Courser in English | THESIS |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 6 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pada akhir kuliah mahasiswa mampu melakukan penelitian dengan strategi riset arsitektur. Adapun kerangka dan prosedur kegiatan riset arsitektur adalah memilih topik penelitian, merumuskan masalah, merumuskan tujuan, domain dan substansi riset arsitektur, selanjutnya memilih metode penelitian yang digunakan, mengumpulkan data, analisis data, dan interpretasi hasil analisis untuk penyelesaian tesisnya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun usulan rencana penelitian program magister dalam rangka penyelesaian tesisnya
References- Muhadjir, N. (2011). Metodologi Penelitian (Vol. 6). Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasin.
- Ihalauw, J. J. (2008). Konstruksi Teori Komponen dan Proses. Jakarta: Grasindo.
- Muhadjir, N. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif (Vol. 3). Yogyakarta: Bayu Indra Grafika.
- Corbin, A. S. (2013). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif Tata Langkah dan Teknik-Teknik Teoritisasi Data (Vol. 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Deddy Mulyana. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif (Vol. 1). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya .
- Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Vol. 3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D (Vol. 4). Bandung: Alfabeta.
- Almanshur, M. D. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Vol. 1). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Lincoln, N. K. (2009). Handbook of Qualitative Research (Vol. 1). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Lincoln, N. K. (2005). The Sage Handbook of Qualitative Research (Vol. 3). Thousand Oaks -London-New Delhi: Sage Publications.
- Brannen, J. (1999). Memadu Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Vol. 2). Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Samarinda & Pustaka Pelajar
- Nazir, M. (1985). Metode Penelitian (Vol. 1). Darussalam: Ghalia Indonesia.
- Ibrahim, A. S., & Syamsuddin, M. (1985). Penemuan Teori Grounded Beberapa Strategi Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.
- Spradley, J. P. (2007). Metode Etnografi (Vol. 2). Yogyakarta: Tiara Wacana.
- Moleong, L. J. (1994). Metodologi Penelitian Kualitatif (Vol. 5). Bandung: PT Remaja Rosdakarya . 17.Patton, M. Q. (2009). Metode Evaluasi Kualitatif (Vol. 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Brannen, J. (1992). Mixing Methods: Qualitative and Kuantitative Research. USA: Ashgate Publishing Limited.
- Benz, I. N., & R, C. (1998). Qualitative Research Methodology Quantitative Exploring the Interactive Continuum. Carbondale and Edwardsville: Southern Illinois University Press.
- Yin, R. K. (2013). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.
- Yin, R. K. (1989). Case Study Research (Vol. 5). Newbury Park-London-New Delhi: Sage Publications.
- Hesse-Biber, S. N. (2010). Mixed Methods Research Merging Theory with Practice. New York: The Guilford Press. 23.Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Vol. 2). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Leedy, P. D. (1997). Practical Research Planning and Design. New Jersey: Prentice Hall.
- Stake, R. E., 1995. The Art Of Case Study Research. Thousand Oaks: CA :Sage.
- Stake, R. E., 2010. Qualitative Research ; Studying How Things Work. New York London: The Guildford Press.
- Sudradjat, I. (2003). Metodologi Penelitian Arsitektur. Bandung: Program Magister Arsitektur Program Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung.
- Snyder, J. C. (1984). Architectural Research Environmental Design Series. New York: Van Nostrand Reinhold Company. 29.Groat, L., & Wang, D. (2013). Architectural Research Methods. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang penyusunan tugas akhir yang dipersyaratkan sepertitesis. Mata kuliah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu 1. Pembimbingan judul sampai proposal sebelum seminar 2. Penelitian 3. Pelaporan Hasi
Learning OutcomesCPMK1 | Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, berdasar analisis data informasi dan data lain dengan penuh tanggung jawab, memperhatikan religi, etika akademik, dan kontribusi terhadap mutu pendidikan, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas. |
CPMK2 | Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data sebagai bentuk pengelolaan pembelajaran manajemen pendidikan tingkat pendidikan tinggi yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai keahlian |
CPMK 3 | Mampu mengembangkan ide, pemikiran, dan argumen teknis secara bertanggungjawab sebagai upaya pemecahan masalah dan mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat secara mandiri ataup[un dalam jaringan/ kolega/ komunitas yang lebih luas. |
CPMK4 | Mampu menyusun dan mempresentasikan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada tingkat nasional maupun internasional sebagai bentuk internalisasi kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam mengembangkan riset dan kerjasama dengan pihak lain. |
________2016. Pedoman Penulisan Tesis. Semarang: PPs Universitas PGRI Semarang.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Fraenkel & Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Jhon Willey & Sons.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Moleong, L.J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana. 2006. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Details ...