Courser in English | Group Counseling |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Konsep Dasar Konseling Kelompok, Sejarah Konseling Kelompok (KKp), Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran), Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik, RET dab Bh), Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok, Etika dalam konseling kelompok dan Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
a. menghargai anggota kelompok
b. memahami tugas sebagai pemimpin kelompok
2. Keterampilan Umum
a.memahami konseling kelompok
b. memiliki keterampilan sebagai pemimpin kelompok
3. Penguasaan pengetahuan
a. Menguasai konsep dasar konseling kelompok
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. mampu mempraktikan/mensimulasikan KKp dengan berbagai pendekatan
b. dst
References
Mungin Eddy Wibowo. 2005. Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UNNES Press
Gibson & Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling edisi ke 7.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rochman Natawidjaja.1987. Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok. Bandung: UPI
Rochman Natawidjaja. 2009. Konseling Kelompok konsep dasar dan pendekatan. Bandung: Rizqi
Nana Syaodih,S, (1978) Teori dan Teknik Bimbingan Kelompok.
Ben net, (1972), Group Guidance.
David W. Johnson & Frank P Johnson, (1979), Joining Together.
Corey, (1985), Group: Processes & Skills.
Corey, (1985), Theory and Practice of Group Counseling.
Gazda, G.M., (1984), Group Counseling: A Developmental Approach.
Jacobs, Harvil & Masson, (1988), Group Counseling: Strategies and Skills.
Marvin E. Shaw, (1979), Group Dynamics.
Mortensen, D.G. & Schmuller, A.M., Guidance In To Day’s School.
Nursalim. 2005. Strategi Konseling. Surabaya: UNESA
Loekmono. 2003. Konseling Kelompok. Salatiga : Widya Sari Press
Kurnanto. 2013. Konseling Kelommpok. Bandung: Alfabeta
Prayitno. 2004. Layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok L.6 L.7. Padang: UNP
Details ...
Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Konsep Dasar Konseling Kelompok, Sejarah Konseling Kelompok (KKp), Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran), Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik, RET dab Bh), Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok, Etika dalam konseling kelompok dan Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
a. menghargai anggota kelompok
b. memahami tugas sebagai pemimpin kelompok
2. Keterampilan Umum
a.memahami konseling kelompok
b. memiliki keterampilan sebagai pemimpin kelompok
3. Penguasaan pengetahuan
a. Menguasai konsep dasar konseling kelompok
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. mampu mempraktikan/mensimulasikan KKp dengan berbagai pendekatan
b. dst
References
Mungin Eddy Wibowo. 2005. Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UNNES Press
Gibson & Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling edisi ke 7.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rochman Natawidjaja.1987. Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok. Bandung: UPI
Rochman Natawidjaja. 2009. Konseling Kelompok konsep dasar dan pendekatan. Bandung: Rizqi
Nana Syaodih,S, (1978) Teori dan Teknik Bimbingan Kelompok.
Ben net, (1972), Group Guidance.
David W. Johnson & Frank P Johnson, (1979), Joining Together.
Corey, (1985), Group: Processes & Skills.
Corey, (1985), Theory and Practice of Group Counseling.
Gazda, G.M., (1984), Group Counseling: A Developmental Approach.
Jacobs, Harvil & Masson, (1988), Group Counseling: Strategies and Skills.
Marvin E. Shaw, (1979), Group Dynamics.
Mortensen, D.G. & Schmuller, A.M., Guidance In To Day’s School.
Nursalim. 2005. Strategi Konseling. Surabaya: UNESA
Loekmono. 2003. Konseling Kelompok. Salatiga : Widya Sari Press
Kurnanto. 2013. Konseling Kelommpok. Bandung: Alfabeta
Prayitno. 2004. Layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok L.6 L.7. Padang: UNP
Details ...
Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Konsep Dasar Konseling Kelompok, Sejarah Konseling Kelompok (KKp), Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran), Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik, RET dab Bh), Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok, Etika dalam konseling kelompok dan Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
a. menghargai anggota kelompok
b. memahami tugas sebagai pemimpin kelompok
2. Keterampilan Umum
a.memahami konseling kelompok
b. memiliki keterampilan sebagai pemimpin kelompok
3. Penguasaan pengetahuan
a. Menguasai konsep dasar konseling kelompok
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. mampu mempraktikan/mensimulasikan KKp dengan berbagai pendekatan
b. dst
203050100 records per page
Search:
MINGGU KE |
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN | BAHAN KAJIAN (MATERI AJAR) |
METODE PEMBELAJARAN |
PENGALAMAN BELAJAR MHS |
KRITERIA PENILAIAN |
BOBOT NILAI |
---|---|---|---|---|---|---|
01 |
Mahasiswa memahami Pengantar dan penjelasan silabus Mahasiswa memahami Pengantar dan penjelasan silabus | Kontrak kuliah, penjelasan tugas-tugas, materi dan kesepakatan perkuliahan selama 1 semesterKontrak kuliah, penjelasan tugas-tugas, materi dan kesepakatan perkuliahan selama 1 semester | Ceramah Tanya jawab Modeling Ceramah Tanya jawab Modeling | Memiliki pemahaman Pengantar dan penjelasan silabus serta komitmenMemiliki pemahaman Pengantar dan penjelasan silabus serta komitmen | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
02 |
Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling KelompokMahasiswa dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling Kelompok | Konsep Dasar Konseling Kelompok: 1.Pengertian KKp 2. Alasan Penggunaan KKp 3. Tujuan KKp 4. Manfaat KKp 5. Ciri-ciri KKp 6. Fungsi KKpKonsep Dasar Konseling Kelompok: 1.Pengertian KKp 2. Alasan Penggunaan KKp 3. Tujuan KKp 4. Manfaat KKp 5. Ciri-ciri KKp 6. Fungsi KKp | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi | dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling Kelompokdapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling Kelompok | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
03 |
Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling KelompokMahasiswa dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling Kelompok | 7. Komponen KKp 8. Asas-Asas KKp 9. Berbagai keterampilan dalam konseling kelompok. 10. Perbandingan KKp. BKp dan KI 11. Keunggulan dan keterbatasan KKp 7. Komponen KKp 8. Asas-Asas KKp 9. Berbagai keterampilan dalam konseling kelompok. 10. Perbandingan KKp. BKp dan KI 11. Keunggulan dan keterbatasan KKp | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi | dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling Kelompok dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling Kelompok | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
04 |
mahasiswa dapat menjelaskan Sejarah Konseling Kelompok (KKp)mahasiswa dapat menjelaskan Sejarah Konseling Kelompok (KKp) | Sejarah Konseling Kelompok (KKp) 1. Perkembangan Konseling Kelompok 2. Posisi Konseling Kelompok dalam Setting Sekolah 3. Kerja Kelompok Sejarah Konseling Kelompok (KKp) 1. Perkembangan Konseling Kelompok 2. Posisi Konseling Kelompok dalam Setting Sekolah 3. Kerja Kelompok | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi | dapat menjelaskan Sejarah Konseling Kelompok (KKp)dapat menjelaskan Sejarah Konseling Kelompok (KKp) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
05 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan dan peralihan) Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan dan peralihan) | Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok B. Tahap I : Tahap Pembentukan 1. Konsep Tahap Pembentukan 2. Isi tahap pembentukan 3. Outline tahap pembentukan 4. Pola keseluruhan tahap pembentukan B.Tahap II : Tahap Peralihan 1. Konsep Tahap Peralihan 2. Isi tahap Peralihan 3. Outline tahap Peralihan 4. Pola keseluruhan tahap Peralihan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok B. Tahap I : Tahap Pembentukan 1. Konsep Tahap Pembentukan 2. Isi tahap pembentukan 3. Outline tahap pembentukan 4. Pola keseluruhan tahap pembentukan B.Tahap II : Tahap Peralihan 1. Konsep Tahap Peralihan 2. Isi tahap Peralihan 3. Outline tahap Peralihan 4. Pola keseluruhan tahap Peralihan | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan dan peralihan)mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan dan peralihan) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
