Sistem Informasi Pendidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEDUCATIONAL INFORMATION SYSTEM
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dunia pendidikan saat ini menghadapi paradigma baru yaitu upaya peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi paradigma tersebut adalah melalui pengembangan sistem informasi pendidikan (SIP)/education managemant information system (EMIS). Pengembangan sistem informasi tersebut digunakan untuk mengatasi beberapa masalah diantaranya, (1) kesalahan pelaporan, (2) ketidak akuratan data, (3) ketidak konsistenan informasi, serta (4) misinterpretasi informasi. Sehingga semakin kecil indikator di atas, maka kualitas data akan semakin baik yang akan membawa dampak pada peningkatan kualitas informasi. Peningkatan kualitas informasi tersebut merupakan salah satu indikator terjadinya peningkatan kualitas pendidikan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan sistem informasi pendidikan sesuai dengan standar nasional. Kemampuan tersebut diajarkan dalam 3 tahap yaitu, (1) pemahaman konsep SIP, (2) pemahaman mengenai sistem pendidikan nasional dan standar nasional pendidikan, serta (3) Merancang dan mengembangkan EMIS Sesuai standar nasional pendidikan.

Learning Outcomes

Sikap :
Unggul dan berjati diri                                        
Keterampilan umum :
Memiliki pemahaman mengenai efisiensi dalam sistem pendidikan nasional serta memiliki keterampilan dalam mendesain sebuah metode untuk mencapainya                 
Keterampilan khusus :
Mengaplikasikan IPTEKS  dalam menyelesaikan masalah prosedural.                                
Pengetahuan :
Melalui perkuliahan ini, mahasiswa dapat memiliki kemampuan dalam (1) mengambil keputusan dalam pembelajaran menyelesaikan permasalahan kualitas data dan informasi serta dukungan sistem manajemen, (2)  mengenal partisipasi masyarakat serta bentuk komunikasinya, (3) meningkatkan kualitas pendidikan, (4) memahami sistem pendidikan nasional, (5) memahami standar nasional pendidikan

References

Villanueva, C. C. (EMIS C. (2013). Education Management Information System ( Emis ) and the Formulation of Education for All ( Efa ) Plan of Action ,. Unesco, 1–60.

Darmawan, D. (2015). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

McLeod, R., & P.Schell, G. (2010). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT. Indeks.

Vardiansyah, D. (2008). Filsafat Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Jakarta: Indeks.

 


Details ...
Course Descriptions

Dunia pendidikan saat ini menghadapi paradigma baru yaitu upaya peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi paradigma tersebut adalah melalui pengembangan sistem informasi pendidikan (SIP)/education managemant information system (EMIS). Pengembangan sistem informasi tersebut digunakan untuk mengatasi beberapa masalah diantaranya, (1) kesalahan pelaporan, (2) ketidak akuratan data, (3) ketidak konsistenan informasi, serta (4) misinterpretasi informasi. Sehingga semakin kecil indikator di atas, maka kualitas data akan semakin baik yang akan membawa dampak pada peningkatan kualitas informasi. Peningkatan kualitas informasi tersebut merupakan salah satu indikator terjadinya peningkatan kualitas pendidikan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan sistem informasi pendidikan sesuai dengan standar nasional. Kemampuan tersebut diajarkan dalam 3 tahap yaitu, (1) pemahaman konsep SIP, (2) pemahaman mengenai sistem pendidikan nasional dan standar nasional pendidikan, serta (3) Merancang dan mengembangkan EMIS Sesuai standar nasional pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (target pembelajaran) :

Setelah menyelesaikan program perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam,

