Courser in English | LEARNING EVALUATION |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang evaluasi hasil belajar peserta didik. Perkuliahan ini dimulai dari memahami konsep pengukuran, penilaian, dan evaluasi; konsep HOTS; teknik penilaian, instrumen pengukuran hasil belajar; perencanaan tes hasil belajar; analisis kualitas instrumen; pelaksanaan tes hasil belajar; pengolahan hasil pengukuran dan penilaian; administrasi dan pelaporan.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menguraikan konsep pengukuran, penilaian, evaluasi secara mandiri dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK2, S9) |
CPMK2 |
Mendeteksi tujuan, manfaat, dan prinsip penilaian berdasarkan konsep teoretis sesuai nilai, norma, dan etika akademik (P1, KU1, KK2, S8) |
CPMK3 |
Menelaah jenis-jenis penilaian dan konsep penilain HOTS dengan penuh tanggung jawab (P1, KK1, S9) |
CPMK4 |
Menyeleksi teknik-teknik penilaian secara mandiri, bermutu, dan terukur. (P2, KU1, KK2, S8) |
CPMK5 |
Merancang KKM dan instrument penilaian dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P1, KU2, S8) |
CPMK6
|
Menyusun kriteria penilaian, pedoman penskoran, rubrik penilaian, pengelolaan hasil penilaian,program remidial, dan pelaporan hasil belajar secara mandiri dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK3, S9) |
- Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya : Bandung.
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Ed.Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
- Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Batubara, U. N. & Sudrajat, A., 2019. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran Sejarah. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 22 (2).
- Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian.
Permendikbud nomor 14 Tahun 2019 Tentang Merdeka Belajar
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang evaluasi hasil belajar peserta didik. Perkuliahan ini dimulai dari konsep pengukuran, penilaian, dan evaluasi; acuan penilaian; instrumen pengukuran hasil belajar; perencanaan tes hasil belajar; analisis kualitas instrumen; pelaksanaan tes hasil belajar; pengolahan hasil pengukuran dan penilaian; administrasi dan pelaporan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa menguasai konsep evaluasi hasil belajar peserta didik, meliputi: pengukuran, penilaian, dan evaluasi; acuan penilaian; instrumen pengukuran hasil belajar; perencanaan tes hasil belajar; analisis kualitas instrumen; pelaksanaan tes hasil belajar; pengolahan hasil pengukuran dan penilaian; administrasi dan pelaporan.
ReferencesArifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya : Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Ed.Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara
Details ...