Courser in English | SCHOOL INTERNSHIP II |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah magang II menagajarkan kepada mahasiswa tentang kompetensi akademik spesifik program studi. Materi yang diajarkan antara lain: review perangkat pembelajaran proisuk kdari matakuliah prasayarat sebelumnya yang meliputi kurikulum, silabus, RPP, bahan ajar, media, isntrumen penilaian. Menelaaah kurikulum yang dibuat oleh guru model dan melakuakan observasi ke keas.memahami keterampilan mengajar, menyiapak perangkat pembelajaran micro teaching serta melakukan microteaching.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menelaah ulang produk perangkat pembelajaran yang pernah dibuat di tahun sebelumnya
Melakukan observasi dan orientasi di sekolah, mengevaluasi RPP sera mengamati strategi pembelajaran di kelas
Membuat catatan evalausi, media dan strategi pembelajaran
Memahami keterampilan dasar mengajar
Memahami perangkat pembelajsaran serta mampu mengajar teman sebaya.
ReferencesPermen No. 20
permen No. 21
Details ...
Merupakan matakuliah yang mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mahasiswa sebagai upaya pembentukan karakter guru yang yang profesional dan berjati diri dengan proses perkuliahan learning by doing, yang dilaksanakan secara terintegrasi di kampus dan di sekolah mitra. Dengan kegiatan meliputi; observasi sekolah, menelaah perangkat pelayanan bimbingan dan konseling, dan melaksanakan praktikum mikro bimbingan klasikal.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan memiliki kemampuan:
- Keterampilan dalam merancang dan membuat perangkat pelayanan bimbingan dan konseling; yang meliputi RPL, bahan materi bimbingan, media BK, dan instrumen evaluasi layanan.
- Melaksanakan pelayanan bimbingan dengan format kelas.
- UU Guru dan Dosen
- Permendiknas tahun 2007 No. 16
- Permen tahun 2014 No. 049
- Permendikbud tahun 2016 No. 20, 21, 22, 23, 24,
- Pedoman Magang II Kependidikan
Details ...
Mengajarkan kepada mahasiswa tentang kompetensi akademik spesifik program studi. Materi yang diajarkan review perangkat pembelajaran produk dari mata kuliah prasyarat sebelumnya yang meliputi kurikulum, silabus, RPS, bahan ajar, media dan instrumen penilaian. Menelaah kurikulum yang dibuat oleh guru model dan melakukan observasi ke kelas, memahami ketrampilan mengajar, menyiapkan perangkat pembelajaran, serta melakukan mikro teaching.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu :
1. Menelaah ulang produk perangkat pembelajaran.
2. Melakukan observasidan orientasi di sekolah, mengevaluasi RPP serta mengamati strategi pembelajaran di kelas.
3. Membuat catatan evaluasi, media dan strategi pembelajaran.
4. Memahami ketrampilan dasar mengajar.
5. Memahami perangkat pembelajaran serta mampu mengajar teman sebaya.
References
1. Permen NO 20 dan 21
Details ...
Dalam Kegiatan ini diharapkan mahasiswa memiliki ketrampilan dan mampu mempraktekan semua materi yang pernah diajarkan secara teoritis selnjutnya mahasiswa mampu untuk mempraktekan semua administrasi sehubungan dengan tugasnya bila nanti kelak menjadi seorang konselor/pembimbing di sekolah antara dapat menjabarkan kalender pendidikan,menyusun need asesmen, mengolah data dengan teknik yang ada,Menyusun program kegiatan, dan diharapkan dapat mempraktekan pelaksanaan proses kegiatan di sekolah.
Learning Outcomes
1.Iindikator capaian yang diharapakan mahasiswa dapat menguasi materi yang telah disampaikan kelak dapat : mempraktekan mengolah data
2.Mahasiswa diharapkan mampu menyusun program kegiatan dengan landasan masalah yang data
3.Diharapkan mampu memperagakan rencana pelayanan yang sudah disusun didalam Prota.Promes,Probul,Proming,Proha dan Rencana Program Layanan
References1.Prayitno, Dasar-dasar BK
2.Tohirin, Dasar-dasar BK
3.Samekto
4.Syofyan Wilis
5 Edy Wibowo
6.Mugiharso
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References-
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References
-
Details ...