Belajar dan Pembelajaran Fisika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPHYSICS LEARNING AND TEACHING
ProgramPendidikan Fisika
SKS3 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah mempersiapkan mahasiswa calon guru pendidikan fisika yang mampu mengkaji teori belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika di sekolah. Mata Kuliah ini merupakan mata  kuliah  wajib  bagi  mahasiswa  Pendidikan  Fisika,  dengan  deskripsi  matakuliah  sebagai berikut: Paradigma Alternatif Pembelajaran, Hakikat dan ciri-ciri-ciri belajar, perkembangan moral dan implemetasinya dalam pembelajaran, prinsip-prinsip belajar, motivasi belajar, kecerdasan emosional   sebagai   hasil   belajar,   Pendekatan   pembelajaran,   model-model   pembelajaran, masalah-masalah belajar, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran, pengembangan kurikulum, dan e-learning.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan   peradaban   berdasarkan   Pancasila.   Menginternalisasi   nilai,   norma,   dan   etika akademik. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandir
  2. Pengetahuan: menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  3. Keterampilan Khusus: Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.  Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran. Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi dan metode penilaian serta mengevaluasi dan memanfaatkan hasilnya untuk memperbaiki pembelajaran (reflective teacher). Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. Mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
  4. Keterampilan Umum: Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.

References

Referensi

 

WAJIB:

  1. Dr. Aunurrahman, M.Pd., (2009), Belajar dan Pembelajaran, Alfabeta, Bandung
  2. Dr. Dimyati, Drs. Mudjiono, (2007), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta
  3. Asri Budiningsih. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Dr.Suharsimi Arikunto,(2010), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta

TAMBAHAN:

  1. Anita Lie. (2002). Coorperative Learning (Mempraktikkan Coorperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta : Grasindo.
  2.  Armstrong, Thomas. 2003. Sekolah Para Juara. Menerapkan Multiple Intelligence di dunia pendidikan. Bandung: Kaifa.

Depdiknas. (2002). Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah mempersiapkan mahasiswa calon guru pendidikan fisika yang mampu mengkaji teori belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika di sekolah. Mata Kuliah ini merupakan mata  kuliah  wajib  bagi  mahasiswa  Pendidikan  Fisika,  dengan  deskripsi  matakuliah  sebagai berikut: Paradigma Alternatif Pembelajaran, Hakikat dan ciri-ciri-ciri belajar, perkembangan moral dan implemetasinya dalam pembelajaran, prinsip-prinsip belajar, motivasi belajar, kecerdasan emosional   sebagai   hasil   belajar,   Pendekatan   pembelajaran,   model-model   pembelajaran, masalah-masalah belajar, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran, pengembangan kurikulum, dan e-learning.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan   peradaban   berdasarkan   Pancasila.   Menginternalisasi   nilai,   norma,   dan   etika akademik. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandir
  2. Pengetahuan: menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  3. Keterampilan Khusus: Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.  Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran. Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi dan metode penilaian serta mengevaluasi dan memanfaatkan hasilnya untuk memperbaiki pembelajaran (reflective teacher). Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. Mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
  4. Keterampilan Umum: Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.

 

References

WAJIB:

  1. Dr. Aunurrahman, M.Pd., (2009), Belajar dan Pembelajaran, Alfabeta, Bandung
  2. Dr. Dimyati, Drs. Mudjiono, (2007), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta
  3. Asri Budiningsih. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Dr.Suharsimi Arikunto,(2010), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta

TAMBAHAN:

  1. Anita Lie. (2002). Coorperative Learning (Mempraktikkan Coorperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta : Grasindo.
  2.  Armstrong, Thomas. 2003. Sekolah Para Juara. Menerapkan Multiple Intelligence di dunia pendidikan. Bandung: Kaifa.

