Pengenalan Lapangan Persekolahan I, Curriculum : 2020


Courser in EnglishSCHOOL FIELD ORIENTATION I
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS1 SKS
RPS6 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus
 

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching
 

References

Buku pedoma magang


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus
 

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching
 

References

Buku pedoma magang


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus
 

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching
 

References

Buku pedoma magang


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus
 

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching
 

References

Buku pedoma magang


Details ...
Course Descriptions

Prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam program PLP adalah
sebagai berikut.
1. Program PLP merupakan program yang wajib diikuti setiap mahasiswa program studi kependidikan di Universitas PGRI Semarang yang telah memenuhi persyaratan.
2. PLP adalah bagian penting yang tidak terpisahkan, dan merupakan prakondisi dari sistem penyiapan guru profesional.
3. PLP sebagai persiapan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG).
4. PLP dilaksanakan secara berjenjang untuk mengimplementasikan hasil belajar pada setiap semester.
5. PLP dibimbing oleh dosen pembimbing bersama guru pamong yang relevan dan memenuhi syarat.
6. PLP dilakukan di sekolah mitra yang memenuhi syarat.
7. PLP dilakukan secara sistematis dan terjadwal.
 

Learning Outcomes

1. Menyusun program aktivitas PLP I
2. Mempelajari Karakteristik Umum Peserta Didik
3. Mengobservasi dan mempelajari struktur organisasi dan tata kerja (SOTK)
sekolah
4. Mengobservasi dan mempelajari peraturan dan tata tertib sekolah
5. Mengobservasi dan mempelajari kegiatan-kegiatan kurikuler, kokurikuler dan
ekstrakurikuler
6. Mengobservasi dan mempelajari praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan
positif serta seremonial di sekolah
7. Menyusun laporan kelompok


 

References

Apandi, I. 2015. Saya Guru Saya Bisa Menulis: Panduan Menulis Artikel Ilmiah Populer dan Artikel Jurnal Ilmiah bagi Guru (Edisi Revisi). Bandung: CV. SMILE’s Indonesia Institute.
Ariningsih, N. E., Sumarwati, & Saddhono. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas.
BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, vol 1 (1), 40-53.
Bahdin & Ardial. 2013. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit Kencana
Barnawati & Arifin, M. 2015. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakata: ARRUZZ MEDIA.
Basthomi, Y. 2015. Mentoring Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Ilmu Pendidikan, nomor 1, 115-125.
Cahyadi, Nurdin. 2019. Bagaimana Menulis Esai?
https://disdik.purwakartakab.go.id/berita/detail/bagaimana-menulis-esaiDosen Pendidikan 2. 2021. Pengertian Esai.

Gibbs, G. 1998. Learning by Doing: A Guide to Teaching and Learning Methods. Oxford Brooks University, Oxford.
Romli, Kang. 2020. Pengertian, Ciri dan Contoh Essay Reflektif. https://www.themuslimblogger.com/2020/08/pengertian-ciri-essayreflektif.html
 


Details ...
Course Descriptions

Prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam program PLP adalah
sebagai berikut.
1. Program PLP merupakan program yang wajib diikuti setiap mahasiswa program studi kependidikan di Universitas PGRI Semarang yang telah memenuhi persyaratan.
2. PLP adalah bagian penting yang tidak terpisahkan, dan merupakan prakondisi dari sistem penyiapan guru profesional.
3. PLP sebagai persiapan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG).
4. PLP dilaksanakan secara berjenjang untuk mengimplementasikan hasil belajar pada setiap semester.
5. PLP dibimbing oleh dosen pembimbing bersama guru pamong yang relevan dan memenuhi syarat.
6. PLP dilakukan di sekolah mitra yang memenuhi syarat.
7. PLP dilakukan secara sistematis dan terjadwal.
 

Learning Outcomes

1. Menyusun program aktivitas PLP I
2. Mempelajari Karakteristik Umum Peserta Didik
3. Mengobservasi dan mempelajari struktur organisasi dan tata kerja (SOTK)
sekolah
4. Mengobservasi dan mempelajari peraturan dan tata tertib sekolah
5. Mengobservasi dan mempelajari kegiatan-kegiatan kurikuler, kokurikuler dan
ekstrakurikuler
6. Mengobservasi dan mempelajari praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan
positif serta seremonial di sekolah
7. Menyusun laporan kelompok


 

References

Apandi, I. 2015. Saya Guru Saya Bisa Menulis: Panduan Menulis Artikel Ilmiah Populer dan Artikel Jurnal Ilmiah bagi Guru (Edisi Revisi). Bandung: CV. SMILE’s Indonesia Institute.
Ariningsih, N. E., Sumarwati, & Saddhono. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas.
BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, vol 1 (1), 40-53.
Bahdin & Ardial. 2013. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit Kencana
Barnawati & Arifin, M. 2015. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakata: ARRUZZ MEDIA.
Basthomi, Y. 2015. Mentoring Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Ilmu Pendidikan, nomor 1, 115-125.
Cahyadi, Nurdin. 2019. Bagaimana Menulis Esai?
https://disdik.purwakartakab.go.id/berita/detail/bagaimana-menulis-esaiDosen Pendidikan 2. 2021. Pengertian Esai.

Gibbs, G. 1998. Learning by Doing: A Guide to Teaching and Learning Methods. Oxford Brooks University, Oxford.
Romli, Kang. 2020. Pengertian, Ciri dan Contoh Essay Reflektif. https://www.themuslimblogger.com/2020/08/pengertian-ciri-essayreflektif.html
 


Details ...