Statistika II, Curriculum : 2014


Courser in EnglishSTATISTICS II
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS11 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika 2. 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika 2. 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika 2. 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika 2. 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika 2. 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika 2. 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika 2. 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...