Depdiknas. (2002). Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Fisika, dengan deskripsi matakuliah sebagai berikut: Paradigma Alternatif Pembelajaran, Hakikat dan ciri-ciri-ciri belajar, perkembangan moral dan implemetasinya dalam pembelajaran, prinsip-prinsip belajar, motivasi belajar, kecerdasan emosional sebagai hasil belajar, Pendekatan pembelajaran,Model-model pembelajaran,  masalah-masalah belajar, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran, Pengembangan kurikulum, dan e-learningMata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Fisika, dengan deskripsi matakuliah sebagai berikut: Paradigma Alternatif Pembelajaran, Hakikat dan ciri-ciri-ciri belajar, perkembangan moral dan implemetasinya dalam pembelajaran, prinsip-prinsip belajar, motivasi belajar, kecerdasan emosional sebagai hasil belajar, Pendekatan pembelajaran,Model-model pembelajaran,  masalah-masalah belajar, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran, Pengembangan kurikulum, dan e-learning

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat memahami hakikat belajar dan pembelajaran fisika

References

WAJIB:

  1. Dr. Aunurrahman, M.Pd., (2009), Belajar dan Pembelajaran, Alfabeta, Bandung
  2. Dr. Dimyati, Drs. Mudjiono, (2007), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta
  3. Asri Budiningsih. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Dr.Suharsimi Arikunto,(2010), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta
  5. Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc, (2013), Belajar dan Pembelajaran Sains, Pustaka Reka Cipta, Bandung.

TAMBAHAN:

  1. Anita Lie. (2002). Coorperative Learning (Mempraktikkan Coorperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta : Grasindo.
  2.  Armstrong, Thomas. 2003. Sekolah Para Juara. Menerapkan Multiple Intelligence di dunia pendidikan. Bandung: Kaifa.
  3. Depdiknas. (2002). Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Fisika, dengan deskripsi matakuliah sebagai berikut: Paradigma Alternatif Pembelajaran, Hakikat dan ciri-ciri belajar, perkembangan moral dan implemetasinya dalam pembelajaran, prinsip-prinsip belajar, motivasi belajar, kecerdasan emosional sebagai hasil belajar, Pendekatan pembelajaran, Model-model pembelajaran,  masalah-masalah belajar, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran, Pengembangan kurikulum, dan e-learning

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat memahami hakikat belajar dan pembelajaran fisika

References

WAJIB

  1. Dr. Aunurrahman, M.Pd., (2009), Belajar dan Pembelajaran, Alfabeta, Bandung
  2. Dr. Dimyati, Drs. Mudjiono, (2007), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta
  3. Asri Budiningsih. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Dr.Suharsimi Arikunto,(2010), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta

TAMBAHAN

  1. Anita Lie. (2002). Coorperative Learning (Mempraktikkan Coorperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta : Grasindo.
  2.  Armstrong, Thomas. 2003. Sekolah Para Juara. Menerapkan Multiple Intelligence di dunia pendidikan. Bandung: Kaifa.
  3. Depdiknas. (2002). Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Fisika, dengan deskripsi matakuliah sebagai berikut: Paradigma Alternatif Pembelajaran, Hakikat dan ciri-ciri-ciri belajar, perkembangan moral dan implemetasinya dalam pembelajaran, prinsip-prinsip belajar, motivasi belajar, kecerdasan emosional sebagai hasil belajar, Pendekatan pembelajaran, model-model pembelajaran,  masalah-masalah belajar, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran, pengembangan kurikulum, dan e-learning

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip belajar

References

  •  
  1. Dr. Aunurrahman, M.Pd., (2009), Belajar dan Pembelajaran, Alfabeta, Bandung
  2. Dr. Dimyati, Drs. Mudjiono, (2007), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta
  3. Asri Budiningsih. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Dr.Suharsimi Arikunto,(2010), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta
    •  
  1. Anita Lie. (2002). Coorperative Learning (Mempraktikkan Coorperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta : Grasindo.
  2.  Armstrong, Thomas. 2003. Sekolah Para Juara. Menerapkan Multiple Intelligence di dunia pendidikan. Bandung: Kaifa.

 Depdiknas. (2002). Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas


Details ...