Bahasa Indonesia, Curriculum : 2018


Courser in EnglishIndonesian Language
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.

Learning Outcomes

S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara

mandiri;

s10.

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

P1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa prodi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.

Learning Outcomes

  1. Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan  Bahasa Indonesia dalam masyarakat
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri 
  3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Menguasai konsep dan teori Bahasa Indonesia

References

Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka


Details ...
Course Descriptions

Bahasa Indonesia difokuskan  pada pemahaman kaidah dan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam memahami, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengomuni-kasikan, dan menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahu-an/teknologi/seni.

Learning Outcomes

 Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman, keterampilan, penerap-an, dan pengembangan bahasa Indonesia dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik dan profesi untuk menghasilkan karya ilmiah di bidang pengetahu-an/teknologi/seni.

References

1. Suyitno dan Ngatmini, 2017. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Magnum

  1. BP2B. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
  2. Tim Penyusun. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim Penyusun. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf dan berbagai macam penulisan.

Learning Outcomes

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Bahasa Indonesia,mahasiswamampu:

CPMK1

Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK2

MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)

CPMK3

Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK4

Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf dan berbagai macam penulisan.

Learning Outcomes

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Bahasa Indonesia,mahasiswamampu:

CPMK1

Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK2

MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)

CPMK3

Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK4

Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf dan berbagai macam penulisan.

Learning Outcomes

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Bahasa Indonesia,mahasiswamampu:

CPMK1

Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK2

MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)

CPMK3

Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)

CPMK4

Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...