Kemampuan Berbahasa Indonesia, Curriculum : 2022


Courser in EnglishINDONESIAN LANGAUGE PERFORMANCE
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS10 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.

CPMK-2

Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

CPMK-3

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

……

……..

CPL         CPMK           Sub- CPMK

 

Sub-CPMK 1

Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus

Sub-CPMK 2

Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 3

Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 4

Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 5

Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 6

Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh

Sub-CPMK 7

Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah

Sub-CPMK 8

Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya

References

Utama

 

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Pendukung

 
  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.

CPMK-2

Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

CPMK-3

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

……

……..

CPL         CPMK           Sub- CPMK

 

Sub-CPMK 1

Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus

Sub-CPMK 2

Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 3

Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 4

Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 5

Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 6

Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh

Sub-CPMK 7

Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah

Sub-CPMK 8

Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya

References

Utama

 

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Pendukung

 
  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.

CPMK-2

Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

CPMK-3

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

……

……..

CPL         CPMK           Sub- CPMK

 

Sub-CPMK 1

Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus

Sub-CPMK 2

Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 3

Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 4

Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 5

Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 6

Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh

Sub-CPMK 7

Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah

Sub-CPMK 8

Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya

References

Utama

 

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Pendukung

 
  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.

CPMK-2

Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

CPMK-3

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

……

……..

CPL         CPMK           Sub- CPMK

 

Sub-CPMK 1

Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus

Sub-CPMK 2

Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 3

Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 4

Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 5

Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 6

Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh

Sub-CPMK 7

Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah

Sub-CPMK 8

Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya

References

Utama

 

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Pendukung

 
  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.

CPMK-2

Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

CPMK-3

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

……

……..

CPL         CPMK           Sub- CPMK

 

Sub-CPMK 1

Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus

Sub-CPMK 2

Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 3

Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 4

Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 5

Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 6

Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh

Sub-CPMK 7

Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah

Sub-CPMK 8

Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya

References

Utama

 

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Pendukung

 
  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.

CPMK-2

Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

CPMK-3

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

……

……..

CPL         CPMK           Sub- CPMK

 

Sub-CPMK 1

Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus

Sub-CPMK 2

Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 3

Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 4

Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 5

Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 6

Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh

Sub-CPMK 7

Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah

Sub-CPMK 8

Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya

References

Utama

 

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Pendukung

 
  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.

CPMK-2

Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

CPMK-3

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

……

……..

CPL         CPMK           Sub- CPMK

 

Sub-CPMK 1

Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus

Sub-CPMK 2

Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 3

Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 4

Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 5

Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 6

Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh

Sub-CPMK 7

Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah

Sub-CPMK 8

Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya

References

Utama

 

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Pendukung

 
  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.

CPMK-2

Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

CPMK-3

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

……

……..

CPL         CPMK           Sub- CPMK

 

Sub-CPMK 1

Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus

Sub-CPMK 2

Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 3

Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 4

Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 5

Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 6

Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh

Sub-CPMK 7

Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah

Sub-CPMK 8

Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya

References

Utama

 

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Pendukung

 
  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.

CPMK-2

Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

CPMK-3

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

……

……..

CPL         CPMK           Sub- CPMK

 

Sub-CPMK 1

Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus

Sub-CPMK 2

Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 3

Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 4

Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 5

Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 6

Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh

Sub-CPMK 7

Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah

Sub-CPMK 8

Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya

References

Utama

 

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Pendukung

 
  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar.

CPMK-2

Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.

CPMK-3

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

……

……..

CPL         CPMK           Sub- CPMK

 

Sub-CPMK 1

Menguasai teori kebahasaan: definisi, manfaat, dan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari, serta kaitanya dalam dunia pendidikan secara umum, dan pendidikan sekolah dasar secara khusus

Sub-CPMK 2

Memahami aspek kebahasaan menyimak serta mampu membuat bahan ajar menyimak untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 3

Memahami aspek kebahasaan berbicara serta mampu membuat bahan ajar berbicara untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 4

Memahami aspek kebahasaan membaca serta mampu membuat bahan ajar membaca untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 5

Memahami aspek kebahasaan menulis serta mampu membuat bahan ajar menulis untuk anak sekolah dasar

Sub-CPMK 6

Memahami teori sastra: definisi, fungsi, contoh

Sub-CPMK 7

Memahami teori sastra: macam, jenis, sejarah

Sub-CPMK 8

Memahami sastra anak dan unsur-unsurnya

References

Utama

 

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Pendukung

 
  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


 


Details ...