  1. Melakukan otorisasi kontrak perkuliahan.
  2. Mengingat kembali, mengeksekusi, menyimbolkan dan membuat keputusan terkait sistem informasi sederhana untuk mengambil keputusan dalam pembelajaran
  3. Menyimbolkan, mengintegrasikan, mengingat kembali dan menyimpulkan cara terbaik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan (1) kualitas data dan informasi serta (2) dukungan sistem manajemen                                                             
  4. Mengingat kembali, menyimbolkan dan mengintegrasikan kelompok masyarakat yang membutuhkan informasi pendidikan, bentuk partisipasi masyarakat serta bentuk komunikasinya
  5. Memecahkan masalah dalam bentuk gagasan yang dapat digunakan untuk menurunkan pengaruh faktor penghambat manajemen dalam meningkatkan kualitas pendidikan
  6. Mengintegrasikan, menyimbolkan dan mengintegrasikan konsep, mengidentifikasi karakteristik fungsi produksi untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi dalam SIP
  7. Mengingat kembali penerapan fungsi produksi sesuai dengan karakteristik dan diskripsi indikator fungsi produksi untuk memenuhi kebutuhan informasi
  8. Memecahkan masalah terkait dengan ketercapaian efisiensi indikator internal, eksternal, dan indikator hasil      
  9. Mengenali, mengingat kembali dan menyimbolkan model sistem pendidikan nasional dalam bentuk makalah
  10. Mengenali dan mengingat kembali delapan standar nasional pendidikan

References

Villanueva, C. C. (EMIS C. (2013). Education Management Information System ( Emis ) and the Formulation of Education for All ( Efa ) Plan of Action ,. Unesco, 1–60.

Pemerintah Republik Indoenesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Thaum 200. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.


Details ...
Course Descriptions

Dunia pendidikan saat ini menghadapi paradigma baru yaitu upaya peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi paradigma tersebut adalah melalui pengembangan sistem informasi pendidikan (SIP)/education managemant information system (EMIS). Pengembangan sistem informasi tersebut digunakan untuk mengatasi beberapa masalah diantaranya, (1) kesalahan pelaporan, (2) ketidak akuratan data, (3) ketidak konsistenan informasi, serta (4) misinterpretasi informasi. Sehingga semakin kecil indikator di atas, maka kualitas data akan semakin baik yang akan membawa dampak pada peningkatan kualitas informasi. Peningkatan kualitas informasi tersebut merupakan salah satu indikator terjadinya peningkatan kualitas pendidikan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan sistem informasi pendidikan sesuai dengan standar nasional. Kemampuan tersebut diajarkan dalam 3 tahap yaitu, (1) pemahaman konsep SIP, (2) pemahaman mengenai sistem pendidikan nasional dan standar nasional pendidikan, serta (3) Merancang dan mengembangkan EMIS Sesuai standar nasional pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (target pembelajaran) :

Setelah menyelesaikan program perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam,

  1. Melakukan otorisasi kontrak perkuliahan.
  2. Mengingat kembali, mengeksekusi, menyimbolkan dan membuat keputusan terkait sistem informasi sederhana untuk mengambil keputusan dalam pembelajaran
  3. Menyimbolkan, mengintegrasikan, mengingat kembali dan menyimpulkan cara terbaik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan (1) kualitas data dan informasi serta (2) dukungan sistem manajemen                                                             
  4. Mengingat kembali, menyimbolkan dan mengintegrasikan kelompok masyarakat yang membutuhkan informasi pendidikan, bentuk partisipasi masyarakat serta bentuk komunikasinya
  5. Memecahkan masalah dalam bentuk gagasan yang dapat digunakan untuk menurunkan pengaruh faktor penghambat manajemen dalam meningkatkan kualitas pendidikan
  6. Mengintegrasikan, menyimbolkan dan mengintegrasikan konsep, mengidentifikasi karakteristik fungsi produksi untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi dalam SIP
  7. Mengingat kembali penerapan fungsi produksi sesuai dengan karakteristik dan diskripsi indikator fungsi produksi untuk memenuhi kebutuhan informasi
  8. Memecahkan masalah terkait dengan ketercapaian efisiensi indikator internal, eksternal, dan indikator hasil      
  9. Mengenali, mengingat kembali dan menyimbolkan model sistem pendidikan nasional dalam bentuk makalah
  10. Mengenali dan mengingat kembali delapan standar nasional pendidikan

References

Villanueva, C. C. (EMIS C. (2013). Education Management Information System ( Emis ) and the Formulation of Education for All ( Efa ) Plan of Action ,. Unesco, 1–60.

