Courser in English | Indonesian Language |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 11 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Bahasa Indonesia difokuskan pada pemahaman kaidah dan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam memahami, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengomunikasikan, dan menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman, keterampilan, penerapan, dan pengembangan bahasa Indonesia dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik dan profesi untuk menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
ReferencesAlwi, Hasan (ed). 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Politik Bahasa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Perencanaan Bahasa pada Abad Ke-21: Kendala dan Tantangan (Risalah Simposium Perencanaan Bahasa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Chaer, Abdul. 1993. Pembakuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
-------. 1998. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Semantik 1: Makna Leksikal dan Gramatikal Cetakan Kelima. Bandung: Refika Aditama.
HS, Widjono. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Kridalaksana, Harimurti. 2007. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Leech, Geoffrey. 2003. Semantik. Terjemahan Paina Partana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie Charlie. 1999. Bahasa Indonesia yang Baik dan Gimana Gitu .... Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustono. 2005. Dasar-Dasar Pragmatik. Semarang. IKIP Semarang Press.
Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tera, RI. 2010. Panduan Pintar EYD Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Indonesia Tera.
Waridah, Ernawati. 2008. EYD & Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.
Details ...
Bahasa Indonesia difokuskan pada pemahaman kaidah dan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam memahami, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengomunikasikan, dan menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman, keterampilan, penerapan, dan pengembangan bahasa Indonesia dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik dan profesi untuk menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
ReferencesAlwi, Hasan (ed). 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Politik Bahasa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Perencanaan Bahasa pada Abad Ke-21: Kendala dan Tantangan (Risalah Simposium Perencanaan Bahasa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Chaer, Abdul. 1993. Pembakuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
-------. 1998. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Semantik 1: Makna Leksikal dan Gramatikal Cetakan Kelima. Bandung: Refika Aditama.
HS, Widjono. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Kridalaksana, Harimurti. 2007. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Leech, Geoffrey. 2003. Semantik. Terjemahan Paina Partana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie Charlie. 1999. Bahasa Indonesia yang Baik dan Gimana Gitu .... Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustono. 2005. Dasar-Dasar Pragmatik. Semarang. IKIP Semarang Press.
Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tera, RI. 2010. Panduan Pintar EYD Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Indonesia Tera.
Waridah, Ernawati. 2008. EYD & Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.
Details ...
Bahasa Indonesia difokuskan pada pemahaman kaidah dan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam memahami, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengomunikasikan, dan menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman, keterampilan, penerapan, dan pengembangan bahasa Indonesia dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik dan profesi untuk menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
ReferencesAlwi, Hasan (ed). 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Politik Bahasa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Perencanaan Bahasa pada Abad Ke-21: Kendala dan Tantangan (Risalah Simposium Perencanaan Bahasa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Chaer, Abdul. 1993. Pembakuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
-------. 1998. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Semantik 1: Makna Leksikal dan Gramatikal Cetakan Kelima. Bandung: Refika Aditama.
HS, Widjono. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Kridalaksana, Harimurti. 2007. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Leech, Geoffrey. 2003. Semantik. Terjemahan Paina Partana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie Charlie. 1999. Bahasa Indonesia yang Baik dan Gimana Gitu .... Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustono. 2005. Dasar-Dasar Pragmatik. Semarang. IKIP Semarang Press.
Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tera, RI. 2010. Panduan Pintar EYD Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Indonesia Tera.
Waridah, Ernawati. 2008. EYD & Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.
Details ...
Bahasa Indonesia difokuskan pada pemahaman kaidah dan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam memahami, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengomunikasikan, dan menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman, keterampilan, penerapan, dan pengembangan bahasa Indonesia dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik dan profesi untuk menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
ReferencesAlwi, Hasan (ed). 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Politik Bahasa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Perencanaan Bahasa pada Abad Ke-21: Kendala dan Tantangan (Risalah Simposium Perencanaan Bahasa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Chaer, Abdul. 1993. Pembakuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
-------. 1998. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Semantik 1: Makna Leksikal dan Gramatikal Cetakan Kelima. Bandung: Refika Aditama.
HS, Widjono. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Kridalaksana, Harimurti. 2007. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Leech, Geoffrey. 2003. Semantik. Terjemahan Paina Partana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie Charlie. 1999. Bahasa Indonesia yang Baik dan Gimana Gitu .... Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustono. 2005. Dasar-Dasar Pragmatik. Semarang. IKIP Semarang Press.
Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tera, RI. 2010. Panduan Pintar EYD Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Indonesia Tera.
Waridah, Ernawati. 2008. EYD & Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.
Details ...
