kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler |
6. | Mengobservasi dan mempelajari praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif serta seremonial di sekolah |
7. | Menyusun laporan kelompok |
Apandi, I. 2015. Saya Guru Saya Bisa Menulis: Panduan Menulis Artikel Ilmiah Populer dan Artikel Jurnal Ilmiah bagi Guru (Edisi Revisi). Bandung: CV. SMILE’s Indonesia Institute.
Ariningsih, N. E., Sumarwati, & Saddhono. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas.
BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, vol 1 (1), 40-53.
Bahdin & Ardial. 2013. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit Kencana
Barnawati & Arifin, M. 2015. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakata: ARRUZZ MEDIA.
Basthomi, Y. 2015. Mentoring Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Ilmu Pendidikan, nomor 1, 115-125.
Cahyadi, Nurdin. 2019. Bagaimana Menulis Esai?
https://disdik.purwakartakab.go.id/berita/detail/bagaimana-menulis-esaiDosen Pendidikan 2. 2021. Pengertian Esai.
Gibbs, G. 1998. Learning by Doing: A Guide to Teaching and Learning Methods. Oxford Brooks University, Oxford.
Romli, Kang. 2020. Pengertian, Ciri dan Contoh Essay Reflektif. https://www.themuslimblogger.com/2020/08/pengertian-ciri-essayreflektif.html
Details ...