Courser in English | GUIDANCE AND COUNSELING OF CHILDREN WITH THE SPECIAL NEEDS |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (BK ABK) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus, Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus; Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Sejarah ABK, Layanan Pendidikan Bagi ABK, Pendidikan Inklusif (Sekolah Inklusi), Bentuk Pelayanan Pendidikan dengan Sistem Segregasi ABK (SLB, SLB Berasrama, Kelas Jauh / Kelas Kunjung, SDLB); Konsep Dasar Cerdas dan Berbakat Istimewa: Karakteristik dan Kategori Anak Berbakat Istimewa, Aspek Perkembangan yang Dialami Anak Cerdas dan Berbakat Istimewa, Layanan Pendekatan ACBI; Gangguan Penglihatan; Gangguan Pendengaran dan Gangguan Wicara; Gangguan ADHD; Autisma; Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus; Observasi dan Praktik Lapangan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus; Intervensi: Definisi, Bentuk, Cara, dan Tujuan Intervensi Untuk Jenis ABK; Layanan dalam BK terhadap penanganan anak berkebutuhan khusus, Rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, dan Modifikasi Perilaku. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|||
Sikap (S) |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2). |
||||
Pengetahuan (P) |
|
||||
Ketrampilan Umum (KU) |
|
||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1). |
||||
|
|
||||
|
|
||||
|
Setelah menempuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (BK ABK), mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
|
CPMK 1 |
Mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus, Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus yang dikaitkan dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks strategi pembelajaran biologi melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab mengenai Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus (S9, P1, KU 1, KK4) (30%). |
|||
CPMK 2 |
Mampu memahami Konsep Dasar Cerdas dan Berbakat Istimewa. Mampu untuk terampil dalam mengidentifikasikan beberapa gangguan perkembangan, seperti gangguan penglihatan, pendengaran dan wicara, dan ADHD yang disesuaikan dengan latar belakang budaya, dan kerangka pikir yang akan menjadi tanggung jawab guru atau psikolog, atau pemerhati anak berkebutuhan khusus (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%) |
||||
|
CPMK 3 |
Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, khususnya Autisma. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlian, berdasarkan hasil analisis informasi dan data di sekolah. Memiliki kemampuan dalam memodifikasi perilaku yang terkait Rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, dan Layanan dalam BK terhadap penanganan anak berkebutuhan khusus. (S6, P11, KU5, KK7) (40%) |
Daftar Pustaka |
Utama |
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (BK ABK) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus, Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus; Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Sejarah ABK, Layanan Pendidikan Bagi ABK, Pendidikan Inklusif (Sekolah Inklusi), Bentuk Pelayanan Pendidikan dengan Sistem Segregasi ABK (SLB, SLB Berasrama, Kelas Jauh / Kelas Kunjung, SDLB); Konsep Dasar Cerdas dan Berbakat Istimewa: Karakteristik dan Kategori Anak Berbakat Istimewa, Aspek Perkembangan yang Dialami Anak Cerdas dan Berbakat Istimewa, Layanan Pendekatan ACBI; Gangguan Penglihatan; Gangguan Pendengaran dan Gangguan Wicara; Gangguan ADHD; Autisma; Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus; Observasi dan Praktik Lapangan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus; Intervensi: Definisi, Bentuk, Cara, dan Tujuan Intervensi Untuk Jenis ABK; Layanan dalam BK terhadap penanganan anak berkebutuhan khusus, Rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, dan Modifikasi Perilaku. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|||
Sikap (S) |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2). |
||||
Pengetahuan (P) |
|
||||
Ketrampilan Umum (KU) |
|
||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1). |
||||
|
|
||||
|
|
||||
|
Setelah menempuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (BK ABK), mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
|
CPMK 1 |
Mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus, Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus yang dikaitkan dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks strategi pembelajaran biologi melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab mengenai Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus (S9, P1, KU 1, KK4) (30%). |