Bahasa Indonesia difokuskan pada pemahaman kaidah dan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam memahami, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengomunikasikan, dan menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman, keterampilan, penerapan, dan pengembangan bahasa Indonesia dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik dan profesi untuk menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
ReferencesAlwi, Hasan (ed). 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Politik Bahasa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Perencanaan Bahasa pada Abad Ke-21: Kendala dan Tantangan (Risalah Simposium Perencanaan Bahasa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Chaer, Abdul. 1993. Pembakuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
-------. 1998. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Semantik 1: Makna Leksikal dan Gramatikal Cetakan Kelima. Bandung: Refika Aditama.
HS, Widjono. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Kridalaksana, Harimurti. 2007. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Leech, Geoffrey. 2003. Semantik. Terjemahan Paina Partana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie Charlie. 1999. Bahasa Indonesia yang Baik dan Gimana Gitu .... Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustono. 2005. Dasar-Dasar Pragmatik. Semarang. IKIP Semarang Press.
Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tera, RI. 2010. Panduan Pintar EYD Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Indonesia Tera.
Waridah, Ernawati. 2008. EYD & Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.
Details ...
Bahasa Indonesia difokuskan pada pemahaman kaidah dan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam memahami, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengomunikasikan, dan menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman, keterampilan, penerapan, dan pengembangan bahasa Indonesia dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik dan profesi untuk menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
ReferencesAlwi, Hasan (ed). 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Politik Bahasa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Perencanaan Bahasa pada Abad Ke-21: Kendala dan Tantangan (Risalah Simposium Perencanaan Bahasa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Chaer, Abdul. 1993. Pembakuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
-------. 1998. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Semantik 1: Makna Leksikal dan Gramatikal Cetakan Kelima. Bandung: Refika Aditama.
HS, Widjono. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Kridalaksana, Harimurti. 2007. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Leech, Geoffrey. 2003. Semantik. Terjemahan Paina Partana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie Charlie. 1999. Bahasa Indonesia yang Baik dan Gimana Gitu .... Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustono. 2005. Dasar-Dasar Pragmatik. Semarang. IKIP Semarang Press.
Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tera, RI. 2010. Panduan Pintar EYD Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Indonesia Tera.
Waridah, Ernawati. 2008. EYD & Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.
Details ...
Bahasa Indonesia difokuskan pada pemahaman kaidah dan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam memahami, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengomunikasikan, dan menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman, keterampilan, penerapan, dan pengembangan bahasa Indonesia dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik dan profesi untuk menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
ReferencesAlwi, Hasan (ed). 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Politik Bahasa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Perencanaan Bahasa pada Abad Ke-21: Kendala dan Tantangan (Risalah Simposium Perencanaan Bahasa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Chaer, Abdul. 1993. Pembakuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
-------. 1998. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Semantik 1: Makna Leksikal dan Gramatikal Cetakan Kelima. Bandung: Refika Aditama.
HS, Widjono. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Kridalaksana, Harimurti. 2007. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Leech, Geoffrey. 2003. Semantik. Terjemahan Paina Partana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie Charlie. 1999. Bahasa Indonesia yang Baik dan Gimana Gitu .... Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustono. 2005. Dasar-Dasar Pragmatik. Semarang. IKIP Semarang Press.
Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tera, RI. 2010. Panduan Pintar EYD Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Indonesia Tera.
Waridah, Ernawati. 2008. EYD & Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.
Details ...
Bahasa Indonesia difokuskan pada pemahaman kaidah dan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam memahami, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengomunikasikan, dan menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman, keterampilan, penerapan, dan pengembangan bahasa Indonesia dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik dan profesi untuk menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahuan/teknologi/seni.
ReferencesAlwi, Hasan (ed). 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Politik Bahasa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2011. Perencanaan Bahasa pada Abad Ke-21: Kendala dan Tantangan (Risalah Simposium Perencanaan Bahasa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Chaer, Abdul. 1993. Pembakuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
-------. 1998. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Semantik 1: Makna Leksikal dan Gramatikal Cetakan Kelima. Bandung: Refika Aditama.
HS, Widjono. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Kridalaksana, Harimurti. 2007. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Leech, Geoffrey. 2003. Semantik. Terjemahan Paina Partana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie Charlie. 1999. Bahasa Indonesia yang Baik dan Gimana Gitu .... Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustono. 2005. Dasar-Dasar Pragmatik. Semarang. IKIP Semarang Press.
Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tera, RI. 2010. Panduan Pintar EYD Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Indonesia Tera.
Waridah, Ernawati. 2008. EYD & Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep dan teori Bahasa Indonesia
- Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
- Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
- Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep dan teori Bahasa Indonesia
- Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
- Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
- Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep dan teori Bahasa Indonesia
- Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
- Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
- Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...