06 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap kegiatan)Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap kegiatan) | C.Tahap III : Tahap Kegiatan 1. Konsep Tahap Kegiatan 2. kegiatan “kelompok homogen” 3. kegiatan “kelompok heterogen” 4. Isi Tahap Kegiatan kelompok homogen dan heterogen 5. Outline Tahap Kegiatan kelompok homogen dan heterogen 6. Pola keseluruhan Tahap Kegiatan kelompok homogen dan heterogen C.Tahap III : Tahap Kegiatan 1. Konsep Tahap Kegiatan 2. kegiatan “kelompok homogen” 3. kegiatan “kelompok heterogen” 4. Isi Tahap Kegiatan kelompok homogen dan heterogen 5. Outline Tahap Kegiatan kelompok homogen dan heterogen 6. Pola keseluruhan Tahap Kegiatan kelompok homogen dan heterogen | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap kegiatan)mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap kegiatan) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
07 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pengakhiran)Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pengakhiran) | D.Tahap IV : Tahap Pengakhiran 1. Konsep Tahap Pengakhiran 2. Isi Tahap Pengakhiran 3. Outline Tahap Pengakhiran 4. Pola keseluruhan Tahap PengakhiranD.Tahap IV : Tahap Pengakhiran 1. Konsep Tahap Pengakhiran 2. Isi Tahap Pengakhiran 3. Outline Tahap Pengakhiran 4. Pola keseluruhan Tahap Pengakhiran | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pengakhiran)mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pengakhiran) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
08 |
Mahasiswa mampu menjawab soal UTSMahasiswa mampu menjawab soal UTS | UTSUTS | TertulisTertulis | mampu menjawab soal UTSmampu menjawab soal UTS | a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 50% a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 50% | 10%10% |
09 |
mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik) mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik) | Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok A. Konseling kelompok pendekatan Psikoanalitik 1. Konsep Pendekatan 2. Teknik dalam pendekatan 3. Prosedur Pendekatan dan Prosedur teknik dalam KKp 4. Contoh permasalahan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok A. Konseling kelompok pendekatan Psikoanalitik 1. Konsep Pendekatan 2. Teknik dalam pendekatan 3. Prosedur Pendekatan dan Prosedur teknik dalam KKp 4. Contoh permasalahan | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik)dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
10 |
mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (ret)mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (ret) | B.Konseling kelompok pendekatan rational-emotive 1.Konsep Pendekatan 2.Teknik dalam pendekatan 3.Prosedur Pendekatan dan Prosedur teknik dalam KKp 4.Contoh permasalahan B.Konseling kelompok pendekatan rational-emotive 1.Konsep Pendekatan 2.Teknik dalam pendekatan 3.Prosedur Pendekatan dan Prosedur teknik dalam KKp 4.Contoh permasalahan | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (ret)dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (ret) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
11 |
mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (bh)mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (bh) | C. Konseling kelompok pendekatan behavioristik 1. Konsep Pendekatan 2. Teknik dalam pendekatan 3. Prosedur Pendekatan dan Prosedur teknik dalam KKp 4. Contoh permasalahan C. Konseling kelompok pendekatan behavioristik 1. Konsep Pendekatan 2. Teknik dalam pendekatan 3. Prosedur Pendekatan dan Prosedur teknik dalam KKp 4. Contoh permasalahan | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (bh)dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (bh) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
12 |