Pemerintah Republik Indoenesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Thaum 200. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.


Details ...
Course Descriptions

Dunia pendidikan saat ini menghadapi paradigma baru yaitu upaya peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi paradigma tersebut adalah melalui pengembangan sistem informasi pendidikan (SIP)/education managemant information system (EMIS). Pengembangan sistem informasi tersebut digunakan untuk mengatasi beberapa masalah diantaranya, (1) kesalahan pelaporan, (2) ketidak akuratan data, (3) ketidak konsistenan informasi, serta (4) misinterpretasi informasi. Sehingga semakin kecil indikator di atas, maka kualitas data akan semakin baik yang akan membawa dampak pada peningkatan kualitas informasi. Peningkatan kualitas informasi tersebut merupakan salah satu indikator terjadinya peningkatan kualitas pendidikan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan sistem informasi pendidikan sesuai dengan standar nasional. Kemampuan tersebut diajarkan dalam 3 tahap yaitu, (1) pemahaman konsep SIP, (2) pemahaman mengenai sistem pendidikan nasional dan standar nasional pendidikan, serta (3) Merancang dan mengembangkan EMIS Sesuai standar nasional pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (target pembelajaran) :

Setelah menyelesaikan program perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam,

  1. Melakukan otorisasi kontrak perkuliahan.
  2. Mengingat kembali, mengeksekusi, menyimbolkan dan membuat keputusan terkait sistem informasi sederhana untuk mengambil keputusan dalam pembelajaran
  3. Menyimbolkan, mengintegrasikan, mengingat kembali dan menyimpulkan cara terbaik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan (1) kualitas data dan informasi serta (2) dukungan sistem manajemen                                                             
  4. Mengingat kembali, menyimbolkan dan mengintegrasikan kelompok masyarakat yang membutuhkan informasi pendidikan, bentuk partisipasi masyarakat serta bentuk komunikasinya
  5. Memecahkan masalah dalam bentuk gagasan yang dapat digunakan untuk menurunkan pengaruh faktor penghambat manajemen dalam meningkatkan kualitas pendidikan
  6. Mengintegrasikan, menyimbolkan dan mengintegrasikan konsep, mengidentifikasi karakteristik fungsi produksi untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi dalam SIP
  7. Mengingat kembali penerapan fungsi produksi sesuai dengan karakteristik dan diskripsi indikator fungsi produksi untuk memenuhi kebutuhan informasi
  8. Memecahkan masalah terkait dengan ketercapaian efisiensi indikator internal, eksternal, dan indikator hasil      
  9. Mengenali, mengingat kembali dan menyimbolkan model sistem pendidikan nasional dalam bentuk makalah
  10. Mengenali dan mengingat kembali delapan standar nasional pendidikan

References

Villanueva, C. C. (EMIS C. (2013). Education Management Information System ( Emis ) and the Formulation of Education for All ( Efa ) Plan of Action ,. Unesco, 1–60.

Pemerintah Republik Indoenesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Thaum 200. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.


Details ...
Course Descriptions

Dunia pendidikan saat ini menghadapi paradigma baru yaitu upaya peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi paradigma tersebut adalah melalui pengembangan sistem informasi pendidikan (SIP)/education managemant information system (EMIS). Pengembangan sistem informasi tersebut digunakan untuk mengatasi beberapa masalah diantaranya, (1) kesalahan pelaporan, (2) ketidak akuratan data, (3) ketidak konsistenan informasi, serta (4) misinterpretasi informasi. Sehingga semakin kecil indikator di atas, maka kualitas data akan semakin baik yang akan membawa dampak pada peningkatan kualitas informasi. Peningkatan kualitas informasi tersebut merupakan salah satu indikator terjadinya peningkatan kualitas pendidikan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengembangkan sistem informasi pendidikan sesuai dengan standar nasional. Kemampuan tersebut diajarkan dalam 3 tahap yaitu, (1) pemahaman konsep SIP, (2) pemahaman mengenai sistem pendidikan nasional dan standar nasional pendidikan, serta (3) Merancang dan mengembangkan EMIS Sesuai standar nasional pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (target pembelajaran) :