|||
CPMK 2 |
Mampu memahami Konsep Dasar Cerdas dan Berbakat Istimewa. Mampu untuk terampil dalam mengidentifikasikan beberapa gangguan perkembangan, seperti gangguan penglihatan, pendengaran dan wicara, dan ADHD yang disesuaikan dengan latar belakang budaya, dan kerangka pikir yang akan menjadi tanggung jawab guru atau psikolog, atau pemerhati anak berkebutuhan khusus (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%) |
||||
|
CPMK 3 |
Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, khususnya Autisma. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlian, berdasarkan hasil analisis informasi dan data di sekolah. Memiliki kemampuan dalam memodifikasi perilaku yang terkait Rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, dan Layanan dalam BK terhadap penanganan anak berkebutuhan khusus. (S6, P11, KU5, KK7) (40%) |
Daftar Pustaka |
Utama |
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (BK ABK) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus, Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus; Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Sejarah ABK, Layanan Pendidikan Bagi ABK, Pendidikan Inklusif (Sekolah Inklusi), Bentuk Pelayanan Pendidikan dengan Sistem Segregasi ABK (SLB, SLB Berasrama, Kelas Jauh / Kelas Kunjung, SDLB); Konsep Dasar Cerdas dan Berbakat Istimewa: Karakteristik dan Kategori Anak Berbakat Istimewa, Aspek Perkembangan yang Dialami Anak Cerdas dan Berbakat Istimewa, Layanan Pendekatan ACBI; Gangguan Penglihatan; Gangguan Pendengaran dan Gangguan Wicara; Gangguan ADHD; Autisma; Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus; Observasi dan Praktik Lapangan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus; Intervensi: Definisi, Bentuk, Cara, dan Tujuan Intervensi Untuk Jenis ABK; Layanan dalam BK terhadap penanganan anak berkebutuhan khusus, Rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, dan Modifikasi Perilaku. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|||
Sikap (S) |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2). |
||||
Pengetahuan (P) |
|
||||
Ketrampilan Umum (KU) |
|
||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1). |
||||
|
|
||||
|
|
||||
|
Setelah menempuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (BK ABK), mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
|
CPMK 1 |
Mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus, Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus yang dikaitkan dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks strategi pembelajaran biologi melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab mengenai Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus (S9, P1, KU 1, KK4) (30%). |
|||
CPMK 2 |
Mampu memahami Konsep Dasar Cerdas dan Berbakat Istimewa. Mampu untuk terampil dalam mengidentifikasikan beberapa gangguan perkembangan, seperti gangguan penglihatan, pendengaran dan wicara, dan ADHD yang disesuaikan dengan latar belakang budaya, dan kerangka pikir yang akan menjadi tanggung jawab guru atau psikolog, atau pemerhati anak berkebutuhan khusus (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%) |
||||
|
CPMK 3 |
Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, khususnya Autisma. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlian, berdasarkan hasil analisis informasi dan data di sekolah. Memiliki kemampuan dalam memodifikasi perilaku yang terkait Rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, dan Layanan dalam BK terhadap penanganan anak berkebutuhan khusus. (S6, P11, KU5, KK7) (40%) |
Daftar Pustaka |
Utama |
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (BK ABK) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus, Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus; Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Sejarah ABK, Layanan Pendidikan Bagi ABK, Pendidikan Inklusif (Sekolah Inklusi), Bentuk Pelayanan Pendidikan dengan Sistem Segregasi ABK (SLB, SLB Berasrama, Kelas Jauh / Kelas Kunjung, SDLB); Konsep Dasar Cerdas dan Berbakat Istimewa: Karakteristik dan Kategori Anak Berbakat Istimewa, Aspek Perkembangan yang Dialami Anak Cerdas dan Berbakat Istimewa, Layanan Pendekatan ACBI; Gangguan Penglihatan; Gangguan Pendengaran dan Gangguan Wicara; Gangguan ADHD; Autisma; Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus; Observasi dan Praktik Lapangan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus; Intervensi: Definisi, Bentuk, Cara, dan Tujuan Intervensi Untuk Jenis ABK; Layanan dalam BK terhadap penanganan anak berkebutuhan khusus, Rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, dan Modifikasi Perilaku. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|||
