Courser in English | Educational Research |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dalam perkuliahan ini, mahasiswa akan mempelajari konsep penelitian yang meliputi karakteristik dari masing-masing jenis penelitian, proses penelitian, desain penelitian, populasi dan sampel, dan serta metode pengumpulan data. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengkaji, menjelaskan serta menerapkan metode penelitian pendidikan. Setelah mengikuti perkuliahan penelitian pendidikan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan menyusun proposal penelitian pendidikan, melaksanakan penelitian pendidikan, dan menyusun laporannya. Materi yang dipelajari meliputi pendahuluan tentang konsep dan jenis-jenis penelitian, lingkup penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif dan kualitatif, penelitian deskriptif dan survei, penelitian kualitatif, penelitian evaluatif, penelitian eksperimental, penelitian tindakan, penelitian pengembangan, perumusan masalah dan desain penelitian, populasi dan sampel, metode pengumpulan data, instrumen penelitian, dan penyusunan proposal penelitian pendidikan.
Learning OutcomesSikap:
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
Pengetahuan:
Menguasai metode penelitian pendidikan fisika
Keterampilan khusus:
Mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk mengambil keputusan permasalahan pembelajaran fisika
Keterampilan umum:
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan pembelajaran fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
ReferencesUtama:
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. 2013. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Pendukung:
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2008). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dasar penelitian pendidikan, baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Kajian difokuskan pada studi literatur, karakteristik permasalahan, populasi, sampel, teknik sampling, variabel penelitian, Pendekatan dan metode penelitian, penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian pengembangan, penyusunan instrumen, validitas dan reliabilitas instrumen, instrumen penelitian untuk memecahkan masalah, pengolahan data hasil penelitian, analisis data, penyusunan proposal penelitian dan penyusunan laporan penelitian. Penelitian eksperimen lebih ditekankan pada ”eksperimen kuasi”, penelitian tindakan kelas dan penelitian pengembangan. Perkuliahan dilakukan melalui diskusi, presentasi, dan tugas merancang proposal penelitian yang dipresentasikan di kelas secara berkelompok. Prasyarat untuk mengikuti pekuliahan ini adalah lulus mata kuliah Statistika Dasar. Disamping tugas kelompok, mahasiswa juga mendapat tugas individual menyusun Proposal Penelitian. Informasi yang diperlukan untuk menentukan keberhasilan mahasiswa adalah kehadiran, tugas (makalah), aktivitas selama perkuliahan, UTS dan UAS.
Learning OutcomesSikap :
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
Pengetahuan :
- Menguasai metode penelitian dan publikasi ilmiah
Keterampilan Khusus :
- Mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk mengambil keputusan permasalahan pembelajaran fisika
Keterampilan Umum :
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan pembelajaran fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya di bidang pembelajaran fisika, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.
- Aqib, Zainal. 2012. Penelitian Tindakan Kelas, Untuk Guru. Bandung: CV Yrama Widya.
- Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
- Arikunto, Suharsimi-Suhardjono-Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Fraenkel, J. R. & Wallen, N. E. 2007. How to Design and Evaluate Research in Education (second ed.). New York: McGraw-Hill Book Co.
- Hadi, Sutrisno. 2002. Metodologi Research. Jilid 3. Untuk Penulisan Paper, Skripsi, Thesis dan Disertasi. Yogyakarta: Andi
- Masnur, Muslich. 2010. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Nana, S.S. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
- Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
- Wardhani, dkk. 2008.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Creswell. J.W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. USA: PEARSON
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dasar penelitian pendidikan, baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Kajian difokuskan pada studi literatur, karakteristik permasalahan, populasi, sampel, teknik sampling, variabel penelitian, Pendekatan dan metode penelitian, penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian pengembangan, penyusunan instrumen, validitas dan reliabilitas instrumen, instrumen penelitian untuk memecahkan masalah, pengolahan data hasil penelitian, analisis data, penyusunan proposal penelitian dan penyusunan laporan penelitian. Penelitian eksperimen lebih ditekankan pada ”eksperimen kuasi”, penelitian tindakan kelas dan penelitian pengembangan. Perkuliahan dilakukan melalui diskusi, presentasi, dan tugas merancang proposal penelitian yang dipresentasikan di kelas secara berkelompok. Prasyarat untuk mengikuti pekuliahan ini adalah lulus mata kuliah Statistika Dasar. Disamping tugas kelompok, mahasiswa juga mendapat tugas individual menyusun Proposal Penelitian. Informasi yang diperlukan untuk menentukan keberhasilan mahasiswa adalah kehadiran, tugas (makalah), aktivitas selama perkuliahan, UTS dan UAS.
Learning OutcomesSikap :
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
Pengetahuan :
- Menguasai metode penelitian dan publikasi ilmiah
Keterampilan Khusus :
- Mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk mengambil keputusan permasalahan pembelajaran fisika
Keterampilan Umum :
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan pembelajaran fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya di bidang pembelajaran fisika, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.
- Aqib, Zainal. 2012. Penelitian Tindakan Kelas, Untuk Guru. Bandung: CV Yrama Widya.
- Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
- Arikunto, Suharsimi-Suhardjono-Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Fraenkel, J. R. & Wallen, N. E. 2007. How to Design and Evaluate Research in Education (second ed.). New York: McGraw-Hill Book Co.
- Hadi, Sutrisno. 2002. Metodologi Research. Jilid 3. Untuk Penulisan Paper, Skripsi, Thesis dan Disertasi. Yogyakarta: Andi
- Masnur, Muslich. 2010. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Nana, S.S. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
- Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
- Wardhani, dkk. 2008.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Creswell. J.W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. USA: PEARSON
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dasar penelitian pendidikan, baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Kajian difokuskan pada studi literatur, karakteristik permasalahan, populasi, sampel, teknik sampling, variabel penelitian, Pendekatan dan metode penelitian, penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian pengembangan, penyusunan instrumen, validitas dan reliabilitas instrumen, instrumen penelitian untuk memecahkan masalah, pengolahan data hasil penelitian, analisis data, penyusunan proposal penelitian dan penyusunan laporan penelitian. Penelitian eksperimen lebih ditekankan pada ”eksperimen kuasi”, penelitian tindakan kelas dan penelitian pengembangan. Perkuliahan dilakukan melalui diskusi, presentasi, dan tugas merancang proposal penelitian yang dipresentasikan di kelas secara berkelompok. Prasyarat untuk mengikuti pekuliahan ini adalah lulus mata kuliah Statistika Dasar. Disamping tugas kelompok, mahasiswa juga mendapat tugas individual menyusun Proposal Penelitian. Informasi yang diperlukan untuk menentukan keberhasilan mahasiswa adalah kehadiran, tugas (makalah), aktivitas selama perkuliahan, UTS dan UAS.
Learning OutcomesSikap :
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
Pengetahuan :
- Menguasai metode penelitian dan publikasi ilmiah
Keterampilan Khusus :
- Mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk mengambil keputusan permasalahan pembelajaran fisika
Keterampilan Umum :
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan pembelajaran fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya di bidang pembelajaran fisika, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.
- Aqib, Zainal. 2012. Penelitian Tindakan Kelas, Untuk Guru. Bandung: CV Yrama Widya.
- Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
- Arikunto, Suharsimi-Suhardjono-Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Fraenkel, J. R. & Wallen, N. E. 2007. How to Design and Evaluate Research in Education (second ed.). New York: McGraw-Hill Book Co.
- Masnur, Muslich. 2010. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
- Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
- Wardhani, dkk. 2008.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dasar penelitian pendidikan, baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Kajian difokuskan pada studi literatur, karakteristik permasalahan, populasi, sampel, teknik sampling, variabel penelitian, Pendekatan dan metode penelitian, penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian pengembangan, penyusunan instrumen, validitas dan reliabilitas instrumen, instrumen penelitian untuk memecahkan masalah, pengolahan data hasil penelitian, analisis data, penyusunan proposal penelitian dan penyusunan laporan penelitian. Penelitian eksperimen lebih ditekankan pada ”eksperimen kuasi”, penelitian tindakan kelas dan penelitian pengembangan. Perkuliahan dilakukan melalui diskusi, presentasi, dan tugas merancang proposal penelitian yang dipresentasikan di kelas secara berkelompok. Prasyarat untuk mengikuti pekuliahan ini adalah lulus mata kuliah Statistika Dasar. Disamping tugas kelompok, mahasiswa juga mendapat tugas individual menyusun Proposal Penelitian. Informasi yang diperlukan untuk menentukan keberhasilan mahasiswa adalah kehadiran, tugas (makalah), aktivitas selama perkuliahan, UTS dan UAS.
Learning OutcomesSikap :
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
Pengetahuan :
- Menguasai metode penelitian dan publikasi ilmiah
Keterampilan Khusus :
- Mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk mengambil keputusan permasalahan pembelajaran fisika
Keterampilan Umum :
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan pembelajaran fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya di bidang pembelajaran fisika, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.
- Aqib, Zainal. 2012. Penelitian Tindakan Kelas, Untuk Guru. Bandung: CV Yrama Widya.
- Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
- Arikunto, Suharsimi-Suhardjono-Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Fraenkel, J. R. & Wallen, N. E. 2007. How to Design and Evaluate Research in Education (second ed.). New York: McGraw-Hill Book Co.
- Masnur, Muslich. 2010. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
- Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
- Wardhani, dkk. 2008.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Details ...
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu mengkaji, menjelaskan serta menerapkan metodologi penelitian pendidikan. Materi yang dipelajari meliputi Pendahuluan (perspektif penelitian pendidikan), metode penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, penelitian pengembangan serta bagaimana menyusun isi dari jenis-jenis penelitian di bidang pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengkaji prinsip-prinsip dasar penelitian pendidikan berbasis disiplin IPA, baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif yang difokuskan pada studi literatur, karakteristik permasalahan, pemilihan metode dan instrumen penelitian untuk memecahkan masalah tersebut, mengolah data hasil penelitian, dan menyusun laporan penelitian.
ReferencesFraenkel, J. R. & Wallen, N. E. 2007. How to Design and Evaluate Research in Education (second ed.). New York: McGraw-Hill Book Co.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
------------. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...