mahasiswa mampu menjelaskan Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok mahasiswa mampu menjelaskan Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok | Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok A. Pengertian Dinamika Kelompok B. Faktor-faktor terapeutik dalamTerapi kelompok C. Aplikasi Dinamika Kelompok dalam KKp D. Tugas-tugas Pemimpin Kelompok E. Pemimpin Kelompok F. Gaya Kepemimpinan Kelompok Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok A. Pengertian Dinamika Kelompok B. Faktor-faktor terapeutik dalamTerapi kelompok C. Aplikasi Dinamika Kelompok dalam KKp D. Tugas-tugas Pemimpin Kelompok E. Pemimpin Kelompok F. Gaya Kepemimpinan Kelompok | mahasiswa mampu menjelaskan Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok mahasiswa mampu menjelaskan Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok | mampu menjelaskan Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok mampu menjelaskan Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
13 |
mahasiswa mampu menjelaskan Etika dalam konseling kelompok mahasiswa mampu menjelaskan Etika dalam konseling kelompok | Etika dalam konseling kelompok A Kepemimpinan Kelompok B. Rekrutmen Peserta Kelompok C. Penyaringan Peserta Kelompok D. Kerahasiaan Etika dalam konseling kelompok A Kepemimpinan Kelompok B. Rekrutmen Peserta Kelompok C. Penyaringan Peserta Kelompok D. Kerahasiaan | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | mampu menjelaskan Etika dalam konseling kelompok mampu menjelaskan Etika dalam konseling kelompok | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
14 |
mahasiswa dapat membuat Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolahmahasiswa dapat membuat Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah | Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah: 1. Persiapan, Perancangan, pelaksanaan dan evaluasi Konseling Kelompok. 2. Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah: Persiapan, Perancangan, pelaksanaan dan evaluasi Konseling Kelompok Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah: 1. Persiapan, Perancangan, pelaksanaan dan evaluasi Konseling Kelompok. 2. Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah: Persiapan, Perancangan, pelaksanaan dan evaluasi Konseling Kelompok | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi | dapat membuat Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah dapat membuat Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
15 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori ke praktikumMahasiswa mampu mengaplikasikan teori ke praktikum | 1. Pemutaran Video praktik KKp 2. Kisi-kisi UAS dan evaluasi perkuliahan 1. Pemutaran Video praktik KKp 2. Kisi-kisi UAS dan evaluasi perkuliahan | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | mampu mengaplikasikan teori ke praktikummampu mengaplikasikan teori ke praktikum | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
16 |
mahasiswa mampu menjawab soal UASmahasiswa mampu menjawab soal UAS | UASUAS | tertulistertulis | Mampu menjawab soal UASMampu menjawab soal UAS | a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 50% |
Mungin Eddy Wibowo. 2005. Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UNNES Press
Gibson & Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling edisi ke 7.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rochman Natawidjaja.1987. Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok. Bandung: UPI
Rochman Natawidjaja. 2009. Konseling Kelompok konsep dasar dan pendekatan. Bandung: Rizqi
Nana Syaodih,S, (1978) Teori dan Teknik Bimbingan Kelompok.
Ben net, (1972), Group Guidance.
David W. Johnson & Frank P Johnson, (1979), Joining Together.
Corey, (1985), Group: Processes & Skills.
Corey, (1985), Theory and Practice of Group Counseling.
Gazda, G.M., (1984), Group Counseling: A Developmental Approach.
Jacobs, Harvil & Masson, (1988), Group Counseling: Strategies and Skills.
Marvin E. Shaw, (1979), Group Dynamics.
Mortensen, D.G. & Schmuller, A.M., Guidance In To Day’s School.
Nursalim. 2005. Strategi Konseling. Surabaya: UNESA
Loekmono. 2003. Konseling Kelompok. Salatiga : Widya Sari Press
Kurnanto. 2013. Konseling Kelommpok. Bandung: Alfabeta
Prayitno. 2004. Layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok L.6 L.7. Padang: UNP
Details ...
Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Konsep Dasar Konseling Kelompok, Sejarah Konseling Kelompok (KKp), Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran), Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik, RET dab Bh), Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok, Etika dalam konseling kelompok dan Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
a. menghargai anggota kelompok
b. memahami tugas sebagai pemimpin kelompok
2. Keterampilan Umum
a.memahami konseling kelompok
b. memiliki keterampilan sebagai pemimpin kelompok
3. Penguasaan pengetahuan
a. Menguasai konsep dasar konseling kelompok
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. mampu mempraktikan/mensimulasikan KKp dengan berbagai pendekatan
b. dst
203050100 records per page
Search:
MINGGU KE |
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN | BAHAN KAJIAN (MATERI AJAR) |
METODE PEMBELAJARAN |
PENGALAMAN BELAJAR MHS |
KRITERIA PENILAIAN |
BOBOT NILAI |
---|---|---|---|---|---|---|
01 |
Mahasiswa memahami Pengantar dan penjelasan silabus Mahasiswa memahami Pengantar dan penjelasan silabus | Kontrak kuliah, penjelasan tugas-tugas, materi dan kesepakatan perkuliahan selama 1 semesterKontrak kuliah, penjelasan tugas-tugas, materi dan kesepakatan perkuliahan selama 1 semester | Ceramah Tanya jawab Modeling Ceramah Tanya jawab Modeling | Memiliki pemahaman Pengantar dan penjelasan silabus serta komitmenMemiliki pemahaman Pengantar dan penjelasan silabus serta komitmen | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
02 |
Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling KelompokMahasiswa dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling Kelompok | Konsep Dasar Konseling Kelompok: 1.Pengertian KKp 2. Alasan Penggunaan KKp 3. Tujuan KKp 4. Manfaat KKp 5. Ciri-ciri KKp 6. Fungsi KKpKonsep Dasar Konseling Kelompok: 1.Pengertian KKp 2. Alasan Penggunaan KKp 3. Tujuan KKp 4. Manfaat KKp 5. Ciri-ciri KKp 6. Fungsi KKp | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi | dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling Kelompokdapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling Kelompok | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
03 |
Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling KelompokMahasiswa dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling Kelompok | 7. Komponen KKp 8. Asas-Asas KKp 9. Berbagai keterampilan dalam konseling kelompok. 10. Perbandingan KKp. BKp dan KI 11. Keunggulan dan keterbatasan KKp 7. Komponen KKp 8. Asas-Asas KKp 9. Berbagai keterampilan dalam konseling kelompok. 10. Perbandingan KKp. BKp dan KI 11. Keunggulan dan keterbatasan KKp | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi | dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling Kelompok dapat menjelaskan Konsep Dasar Konseling Kelompok | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
04 |
mahasiswa dapat menjelaskan Sejarah Konseling Kelompok (KKp)mahasiswa dapat menjelaskan Sejarah Konseling Kelompok (KKp) | Sejarah Konseling Kelompok (KKp) 1. Perkembangan Konseling Kelompok 2. Posisi Konseling Kelompok dalam Setting Sekolah 3. Kerja Kelompok Sejarah Konseling Kelompok (KKp) 1. Perkembangan Konseling Kelompok 2. Posisi Konseling Kelompok dalam Setting Sekolah 3. Kerja Kelompok | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi | dapat menjelaskan Sejarah Konseling Kelompok (KKp)dapat menjelaskan Sejarah Konseling Kelompok (KKp) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
05 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan dan peralihan) Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan dan peralihan) | Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok B. Tahap I : Tahap Pembentukan 1. Konsep Tahap Pembentukan 2. Isi tahap pembentukan 3. Outline tahap pembentukan 4. Pola keseluruhan tahap pembentukan B.Tahap II : Tahap Peralihan 1. Konsep Tahap Peralihan 2. Isi tahap Peralihan 3. Outline tahap Peralihan 4. Pola keseluruhan tahap Peralihan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok B. Tahap I : Tahap Pembentukan 1. Konsep Tahap Pembentukan 2. Isi tahap pembentukan 3. Outline tahap pembentukan 4. Pola keseluruhan tahap pembentukan B.Tahap II : Tahap Peralihan 1. Konsep Tahap Peralihan 2. Isi tahap Peralihan 3. Outline tahap Peralihan 4. Pola keseluruhan tahap Peralihan | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan dan peralihan)mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan dan peralihan) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
