Courser in English | STATISTICS II |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 11 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.
Keterampilan Umum
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Keterampilan Khusus
- Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
- Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Pengetahuan
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
References1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.
2. Hand Out Statistika Dasar 2014
3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.
4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.
5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.
Keterampilan Umum
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Keterampilan Khusus
- Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
- Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Pengetahuan
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
References1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.
2. Hand Out Statistika Dasar 2014
3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.
4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.
5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.
Keterampilan Umum
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Keterampilan Khusus
- Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
- Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Pengetahuan
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
References1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.
2. Hand Out Statistika Dasar 2014
3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.
4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.
5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.
Keterampilan Umum
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Keterampilan Khusus
- Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
- Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Pengetahuan
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
References1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.
2. Hand Out Statistika Dasar 2014
3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.
4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.
5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.
Keterampilan Umum
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Keterampilan Khusus
- Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
- Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Pengetahuan
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
References1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.
2. Hand Out Statistika 2. 2014
3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.
4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.
5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.
Keterampilan Umum
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Keterampilan Khusus
- Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
- Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Pengetahuan
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
References1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.
2. Hand Out Statistika 2. 2014
3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.
4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.
5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.
Keterampilan Umum
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Keterampilan Khusus
- Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
- Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Pengetahuan
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
References1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.
2. Hand Out Statistika 2. 2014
3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.
4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.
5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.
Keterampilan Umum
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Keterampilan Khusus
- Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
- Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Pengetahuan
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
References1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.
2. Hand Out Statistika 2. 2014
3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.
4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.
5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.
Keterampilan Umum
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Keterampilan Khusus
- Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
- Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Pengetahuan
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
References1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.
2. Hand Out Statistika 2. 2014
3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.
4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.
5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.
Keterampilan Umum
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Keterampilan Khusus
- Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
- Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Pengetahuan
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
References1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.
2. Hand Out Statistika 2. 2014
3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.
4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.
5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pengolahan data, uji prasyarat, uji hipotesis dan analisis data
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.
Keterampilan Umum
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Keterampilan Khusus
- Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
- Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Pengetahuan
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
References1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.
2. Hand Out Statistika 2. 2014
3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.
4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.
5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES
Details ...