Courser in English | INDONESIAN LANGAUGE PERFORMANCE |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||||||||
CPMK-1 |
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-2 |
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu |
|||||||||||
…… |
…….. |
|||||||||||
CPL CPMK Sub- CPMK |
||||||||||||
Sub-CPMK 1 |
Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus |
|||||||||||
Sub-CPMK 2 |
Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 3 |
Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 4 |
Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 5 |
Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 6 |
Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh |
|||||||||||
Sub-CPMK 7 |
Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah |
|||||||||||
Sub-CPMK 8 |
Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya |
Utama |
||||||||||||
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press. |
||||||||||||
Pendukung |
||||||||||||
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||||||||
CPMK-1 |
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-2 |
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu |
|||||||||||
…… |
…….. |
|||||||||||
CPL CPMK Sub- CPMK |
||||||||||||
Sub-CPMK 1 |
Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus |
|||||||||||
Sub-CPMK 2 |
Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 3 |
Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 4 |
Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 5 |
Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 6 |
Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh |
|||||||||||
Sub-CPMK 7 |
Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah |
|||||||||||
Sub-CPMK 8 |
Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya |
Utama |
||||||||||||
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press. |
||||||||||||
Pendukung |
||||||||||||
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||||||||
CPMK-1 |
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-2 |
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu |
|||||||||||
…… |
…….. |
|||||||||||
CPL CPMK Sub- CPMK |
||||||||||||
Sub-CPMK 1 |
Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus |
|||||||||||
Sub-CPMK 2 |
Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 3 |
Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 4 |
Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 5 |
Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 6 |
Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh |
|||||||||||
Sub-CPMK 7 |
Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah |
|||||||||||
Sub-CPMK 8 |
Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya |
Utama |
||||||||||||
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press. |
||||||||||||
Pendukung |
||||||||||||
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||||||||
CPMK-1 |
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-2 |
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu |
|||||||||||
…… |
…….. |
|||||||||||
CPL CPMK Sub- CPMK |
||||||||||||
Sub-CPMK 1 |
Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus |
|||||||||||
Sub-CPMK 2 |
Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 3 |
Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 4 |
Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 5 |
Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 6 |
Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh |
|||||||||||
Sub-CPMK 7 |
Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah |
|||||||||||
Sub-CPMK 8 |
Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya |
Utama |
||||||||||||
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press. |
||||||||||||
Pendukung |
||||||||||||
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||||||||
CPMK-1 |
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-2 |
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu |
|||||||||||
…… |
…….. |
|||||||||||
CPL CPMK Sub- CPMK |
||||||||||||
Sub-CPMK 1 |
Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus |
|||||||||||
Sub-CPMK 2 |
Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 3 |
Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 4 |
Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 5 |
Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 6 |
Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh |
|||||||||||
Sub-CPMK 7 |
Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah |
|||||||||||
Sub-CPMK 8 |
Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya |
Utama |
||||||||||||
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press. |
||||||||||||
Pendukung |
||||||||||||
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||||||||
CPMK-1 |
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-2 |
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu |
|||||||||||
…… |
…….. |
|||||||||||
CPL CPMK Sub- CPMK |
||||||||||||
Sub-CPMK 1 |
Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus |
|||||||||||
Sub-CPMK 2 |
Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 3 |
Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 4 |
Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 5 |
Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 6 |
Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh |
|||||||||||
Sub-CPMK 7 |
Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah |
|||||||||||
Sub-CPMK 8 |
Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya |
Utama |
||||||||||||
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press. |
||||||||||||
Pendukung |
||||||||||||
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||||||||
CPMK-1 |
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-2 |
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu |
|||||||||||
…… |
…….. |
|||||||||||
CPL CPMK Sub- CPMK |
||||||||||||
Sub-CPMK 1 |
Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus |
|||||||||||
Sub-CPMK 2 |
Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 3 |
Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 4 |
Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 5 |
Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 6 |
Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh |
|||||||||||
Sub-CPMK 7 |
Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah |
|||||||||||
Sub-CPMK 8 |
Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya |
Utama |
||||||||||||
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press. |
||||||||||||
Pendukung |
||||||||||||
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||||||||
CPMK-1 |
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-2 |
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu |
|||||||||||
…… |
…….. |
|||||||||||
CPL CPMK Sub- CPMK |
||||||||||||
Sub-CPMK 1 |
Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus |
|||||||||||
Sub-CPMK 2 |
Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 3 |
Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 4 |
Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 5 |
Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 6 |
Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh |
|||||||||||
Sub-CPMK 7 |
Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah |
|||||||||||
Sub-CPMK 8 |
Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya |
Utama |
||||||||||||
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press. |
||||||||||||
Pendukung |
||||||||||||
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||||||||
CPMK-1 |
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-2 |
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu |
|||||||||||
…… |
…….. |
|||||||||||
CPL CPMK Sub- CPMK |
||||||||||||
Sub-CPMK 1 |
Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus |
|||||||||||
Sub-CPMK 2 |
Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 3 |
Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 4 |
Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 5 |
Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 6 |
Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh |
|||||||||||
Sub-CPMK 7 |
Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah |
|||||||||||
Sub-CPMK 8 |
Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya |
Utama |
||||||||||||
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press. |
||||||||||||
Pendukung |
||||||||||||
|
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||||||||
CPMK-1 |
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-2 |
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar. |
|||||||||||
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu |
|||||||||||
…… |
…….. |
|||||||||||
CPL CPMK Sub- CPMK |
||||||||||||
Sub-CPMK 1 |
Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus |
|||||||||||
Sub-CPMK 2 |
Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 3 |
Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 4 |
Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 5 |
Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar |
|||||||||||
Sub-CPMK 6 |
Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh |
|||||||||||
Sub-CPMK 7 |
Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah |
|||||||||||
Sub-CPMK 8 |
Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya |
Utama |
||||||||||||
Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press. |
||||||||||||
Pendukung |
||||||||||||
|
Details ...