Setelah menyelesaikan program perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam,

  1. Melakukan otorisasi kontrak perkuliahan.
  2. Mengingat kembali, mengeksekusi, menyimbolkan dan membuat keputusan terkait sistem informasi sederhana untuk mengambil keputusan dalam pembelajaran
  3. Menyimbolkan, mengintegrasikan, mengingat kembali dan menyimpulkan cara terbaik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan (1) kualitas data dan informasi serta (2) dukungan sistem manajemen                                                             
  4. Mengingat kembali, menyimbolkan dan mengintegrasikan kelompok masyarakat yang membutuhkan informasi pendidikan, bentuk partisipasi masyarakat serta bentuk komunikasinya
  5. Memecahkan masalah dalam bentuk gagasan yang dapat digunakan untuk menurunkan pengaruh faktor penghambat manajemen dalam meningkatkan kualitas pendidikan
  6. Mengintegrasikan, menyimbolkan dan mengintegrasikan konsep, mengidentifikasi karakteristik fungsi produksi untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi dalam SIP
  7. Mengingat kembali penerapan fungsi produksi sesuai dengan karakteristik dan diskripsi indikator fungsi produksi untuk memenuhi kebutuhan informasi
  8. Memecahkan masalah terkait dengan ketercapaian efisiensi indikator internal, eksternal, dan indikator hasil      
  9. Mengenali, mengingat kembali dan menyimbolkan model sistem pendidikan nasional dalam bentuk makalah
  10. Mengenali dan mengingat kembali delapan standar nasional pendidikan

References

Villanueva, C. C. (EMIS C. (2013). Education Management Information System ( Emis ) and the Formulation of Education for All ( Efa ) Plan of Action ,. Unesco, 1–60.

Pemerintah Republik Indoenesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Thaum 200. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.


Details ...
Course Descriptions

Sistem informasi pendidikan merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan keterampilan mengenai penerapan sistem informasi manajemen kedalam dunia pendidikan dalam upaya mencapai standar nasional pendidikan

Learning Outcomes

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menganalisis permasalahan membuat design sistem informasi dalam standar nasional pendidikan

References

Van den Akker,Jan; Kuiper, Wilmad; Hameyer, Uwe.2003.Curruculum Lanscapes and Trends.SPRINGER-SCI5ENCE+BUSINESS MEDIA, B.V.            
Sukiman. 2015. Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya            
Permendigbud No. 64 Th 2013 Tentang Standar Isi            
Taba, H. 1962. Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt, Brace & World            

 


Details ...
Course Descriptions

Sistem informasi pendidikan merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan keterampilan mengenai penerapan sistem informasi manajemen kedalam dunia pendidikan dalam upaya mencapai standar nasional pendidikan

Learning Outcomes

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menganalisis permasalahan membuat design sistem informasi dalam standar nasional pendidikan

References

Van den Akker,Jan; Kuiper, Wilmad; Hameyer, Uwe.2003.Curruculum Lanscapes and Trends.SPRINGER-SCI5ENCE+BUSINESS MEDIA, B.V.            
Sukiman. 2015. Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya            
Permendigbud No. 64 Th 2013 Tentang Standar Isi            
Taba, H. 1962. Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt, Brace & World            

 


Details ...
Course Descriptions

Sistem informasi pendidikan merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan keterampilan mengenai penerapan sistem informasi manajemen kedalam dunia pendidikan dalam upaya mencapai standar nasional pendidikan

Learning Outcomes

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menganalisis permasalahan membuat design sistem informasi dalam standar nasional pendidikan

References

Van den Akker,Jan; Kuiper, Wilmad; Hameyer, Uwe.2003.Curruculum Lanscapes and Trends.SPRINGER-SCI5ENCE+BUSINESS MEDIA, B.V.            
Sukiman. 2015. Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya            
Permendigbud No. 64 Th 2013 Tentang Standar Isi            
Taba, H. 1962. Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt, Brace & World            

 


Details ...