Konsep dasar PAUD, Curriculum : 2014


Courser in EnglishBASIC CONCEPTS OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata  Kuliah  ini  mempelajari  tentang  Pemahaman  dan  kajian  tentang  PAUD  (usia  0-6  tahun), 

Pemahaman  tentang  Pendidikan  Anak  Usia  Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD),

Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD,

dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner)

                             
                                                                           
                                                                             

Learning Outcomes

Mahasiswa  dapat  melakukan  kajian  pendidikan  paud  zaman  dahulu  dan  zaman  sekarang  baik  dari  tokoh  Barat  maupun  dalam  Negeri,  mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.

References

                 
Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson Delmar Learning Yuliani Nuaraini.2007. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ.
Bandura, A.(1994).Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection.New York : Plenum Press. Piaget, J.(1929). The Child’s Conception of the World. NY : Harcourt, Brace Jevanovich.
Kartono, Kartini(1990) Psikologi Umum.Bandung: Mandar maju.                
Santoso, Soegeng.(2000). Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.            
..............(2002) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia. Soedijarto.(2000). Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet.(2005)  
Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing                


Details ...
Course Descriptions

Mata  Kuliah  ini  mempelajari  tentang  Pemahaman  dan  kajian  tentang  PAUD  (usia  0-6  tahun), 

Pemahaman  tentang  Pendidikan  Anak  Usia  Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD),

Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD,

dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner)

                             
                                                                           
                                                                             

Learning Outcomes

Mahasiswa  dapat  melakukan  kajian  pendidikan  paud  zaman  dahulu  dan  zaman  sekarang  baik  dari  tokoh  Barat  maupun  dalam  Negeri,  mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.

References

                 
Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson Delmar Learning Yuliani Nuaraini.2007. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ.
Bandura, A.(1994).Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection.New York : Plenum Press. Piaget, J.(1929). The Child’s Conception of the World. NY : Harcourt, Brace Jevanovich.
Kartono, Kartini(1990) Psikologi Umum.Bandung: Mandar maju.                
Santoso, Soegeng.(2000). Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.            
..............(2002) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia. Soedijarto.(2000). Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet.(2005)  
Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing                


Details ...