06 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap kegiatan)Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap kegiatan) | C.Tahap III : Tahap Kegiatan 1. Konsep Tahap Kegiatan 2. kegiatan “kelompok homogen” 3. kegiatan “kelompok heterogen” 4. Isi Tahap Kegiatan kelompok homogen dan heterogen 5. Outline Tahap Kegiatan kelompok homogen dan heterogen 6. Pola keseluruhan Tahap Kegiatan kelompok homogen dan heterogen C.Tahap III : Tahap Kegiatan 1. Konsep Tahap Kegiatan 2. kegiatan “kelompok homogen” 3. kegiatan “kelompok heterogen” 4. Isi Tahap Kegiatan kelompok homogen dan heterogen 5. Outline Tahap Kegiatan kelompok homogen dan heterogen 6. Pola keseluruhan Tahap Kegiatan kelompok homogen dan heterogen | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap kegiatan)mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap kegiatan) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
07 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pengakhiran)Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pengakhiran) | D.Tahap IV : Tahap Pengakhiran 1. Konsep Tahap Pengakhiran 2. Isi Tahap Pengakhiran 3. Outline Tahap Pengakhiran 4. Pola keseluruhan Tahap PengakhiranD.Tahap IV : Tahap Pengakhiran 1. Konsep Tahap Pengakhiran 2. Isi Tahap Pengakhiran 3. Outline Tahap Pengakhiran 4. Pola keseluruhan Tahap Pengakhiran | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pengakhiran)mampu menjelaskan dan mengaplikasikan Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pengakhiran) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
08 |
Mahasiswa mampu menjawab soal UTSMahasiswa mampu menjawab soal UTS | UTSUTS | TertulisTertulis | mampu menjawab soal UTSmampu menjawab soal UTS | a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 50% a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 50% | 10%10% |
09 |
mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik) mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik) | Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok A. Konseling kelompok pendekatan Psikoanalitik 1. Konsep Pendekatan 2. Teknik dalam pendekatan 3. Prosedur Pendekatan dan Prosedur teknik dalam KKp 4. Contoh permasalahan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok A. Konseling kelompok pendekatan Psikoanalitik 1. Konsep Pendekatan 2. Teknik dalam pendekatan 3. Prosedur Pendekatan dan Prosedur teknik dalam KKp 4. Contoh permasalahan | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik)dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
10 |
mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (ret)mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (ret) | B.Konseling kelompok pendekatan rational-emotive 1.Konsep Pendekatan 2.Teknik dalam pendekatan 3.Prosedur Pendekatan dan Prosedur teknik dalam KKp 4.Contoh permasalahan B.Konseling kelompok pendekatan rational-emotive 1.Konsep Pendekatan 2.Teknik dalam pendekatan 3.Prosedur Pendekatan dan Prosedur teknik dalam KKp 4.Contoh permasalahan | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (ret)dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (ret) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
11 |
mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (bh)mahasiswa dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (bh) | C. Konseling kelompok pendekatan behavioristik 1. Konsep Pendekatan 2. Teknik dalam pendekatan 3. Prosedur Pendekatan dan Prosedur teknik dalam KKp 4. Contoh permasalahan C. Konseling kelompok pendekatan behavioristik 1. Konsep Pendekatan 2. Teknik dalam pendekatan 3. Prosedur Pendekatan dan Prosedur teknik dalam KKp 4. Contoh permasalahan | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (bh)dapat menjelaskan dan mengaplikasikan Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (bh) | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
12 |