Sikap (S) |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2). |
||||
Pengetahuan (P) |
|
||||
Ketrampilan Umum (KU) |
|
||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1). |
||||
|
|
||||
|
|
||||
|
Setelah menempuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (BK ABK), mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
|
CPMK 1 |
Mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus, Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus yang dikaitkan dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks strategi pembelajaran biologi melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab mengenai Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus (S9, P1, KU 1, KK4) (30%). |
|||
CPMK 2 |
Mampu memahami Konsep Dasar Cerdas dan Berbakat Istimewa. Mampu untuk terampil dalam mengidentifikasikan beberapa gangguan perkembangan, seperti gangguan penglihatan, pendengaran dan wicara, dan ADHD yang disesuaikan dengan latar belakang budaya, dan kerangka pikir yang akan menjadi tanggung jawab guru atau psikolog, atau pemerhati anak berkebutuhan khusus (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%) |
||||
|
CPMK 3 |
Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, khususnya Autisma. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlian, berdasarkan hasil analisis informasi dan data di sekolah. Memiliki kemampuan dalam memodifikasi perilaku yang terkait Rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, dan Layanan dalam BK terhadap penanganan anak berkebutuhan khusus. (S6, P11, KU5, KK7) (40%) |
Daftar Pustaka |
Utama |
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (BK ABK) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus, Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus; Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Sejarah ABK, Layanan Pendidikan Bagi ABK, Pendidikan Inklusif (Sekolah Inklusi), Bentuk Pelayanan Pendidikan dengan Sistem Segregasi ABK (SLB, SLB Berasrama, Kelas Jauh / Kelas Kunjung, SDLB); Konsep Dasar Cerdas dan Berbakat Istimewa: Karakteristik dan Kategori Anak Berbakat Istimewa, Aspek Perkembangan yang Dialami Anak Cerdas dan Berbakat Istimewa, Layanan Pendekatan ACBI; Gangguan Penglihatan; Gangguan Pendengaran dan Gangguan Wicara; Gangguan ADHD; Autisma; Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus; Observasi dan Praktik Lapangan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus; Intervensi: Definisi, Bentuk, Cara, dan Tujuan Intervensi Untuk Jenis ABK; Layanan dalam BK terhadap penanganan anak berkebutuhan khusus, Rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, dan Modifikasi Perilaku. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|||
Sikap (S) |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2). |
||||
Pengetahuan (P) |
|
||||
Ketrampilan Umum (KU) |
|
||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1). |
||||
|
|
||||
|
|
||||
|
Setelah menempuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (BK ABK), mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
|
CPMK 1 |
Mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus, Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus yang dikaitkan dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks strategi pembelajaran biologi melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab mengenai Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus (S9, P1, KU 1, KK4) (30%). |
|||
CPMK 2 |
Mampu memahami Konsep Dasar Cerdas dan Berbakat Istimewa. Mampu untuk terampil dalam mengidentifikasikan beberapa gangguan perkembangan, seperti gangguan penglihatan, pendengaran dan wicara, dan ADHD yang disesuaikan dengan latar belakang budaya, dan kerangka pikir yang akan menjadi tanggung jawab guru atau psikolog, atau pemerhati anak berkebutuhan khusus (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%) |
||||
|
CPMK 3 |
Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, khususnya Autisma. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlian, berdasarkan hasil analisis informasi dan data di sekolah. Memiliki kemampuan dalam memodifikasi perilaku yang terkait Rancangan layanan yang tepat untuk menangani berbagai indikasi anak berkebutuhan khusus, dan Layanan dalam BK terhadap penanganan anak berkebutuhan khusus. (S6, P11, KU5, KK7) (40%) |
Daftar Pustaka |
Utama |
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...