Pendidikan Kewarganegaraan, Curriculum : 2018


Courser in EnglishCivic Education
ProgramArsitektur
SKS2 SKS
RPS38 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
 

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah PKn selama 1 (satu) semester, mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, kesadaran hukum, dan keragaman.
 

References

Dirjen Dikti, 2012, Buku Modul Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Dikti Jakarta.
Lemhannas,  2000,  Pendidikan  Kewarganegaraan,  Gramedia, Jakarta
Kuat Puji Prayitno, dkk, 2014, Pendidikan Kewarganegaraan, Unsoed Press, Purwokerto


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
 

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah PKn selama 1 (satu) semester, mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, kesadaran hukum, dan keragaman.
 

References

Dirjen Dikti, 2012, Buku Modul Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Dikti Jakarta.
Lemhannas,  2000,  Pendidikan  Kewarganegaraan,  Gramedia, Jakarta
Kuat Puji Prayitno, dkk, 2014, Pendidikan Kewarganegaraan, Unsoed Press, Purwokerto


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
 

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah PKn selama 1 (satu) semester, mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, kesadaran hukum, dan keragaman.
 

References

Dirjen Dikti, 2012, Buku Modul Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Dikti Jakarta.
Lemhannas,  2000,  Pendidikan  Kewarganegaraan,  Gramedia, Jakarta
Kuat Puji Prayitno, dkk, 2014, Pendidikan Kewarganegaraan, Unsoed Press, Purwokerto


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
 

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah PKn selama 1 (satu) semester, mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, kesadaran hukum, dan keragaman.
 

References

Dirjen Dikti, 2012, Buku Modul Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Dikti Jakarta.
Lemhannas,  2000,  Pendidikan  Kewarganegaraan,  Gramedia, Jakarta
Kuat Puji Prayitno, dkk, 2014, Pendidikan Kewarganegaraan, Unsoed Press, Purwokerto


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
 

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah PKn selama 1 (satu) semester, mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, kesadaran hukum, dan keragaman.
 

References

Dirjen Dikti, 2012, Buku Modul Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Dikti Jakarta.
Lemhannas,  2000,  Pendidikan  Kewarganegaraan,  Gramedia, Jakarta
Kuat Puji Prayitno, dkk, 2014, Pendidikan Kewarganegaraan, Unsoed Press, Purwokerto


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
 

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah PKn selama 1 (satu) semester, mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, kesadaran hukum, dan keragaman.
 

References

Dirjen Dikti, 2012, Buku Modul Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Dikti Jakarta.
Lemhannas,  2000,  Pendidikan  Kewarganegaraan,  Gramedia, Jakarta
Kuat Puji Prayitno, dkk, 2014, Pendidikan Kewarganegaraan, Unsoed Press, Purwokerto


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
 

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah PKn selama 1 (satu) semester, mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, kesadaran hukum, dan keragaman.
 

References

Dirjen Dikti, 2012, Buku Modul Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Dikti Jakarta.
Lemhannas,  2000,  Pendidikan  Kewarganegaraan,  Gramedia, Jakarta
Kuat Puji Prayitno, dkk, 2014, Pendidikan Kewarganegaraan, Unsoed Press, Purwokerto


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
 

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah PKn selama 1 (satu) semester, mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, kesadaran hukum, dan keragaman.
 

References

Dirjen Dikti, 2012, Buku Modul Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Dikti Jakarta.
Lemhannas,  2000,  Pendidikan  Kewarganegaraan,  Gramedia, Jakarta
Kuat Puji Prayitno, dkk, 2014, Pendidikan Kewarganegaraan, Unsoed Press, Purwokerto


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
 

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah PKn selama 1 (satu) semester, mahasiswa mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku mendukung yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, kesadaran hukum, dan keragaman.
 

References

Dirjen Dikti, 2012, Buku Modul Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Dikti Jakarta.
Lemhannas,  2000,  Pendidikan  Kewarganegaraan,  Gramedia, Jakarta
Kuat Puji Prayitno, dkk, 2014, Pendidikan Kewarganegaraan, Unsoed Press, Purwokerto


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan Indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara

Learning Outcomes

  1. Mampu berfikir analitik masalah yang berhubungan dengan kewarganegaraan, mengembangkan sikap yang baik dan positif serta menampilkan sikap dan perilaku yang mendukung terciptanya suasana semangat kebangsaan dan adanya gerakan untuk mencintai tanah airnya.
  2. Mahasiswa mampu menampilkan perilaku yang mendukung terciptanya demokrasi yang santun dan berkeadaban.
  3. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah konstektual kewarganegaraan, mengembangkan dan menampilkan perilaku yang mendukung keragaman, serta adanya pemikiran taat terhadap Hukum (Kesadaran hukum).

References

  1. Kaelan MS. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan Indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara

Learning Outcomes

  1. Mampu berfikir analitik masalah yang berhubungan dengan kewarganegaraan, mengembangkan sikap yang baik dan positif serta menampilkan sikap dan perilaku yang mendukung terciptanya suasana semangat kebangsaan dan adanya gerakan untuk mencintai tanah airnya.
  2. Mahasiswa mampu menampilkan perilaku yang mendukung terciptanya demokrasi yang santun dan berkeadaban.
  3. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah konstektual kewarganegaraan, mengembangkan dan menampilkan perilaku yang mendukung keragaman, serta adanya pemikiran taat terhadap Hukum (Kesadaran hukum).

References

  1. Kaelan MS. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan Indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara

Learning Outcomes

  1. Mampu berfikir analitik masalah yang berhubungan dengan kewarganegaraan, mengembangkan sikap yang baik dan positif serta menampilkan sikap dan perilaku yang mendukung terciptanya suasana semangat kebangsaan dan adanya gerakan untuk mencintai tanah airnya.
  2. Mahasiswa mampu menampilkan perilaku yang mendukung terciptanya demokrasi yang santun dan berkeadaban.
  3. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah konstektual kewarganegaraan, mengembangkan dan menampilkan perilaku yang mendukung keragaman, serta adanya pemikiran taat terhadap Hukum (Kesadaran hukum).

References

  1. Kaelan MS. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...