mahasiswa mampu menjelaskan Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok mahasiswa mampu menjelaskan Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok | Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok A. Pengertian Dinamika Kelompok B. Faktor-faktor terapeutik dalamTerapi kelompok C. Aplikasi Dinamika Kelompok dalam KKp D. Tugas-tugas Pemimpin Kelompok E. Pemimpin Kelompok F. Gaya Kepemimpinan Kelompok Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok A. Pengertian Dinamika Kelompok B. Faktor-faktor terapeutik dalamTerapi kelompok C. Aplikasi Dinamika Kelompok dalam KKp D. Tugas-tugas Pemimpin Kelompok E. Pemimpin Kelompok F. Gaya Kepemimpinan Kelompok | mahasiswa mampu menjelaskan Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok mahasiswa mampu menjelaskan Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok | mampu menjelaskan Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok mampu menjelaskan Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
13 |
mahasiswa mampu menjelaskan Etika dalam konseling kelompok mahasiswa mampu menjelaskan Etika dalam konseling kelompok | Etika dalam konseling kelompok A Kepemimpinan Kelompok B. Rekrutmen Peserta Kelompok C. Penyaringan Peserta Kelompok D. Kerahasiaan Etika dalam konseling kelompok A Kepemimpinan Kelompok B. Rekrutmen Peserta Kelompok C. Penyaringan Peserta Kelompok D. Kerahasiaan | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | mampu menjelaskan Etika dalam konseling kelompok mampu menjelaskan Etika dalam konseling kelompok | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
14 |
mahasiswa dapat membuat Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolahmahasiswa dapat membuat Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah | Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah: 1. Persiapan, Perancangan, pelaksanaan dan evaluasi Konseling Kelompok. 2. Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah: Persiapan, Perancangan, pelaksanaan dan evaluasi Konseling Kelompok Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah: 1. Persiapan, Perancangan, pelaksanaan dan evaluasi Konseling Kelompok. 2. Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah: Persiapan, Perancangan, pelaksanaan dan evaluasi Konseling Kelompok | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi | dapat membuat Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah dapat membuat Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
15 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori ke praktikumMahasiswa mampu mengaplikasikan teori ke praktikum | 1. Pemutaran Video praktik KKp 2. Kisi-kisi UAS dan evaluasi perkuliahan 1. Pemutaran Video praktik KKp 2. Kisi-kisi UAS dan evaluasi perkuliahan | Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video Broinstorming Simulasi Ceramah Diskusi Video | mampu mengaplikasikan teori ke praktikummampu mengaplikasikan teori ke praktikum | Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% Diskusi a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 30% c. Komunikasi Lisan 20% | 5%5% |
16 |
mahasiswa mampu menjawab soal UASmahasiswa mampu menjawab soal UAS | UASUAS | tertulistertulis | Mampu menjawab soal UASMampu menjawab soal UAS | a. Ketepatan penjelasan 50% b. Komunikasi tertulis 50% |
Mungin Eddy Wibowo. 2005. Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UNNES Press
Gibson & Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling edisi ke 7.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rochman Natawidjaja.1987. Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok. Bandung: UPI
Rochman Natawidjaja. 2009. Konseling Kelompok konsep dasar dan pendekatan. Bandung: Rizqi
Nana Syaodih,S, (1978) Teori dan Teknik Bimbingan Kelompok.
Ben net, (1972), Group Guidance.
David W. Johnson & Frank P Johnson, (1979), Joining Together.
Corey, (1985), Group: Processes & Skills.
Corey, (1985), Theory and Practice of Group Counseling.
Gazda, G.M., (1984), Group Counseling: A Developmental Approach.
Jacobs, Harvil & Masson, (1988), Group Counseling: Strategies and Skills.
Marvin E. Shaw, (1979), Group Dynamics.
Mortensen, D.G. & Schmuller, A.M., Guidance In To Day’s School.
Nursalim. 2005. Strategi Konseling. Surabaya: UNESA
Loekmono. 2003. Konseling Kelompok. Salatiga : Widya Sari Press
Kurnanto. 2013. Konseling Kelommpok. Bandung: Alfabeta
Prayitno. 2004. Layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok L.6 L.7. Padang: UNP
Details ...